4-5 Rahasia di Balik Kalimah-kalimah yang Di-i‘rab-i – Huruf-huruf Magis

Rahasia di Balik Kalimah-kalimah yang Di-i‘rāb-i الْمُعْرَبَاتُ قِسْمَانِ قِسْمٌ يُعْرَبُ بِالْحَرَكَاتِ وَ قِسْمٌ يُعْرَبُ بِالْحُرُوْفِ فَالَّذِيْ يُعْرَبُ بِالْحَرَكَاتِ أَرْبَعَةُ أَنْوَاعٍ الْاِسْمُ الْمُفْرَدُ وَ جَمْعُ التَّكْسِيْرِ وَ جَمْعُ الْمُؤَنَّثِ السَّالِمِ وَ الْفِعْلُ الْمُضَارِعُ الَّذِيْ لَمْ يَتَّصِلْ بِآخِرِهِ شَيْءٌ وَ كُلُّهَا تُرْفَعُ بِالضَّمَّةِ وَ تُنْصِبُ بِالْفَتْحَةِ وَ تُخْفَضُ بِالْكَسْرَةِ وَ تُجْزَمُ بِالسُّكُوْنِ وَ خَرَجَ عَنْ ذلِكَ ثَلَاثَةُ أَشْيَاءَ جَمْعُ الْمُؤَنَّثِ السَّالِمِ يُنْصَبُ بِالْكَسْرَةِ وَ الْاِسْمُ الَّذِيْ لَا يَنْصَرِفُ يُخْفِضُ بِالْفَتْحَةِ وَ الْفِعْلُ

4-4-2 Rahasia di Balik Membuang Huruf – Huruf-huruf Magis

Rahasia di Balik Membuang Ḥurūf وَ أَمَّا الْحَذْفُ فَيَكُوْنُ عَلَامَةً لِلْجَزْمِ فِي الْفِعْلِ الْمُضَارِعِ الْمُعْتَلِّ الْآخِرِ وَ فِي الْأَفْعَالِ الَّتِيْ رَفْعُهَا بِثَبَاتِ النُّوْنِ Membuang ḥurūf menjadi tanda bagi i‘rāb jazm dalam fi‘il mudhāri‘ yang mu‘tall ḥurūf akhirnya dan fi‘il-fi‘il tertentu (al-af‘āl-ul-khamsah) yang rafa‘-nya ditandai dengan tetapnya nūn. Membuang kesibukan dan halangan lahir, baik dari kelompok zhulmāniyyah (kegelapan) maupun nūrāniyyah (kecahayaan), menjadi tanda kemantapan dan kemapanan bathin bagi maqām adzwāq dan…

4-4-1 Rahasia di Balik Sukun – Huruf-huruf Magis

Rahasia di Balik Sukūn   فَأَمَّا السُّكُوْنُ فَيَكُوْنُ عَلَامَةً لِلْجَزْمِ فِي الْفِعْلِ الْمُضَارِعِ الصَّحِيْحِ الْآخِرِ Sukūn menjadi tanda bagi i‘rāb jazm dalam fi‘il mudhāri‘ yang shaḥīḥ ḥurūf akhirnya. Ketenangan lahiriah; bebas dari kepayahan mujāhadah, merupakan tanda kemantapan dan keteguhan bathin dalam maqām musyāhadah, dalam fi‘il mudhāri‘. Yaitu, amal kebajikan yang menyerupai perbuatan orang-orang yang ikhlas, sesuai sunnah Nabi s.a.w., jauh dari bid‘ah. Akhir yang sahih, artinya bersih dan bebas dari…

4-4-0 Rahasia di Balik Tanda2 I‘rab Jazm – Huruf-huruf Magis

Rahasia di Balik Tanda2 I‘rāb Jazm وَ لِلْجَزْمِ عَلَامَتَانِ السُّكُوْنُ وَ الْحَذْفُ I‘rāb jazm memiliki dua tanda, yaitu: sukūn dan membuang ḥurūf. Jazm (kemantapan) dengan ma‘rifat kepada al-Ḥaqq, tenggelam di dalamnya, hingga tidak ada lagi khayalan, kekaburan, keraguan, dan bayang-bayang ilusi, memiliki dua tanda: Pertama: sukūn. Artinya, ketenangan dan ketenteraman hati. Dia bagaikan gunung yang menghunjam. Kelapangannya tidak goyah tertimpa kesusahan, walaupun langit runtuh menghimpit bumi. Dia tidak tergoyahkan oleh…

4-3-3 Rahasia di Balik Fathah- Huruf-huruf Magis

Rahasia di Balik Fatḥah وَ أَمَّا الْفَتْحَةُ فَتَكُوْنُ عَلَامَةً لِلْخَفْضِ فِي الْاِسْمِ الَّذِيْ لَا يَنْصَرِفُ Fatḥah menjadi tanda bagi i‘rāb khafadh dalam isim yang tidak munsharif. Kadang kala fatḥah (tercerahkan) dalam pengetahuan hakikat-hakikat seorang hamba dapat menjadi sebab tertolaknya kembali, dan menjadi tanda khafadh (penurunan)-nya dari maqam tokoh-tokoh besar. Ini terjadi dalam diri hamba yang la yansharif, tidak menghindarkan diri dari hawa nafsunya, tidak memutus watak jeleknya, serta mengikuti harapan-harapan…

4-3-2 Rahasia di Balik Ya’- Huruf-huruf Magis

Rahasia di Balik Yā’ وَ أَمَّا الْيَاءُ فَتَكُوْنُ عَلَامَةً لِلْخَفْضِ فِيْ ثَلَاثَةِ مَوَاضِعَ فِي الْأَسْمَاءِ الْخَمْسَةِ وَ فِي التَّثْنِيَةِ وَ الْجَمْعِ Yā’ menjadi tanda bagi i‘rāb khafadh dalam tiga tempat, yaitu isim lima (al-asmā’-ul-khamsah), isim tatsniyah, dan jama‘. Yā’-un-nisbah, mengikatkan diri dengan kaum sufi secara benar menjadi tanda kerendahan hati dan tawadhu‘ seorang murid, sehingga dia secara mapan mencapai apa yang dicapai kaum sufi, dalam tiga tempat. Pertama, isim lima…

4-3-1 Rahasia di Balik Kasrah – Huruf-huruf Magis

Rahasia di Balik Kasrah فَأَمَّا الْكَسْرَةُ فَتَكُوْنُ عَلَامَةً لِلْخَفْضِ فِيْ ثَلَاثَةِ مَوَاضِعَ فِي الْاِسْمِ الْمُفْرَدِ الْمُنْصَرِفِ وَ جَمْعِ التَّكْسِيْرِ الْمُنْصَرِفِ وَ جَمْعِ الْمُؤَنَّثِ السَّالِمِ Kasrah menjadi tanda bagi i‘rāb khafadh dalam tiga tempat, yaitu isim mufrad yang munsharif, jama‘ taksīr yang munsharif, dan jam‘-ul-mu’annats-is-sālim. Ketidakberdayaan diri menandai tawādhu‘ hakiki dalam tiga tempat: Pertama, sibuk dengan zikir kepada Allah. Zikir paling agung adalah zikir dengan nama mufrad (tunggal), Allah. Sebab nama…

4-3-0 Rahasia di Balik Tanda-tanda I‘rab Khafadh – Huruf-huruf Magis

Rahasia di Balik Tanda-tanda I‘rāb Khafadh وَ لِلْخَفْضِ ثَلَاثُ عَلَامَاتٍ الْكَسْرَةُ وَ الْيَاءُ وَ الْفَتْحَةُ I‘rāb khafadh memiliki tiga tanda, yaitu kasrah, yā’ dan fatḥah. Kehinaan dan kerendahan hati seorang hamba dicirikan oleh tiga hal: Pertama, inkisār, rasa ketidakberdayaan diri di hadapan Tuhan, selamanya. Karena sifat Maha Berwibawa-Nya dan mengagungkan-Nya, di hadapan hamba-Nya karena tawādhu‘ dan di hadapan para wali-Nya karena ta’zhīm. Kedua, kehakikiannya dengan yā’-un-nisbah. Yaitu, menggolongkan diri dalam…

4-2-5 Rahasia di Balik Membuang Nun – Huruf-huruf Magis

Rahasia di Balik Membuang Nūn وَ أَمَّا حَذْفُ النُّوْنِ فَيَكُوْنُ عَلَامَةً لِلنَّصْبِ فِي الْأَفْعَالِ الْخَمْسَةِ الَّتِيْ رَفْعُهَا بِثَبَاتِ النُّوْنِ Membuang nūn menjadi tanda bagi i‘rāb nashab dalam al-af‘āl-ul-khamsah (fi‘il lima) yang rafa‘nya ditandai dengan tetapnya nūn. Membuang nūn-ul-anāniyyah (maqam fanā’) adalah dengan jalan keluar menuju kehakikian identitas pribadi (huwiyyah) dalam maqam baqa’. Sebelumnya telah dijelaskan, jika orang yang sedang fanā’ berkata: “Hanya Aku,” orang yang berada dalam maqām baqā’ berkata:…