Al Mustadrak Bab 124 dan 126 no.285-287 : Akan Ada Pada Umatku Orang-Orang Yang Mendustakan Taqdīr

Al-MUSTADRAK
(Judul Asli: Al-Mustadraku ‘alash-Shahihain)
Oleh: Imam al-Hakim

Penerjemah: Ali Murtadho
Penerbit: PUSTAKA AZZAM

124 – سَيَكُوْنُ فِيْ أُمَّتِيْ أَقْوَامٌ يُكَذِّبُوْنَ بِالْقَدَرِ

  1. Akan Ada Pada Umatku Orang-Orang Yang Mendustakan Taqdīr

285 – حَدَّثَنَا أَبُوْ جَعْفَرٍ مُحَمَّدُ بْنُ صَالِحِ بْنِ هَانِئٍ، ثَنَا السَّرِيُّ بْنُ خُزَيْمَةَ، ثَنَا أَبُوْ عَبْدِ الرَّحْمنِ عَبْدُ اللهِ بْنُ يَزِيْدَ الْمُقْرِئُ : وَ أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ جَعْفَرٍ الْقَطِيعِيُّ، ثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ حَنْبَلٍ، حَدَّثَنِيْ أَبِيْ، ثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ يَزِيْدَ، ثَنَا سَعِيْدُ بْنُ أَيُّوْبَ، أَخْبَرَنِيْ أَبُوْ صَخْرٍ، عَنْ نَافِعٍ، قَالَ: كَانَ لِابْنِ عُمَرَ صَدِيْقٌ مِنْ أَهْلِ الشَّامِ يُكَاتِبُهُ، فَكَتَبَ إِلَيْهِ عَبْدُ اللهِ بْنُ عُمَرَ، أَنَّهُ بَلَغَنِي أَنَّكَ تَكَلَّمْتَ فِيْ شَيْءٍ مِنَ الْقَدَرِ فَإِيَّاكَ أَنْ تَكْتُبَ إِلَيَّ، فَإِنِّيْ سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ، يَقُوْلُ: ” إِنَّهُ سَيَكُوْنُ فِيْ أُمَّتِيْ أَقْوَامٌ يُكَذِّبُوْنَ بِالْقَدَرِ.” هذَا حَدِيْثٌ صَحِيْحٌ عَلَى شَرْطِ مُسْلِمٍ، فَقَدِ احْتَجَّ بِأَبِيْ صَخْرٍ حُمَيْدِ بْنِ زِيَادٍ، وَ لَمْ يُخْرِجَاهُ.

285/285: Abū Ja‘far Muḥammad bin Shāliḥ bin Hāni’ menceritakan kepada kami, as-Sarī bin Khuzaimah menceritakan kepada kami, Abū ‘Abd-ir-Raḥmān ‘Abdullāh bin Yazīd al-Muqri’ menceritakan kepada kami. Aḥmad bin Ja‘far al-Qathī‘ī menceritakan kepada kami, ‘Abdullāh bin Aḥmad bin Ḥanbal menceritakan kepada kami, ayahku menceritakan kepadaku, ‘Abdullāh bin Yazīd menceritakan kepada kami, Sa‘īd bin Ayyūb menceritakan kepada kami, Abū Shakhr memberitakan kepadaku dari Nāfi‘, dia berkata: Ibnu ‘Umar mempunyai teman orang Syām yang sering dikirimi surat. ‘Abdullāh bin ‘Umar lalu menulis surat kepadanya (yang isinya): “Sampai kepadaku berita bahwa engkau membahas sesuatu tentang taqdīr, Berhati-hatilah, jangan sampai kamu menulis kepadaku, karena aku pernah mendengar Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya akan ada pada umatku orang-orang yang mendustakan taqdīr”. (3491).

Hadits ini shaḥīḥ sesuai syarat Muslim. Ḥumaid bin Ziyād berḥujjah dengan Abū Shakhr, tapi al-Bukhārī dan Muslim tidak meriwayatkannya.

125 – الْقَدَرِيَّةُ مَجُوْسُ هذِهِ الْأُمَّةِ

  1. Qadariyyah Adalah Majūsi Ummat Ini.

286 – حَدَّثَنَا أَبُوْ بَكْرٍ أَحْمَدُ بْنُ سَلْمَانَ بْنِ الْحَسَنِ الْفَقِيْهُ إِمْلَاءً، ثَنَا أَبُوْ دَاوُدَ سُلَيْمَانُ بْنُ الْأَشْعَثِ، ثَنَا مُوْسَى بْنُ إِسْمَاعِيْلَ، ثَنَا عَبْدُ الْعَزِيْزِ بْنُ أَبِيْ حَازِمٍ، عَنْ أَبِيْهِ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، نِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ، قَالَ: “الْقَدَرِيَّةُ مَجُوْسُ هذِهِ الْأُمَّةِ إِنْ مَرِضُوْا فَلَا تَعُوْدُوْهُمْ، وَ إِنْ مَاتُوْا فَلَا تَشْهَدُوْهُمْ.”
[ ص: 270 ] هذَا حَدِيْثٌ صَحِيْحٌ عَلَى شَرْطِ الشَّيْخَيْنِ، إِنْ صَحَّ سَمَاعُ أَبِيْ حَازِمٍ، مِنِ ابْنِ عُمَرَ، وَ لَمْ يُخْرِجَاهُ.

286: Abū Bakar Aḥmad bin Salmān bin al-Ḥasan al-Faqīh menceritakan kepada kami secara imlā’, Abū Dāūd Sulaimān bin al-Asy‘ats menceritakan kepada kami, Mūsā bin Ismā‘īl menceritakan kepada kami, ‘Abd-ul-‘Azīz bin Abī Ḥāzim menceritakan kepada kami dari ayahnya, dari Ibnu ‘Umar, dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda: “Qadariyyah adalah majusi umat Ini, Jika mereka sakit, janganlah kalian jenguk dan Jika mereka mati janganlah kalian saksikan mereka (jangan melayat dan jangan mengiring jenazahnya).” (3502)

Hadits ini shaḥīḥ sesuai syarat al-Bukhārī dan Muslim, jika memang benar Abū Ḥāzim pernah mendengar hadits dari Ibnu ‘Umar. Keduanya juga tidak meriwayatkannya.

Syāhid hadits ini adalah:

126 – لَا تُجَالِسُوْا أَهْلَ الْقَدَرِ

  1. Janganlah Kalian Duduk-Duduk Dengan Kaum (Pengingkar) Taqdīr.

287 – وَ شَاهِدُهُ مَا حَدَّثَنَا أَبُوْ أَحْمَدَ بَكْرُ بْنُ مُحَمَّدٍ الصَّيْرَفِيُّ، بِمَرْوَ، ثَنَا عَبْدُ الصَّمَدِ بْنُ الْفَضْلِ الْبَلْخِيُّ، ثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ يَزِيْدَ الْمُقْرِيُّ، حَدَّثَنِيْ سَعِيْدُ بْنُ أَبِيْ أَيُّوْبَ، حَدَّثَنِيْ عَطَاءُ بْنُ دِيْنَارٍ، حَدَّثَنِيْ حَكِيمُ بْنُ شَرِيْكٍ الْهُذَلِيُّ، عَنْ يَحْيَى بْنِ مَيْمُوْنٍ الْحَضْرَمِيُّ، عَنْ رَبِيْعَةَ الْجُرَشِيِّ، عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ، عَنْ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ، قَالَ: “لَا تُجَالِسُوْا أَهْلَ الْقَدَرِ، وَ لَا تُفَاتِحُوْهُمْ.”

287/287: Hadits yang diceritakan kepada kami oleh Abū Aḥmad Bakar bin Muḥammad ash-Shairafī di Marwa, ‘Abd-ush-Shamad bin al-Fadhl al-Balkhī menceritakan kepada kami, ‘Abdullāh bin Yazīd al-Muqrī menceritakan kepada kami, Sa‘īd bin Abī Ayyūb menceritakan kepadaku, ‘Athā’ bin Dīnār menceritakan kepadaku, Ḥakīm bin Syarīk al Hudzalī menceritakan kepadaku dari Yaḥyā bin Maimūn al-Ḥadhramī, dari Rabī‘ah al-Jurasyī, dari Abū Hurairah, dari ‘Umar bin Khaththāb radhiyallāhu ‘anhumā, dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda: “Janganlah kalian duduk-duduk dengan kaum (pengingkar) taqdīr dan janganlah kalian memulai pembicaraan dengan mereka.” (3513).

Catatan-ed. : Qadariyyah singkatnya adalah orang-orang yang berkeyakinan manusia memiliki kontrol penuh atas usaha dan perbuatannya, tidak ada campur tangan Tuhan (Allah) dalam perbuatan manusia. Sedangkan Jabariyyah, memiliki keyakinan sebaliknya dimana manusia bagai boneka yang tidak memiliki daya dan perbuatan. Adapun ahlusunnah wal jama’ah, adalah berkeyakinan yang moderat, di tengah (berada diantara keduanya). Lengkapnya bisa merujuk para ulama yang membahas mengenai akidah.

هذَا آخِرُ كِتَابِ الْإِيْمَانِ .

Ini Merupakan Akhir Kitāb al-Īmān.

Catatan:

  1. (349). Adz-Dzahabī berkata dalam at-Talkhīsh: “Hadits ini sesuai syarat Muslim
  2. (350). Adz-Dzahabī berkata dalam at-Talkhīsh: “Hadits ini sesuai syarat al-Bukhārī dan Muslim, jika memang benar Abū Ḥāzim pernah mendengar hadits dari Ibnu ‘Umar r.a.”
  3. (351). Lih. hadits no. 286.