Al Mustadrak Bab 122 dan 123 no.282-284 : Tafsir “Dua Surga” dan Perumpamaan Hari Kiamat

Al-MUSTADRAK
(Judul Asli: Al-Mustadraku ‘alash-Shahihain)
Oleh: Imam al-Hakim

Penerjemah: Ali Murtadho
Penerbit: PUSTAKA AZZAM

122 – (وَ لِمَنْ خَافَ مَقَامَ رَبِّهِ جَنَّتَانِ): مِنْ ذَهَبٍ وَ مِنْ فِضَّةٍ

  1. Dan Bagi Orang Yang Takut Akan Saat Menghadap Tuhannya Ada Dua Surga” Yakni Dari Emas Dan Perak.

282 – حَدَّثَنَا عَبْدَانُ بْنُ يَزِيْدَ الدَّقَّاقُ، بِهَمْدَانَ، ثَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ الْحُسَيْنِ، ثَنَا آدَمُ بْنُ أَبِيْ إِيَاسٍ، ثَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ، عَنْ ثَابِتٍ الْبُنَانِيِّ، وَ أَبِيْ عِمْرَانَ الْجَوْنِيِّ، عَنْ أَبِيْ بَكْرِ بْنِ أَبِيْ مُوْسَى الْأَشْعَرِيِّ، عَنْ أَبِيْ مُوْسَى، فِيْ قَوْلِهِ عَزَّ وَ جَلَّ: (وَ لِمَنْ خَافَ مَقَامَ رَبِّهِ جَنَّتَانِ)، قَالَ: “جَنَّتَانِ مِنْ ذَهَبٍ لِلسَّابِقِيْنَ، وَ جَنَّتَانِ مِنْ فِضَّةٍ لِلتَّابِعِيْنَ”.”هذَا إِسْنَادٌ صَحِيْحٌ عَلَى شَرْطِ مُسْلِمٍ وَ لَمْ يُخْرِجَاهُ هكَذَا”. إِنَّمَا خَرَّجَاهُ مِنْ حَدِيْثِ الْحَارِثِ بْنِ عُبَيْدٍ، وَ عَبْدِ الْعَزِيْزِ بْنِ عَبْدِ الصَّمَدِ، عَنْ أَبِيْ عِمْرَانَ الْجَوْنِيِّ، عَنْ أَبِيْ بَكْرِ بْنِ أَبِيْ مُوْسَى، عَنْ أَبِيْهِ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ “جَنَّتَانِ مِنْ فِضَّةٍ” الْحَدِيْثَ، وَ لَيْسَ فِيْهِ ذِكْرُ السَّابِقِيْنَ وَ التَّابِعِيْنَ. سَمِعْتُ أَبَا الْحَسَنِ عَلِيَّ بْنَ عُمَرَ الْحَافِظَ، يَقُوْلُ: سَمِعْتُ أَبَا الْفَضْلِ الْوَزِيْرَ، يَقُوْلُ: سَمِعْتُ مَأْمُوْنَ الْمِصْرِيَّ، يَقُوْلُ: قُلْتُ لِأَبِيْ عَبْدِ الرَّحْمنِ النَّسَائِيِّ: لِمَ تَرَكَ مُحَمَّدُ بْنُ إِسْمَاعِيْلَ حَدِيْثَ حَمَّادِ بْنِ سَلَمَةَ؟ فَقَالَ: “وَ اللهِ إِنَّ حَمَّادَ بْنَ سَلَمَةَ أَخْيَرُ وَ أَصْدَقُ مِنْ إِسْمَاعِيْلَ بْنِ أَبِيْ أُوَيْسٍ”، وَ ذَكَرَ حِكَايَةً طَوِيْلَةً شَبِيْهَةً بِالْاِسْتِبْدَالِ بِالْحَارِثِ بْنِ عُبَيْدٍ، عَنْ حَمَّادٍ.

282/282: ‘Abdān bin Yazīd ad-Daqqāq menceritakan kepada kami di Hamdān, Ibrāhīm bin al-Ḥusain menceritakan kepada kami, Ādam bin Abū Iyās menceritakan kepada kami, Ḥammād bin Salamah menceritakan kepada kami dari Tsābit al Bunānī dan Abū ‘Imrān al-Jaunī, dari Abū Bakar bin Abī Mūsā al-Asy‘arī, dari Abū Mūsā, tentang firman Allah ‘azza wa jalla (surah ar-Raḥmān ayat 46): “Dan bagi orang yang takut akan saat menghadap Tuhannya ada dua surga,” dia berkata: “Maksudnya adalah dua surga yang terbuat dari emas bagi orang-orang terdahulu, dan dua surga yang terbuat dari perak untuk orang-orang yang mengikuti.” (3461)

Sanad ini shaḥīḥ, sesuai syarat Muslim, tapi al-Bukhārī dan Muslim tidak meriwayatkannya dengan redaksi ini. Keduanya hanya meriwayatkannya dari hadits al-Ḥārits bin ‘Ubaid dan ‘Abd-ul-‘Azīz bin ‘Abd-ish-Shamad dari Abū ‘Imrān al-Jaunī, dari Abū Bakar bin Abī Mūsā, dari ayahnya, dari Nabi: “Dua surga dari perak.”

Di dalam hadits tersebut tidak disebutkan orang-orang terdahulu dan orang-orang yang mengikuti.

Aku mendengar Abū-l-Ḥasan ‘Alī bin ‘Umar al-Ḥāfizh berkata: Aku mendengar Abū-l-Fadhl al-Wazīr berkata: Aku mendengar Ma’mūn al-Mishrī berkata: Aku bertanya kepada Abū ‘Abd-ir-Raḥmān an-Nasā’ī: “Mengapa Muḥammad bin Ismā‘īl meninggalkan hadits Ḥammād bin Salamah?” Dia menjawab: “Demi Allah, sesungguhnya Ḥammād bin Salamah lebih dipilih dan lebih benar daripada Ismā‘īl bin Abī Uwais.” Dia lalu menyebutkan haditsnya yang serupa dengan menggantinya dengan al-Ḥārits bin ‘Ubaid dari Ḥammād.

123 – يَوْمُ الْقِيَامَةِ كَقَدْرِ مَا بَيْنَ الظُّهْرِ وَ الْعَصْرِ لِلْمُؤْمِنِيْنَ

  1. Hari Kiamat Bagaikan Jarak Antara Waktu Zhuhur Dengan Waktu ‘Ashar.

283 – حَدَّثَنِيْ عَبْدُ اللهِ بْنُ عُمَرَ بْنِ عَلِيٍّ الْجَوْهَرِيُّ، بِمَرْوَ، مِنْ أَصْلِ كِتَابِهِ، ثَنَا يَحْيَى بْنُ سَاسَوَيْهِ بْنِ عَبْدِ الْكَرِيْمِ، ثَنَا سُوَيْدُ بْنُ نَصْرٍ، ثَنَا ابْنُ الْمُبَارَكِ، عَنْ مَعْمَرٍ، عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ زُرَارَةَ بْنِ أَوْفَى، عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ، عَنْ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ، قَالَ: “يَوْمُ الْقِيَامَةِ كَقَدْرِ مَا بَيْنَ الظُّهْرِ وَ الْعَصْرِ.”[ص: 269 ] “هذَا حَدِيْثٌ صَحِيْحُ الْإِسْنَادِ عَلَى شَرْطِ الشَّيْخَيْنِ إِنْ كَانَ سُوَيْدُ بْنُ نَصْرٍ حَفِظَهُ عَلَى أَنَّهُ ثِقَةٌ مَأْمُوْنٌ.”

283/283: ‘Abdullāh bin ‘Amr bin ‘Alī al-Jauharī menceritakan kepada kami di Marwa dari kitab aslinya, Yaḥyā bin Sāsawaih bin ‘Abd-il-Karīm menceritakan kepada kami, Suwaid bin Nashr menceritakan kepada kami, Ibn-ul-Mubārak menceritakan kepada kami dari Ma‘mar, dari Qatādah, dari Zurārah bin Aufā, dari Abū Hurairah, dari Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda: “Hari Kiamat bagaikan jarak antara waktu Zhuhur dengan waktu ‘Ashar (3472)

Sanad hadits ini shaḥīḥ sesuai syarat al-Bukhārī dan Muslim. Suwaid bin Nashr menghapalnya, dan dia memang periwayat yang tsiqah mamūn.

284 – فَقَدْ أَخْبَرَنَا الْحَسَنُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ حَلِيْمٍ، أَنْبَأَ أَبُو الْمُوَجِّهِ، أَنْبَأَ عَبْدَانُ، ثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مَعْمَرٍ، عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ زُرَارَةَ بْنِ أَوْفَى، عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ، قَالَ: “يَوْمُ الْقِيَامَةِ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ كَقَدْرِ مَا بَيْنَ الظُّهْرِ وَ الْعَصْرِ.”

284/284: Al-Ḥasan bin Muḥammad bin Ḥalīm mengabarkan kepada kami, Abū-l-Muwajjih memberitakan (kepada kami), ‘Abdān memberitakan (kepada kami), ‘Ubaidillāh bin Ma‘mar menceritakan kepada kami dari Qatādah, dari Zurārah bin Aufā, dari Abū Hurairah, dia berkata: “Hari Kiamat bagi orang-orang mu’min adalah seperti jarak antara waktu Zhuhur dengan waktu ‘Ashar.” (3483)

Catatan:

  1. (346). Adz-Dzahabī berkata dalam at-Talkhīsh: “Hadits ini sesuai syarat Muslim.
  2. (347). Adz-Dzahabī berkata dalam at-Talkhīsh: “Hadits ini sesuai syarat al-Bukhārī dan Muslim, namun hadits ini diriwayatkan secara marfū‘ oleh Suwaid bin Nashar, dari Ibn-ul-Mubārak, seorang periwayat tsiqah dan ‘Abdān sepakat dengannya.”
  3. (348). Lih. hadits no. 283.