Mustadrak 97 Apakah Islam Itu Ada Akhirnya? (2/2)

Al-MUSTADRAK
(Judul Asli: Al-Mustadraku ‘alash-Shahihain)
Oleh: Imam al-Hakim

Penerjemah: Ali Murtadho
Penerbit: PUSTAKA AZZAM

Rangkaian Pos: Mustadrak Kitab 1 Bab 43

97 – أَمَا حَدِيْثُ مَعْمَرٍ فَأَخْبَرَنَاهُ الْقَاسِمُ بْنُ الْقَاسِمِ السَّيَّارِيُّ، ثَنَا أَبُو الْمُوَجَّهِ، حَدَّثَنَا عَبْدَانُ، أَنْبَأناَ عَبْدُ اللهِ، عَنْ مَعْمَرٍ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ عُرْوَةَ بْنِ الزُّبَيْرِ، عَنْ كُرْزِ بْنِ عَلْقَمَةَ قَالَ: قَالَ أَعْرَابِيٌّ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، هَلْ لِلْإِسْلَامِ مِنْ مُنْتَهًى؟، فَقَالَ: ” نَعَمْ، أَيُّمَا أَهْلِ بَيْتٍ مِنَ الْعَرَبِ وَ الْعَجَمِ أَرَادَ اللهُ بِهِمْ خَيْرًا أَدْخَلَ عَلَيْهِمُ الْإِسْلَامَ، ثُمَّ تَقَعُ الْفِتَنُ كَأَنَّهَا الظُّلَلُ”.

هذَا حَدِيْثٌ صَحِيْحٌ، وَ لَيْسَ لَهُ عِلَّةٌ، وَ لَمْ يُخْرِجَاهُ لِتَفَرُّدِ عُرْوَةَ بِالرِّوَايَةِ، عَنْ كُرْزِ بْنِ عَلْقَمَةَ، وَ كُرْزُ بْنُ عَلْقَمَةَ صَحَابِيٌّ مُخَرَّجٌ حَدِيْثُهُ فِي مَسَانِيْدِ الْأَئِمَّةِ، سَمِعْتُ عَلِيَّ بْنَ عُمَرَ الْحَافِظَ، يَقُوْلُ: مِمَّا يَلْزَمُ مُسْلِمًا وَالْبُخَارِيَّ إِخْرَاجُهُ حَدِيثُ كُرْزِ بْنِ عَلْقَمَةَ: “هَلْ لِلْإِسْلَامِ مُنْتَهًى؟ “فَقَدْ رَوَاهُ عُرْوَةُ بْنُ الزُّبَيْرِ، وَ رَوَاهُ الزُّهْرِيُّ وَ عَبْدُ الْوَاحِدِ بْنُ قَيْسٍ عَنْهُ”. قَالَ الْحَاكِمُ: وَ الدَّلِيْلُ الْوَاضِحُ عَلَى مَا ذَكَرَهُ أَبُو الْحَسَنِ أَنَّهُمَا جَمِيْعًا قَدِ اتَّفَقَا عَلَى حَدِيْثِ عِتْبَانَ بْنِ مَالِكٍ الْأَنْصَارِيِّ الَّذِيْ صَلَّى رَسُوْلُ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ – فِيْ بَيْتِهِ، وَ لَيْسَ لَهُ رَاوٍ غَيْرُ مَحْمُوْدِ بْنِ الرَّبِيْعِ.

97/97. Al-Qāsim bin al-Qāsim as-Sayyārī mengabarkan kepada kami, Abul-Muwajjah menceritakan kepada kami, ‘Abdān menceritakan kepada kami, ‘Abdullāh memberitakan (kepada kami), dari Ma‘mar, dari az-Zuhrī, dari ‘Urwah bin Zubair, dari Kurz bin ‘Alqamah, dia berkata: Seorang ‘Arab Badui bertanya: “Wahai Rasūlullāh, apakah Islam ada akhirnya?” Nabi s.a.w. menjawab: “Ya, setiap penghuni rumah, baik bangsa ‘Arab maupun ‘Ajam. Apabila Allah menginginkan kebaikan kepada mereka, maka Dia akan memasukkan mereka di dalam agama Islam, kemudian terjadi fitnah-fitnah laksana bayangan (seperti gunung atau awan).” (1581).

Hadits ini shaḥīḥ dan tidak ber-‘illat. Al-Bukhārī dan Muslim tidak meriwayatkannya karena ‘Urwah menyendiri dalam periwayatannya dari Kurz bin ‘Alqamah. Kurz bin ‘Alqamah adalah seorang sahabat yang haditsnya diriwayatkan dalam Musnad-musnad para Imam.

Aku pernah mendengari ‘Alī bin ‘Umar al-Ḥāfizh berkata: “Muslim dan al-Bukhārī semestinya meriwayatkannya hadits Kurz bin ‘Alqamah berikut ini: “Apakah Islam ada akhirnya?” karena ‘Urwah bin Zubair meriwayatakannya, dan az-Zuhri serta ‘Abd-ul-Wāḥid bin Qais juga meriwayatkan darinya.”

Al-Ḥakīm berkata: “Dalil yang jelas atas apa yang telah disebutkan Abul-Ḥasan adalah: al-Bukhārī dan Muslim sama-sama berhujjah dengan hadits Itbah bin Mālik al-Anshārī, orang yang rumahnya pernah dipakai Rasūlullāh s.a.w. untuk menunaikan shalat. Selain itu, dia tidak memiliki periwayat selain Maḥmūd bin ar-Rabī‘.”

Catatan:

  1. (158). Lih. hadits no. 96.

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *