Surah at-Takwir 81 ~ Tafsir al-Bayan

تَفْسِيْرُ الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ
AL-BAYĀN
JILID IV
 
Oleh:
Prof. T.M. Hasbi ash-Shiddieqy.
 
Penerbit: PT ALMA‘ARIF – Bandung

SURAT KEDELAPAN PULUH SATU
AT-TAKWĪR

(Menghilangkan dari tempat dan melenyapkan cahaya)
Diturunkan di Makkah, terdiri dari 29 ayat.

 

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ

إِذَا الشَّمْسُ كُوِّرَتْ. وَ إِذَا النُّجُوْمُ انْكَدَرَتْ. وَ إِذَا الْجِبَالُ سُيِّرَتْ. وَ إِذَا الْعِشَارُ عُطِّلَتْ. وَ إِذَا الْوُحُوْشُ حُشِرَتْ. وَ إِذَا الْبِحَارُ سُجِّرَتْ. وَ إِذَا النُّفُوْسُ زُوِّجَتْ. وَ إِذَا الْمَوْؤُوْدَةُ سُئِلَتْ. بِأَيِّ ذَنْبٍ قُتِلَتْ. وَ إِذَا الصُّحُفُ نُشِرَتْ. وَ إِذَا السَّمَاءُ كُشِطَتْ. وَ إِذَا الْجَحِيْمُ سُعِّرَتْ. وَ إِذَا الْجَنَّةُ أُزْلِفَتْ. عَلِمَتْ نَفْسٌ مَّا أَحْضَرَتْ. فَلَا أُقْسِمُ بِالْخُنَّسِ. الْجَوَارِ الْكُنَّسِ. وَ اللَّيْلِ إِذَا عَسْعَسَ. وَ الصُّبْحِ إِذَا تَنَفَّسَ. إِنَّهُ لَقَوْلُ رَسُوْلٍ كَرِيْمٍ. ذِيْ قُوَّةٍ عِنْدَ ذِي الْعَرْشِ مَكِيْنٍ. مُطَاعٍ ثَمَّ أَمِيْنٍ. وَ مَا صَاحِبُكُمْ بِمَجْنُوْنٍ. وَ لَقَدْ رَآهُ بِالْأُفُقِ الْمُبِيْنِ. وَ مَا هُوَ عَلَى الْغَيْبِ بِضَنِيْنٍ. وَ مَا هُوَ بِقَوْلِ شَيْطَانٍ رَجِيْمٍ. فَأَيْنَ تَذْهَبُوْنَ. إِنْ هُوَ إِلَّا ذِكْرٌ لِّلْعَالَمِيْنَ. لِمَنْ شَاءَ مِنْكُمْ أَنْ يَسْتَقِيْمَ. وَ مَا تَشَاؤُوْنَ إِلَّا أَنْ يَشَاءَ اللهُ رَبُّ الْعَالَمِيْنَ.

Dengan – menyebut – asmā’ Allah yang Maha besar (banyak) rahmat-Nya, lagi senantiasa mencurahkan rahmat-Nya.

Peristiwa-peristiwa sebelum menjelang hari berbangkit:

81: 1. Apabila matahari telah dilenyapkan dari tempatnya (digulung) (31941).
81: 2. Dan apabila bintang-bintang jatuh berhamburan.
81: 3. Dan apabila gunung-gunung telah diangkat dan dihancur-lumatkan.
81: 4. Apabila unta-unta betina yang bunting 10 bulan, ditinggalkan (tidak dihiraukan lagi) (31952).
81: 5. Dan apabila binatang-binatang liar dikumpulkan – dari segala penjuru – (31963).
81: 6. Dan apabila lautan menjadi laut api.
81: 7. Dan apabila jiwa-jiwa manusia dikumpulkan dengan tubuhnya (31974).
81: 8. Dan apabila ditanyakan kepada anak-anak perempuan yang dikuburkan hidup-hidup (31985).
81: 9. Karena dosa apakah dia dibunuh?
81: 10. Dan apabila buku-buku ‘amalan disebarkan (dibuka) (31996).
81: 11. Dan apabila langit telah dihancurkan (32007).
81: 12. Dan apabila neraka dinyalakan apinya.
81: 13. Dan apabila surga didekatkan – kepada para muttaqin – .
81: 14. Niscaya mengetahuilah setiap diri apa yang dia telah sediakannya.
81: 15. Aku bersumpah dengan bintang-bintang yang timbul tenggelam.

Al-Qur’ān adalah wahyu Allah yang disampaikan Jibrīl:

81: 16. Yang berlayar di angkasa dan kembali terbenam (32018).
81: 17. Demi malam di ketika dia hampir pergi (32029).
81: 18. Demi Shubuḥ apabila dia telah terang (320310).
81: 19. Sesungguhnya dia adalah benar-benar perkataan utusan yang mulia (Rūḥ-ul-Qudus Jibrīl) (320411).
81: 20. Yang mempunyai kekuatan (320512), yang mempunyai kedudukan di sisi Tuhan yang mempunyai ‘Arsy.
81: 21. Yang dipatuhi di sana (320613), lagi yang dipercayai.
81: 22. Dan kawanmu itu sekali-kali bukanlah orang gila. (320714)
81: 23. Demi Allah, sesungguhnya dia telah melihatnya – (Jibrīl) di tepi langit – yang terang (320815).
81: 24. Dan dia sekali-kali tidaklah kikir untuk menerangkan hal yang ghaib (320916).
81: 25. Dan dia itu sekali-kali bukanlah perkataan syaithān yang dikenakan rejam.
81: 26. Maka ke manakah kamu akan hendak pergi?
81: 27. Dia (al-Qur’ān) tidak lain dari pada pengajaran untuk seluruh alam.
81: 28. – Yaitu – bagi siapa yang berkendak di antaramu akan berlaku lurus.
81: 29. Dan kamu tidak menghendaki kelurusan melainkan jika Allah seru sekalian alam, menghendakinya (321017).

MUQADDIMAH

Surat ini menerangkan urusan bangkit dengan jalan menerangkan huru-haranya dan yang akan terjadi di hari itu.

Dengan penguatan sumpah surat ini menandaskan, bahwa al-Qur’ān itu wahyu yang ḥaqq, diwahyukan kepada Muḥammad dengan perantaraan Jibrīl; Muḥammad sekali-kali bukanlah pula orang yang kena tuduhan.

Allah mengemukakan dalam surat ini beberapa bukti keterangan yang menetapkan ke-nabi-an Muḥammad dan bahwa al-Qur’ān itu adalah pengajaran bagi orang yang menghendaki petunjuk.

Adapun persesuaian antara surat ini dengan surat yang telah lalu, ialah:

  1. Surat yang telah lalu, menjelaskan keadaan hari kiamat dan huru-haranya.
  2. Demikian pula dalam surat ini.

Nabi bersabda: “Barang siapa ingin memandang sesuatu peristiwa di hari kiamat, hendaklah membaca dan memperhatikan isi kandungan Surat at-Takwīr ini”. (HR. Aḥmad dari Ibnu ‘Umar).

KHĀTIMAH

Di antara kandungan surat at-Takwīr ini, ialah:

  1. Huru-hara hari kiamat.
  2. Sumpah Tuhan dengan bintang, malam dan shubuḥ untuk menandaskan bahwa al-Qur’ān adalah kitāb yang diturunkan daripada Allah.
  3. Menetapkan ke-nabi-an Muḥammad.
  4. Menerangkan bahwa al-Qur’ān adalah dasar pengajaran dan peringatan bagi orang yang menghendaki hidāyah.
  5. Kehendak kita manusia, adalah mengikuti kehendak Allah.

Catatan:

  1. 3194). Ya‘ni: dicabut dari tempatnya dan dipindahkan ke ruang angkasa yang lain dan dihapuskan cahayanya.
  2. 3195). Dapat juga diterjemahkan: “Dan apabila awan-awan tidak mengandung air lagi.”
  3. 3196). Ya‘ni: dari goncangan gempa yang sangat dahsyat.
  4. 3197). Ya‘ni: kembali ke badannya masing-masing.
  5. 3198). Baca: ayat 59 S. 16: an-Naḥl; ayat 140 S. 6: al-An‘ām; ayat 151 S. 6.: al-An‘ām.
    Ayat ini menerangkan kekejian membunuh anak, seburuk-buruk adat Jahiliyyah.
  6. 3199). Ya‘ni: buku ‘amalan para hamba dibuka di hadapan mereka untuk mereka lihat isinya, sedang tadinya tertutup.
  7. 3200). Baca: ayat 48 S. 14: Ibrāhīm.
  8. 3201). Ya‘ni: terbenam masuk ke dalam burujnya.
  9. 3202). ‘As‘asa: berarti telah datang dan berarti telah hampir pergi pada akhir malam waktu saḥur (suḥur).
  10. 3203). Dapat juga diterjemahkan: “Demi shubuḥ apabila telah bertiup angin yang sepoi-sepoi basa.”
  11. 3204). Yaitu: Dia di sini, boleh kembali kepada bangkit dan pembalasan dan boleh kembali kepada al-Qur’ān.
  12. 3205). Ya‘ni: untuk membawakan risālah Tuhan kepada Nabi-Nya.
  13. 3206). Ya‘ni: dalam kalangan Malaikat.
  14. 3207). Ya‘ni: Muḥammad s.a.w.
  15. 3208). Menurut Ibnu Katsīr, surat ini turun sebelum surat al-Isrā’ dan ru’yah ini adalah ru’yah pertama.
    Ru’yah kedua: tersebut dalam ayat 37 S. 37: ash-Shāffāt.
  16. 3209). Ya‘ni: Muḥammad menerangkan segala apa yang dia ketahui. Kalimat “dhanīn” dalam sebahagian qira’at dibacakan “zhahīr” yang berarti orang tertuduh membuat kebohongan. Kedua-dua qira’at ini benar. Dan kami memilih qira’at “dhanīn”.
  17. 3210). Ya‘ni: Kamu tidak dapat menghendaki sesuatu perbuatan dan pelaksanaannya terkecuali jika Allah berkehendak memungkinkan kamu mencapai kehendakmu dan menghindarkan segala halangan.
    Ayat ini memberikan pengertian, bahwa kita para hamba senantiasa berhajat kepada Allah dan bahwa kita tidak mempunyai qudrat terhadap sesuatu untuk mengerjakan sesuatu yang Allah tidak taqdīrkan.

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *