004 Tentang Hukum Lam Ta’rif & Lam Fi’il – Pelajaran Tajwid – Tuhfat-ul-Athfal

PELAJARAN TAJWĪD
Terjemah (TUḤFAT-UL-ATHFĀL)
Oleh: Syaikh Sulaimān ‘Abdullāh bin Ḥusain bin Muḥammad

Alih Bahasa: Achmad Sunarto
Penerbit: AL-HIDAYAH Surabaya

BAB IV

لَامُ أَلْ (التَّعْرِيْفِ) وَ لَامُ الْفِعْلِ

TENTANG HUKUM LĀM TA‘RĪF DAN LĀM FI‘IL

 

لِلَّامِ أَلْ حَالَانِ قَبْلَ الْأَحْرُفِ أُوْلَاهُمَا إِظْهَارُهَا فَلْتَعْرِفِ
قَبْلَ ارْبَعٍ مَعْ عَشْرَةٍ خُذْ عِلمَهُ مِنْ أَبْغِ حَجَّكَ وَ خَفْ عَقِيْمَهُ
ثَانِيْهِمَا إِدْغَامُهَا فِيْ أَرْبَعِ وَ عَشْرَةٍ أَيْضًا وَ رَمْزَهَا فَعِ.

Alif lām (Al) apabila dirangkaikan dengan kalimat isim (selain isim isyārah dan isim alam) disebut at-Ta‘rīf.

Apabila ada Al dirangkaikan dengan salah satu huruf Hijā’iyyah 14, yang terkumpul dalam syair: (أَبْغِ حَجَّكَ وَ خَفْ عَقِيْمَهُ)

(أَ – بَ – غ – ح – ج – ك – و – خ – ف – ع – ق – ي – م – ه)

maka hukumnya dibaca Izhhār.

Contoh:

أ – الْأَبْتَرُ – الْأَرْضُ خ – الْخَبِيْرُ – الْخَنَّاسُ
بَ – الْبَصِيْرُ – الْبَيْتُ ف – الْفَلَقُ -الْفِتْنَةُ
غ – الْغَمَامُ – الْغَفُوْرُ ع – الْعَالِمِيْنَ – الْعُقَدُ
ح – الْحَمْدُ – الْحُطَمَةُ ق – الْقُبُوْرُ – الْقَارِعَةُ
ج – الْجحِيْمُ – الْجَنَّةُ ي – الْيَوْمُ – الْيَتِيْمُ
كَ – الْكَرِيْمُ – الْكَوْثَرُ م – الْمُسْتَقِيْمُ – الْمَلَائِكَةُ
وَ – الْوَسْوَاسُ – الْوَدُوْدُ ه – الْهُدَى – الْهَوَى.

Apabila ada Al dirangkaikan dengan salah satu dari huruf Hijā’iyyah 14, yang tersebut pada tiap-tiap kalimat dari syair ini:

طِبْ ثُمَّ صِلْ رَحْمًا تَفُزْ ضِفْ ذَا نِعَمْ

دَعْ سُوْءَ ظَنٍّ زُرْ شَرِيْفًا لِلْكَرَمْ.

(ط – ث – ص – ر – ت – ض – ذ – ن – د – س – ط – ز – ش – ل)

maka hukum bacaannya dibaca Idghām.

Contoh:

ط – الطَّامَّةُ – الطَّارِقُ ن – النَّفَّاثَاتُ – النَّاسُ
ث – الثَّاقِبُ – الثَّوَابُ د – الدِّيْنُ – الدُّنْيَا
ص – الصَّادِقُ- الصِّرَاطُ س – السَّائِحُوْنَ – السَّمَاءُ
ر – الرَّاكِعِيْنَ – الرَّحْمنُ ظ – الظَّالِمُوْن – الظُّلُمَاتُ
ت – التَّائِبِيْنَ – التَّكَاثُرُ زَ – الزُّجَاجُ – الزَّيْتُوْنَ
ض – الضُّحَى- الضَّالِّيْنَ ش – الشَّيْطَانُ – الشَّمْسُ
ذ – الذَّارِيَاتِ – الذَّاكِرِيْنَ ل – اللَّيْلُ – اللُّمَزَةُ

 

وَ اللَّامَ الْأُوْلَى سَمِّهَا قَمْريَّةْ وَ اللَّامَ الْأُخْرَى سَمِّهَا شَمْسِيَّةْ

Lām (Al Ta‘rīf) yang pertama (yakni yang dibaca Izhhār) itu dinamakan Al Qamariyyah. Sedangkan Lām (Al-Ta‘rīf) yang kedua (yakni yang dibaca Idghām) dinamakan Al Syamsiyyah.

وَ أَظْهِرَنَّ لَامَ فِعْلٍ مُطْلَقًا فِيْ نَحْوِ قُلْ نَعَمْ وَ قُلْنَا وَ الْتَقَى.

Lām fi‘il yang mati, baik berupa fi‘il mādhī, mudhāri‘ atau amar itu wajib dibaca Izhhār. Contoh:

قُلْ نَعَمْ – قُلْنَا – يَلْتَقِطْهُ – اِلْتَقَى

Kecuali kalau Lām fi‘il yang mati itu jatuh sebelum lām atau rā’, maka wajib dibaca Idghām.

 

LATIHAN III:

1. Sebutkan macam-macam Al Ta‘rīf?

2. Masing-masing harus dibaca apa?

3. Bedakan Al Ta‘rīf di bawah ini sesuai dengan macam-macamnya:

الرَّحْمنُ، عَلَّمَ الْقُرْآنَ. خَلَقَ الْإِنْسَانَ عَلَّمَهُ الْبَيَانَ. الشَّمْسُ وَ الْقَمَرُ بِحُسْبَانٍ. وَ النَّجْمُ وَ الشَّجَرُ يَسْجُدَانِ. وَ السَّمَاءَ رَفَعَهَا وَ وَضَعَ الْمِيْزَانَ. أَلَّا تَطْغَوْا فِي الْمِيْزَانِ.

4. Lām fi‘il yang mati harus dibaca apa?

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *