2-3 Adab Pembaca Al-Qur’an – Adab Pemangku Al-Qur’an

ADAB PEMANGKU AL-QUR’ĀN
Oleh: Syaikh ‘Ali bin Muhammad ad-Diba‘i al-Mishri

Penerjemah: Drs. Rasyid Ridho
Penerbit: Gunung Jati Jarkata

Rangkaian Pos: Adab Pembaca al-Qur’ān | Syaikh ‘Ali bin Muhammad ad-Diba‘i al-Mishri
  1. 1.2-1 Adab Pembaca Al-Qur’an – Adab Pemangku Al-Qur’an
  2. 2.2-2 Adab Pembaca Al-Qur’an – Adab Pemangku Al-Qur’an
  3. 3.Anda Sedang Membaca: 2-3 Adab Pembaca Al-Qur’an – Adab Pemangku Al-Qur’an

آدَابُ الْقَارِئِ

Adab Pembaca al-Qur’ān

(Bagian 3 dari 3)

 

وَ إِذَا مَرَّ بِآيَةِ رَحْمَةٍ اسْتَبْشَرَ وَ سَأَلَ أَوْ عَذَابٍ اشْفَقَ وَ تَعَوَّذَ، أَوْ تَنْزِيْهٍ نَزَّهَ وَ عَظَّمَ، أَوْ دُعَاءٍ تَضَرَّعَ وَلْيَقُلْ بَعْدَ خَاتِمَةِ وَ التِّيْنِ: بَلَى وَ أَنَا عَلَى ذلِكَ مِنَ الشَّاهِدِيْنَ، وَ بَعْدَ خَاتِمَةِ الْقِيَامَةِ: بَلَى، وَ بَعْدَ خَاتِمَةِ الْمُرْسَلَاتِ: آمَنَّا بِاللهِ، وَ بَعْدَ خَاتِمَةِ الْمُلْكِ: اللهُ رَبُّ الْعَالَمِيْنَ. وَ بَعْدَ فَبِأَيِّ آلَاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ: وَ لَا بِشَيْءٍ مِنْ نِعَمِكَ رَبَّنَا نُكَذَّبُ فَلَكَ الْحَمْدُ، وَ بَعْدَ خَتْمِ وَ الضُّحَى وَ مَا بَعْدَهَا يُكَبِّرُ، وَلْيَخْفَضْ صَوْتَهُ بِقَوْلِهِ: وَ قَالَتِ الْيَهُوْدُ عُزَيْرُ ابْنُ اللهِ، وَ قَالَتِ النَّصَارَى الْمَسِيْحُ ابْنُ اللهِ وَ إِذَا فَرَغَ مِنَ الْفَاتِحَةِ يَقُوْلُ: آمِيْنٌ

39. Dan hendaknya bergembira sambil memohon bila melewati ayat rahmat (1), takut dan mohon perlindungan bila melewati ayat adzab (2), mensucikan dan mengagungkan-Nya, bila melewati ayat tanzīh (3) (pensucian Allah dari sifat makhluk), merendah sambil berdoa, bila melewati ayat doa (4), dan hendaknya mengucapkan. (بَلَى وَ أَنَا عَلَى ذلِكَ مِنَ الشَّاهِدِيْنَ) “Ya! Saya termasuk orang yang menyaksikan hal itu”, setelah membaca surat at-Tīn.

Mengucapkan “(بَلَى) ya”, setelah mengkhatamkan surat al-Qiyāmah.

Mengucapkan: (آمَنَّا بِاللهِ) kami beriman kepada Allah, setelah mengkhatamkan surat al-Mursalāt.

Mengucapkan (اللهُ رَبُّ الْعَالَمِيْنَ) Allah Tuhan sekalian alam, setelah mengkhatamkan surat al-Mulk.

Mengucapkan (لَا بِشَيْءٍ مِنْ نِعَمِكَ رَبَّنَا نُكَذَّبُ فَلَكَ الْحَمْدُ) “Ya Tuhanku, tidak sedikitpun dari segala nikmat-Mu yang kami dustai, kepunyaan-Mu-lah segala pujian”.

Setelah membaca Firman Allah yang artinya: “Nikmat Tuhanmu yang mana yang kamu dustai”, mengucapkan (اللهُ أَكْبَرُ).

Setelah mengkhatamkan surat wadh-Dhuḥā sampai an-Nās,

Dan hendaknya merendahkan suarat ketika membaca firman Allah: (وَ قَالَتِ الْيَهُوْدُ عُزَيْرُ ابْنُ اللهِ) “berkata orang-orang Yahudi ‘Uzair itu anak Allah”, (وَ قَالَتِ النَّصَارَى الْمَسِيْحُ ابْنُ اللهِ) “berkata orang-orang Nasrani: ‘Isa al-Masih itu anak Allah”,

Dan hendaknya mengucapkan (آمِيْنٌ) “terimalah ya Allah” setelah selesai membaca surat al-Fātiḥah.

1). Setelah firman Allah (يَغْفِرْ لَكُمْ وَ اللهُ غَفُوْرٌ رَحِيْمٌ) dianjur membaca (رَبِّ اغْفِرْ وَ ارْحَمْ وَ أَنْتَ خَيْرُ الرَّاحِمِيْنَ).

2). Setelah firman Allah (وَ لكِنْ حَقَّتْ كَلِمَةُ الْعَذَابِ عَلَى الْكَافِرِيْنَ) dianjur membaca (رَبِّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْعَذَابِ).

3). Setelah firman Allah (سَبِّحِ اسْمَ رَبِّكَ الْأَعْلَى) dianjurkan membaca (سُبْحَانَ رَبِّيَ الْأَعْلَى).

4). Setelah firman Allah (وَ إِذَا سَأَلَكَ عِبَادِيْ عَنِّيْ فَإِنِّيْ قَرِيْبٌ) dianjurkan membaca (اللهُمَّ أُمِرْتُ بِالدُّعَاءِ وَ تَكَلَّفْتُ بِالْإِجَابَةِ لَبَّيْكَ اللهُمَّ لَبَّيْكَ لَا شَرِيْكَ لَكَ إِنَّ الْحَمْدَ وَ النَّعْمَةَ لَكَ وَ الْمُلْكُ لَا شَرِيْكَ لَكَ أَشْهَدُ أَنَّكَ فَرْدٌ أَحَدٌ صَمَدٌ لَمْ يَلِدُ وَ لَمْ يُوْلَدْ وَ لَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ وَ أَشْهَدُ أَنَّ وَعْدَكَ حَقٌّ.).

وَ يُسْتَحَبُّ أَنْ يُكْثِرَ مِنَ الْبُكَاءِ عِنْدَ الْقِرَاءَةِ وَ التَّبَاكِيْ لِمَنْ لَا يَقْدِرُ عَلَيْهِ وَ الْحَزَنِ وَ الْخُشُوْعِ، وَ طَرِيْقُ تَكَلُّفِ الْبُكَاءِ أَنْ يُحْضِرَ قَلْبَهُ الْحَزَنَ فَمِنَ الْحَزَنِ يَنْشَأُ الْبُكَاءُ، وَ وَجْهُ إِحْضَارِ الْحَزَنِ أَنْ يَتَأَمَّلَ مَا فِيْهِ مِنَ التَهْدِيْدِ وَ الْوَعِيْدِ، وَ الْمُوَاثِيْقِ وَ الْعُهُوْدِ، ثُمَّ يَتَأَمَّلَ فِيْ تَقْصِيْرِهِ فِي امْتِثَالِ أَوَامِرِه وَ زَوَاجِرِهِ فَيَحْزَنُ لَا مَحَالَةَ وَ يَبْكِيْ، فِإِنْ لَمْ يَحْضُرْهُ حَزَنٌ وَ بُكَاءٌ كَمَا يَحْضُرُ أَرْبَابَ الْقُلُوْبِ الصُّوْفِيَّةِ فَلْيَبْكِ عَلَى فَقْدِ ذلِكَ مِنْهُ، فَإِنَّهُ مِنْ أَعْظَمِ الْمَصَائِبِ.

40. Disunnahkan ketika membaca untuk memperbanyak menangis, atau pura-pura menangis bagi orang yang tidak mampu menangis, juga dianjurkan memperbanyak sedih dan khusyu‘. Cara menangis yaitu menghadirkan duka cita di dalam hati, akibat duka cita ini maka akan timbul menangis, dan cara menghadirkan duka cita dengan merenungi segala isi al-Qur’ān baik berupa ancaman, dan janji-janji siksaan lalu merenungi segala kelalaian dalam menjunjung perintah-perintah dan larangan-laranganNya, kalau ini direnungi pada akan timbul duka cita dan menangis, sebagaimana yang dilakukan orang-orang sufi, kalau cara ini belum berhasil hendaknya dia tangisi dirinya yang tidak bisa menangis dan bersedih hati, dan inilah musibah yang paling besar (tidak bisa menangis).

وَ يُسْتَحَبُّ أَنْ يُرَعِيَ حَقَّ الْآيَاتِ، فَإِذَا مَرَّ بِآيَةِ سَجْدَةٍ مِنْ سَجْدَاتِ التِّلَاوَةِ سَجَدَ نَدْبًا. خِلَافًا لِلْحَنَفِيَّةِ حَيْثُ قَالُوْا بِوُجُوْبِهَا وَ هِيَ عِنْدَ الشَّافِعِيَّةِ فِي الْجَدِيْدِ أَرْبَعَ عَشْرَةَ سَجْدَةً فِي الْأَعْرَافِ، وَ الرَّعْدِ، وَ النَّحْلِ، وَ الْإِسْرَاءِ، وَ مَرْيَمَ، وَ اثْنَانِ فِي الْحَجِّ، وَ فِي الْفُرْقَانِ، وَ النَّمْلِأ وَ الم السَّجْدَةِ، حم السَّجْدَةِ، وَ النَّجْمِ، وَ الْاِنْشِقَاقِ، وَ الْعَلَقِ، أَمَّا سَجْدَةُ ص فَسَجْدَةُ شُكْرِ

41. Dianjurkan untuk memperhatikan hak segala ayat, disunnahkan sujud tilawah bilamana melewati ayat sajadah, menurut Ulama Ḥanafī wajib sujud tilawah. Berdasarkan Qaul Jadīd Ulama Syāfi‘iyyah (1) tempat-tempat sujud tilawah ada 14 tempat: 1. Surat al-A‘rāf, 2. Ar-Ra‘du, 3. An-Naḥl, 4. Al-Isrā’, 5. Maryam, 6. Dua tempat pada surat al-Ḥajj, 7. Al-Furqān, 8. An-Naml, 9. Alif lām mīm as-Sajadah, 10. Ḥa mīm as-Sajadah, 11. An-Najm, 12. Al-Insyiqāq, 13. Al-‘Alaq, adapun surat Shād termasuk sujud syukur.

1). Ketika Imām Syāfi‘ī berfatwa di Mesir.

وَ عِنْدَ الْحَنَفِيَّةِ ارْبَعَ عَشْرَةَ أَيْضًا، لكِنْ بِإِسْقَاطِ ثَانِيَةِ الْحَجِّ. وَ اثْبَاتِ سَجْدَةِ ص وَ عَنْ أَحْمَدَ رَوَايَتَانٍ، إِحْدَاهُمَا كَالشَّافِعِيَّةِ وَ الثَّانِيَةُ خَمْسَ عَشْرَةَ سَجْدَةً، وَ عَنْ مَالِكٍ قَوْلَانِ. أَوَّلُهُمَا كَالشَّافِعِيَّةِ وَ الثَّانِيْ إِحْدَى عَشْرَةَ بِإِسْقَاطِ النَّجْمِ وَ الْاِنْشِقَاقِ وَ الْعَلَقِ وَ يَدْعُوْ فِيْ سُجُوْدِهِ بِمَا يَلِيْقُ بِالْآيَةِ الَّتِيْ قَرَأَهَا.

42. Menurut Mazhab Ḥanafī juga ada 14 tempat, tetapi tidak memasukkan yang kedua dari surat al-Ḥajj, dan menetapkan sajadah surat Shād. Imām Aḥmad mempunyai dua riwayat, yang pertama seperti ulama Syāfi‘iyyah dan yang kedua ada 15 tempat sujud, Imām Mālik mempunyai dua pendapat, yang pertama seperti ulama Syāfi‘iyyah, dan yang kedua hanya ada 11 tempat, tidak memasukkan surat an-Najm, Insyiqāq dan al-‘Alaq, dan dianjurkan berdoa dalam sujudnya doa yang sesuai dengan ayat yang dibaca.

وَ يُشْتَرَطُ فِيْ هذِهِ السَّجْدَاتِ شُرُوْطُ الصَّلَاةِ مِنْ سَتْرِ الْعَوْرَةِ وَ اسْتِقْبَالِ الْقِبْلَةِ وَ طَهَارَةِ الثَّوْبِ وَ الْبَدَنِ وَ الْمَكَانِ وَ مَنْ لَمْ يَكُنْ عَلَى طَهَارَةٍ عِنْدَ التِّلَاوَةِ يَسْجُدُ بَعْدَ أَنْ يَتَطَهَّرَ.

43. Sujud tilawah ini disyaratkan seperti syarat-syarat shalat seperti menutup aurat, menghadap qiblat, suci badan, pakaian dan tempat, jika ketika membaca tidak dalam keadaan suci, maka sujud setelah bersuci dahulu (berwudhu’/tidak berhadats).

وَ يُسَنُّ أَنْ يَتَعَاهَدَ الْقُرْآنَ وَ يُكْثِرَ مِنْ قِرَاءَتِهِ مَا أَمْكَنَ فِيْ كُلِّ وَقْتٍ بِلَا اسْتِثْنَاءٍ، خِلَافًا لِمَنْ كَرِهَهَا بَعْدَ صَلَاةِ الْعَصْرِ، وَ قَالَ إِنَّهَا مِنْ فِعْلِ الْيَهُوْدِ.

44. Disunnahkan memperhatikan bacaan al-Qur’ān dan banyak membacanya pada setiap waktu. Semaksimal mungkin, tanpa terkecuali walaupun setelah shalat ‘Ashar, ada ulama yang memakruhkan karena menyerupai perbuatan orang-orang Yahudi (yang membaca kitab mereka setelah ‘Ashar).

وَ لْيَكُنِ اعْتِنَاؤُهُ بِهَا فِي اللَّيْلِ أَكْثَرَ، لِكَوْنِهِ أَجْمَعَ لِلْقَلْبِ وَ أَبْعَدَ عَنِ الشَّاعِلَاتِ وَ الْمُلْهِيَاتِ، وَ أَصْوَنَ عَنِ الرِّيَاءِ وَ غَيْرِهِ مِنَ الْمحْبِطَاتِ.

45. Tetapi hendaknya perhatian membaca al-Qur’ān di malam hari lebih banyak, karena hati lebih konsentrasi, jauh dari kebimbangan dan kelalaian, lagi lebih terpelihara dari riya’ dan lain-lain yang dapat menggugurkan pahala.

وَلْيَحْتَرِسْ مِنْ نِسْيَانِه، فَإِنَّ نِسْيَانَهُ كَبِيْرَةٌ، وَ كَذَا نِسْيَانُ شَيْءٍ مِنْهُ كَمَا صَرَّحَ بِهِ النَّوَوِيُّ فِي الرَّوْضَةِ وَ غَيْرِهَا، وَ إِذَا أَرْتَجَ عَلَى الْقَارِئِ فَلَمْ يَدْرِ مَا بَعْدَ الْمَوْضِعِ الَّذِي انْتَهَى إِلَيْهِ فَسَأَلَ عَنْهُ غَيْرَهُ، فَيَنْبَغِيْ أَنْ يَتَأَدَّبَ لِلْقَارِئِ فِيْ سُؤَالِهِ وَ لَا يَتَكَلَّمَ بِمَا يَلْبِسُ عَلَيْهِ، وَ السُّنَّةُ أَنْ يَقُوْلَ أُنْسِيْتُ كَذَا، لَا نَسِيْتُهُ، إِذْ لَيْسَ هُوَ فَاعِلَ النِّسْيَانِ.

46. Dan menjaga diri dari melupakan hafalan al-Qur’ān, karena termasuk dosa besar, demikian juga melupakan sebagian ayat-ayatnya, sebagaimana dijelaskan an-Nawawī dalam kitab Raudhah dan lainnya. Apabila pembaca sulit memahami, dan tidak tahu tempat yang tepat untuk berhenti, hendaknya agar bertanya kepada orang lain (alim) dan beradab ketika bertanya, dan tidak mengucapkan sesuatu yang tidak jelas (samar), dan sunnahnya berkata: “aku dilupakan ayat ini dan itu (1)”, tidak berkata: “aku lupakan ayat ini dan itu (2)”. Karena hakekatnya bukanlah dia yang membuat lupa, (tetapi Allah).

1). Tidak ada unsur kesengajaan.

2). Ada unsur kesengajaan.

وَ يُسْتَحَبُّ لِلْقَارِئِ إِذَا انْتَهَتْ قِرَاءَتُهُ أَنْ يُصَدِّقَ رَبَّهُ وَ يَشْهَدَ بِالْبَلَاغِ لِرَسُوْلِهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ، وَ يَشْهَدَ عَلَى ذلِكَ أَنَّهُ حَقٌّ، فَيَقُوْلُ: صَدَقَ اللهُ الْعَظِيْمُ وَ بَلَّغَ رَسُوْلُهُ الْكَرِيْمُ وَ نَحْنُ عَلَى ذلِكَ مِنَ الشَّاهِدِيْنَ. اللهُمَّ اخْعَلْنَا مِنْ شُهَدَاءِ الْحَقِّ الْقَائِمِيْنَ بِالْقِسْطِ.

47. Dianjurkan pembaca bila mengakhiri bacaannya untuk membenarkan Tuhannya, menyaksikan bahwa Rasūlullāh s.a.w. telah menyampaikan misinya, dan menyaksikan bahwa semua itu benar, lalu dia ucapkan: (صَدَقَ اللهُ الْعَظِيْمُ وَ بَلَّغَ رَسُوْلُهُ الْكَرِيْمُ وَ نَحْنُ عَلَى ذلِكَ مِنَ الشَّاهِدِيْنَ.) Maha Benar Allah Yang Maha Agung, dan Rasūlnya yang mulia telah menyampaikan misinya, dan kami termasuk di antara orang-orang yang menyaksikan kebenaran itu. Ya Allah jadikanlah kami saksi-saksi yang benar dan penegak keadilan).

وَ يُسَنُّ صَوْمٌ يَوْمَ الْخَتْمِ وَ جَمْعُ الْأَهْلِ وَ الْأَصْدِقَاءِ عِنْدَهُ، وَ الدُّعَاءُ عَقِبَهُ، ثُمَّ الشُّرُوْعُ فِيْ خَتْمِهِ أُخْرَى وَ جَرَى عَمَلُ النَّاسِ عَلَى تَكْرِيْرِ سُوْرَةِ الْإِخْلَاصِ وَ مَنَعَهُ الْإِمَامُ أَحْمْدُ.

48. Disunnahkan berpuasa pada hari mengkhatamkan al-Qur’ān, mengumpulkan keluarga, teman-teman sekitarnya dan berdoa kemudian memulai kembali untuk mengkhatamkan lagi, tetapi ada sekelompok manusia hanya mengulang surat al-Ikhlāsh (setelah khataman), hal ini dilarang oleh Imām Aḥmad.

Dapatkan Notifikasi Hati Senang

Masukkan email Anda untuk mengetahui tentang artikel terbaru.

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *