Al Mustadrak Bab 121 no.278-281 : “Maut” Disembelih Di Atas Shirath

Al-MUSTADRAK
(Judul Asli: Al-Mustadraku ‘alash-Shahihain)
Oleh: Imam al-Hakim

Penerjemah: Ali Murtadho
Penerbit: PUSTAKA AZZAM

121 – يُذْبَحُ الْمَوْتُ عَلَى الصِّرَاطِ

  1. Maut Disembelih Di Atas Shirāth.

278 – أَخْبَرَنَا أَبُوْ بَكْرٍ مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ حَاتِمٍ الْعَدْلُ، بِمَرْوَ، ثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ رَوْحٍ الْمَدَائِنِيُّ، ثَنَا يَزِيْدُ بْنُ هَارُوْنَ، أَنْبَأَ مُحَمَّدُ بْنُ عَمْرٍو، عَنْ أَبِيْ سَلَمَةَ، عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: “يُؤْتَى بِالْمَوْتِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فِيْ هَيْئَةِ كَبْشٍ أَمْلَحَ، فَيُقَالُ: يَا أَهْلَ الْجَنَّةِ، فَيَطَّلِعُوْنَ خَائِفِيْنَ وَجِلِيْنَ مَخَافَةَ أَنْ يَخْرُجُوْا مِمَّا هُمْ فِيْهِ، فَيُقَالُ: تَعْرِفُوْنَ هذَا؟ فَيَقُوْلُوْنَ: نَعَمْ، [ص: 267 ] هذَا الْمَوْتُ، ثُمَّ يُقَالُ: يَا أَهْلَ النَّارِ، فَيَطَّلِعُوْنَ مُسْتَبْشِرِيْنَ فَرِحِيْنَ أَنْ يَخْرُجُوْا مِمَّا هُمْ فِيْهِ، فَيُقَالُ: أَتَعْرِفُوْنَ هذَا؟ فَيَقُوْلُوْنَ: نَعَمْ، هذَا الْمَوْتُ، فَيَأْمُرُ بِهِ فَيُذْبَحُ عَلَى الصِّرَاطِ، فَيُقَالُ لِلْفَرِيْقَيْنِ: خُلُوْدٌ فِيْمَا تَجِدُوْنَ لَا مَوْتَ فِيْهَا أَبَدًا”. “هذَا حَدِيْثٌ صَحِيْحٌ عَلَى شَرْطِ مُسْلِمٍ، فَإِنَّ يَزِيْدَ بْنَ هَارُوْنَ ثَبْتٌ، وَ قَدْ أَسْنَدَهُ فِيْ جَمِيْعِ الرِّوَايَاتِ عَنْهُ، وَ وَافَقَهُ الْفَضْلُ بْنُ مُوْسَى السِّينَانِيُّ، وَ عَبْدُ الْوَهَّابِ بْنُ عَبْدِ الْمَجِيْدِ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرٍو”.

278/278: Abū Bakar Muḥammad bin Aḥmad bin Ḥātim al-‘Adl mengabarkan kepada kami di Marwa, ‘Abdullāh bin Rauḥ al-Madānī menceritakan kepada kami, Yazīd bin Hārūn menceritakan kepada kami, Muḥammad bin ‘Amr memberitakan (kepada kami) dari Abū Salamah, dari Abū Hurairah, dia berkata: Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Pada Hari Kiamat nanti maut akan didatangkan dalam bentuk seekor gibas yang bulunya lebih banyak putihnya daripada hitamnya. Kemudian dikatakan: “Wahai penduduk surga”. Mereka pun melihatnya dengan rasa penuh ketakutan karena khawatir mereka akan keluar dari keni‘matan yang telah mereka rasakan. Lalu ditanyakan kepada mereka: “Tahukah kalian apa ini? Mereka menjawab: “Ya, ini adalah maut. Kemudian dikatakan: “Wahai penduduk neraka. Mereka pun melihatnya dengan rasa gembira karena menganggap akan bisa keluar dari siksaan yang mereka rasakan. Lalu ditanyakan kepada mereka: “Tahukah kalian apa ini? Mereka menjawab: “Ya, ini adalah maut. Gibas tersebut lalu disuruh untuk disembelih di atas Shirāth, lalu dikatakan kepada dua kelompok (penghuni surga dan penghuni neraka), Kalian kekal atas apa yang kalian rasakan, tidak akan ada kematian di dalamnya untuk selamanya.” (3421).

Hadits ini shaḥīḥ sesuai syarat Muslim, karena Yazīd bin Hārūn adalah periwayat tsābit. Dia meriwayatkannya secara musnad dalam seluruh riwayat darinya. Al Fadhl bin Mūsā as-Sīnānī serta ‘Abd-ul-Wahhāb bin ‘Abd-il-Majīd menyepakatinya (dalam riwayat keduanya) dari Muḥammad bin ‘Amr.

“أَمَّا حَدِيْثُ الْفَضْلِ بْنِ مُوْسَى”:

Hadits Al Fadhl bin Mūsā adalah:

279 – أَخْبَرَنَا الْحَسَنُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ حَلِيْمٍ الْمَرْوَزِيُّ، ثَنَا أَبُو الْمُوَجِّهِ، ثَنَا سُفْيَانُ بْنُ عِيْسَى، ثَنَا الْفَضْلُ بْنُ مُوْسَى، ثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَمْرٍو، عَنْ أَبِيْ سَلَمَةَ، عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ، قَالَ: “يُؤْتَى بِالْمَوْتِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ” – فَذَكَرَ الْحَدِيْثَ مَوْقُوْفًا – .

279/279: Al-Ḥasan bin Muḥammad bin Ḥalīm al-Marwazī mengabarkan kepada kami, Abū-l-Muwajjih menceritakan kepada kami, Sufyān bin ‘Īsā menceritakan kepada kami, Al-Fadhl bin Mūsā menceritakan kepada kami, Muḥammad bin ‘Amr menceritakan kepada kami dari Abū Salamah, dari Abū Hurairah, dia berkata: “Maut didatangkan pada Hari Kiamat.”Selanjutnya dia menyebutkan redaksi haditsnya secara mauqūf. (3432)

“وَ أَمَّا حَدِيْثُ عَبْدِ الْوَهَّابِ بْنِ عَبْدِ الْمَجِيْدِ:”

Hadits ‘Abd-ul-Wahhāb bin ‘Abd-il-Majīd adalah:

280 – فَأَخْبَرَنَا أَبُوْ مُحَمَّدِ بْنُ زِيَادٍ الْعَدْلُ، ثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَاقَ، ثَنَا بُنْدَارٌ، ثَنَا عَبْدُ الْوَهَّابِ، – فَذَكَرَهُ بِإِسْنَادِهِ مَوْقُوْفًا – ، عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ. “وَ قَدِ اتَّفَقَ الشَّيْخَانِ عَلَى إِخْرَاجِ هذَا الْحَدِيْثِ بِغَيْرِ هذَا اللَّفْظِ مِنْ حَدِيْثِ الْأَعْمَشِ، عَنْ أَبِيْ صَالِحٍ، عَنْ أَبِيْ سَعِيْدٍ”.

280/280: Abū Muḥammad bin Ziyād al-‘Adl mengabarkan kepada kami, Muḥammad bin Isḥāq menceritakan kepada kami, Bundar menceritakan kepada kami, ‘Abd-ul-Wahhāb menceritakan kepada kami. Dia lalu menuturkannya dengan sanadnya secara mauqūf dari Abū Hurairah. (3443)

Al-Bukhārī dan Muslim sepakat meriwayatkan hadits ini dengan redaksi berbeda yang berasal dari al-A‘masy, dari Abū Shāliḥ, dari Abū Sa‘īd.

281 – أَخْبَرَنَا أَبُوْ مُحَمَّدٍ عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ إِسْحَاقَ الْفَاكِهِيُّ، بِمَكَّةَ، ثَنَا أَبُوْ يَحْيَى عَبْدُ اللهِ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ أَبِيْ مَسَرَّةَ، ثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ الْوَلِيْدِ الْأَزْرَقِيُّ، ثَنَا مُسْلِمُ بْنُ خَالِدٍ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ أَبِيْ حُسَيْنٍ، عَنِ ابْنِ سَابِطٍ، عَنْ عَمْرِو بْنِ مَيْمُوْنٍ الْأَوْدِيِّ، قَالَ: قَامَ فِيْنَا مُعَاذُ بْنُ جَبَلٍ، فَقَالَ: ” يَا بَنِيْ أَوْدٍ، إِنِّيْ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ، تَعْلَمُوْنَ الْمَعَادَ إِلَى اللهِ، ثُمَّ إِلَى الْجَنَّةِ، أَوْ إِلَى النَّارِ، وَ إِقَامَةٌ لَا يُظْعَنُ فِيْهِ، وَ خُلُوْدٌ لَا مَوْتٌ فِيْ أَجْسَادٍ لَا تَمُوْتُ”.[ ص: 268 ] “هذَا حَدِيْثٌ صَحِيْحُ الْإِسْنَادِ رُوَاتُهُ مَكِّيُّوْنَ، وَ مُسْلِمُ بْنُ خَالِدٍ الزِّنْجِيُّ إِمَامُ أَهْلِ مَكَّةَ وَ مُفْتِيْهِمْ إِلَّا أَنَّ الشَّيْخَيْنِ قَدْ نَسَبَاهُ إِلَى أَنَّ الْحَدِيْثَ لَيْسَ مِنْ صَنْعَتِهِ، وَ اللهُ أَعْلَمُ”.

281/281: Abū Muḥammad ‘Abdullāh bin Muḥammad bin Isḥāq al-Fākihī mengabarkan kepada kami di Makkah, Abū Yaḥyā ‘Abdullāh bin Aḥmad bin Abī Maisarah menceritakan kepada kami, Aḥmad bin Muḥammad bin al-Walīd al-Azraqī menceritakan kepada kami, Muslim bin Khālid menceritakan kepada kami dari ‘Abdullāh bin ‘Abd-ir-Raḥmān bin Abī Ḥusain, dari Ibnu Sābith, dari ‘Amr bin Maimūn al-Audī, dia berkata: Mu‘ādz bin Jabal berdiri di tengah-tengah kami dan berkata: “Wahai anakku, aku berkeinginan. Sesungguhnya aku adalah utusan dari Rasūlullāh shallallāhu alaihi wa sallam. Kalian tahu, bahwa tempat kembali hanya kepada Allah, kemudian ke surga atau ke neraka, tempat tinggal yang tidak berpindah-pindah, kekal dan tidak akan pernah mati, dalam jasad-jasad yang tidak pernah mati?” (3454).

Hadits ini sanadnya shaḥīḥ. Para periwayatnya orang-orang Makkah. Muslim bin Khālid az-Zanjī adalah imam dan Mufti penduduk Makkah. Hanya saja, al-Bukhārī dan Muslim menyatakan bahwa hadits ini bukanlah riwayatnya.

Catatan:

  1. (342). Adz-Dzahabī berkata dalam at-Talkhīsh: “Hadits ini sesuai syarat Muslim. ‘Illat hadits ini adalah Yazīd bin Hārūn meriwayatkannya secara marfū‘, namun hadits diriwayatkan secara mauqūf oleh al-Fadhl as-Saibānī dan ‘Abd-ur-Raḥmān ats-Tsaqafī. Al-Bukhārī dan Muslim juga sepakat dengannya dari hadits Abū Sa‘īd.”
  2. (343). Lih. hadits no. 278.
  3. (344). Lih. hadits no. 278.
  4. (345). Adz-Dzahabī berkata dalam at-Talkhīsh: “Sanad hadits ini shaḥīḥ dan para periwayatnya adalah orang-orang Makkah. Muslim adalah imam, penduduk Makkah, dan mufti Makkah. Dia juga dituduh layyin (lemah hapalannya).”