Fathah Sebagai Pengganti Kasrah – Tanda I‘rab Khafadh – Ilmu Nahwu Tuhfat-us-Saniyah

Dari Buku:
Ilmu Nahwu Terjemah Tuhfat-us-Saniyah
(Judul Asli: Tuḥfat-us-Saniyati Syarḥu Muqaddimat-il-Ajurrumiyyah)
Oleh: Muhammad Muhyidin ‘Abdul Hamid
Penerjemah: Muhammad Taqdir
Penerbit: Media Hidayah

Rangkaian Pos: 2-5 Tanda I‘rab Khafadh - Ilmu Nahwu Tuhfat-us-Saniyah

Fatḥah Sebagai Pengganti Kasrah

 

MATAN

 

وَ أَمَّا الْفَتْحَةُ فَتَكُوْنُ عَلَامَةً لِلْخَفْضِ فِي الْاِسْمِ الَّذِيْ لَا يَنْصَرِفُ

“Harakat fatḥah menjadi tanda khafadh pada isim yang tidak ber-tanwīn (isim ghairu munsharif).”

 

SYARAH

 

Fatḥah menjadi tanda khafadh pada isim ghairu munsharif. Makna isim ghairu munsharif adalah bahwa isim tersebut tidak menerima tanwīn. Isim ghairu munsharif adalah isim yang menyerupai fi‘il dengan keberadaan dua ‘illah far‘iyyah (faktor derifat/cabang) yang mana salah satu dari ‘illah tersebut kembali kepada lafazh, sedangkan yang lain kembali kepada makna, atau terdapat satu ‘illah yang dapat mengganti kedudukan kedua ‘illah tersebut.

‘Illah yang terdapat pada isim dan menunjukkan far‘iyyah yang kembali kepada makna terbagi dua, yaitu ‘alamiyyah (nama) dan washfiyyah (sifat). Isim mamnū‘ min-ash-sharf (isim ghairu munsharif) harus mengandung salah satu dari kedua ‘illah ini.

Adapun ‘illah yang terdapat pada isim dan menunjukkan far‘iyyah yang kembali kepada lafazh, terbagi menjadi enam (6), yaitu:

  1. ta’nīts bukan dengan alif,
  2. ‘ujmah (3) (الْعُجْمَةُ),
  3. tarkīb (4),
  4. alif dan nūn zā’idah (tambahan),
  5. wazan fi‘il (5).
  6. ‘adl (6) (الْعَدْلُ).

 

Salah satu dari keenam ‘illah ini mesti terdapat pada isim ghairu munsharif yang berpasangan dengan ‘illah ‘alamiyyah.

Adapun isim ghairu munsharif dengan ‘illah washfiyyah (sifat) harus mengandung salah satu dari tiga ‘illah berikut, yaitu:

  1. tambahan huruf alif dan nūn,
  2. wazan fi‘il,
  3. ‘adl.

 

Contoh ‘alamiyyah dengan ta’nīts tanpa menggunakan huruf alif:

(فَاطِمَةٌ، زَيْنَبُ، حَمْزَةُ).

Contoh ‘alamiyyah ‘ujmah (nama non ‘Arab):

(إِدْرِيْسُ، يَعْقُوْبُ، إِبْرَاهِيْمُ).

Contoh ‘alamiyyah dengan tarkīb:

(مَعْدِيْكَرِبُ، بَعْلَبَكُّ، قَاضِيْخَانُ، بُزُرْجَمَهْرُ، رَامهُرْمُزُ).

Contoh ‘alamiyyah dengan tambahan huruf alif dan nūn:

(مَرْوَانُ، عُثْمَانُ، غَطَفَانُ، عَفَّانُ، سَحْبَانُ، سُفْيَانُ، عِمْرَانُ، قَحْطَانُ، عَدْنَانُ).

Contoh ‘alamiyyah yang mengikuti wazan fi‘il.

(أَحْمَدُ، يَشْكُرُ، يَزِيْدُ، تَغْلِبُ، تَدْمُرُ).

Contoh ‘alamiyyah dengan ‘adl:

(عُمَرُ، زُفَرُ، قُشَمُ، هُبَلُ، زُحَلُ، جُمَحُ، قَزَحُ، مُصَرُ).

Contoh washfiyyah dengan tambahan huruf alif dan nūn:

(رَيَّانُ، شَعْبَانُ، يَقْظَانُ).

Contoh washfiyyah yang mengikuti wazan fi‘il:

(أَكْرَمُ، أَفْضَلُ، أَجْمَلُ).

Contoh washfiyyah dengan ‘adl:

(مَثْنَى، ثُلَاثُ، رُبَاعُ، أُخَرُ).

 

Adapun dua ‘illah yang masing-masing dari keduanya dapat menduduki dua ‘illah adalah shīghah muntah-al-jumu‘ dan huruf alif ta’nīts maqshūrah atau huruf alif ta’nīts mamdūdah.

 

Shīghah Muntah-al-Jumu‘.

Batasannya adalah isim tersebut merupakan jama‘ taksīr yang setelah huruf alif taksīr terdapat dua (2) huruf, seperti:

(مَسَاجِدَ، مَنَابِرَ، أَفَاضِلَ، أَمَاجِدَ، أَمَاثِلَ، حَوَائِضَ، طَوَامِثَ).

atau setelah alif taksīr terdapat tiga (3) huruf yang mana huruf kedua (yang tengah) berharakat sukūn, seperti:

(مَفَاتِيْحَ، عَصَافِيْرَ، قَنَادِيْلَ).

 

Alif Ta’nīts-il-Maqshūrah, contohnya:

(حُبْلَى، قُصْوَى، دَنْيَا، دَعْوَى).

 

Alif Ta’nīts-il-Mamdūdah, contohnya:

(حَمْرَاءَ، دَعْجَاءَ، حَسْنَاءَ، بَيْضَاءَ، كَحْلَاءَ، نَافِقَاءَ، عُلَمَاءَ).

 

Semua isim yang telah kami sebutkan di atas – demikian juga semisalnya – tidak boleh diberi tanwīn; sedangkan tanda khafadh untuk seluruh isim tersebut adalah harakat fatḥah yang berfungsi sebagai pengganti kasrah. Contoh:

(صَلَّى اللهُ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ خَلِيْلِهِ) – Semoga Allah melimpahkan rahmat-Nya kepada Nabi Ibrāhīm khalīlullāh [kekasih Allah].

(رَضِيَ اللهِ عَنْ عُمَرَ أَمِيْرِ الْمُؤْمِنِيْنَ) – Semoga Allah meridhai ‘Umar, pemimpin orang-orang beriman.

Kata (إِبْرَاهِيْمَ) dan (عُمَرَ) dalam keadaan makhfūdh (majrūr) karena masuknya huruf khafadh pada kata-kata tetsebut. Tanda khafadh-nya adalah fatḥah sebagai pengganti harakat kasrah, karena kedua kata tersebut adalah isim ghairu munsharif. Faktor yang menghalangi masuknya harakat tanwīn pada kata (إِبْرَاهِيْمَ) adalah faktor ‘alamiyyah (kata Ibrāhīm merupakan nama) dan (الْعُجْمَةُ) (kata Ibrāhīm merupakan nama ‘ajm/non ‘Arab). Adapun harakat tanwīn terhalangi dari kata (عُمَرَ) disebabkan dua ‘illah yaitu (الْعَلَمِيَّةُ) (nama) dan (الْعَدْلُ) (berubah dari bentuk asalnya). Silakan anda analogikan hal ini ke isim-isim ghairi munsharif yang lain.

 

Catatan:

Isim ghairi munsharif di-khafadh dengan harakat fatḥah, namun dengan syarat isim tersebut harus terbebas dari (اَلْ) alif lām dan juga tidak di-idhāfah-kan kepada isim setelahnya (isim yang lain). Jika isim itu bersambung dengan (اَلْ) atau di-idhāfah-kan kepada isim yang lain, maka isim itu di-khafadh dengan kasrah, sebagaimana firman Allah ta‘ālā:

(وَ أَنْتُمْ عَاكِفُوْنَ فِي الْمَسَاجِدِ) – Ketika kalian sedang ber-i‘tikāf di dalam masjid. (al-Baqarah: 187).

(مَرَرْتُ بِحَسْنَاءِ قُرَيْشٍ) – Saya melewati para wanita cantik Quraisy.

Latihan:

  1. Jelaskan faktor-faktor penyebab yang menghalangi tanwīn untuk melekat pada masing-masing kata berikut ini!

زَيْنَبُ، مُضَرُ، يُوْسُفُ، إِبْرَاهِيْمُ، أَكْرَمُ مِنْ أَحْمَدَ، بَعْلَبَك، رَيَّان، مَغَاليق، حَسَّان، عَاشُورَاء، دُنْيَا.

  1. Gunakan masing-masing kata berikut ini dalam dua kalimat sempurna, yang mana pada salah satu kalimat kata tersebut dalam keadaan jarr dengan harakat fatḥah sebagai pengganti kasrah sedangkan pada kalimat kedua di-jarr-kan dengan harakat kasrah yang zhāhirah!

دعجاء، أماثيل، أجمل، يقظان.

  1. Isilah titik-titik pada kalimat-kalimat di bawah ini dengan isim ghairi munsharif dan harakatilah! Selanjutnya, jelaskan faktor yang menghalangi munculnya tanwīn pada kata tersebut!
  1. سَافِرْ ……. مَعَ أَخِيْكَ.
  2. …….. خَيْرٌ مِنْ ……
  3. كَانَتْ عِنْدَ ……. زائِرَةٌ مِنْ ……
  4. …….. نعطف عَلَى الْفُقَرَاء.
  5. مَسْجِدُ عَمْرٍو أَقْدَمُ مَا بِمِصْرَ مِنْ …..
  6. هذِهِ الْفَتَاةُ …….
  7. …….. يَظْهَرُ بَعْدَ المطرِ.
  8. مَرَرْتُ بِمِسْكِيْنٍ …… فَتَصَدَّقْتُ عَلَيْهِ.
  9. الْإِحْسَانُ إِلَى الْمسيء …….. إِلَى النَّجَاة.

Pertanyaan:

  1. Sebutkan berbagai tempat di mana harakat fatḥah menjadi tanda khafadh bagi suatu isim!
  2. Apa makna suatu isim disebut isim ghairi munsharif?
  3. Apa yang dimaksud dengan isim ghairi munsharif?
  4. Apa saja ‘illah yang kembali kepada maknā?
  5. Apa saja ‘illah yang kembali kepada lafazh?
  6. Berapa ‘illah dari ‘illah-‘illah lafzhiyyah yang dijumpai bersamaan dengan washfiyyah?
  7. Berapa ‘illah dari ‘illah-‘illah lafzhiyyah dapat dijumpai bersamaan dengan ‘alamiyyah?
  8. Apa dua isim yang dapat menempati kedudukan dua ‘illah?
  9. Berikanlah contoh isim ghairi munsharif yang terjadi karena ‘alamiyyah dengan ‘adl, washfiyyah dengan ‘adl, ‘alamiyyah dengan tambahan huruf alif dan nūn, washfiyyah dengan tambahan huruf alif dan nūn, ‘alamiyyah dengan ta’nīts, washfiyyah dengan wazan fi‘il, dan ‘alamiyyah dengan ‘ajam!

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *