006 Gambaran Alam – Pancaran Spiritual – al-Qunawi

PANCARAN SPIRITUAL
TELAAH 40 HADITS SUFISTIK

(Diterjemahkan dari: Syarḥ-ul-Arba‘īna Ḥadītsan)
Oleh: SHADR-UD-DĪN Al-QUNĀWĪ

Penerjemah: Irwan Kurniawan
Penerbit: PT LENTERA BASRITAMA

HADITS KEENAM

(Gambaran Alam)

 

Ditegaskan dari Rasūlullāh s.a.w. bahwa beliau bersabda: “Barang siapa bermimpi melihat sesuatu yang belum pernah dilihatnya, maka pada hari kiamat dia akan dibebani dengan ikatan di antara dua tonggak, tetapi bukan dia yang mengikatnya.

Di dalam riwayat lain disebutkan: “…. di antara dua tonggak dari api.” (11).

 

Penyingkapan Rahasia dan Penjelasan Maknanya.

Ketahuilah, bahwa balasan dan hukuman ini muncul dari maqām keadilan. Hal itu disebabkan alam terbatas dalam bentuk dan makna. Atau katakanlah, dalam jisim dan roh. Alam mitsāl (alam pra-eksistensi) adalah barzakh (pemisah) yang menggabungkan dua sisi itu. Khayalan manusia merupakan bagian dari alam mitsāl. Maka yang tersusun di dalam khayalannya adalah dari materi-materi inderawi dan maknawi dengan suatu usaha sebagai bentuk yang tidak pernah dilihatnya. Kemudian ia mengabarkan bahwa ia mengetahui itu tanpa usaha. Maka dia telah berbohong dan mengelabui para pendengar bahwa al-Ḥaqq menampakkan hal itu kepadanya. Tidak diragukan, telah diumpamakan baginya alam makna itu dalam bentuk satu tonggak dan alam nyata dalam tonggak yang lain berupa perasaan yang merupakan pengenalan makna dan pengenalan rasa. Dia dibebani untuk mengikat di antara keduanya dengan ikatan yang benar seperti al-Ḥaqq s.w.t. mengikat yang satu terhadap yang lain. Tetapi dia tidak mampu melakukannya. Maka dia didustakan dan dilemahkan sebagai balasan yang sesuai baginya.

Pahamilah, semoga Allah memberi petunjuk.

 

Catatan:


  1. 1). Diriwayatkan oleh al-Bukhārī di dalam bab at-Ta‘bīr, hal. 45; Abū Dāūd di dalam bab al-Adab, hal. 88; at-Tirmidzī di dalam ban ar-Ru’yā’, hal. 8; Ibn Mājah di dalam bab ar-Ru’yā’, hal. 8; dan Ibn Ḥanbal, I/216, 246, 359 dan III/505. 
Dapatkan Notifikasi Hati Senang

Masukkan email Anda untuk mengetahui tentang artikel terbaru.

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *