Surah al-Jinn 72 ~ Tafsir Ibni Mas’ud

Dari Buku:
Tafsir Ibnu Mas‘ud
Oleh: Muhammad Ahmad Isawi
(Penyusun dan Pentahqiq)
(Judul Asli: Tafsīru Ibni Mas‘ūd: jam‘ wa taḥqīq wa dirāsah)

Penerjemah: Ali Murtadho Syahudi
Penerbit: PUSTAKA AZZAM

SŪRAT-UL-JINN

 

وَ أَنَّهُ لَمَّا قَامَ عَبْدُ اللهِ يَدْعُوْهُ كَادُوْا يَكُوْنُوْنَ عَلَيْهِ لِبَدًا.

Dan bahwasanya tatkala hamba Allah (Muḥammad) berdiri menyembah-Nya (mengerjakan ibadah), hampir saja jinn-jinn itu desak mendesak mengerumuninya.

(Qs. al-Jinn [72]: 19).

 

1213. As-Suyūthī: Abū Nu‘aim mengeluarkan (dalam ad-Dalā’il) dari Ibnu Mas‘ūd, ia berkata: Rasūlullāh s.a.w. pergi bersama kami sebelum hijrah menuju pinggiran kota Mekkah. Lalu beliau membuat garis untukku dan bersabda: “Jangan takut terhadap sesuatu yang kamu lihat.” Lalu beliau maju sedikit kemudian duduk. Ternyata terdapat orang-orang hitam seperti orang-orang az-Zuth. Mereka-lah yang telah difirmankan oleh Allah: (كَادُوْا يَكُوْنُوْنَ عَلَيْهِ لِبَدًا.) “hampir saja jinn-jinn itu desak mendesak mengerumuninya.” (12131).

 

قُلْ إِنِّيْ لَنْ يُجِيْرَنِيْ مِنَ اللهِ أَحَدٌ وَ لَنْ أَجِدَ مِنْ دُوْنِهِ مُلْتَحَدًا.

Katakanlah: “Sesungguhnya aku sekali-kali tiada seorangpun dapat melindungiku dari (adzab) Allah dan sekali-kali aku tiada akan memperoleh tempat berlindung selain dari-Nya.”

(Qs. al-Jinn [72]: 22).

 

1214. Ibnu Katsīr: Al-Baihaqī berkata: Abū ‘Abdillāh al-Ḥāfizh mengabarkan kepada kami, Abul-‘Abbās al-Ashamm mengabarkan kepada kami al-‘Abbās bin Muḥammad ad-Dūrī menceritakan kepada kami, ‘Utsmān bin ‘Umar menceritakan kepada kami dari al-Mustamir bin ar-Rayyān dari Abul-Jauzā’ dari ‘Abdullāh bin Mas‘ūd, ia mengatakan:

Aku pergi bersama Rasūlullāh s.a.w. pada malam Jinn hingga tiba di al-Hajun. Lalu ia membuat garis untukku. Kemudian beliau maju menghadap mereka dan mereka berdesakan mendekati beliau. Maka pemimpin mereka yang bernama Wardān berkata: “Aku-lah yang mengajak mereka untuk menemuimu.” Maka beliau membaca ayat: (قُلْ إِنِّيْ لَنْ يُجِيْرَنِيْ مِنَ اللهِ أَحَدٌ) “Sesungguhnya aku sekali-kali tiada seorangpun dapat melindungiku dari (adzab) Allah” (12142).

Catatan:

  1. 1213). Ad-Durr 6: 274-275. Lihat surah al-Aḥqāf ayat 29-30.
  2. 1214). Tafsīr 7: 277 pada surah al- Aḥqāf ayat 29-30. Al-Qurthubī meriwayatkannya di sini dalam al-Aḥkām 19: 24 dari Abul-Jauzā’. Ia berkata: ‘Al-Māwardī menyebutkannya. Di dalamnya disebutkan: “Akulah yang menggiring mereka untuk menemuimu.” Sebagai ganti dari “Aku-lah yang mengajak mereka untuk menemuimu.” “Menggiring mereka” artinya adalah “Memobilisasi mereka” (al-Qāmūs-ul-Muḥīth).

    As-Suyūthī juga mengutipnya di sini dalam ad-Durr 6: 275 dari Ibnu Mardawaih dan al-Baihaqī (dalam ad-Dalā’il). Di dalamnya disebutkan: “Aku-lah yang menggiring mereka” sebagai ganti dari “Mengajak mereka.”

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *