Surah al-Bayyinah 98 ~ Tafsir adz-Dzikra

ADZ-DZIKRĀ
Terjemah & tafsir
AL-QUR’AN
dalam
huruf ‘Arab & Latin
Juz 26-30

Disusun oleh: Bachtiar Surin.
 
Penerbit: ANGKASA BANDUNG

AL-BAYYINAH (KETERANGAN)

Surat ke-98
Banyak ayatnya 8
Semuanya turun di Madīnah (Madaniyyah)

 

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ

Bismillāhir raḥmānir raḥīm(i)
Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, dan Maha Penyayang.

 

لَمْ يَكُنِ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ وَ الْمُشْرِكِيْنَ مُنفَكِّيْنَ حَتَّى تَأْتِيَهُمُ الْبَيِّنَةُ.

Lam yakunil ladzīna kafaru min ahlil kitābi wal musyrikīn munfakkīna ḥattā ta’tiyahumul bayyinah(tu).

  1. Orang-orang kafir dari Ahlul Kitab (11) dan kaum musyrik itu dahulunya tidak mau melepaskan kepercayaannya (masing-masing) sampai datangnya Keterangan (22) kepada mereka.

رَسُوْلٌ مِّنَ اللهِ يَتْلُوْ صُحُفًا مُّطَهَّرَةً.

Rasūlum minallāhi yatlū shuḥufam muthahharah(tan).

  1. Yaitu seorang rasūl utasan Allah yang membacakan beberapa lembaran suci (al-Qur’ān).

فِيْهَا كُتُبٌ قَيِّمَةٌ.

Fīhā kutubun qayyimah(tun).

  1. Di dalamnya terdapat isi Kitab-kitab yang benar. (13)

وَ مَا تَفَرَّقَ الَّذِيْنَ أُوتُوا الْكِتَابَ إِلَّا مِنْ بَعْدِ مَا جَاءَتْهُمُ الْبَيِّنَةُ.

Wa mā tafarraqal ladzīna ūtul kitāba illā mim ba‘di mā jā’athumul bayyinah(tu).

  1. Dan mereka para ahli kitab tidak terpecah-belah, melainkan sesudah datangnya keterangan yang nyata kepada mereka. (14)

وَ مَا أُمِرُوْا إِلَّا لِيَعْبُدُوا اللهَ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ حُنَفَاءَ وَ يُقِيْمُوا الصَّلاَةَ وَ يُؤْتُوا الزَّكَاةَ وَ ذلِكَ دِيْنُ الْقَيِّمَةِ.

Wa mā umirū illā li ya‘budullāha mukhlishīna lahud dīna ḥunafā’a wa yuqīmush shalāta wa yu’tuz zakāh, wa dzālika dīnul qayyimah(ti).

  1. Padahal mereka itu sebenarnya tidak diperintahkan terpecah-belah, melainkan untuk beribadat (dengan setulus-tulus pengabdian), menyembah hanya kepada Allah, mengerjakan shalat dan menunaikan zakat. Itulah agama yang lurus.

إِنَّ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ وَ الْمُشْرِكِيْنَ فِيْ نَارِ جَهَنَّمَ خَالِدِيْنَ فِيْهَا أُوْلئِكَ هُمْ شَرُّ الْبَرِيَّةِ.

Innal ladzīna kafarū min ahlil kitābi wal musyrikīna fī nāri jahannama khālidīna fīhā, ulā’ika hum syarrul bariyyah(ti).

  1. Sesungguhnya orang-orang kafir dari ahlil kitab (kaum Yahudi dan Nashrani), begitu juga orang-orang musyrik, akan tinggal dalam neraka selama-lamanya. Mereka itulah makhluq yang seburuk-buruknya.

إِنَّ الَّذِيْنَ آمَنُوْا وَ عَمِلُوا الصَّالِحَاتِ أُوْلئِكَ هُمْ خَيْرُ الْبَرِيَّةِ.

Innal ladzīna āmanū wa ‘amilush shālihāti ulā’ika hum khairul bariyyah(ti).

  1. (Sebaliknya) mereka yang beriman dan mengerjakan ‘amal kebajikan, adalah makhluq yang sebaik-baiknya.

جَزَاؤُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ جَنَّاتُ عَدْنٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِيْنَ فِيْهَا أَبَدًا رَّضِيَ اللهُ عَنْهُمْ وَ رَضُوْا عَنْهُ ذلِكَ لِمَنْ خَشِيَ رَبَّهُ.

Jazā’uhum ‘inda rabbihim jannātu ‘adnin tajrī min taḥtihal anhāru khālidīna fīhā abadā, radhiyallāhu ‘anhum wa radhū ‘anhu dzālika liman khasyiya rabbah(ū).

  1. Balasan mereka di sisi Tuhannya, adalah surga ‘Adn yang mengalir di dalamnya sungai-sungai di bawah (pohon-pohonnya). Di sanalah mereka tinggal selama-lamanya. Mereka telah mendapatkan kerelaan Allah, (di samping) mereka telah rela pula (menerima) kenikmatan (yang diidamkannya sejak dari dunia dahulu). Pembalasan yang baik ini hanyalah untuk orang-orang yang takut kepada Tuhan.

Catatan:

  1. 1). Yahudi dan Nashrani
  2. 2). Maksudnya, Muḥammad s.a.w.
  3. 1). Yaitu beberapa bagian yang benar dari Kitāb Taurāt dan Injīl, dan dari lembaran naskah Ibrāhīm.
  4. 1). Maksudnya, timbulnya perpecahan di kalangan mereka itu, sejak datangnya Muḥammad s.a.w. mengenai peristiwa masa lalu mereka. Setelah Muḥammad datang, ada di antara mereka yang langsung beriman dan menyalahkan pendirian mereka selama ini, ada pula yang tidak atau masih ragu-ragu. Pendirian mereka yang paling celaka yang menyebabkan mereka enggan mengikuti Muḥammad, ialah sikap taqlid buta mereka mengikuti pendirian nenek-moyangnya.

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *