Surah al-Jinn 72 ~ Tafsir Hidayat-ul-Insan (1/2)

Tafsīru Hidāyat-il-Insān
Judul Asli: (
هداية الإنسان بتفسير القران)
Disusun oleh:
Abū Yaḥyā Marwān Ḥadīdī bin Mūsā

Tafsir Al Qur’an Al Karim Marwan Bin Musa
Dari Situs: www.tafsir.web.id

Rangkaian Pos: Surah al-Jinn 72 ~ Tafsir Hidayat-ul-Insan

Surah al-Jinn (Jinn)
Surah ke-72. 28 ayat. Makkiyyah

 

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

 

Ayat 1-7: Berita tentang sebagian jinn yang mendengarkan al-Qur’ān, lalu mereka tersentuh olehnya dan beriman serta mengagungkan Allah subḥānahu wa ta‘ālā, dan ajakan mereka kepada kaumnya untuk beriman kepada Allah subḥānahu wa ta‘ālā.

 

قُلْ أُوْحِيَ إِلَيَّ أَنَّهُ اسْتَمَعَ نَفَرٌ مِّنَ الْجِنِّ فَقَالُوْا إِنَّا سَمِعْنَا قُرْآنًا عَجَبًا. يَهْدِيْ إِلَى الرُّشْدِ فَآمَنَّا بِهِ وَ لَنْ نُّشْرِكَ بِرَبِّنَا أَحَدًا. وَ أَنَّهُ تَعَالَى جَدُّ رَبِّنَا مَا اتَّخَذَ صَاحِبَةً وَ لَا وَلَدًا. وَ أَنَّهُ كَانَ يَقُوْلُ سَفِيْهُنَا عَلَى اللهِ شَطَطًا. وَ أَنَّا ظَنَنَّا أَنْ لَّنْ تَقُوْلَ الْإِنْسُ وَ الْجِنُّ عَلَى اللهِ كَذِبًا. وَ أَنَّهُ كَانَ رِجَالٌ مِّنَ الْإِنْسِ يَعُوْذُوْنَ بِرِجَالٍ مِّنَ الْجِنِّ فَزَادُوْهُمْ رَهَقًا. وَ أَنَّهُمْ ظَنُّوْا كَمَا ظَنَنْتُمْ أَنْ لَّنْ يَبْعَثَ اللهُ أَحَدًا.

  1. (24981) Katakanlah (Muḥammad kepada manusia): “Telah diwahyukan kepadaku bahwa sekumpulan jinn telah mendengarkan (bacaan al-Qur’ān) (24992), lalu mereka berkata: “Kami telah mendengarkan bacaan yang menakjubkan (al-Qur’ān),
  2. (yang) memberi petunjuk kapada jalan yang benar (25003), lalu kami beriman kepadanya. Dan kami sekali-kali tidak akan mempersekutukan sesuatu pun dengan Tuhan kami, (25014)
  3. dan sesungguhnya Maha Tinggi keagungan Tuhan kami (25025), Dia tidak beristri dan tidak beranak. (25036)
  4. Dan sesungguhnya orang yang bodoh di antara kami dahulu selalu mengucapkan (perkataan) yang melampaui batas terhadap Allah, (25047)
  5. dan sesungguhnya kami mengira, bahwa manusia dan jinn itu tidak akan mengatakan perkataan yang dusta terhadap Allah, (25058)
  6. dan sesungguhnya ada beberapa orang laki-laki dari kalangan manusia yang meminta perlindungan (25069) kepada beberapa laki-laki dari jinn, tetapi mereka (jin) menjadikan mereka (manusia) bertambah sesat. (250710)
  7. Dan sesungguhnya mereka (jinn) mengira seperti kamu (orang musyrik Makkah) dan juga mengira bahwa Allah tidak akan membangkitkan kembali siapa pun (pada hari Kiamat). (250811)

Ayat 8-13: Keadaan jinn yang mencuri berita dari langit, keadaan langit yang dijaga oleh para malaikat dan pengiriman meteor kepada mereka setelah diutusnya Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam dan keanehan mereka terhadap peristiwa itu.

 

وَ أَنَّا لَمَسْنَا السَّمَاءَ فَوَجَدْنَاهَا مُلِئَتْ حَرَسًا شَدِيْدًا وَ شُهُبًا. وَ أَنَّا كُنَّا نَقْعُدُ مِنْهَا مَقَاعِدَ لِلسَّمْعِ فَمَنْ يَسْتَمِعِ الْآنَ يَجِدْ لَهُ شِهَابًا رَّصَدًا. وَ أَنَّا لَا نَدْرِيْ أَشَرٌّ أُرِيْدَ بِمَنْ فِي الْأَرْضِ أَمْ أَرَادَ بِهِمْ رَبُّهُمْ رَشَدًا. وَ أَنَّا مِنَّا الصَّالِحُوْنَ وَ مِنَّا دُوْنَ ذلِكَ كُنَّا طَرَائِقَ قِدَدًا. وَ أَنَّا ظَنَنَّا أَنْ لَّنْ نُّعْجِزَ اللهَ فِي الْأَرْضِ وَ لَنْ نُّعْجِزَهُ هَرَبًا. وَ أَنَّا لَمَّا سَمِعْنَا الْهُدَى آمَنَّا بِهِ فَمَنْ يُؤْمِنْ بِرَبِّهِ فَلَا يَخَافُ بَخْسًا وَ لَا رَهَقًا.

  1. Dan sesungguhnya kami (jinn) telah mencoba mengetahui (rahasia) langit, maka kami mendapatinya penuh dengan penjagaan yang kuat dan panah-panah api, (250912)
  2. dan sesungguhnya kami (jinn) dahulu dapat menduduki beberapa tempat di langit itu untuk mencuri dengar (berita-beritanya). Tetapi sekarang (251013) siapa (mencoba) mencuri dengar (seperti itu) pasti akan menjumpai panah-panah api yang mengintai (untuk membakarnya). (251114)
  3. Dan sesungguhnya kami (jinn) tidak mengetahui (adanya penjagaan itu) apakah keburukan yang dikehendaki orang yang di bumi ataukah Tuhan mereka menghendaki kebaikan baginya. (251215)
  4. Dan sesungguhnya di antara kami (jinn) (251316) ada yang shāliḥ dan ada (pula) kebalikannya (251417). Kami menempuh jalan yang berbeda-beda. (251518)
  5. Dan sesungguhnya kami (jinn) telah menduga, bahwa kami tidak akan mampu melepaskan diri (dari kekuasaan) Allah di bumi dan tidak (pula) dapat lari melepaskan diri (dari)-Nya. (251619)
  6. Dan sesungguhnya ketika kami (jinn) mendengar petunjuk (al-Qur’ān), kami beriman kepadanya. (251720) Maka barang siapa beriman kepada Tuhan (251821), maka tidak perlu lagi ia takut rugi (251922) atau dizhālimi (252023).

Catatan:

  1. 2498). Imām Bukhārī meriwayatkan dengan sanadnya yang sampai kepada Ibnu ‘Abbās ia berkata: “Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam pernah pergi bersama beberapa orang para sahabatnya menuju pasar ‘Ukkāzh. Sedangkan para setan telah dihalangi mendengarkan berita dari langit; mereka telah dilempari panah api sehingga mereka kembali (tidak jadi mencuri berita), dan (syaithan-syaithan) yang lain berkata: “Ada apa dengan kamu?” Mereka menjawab: “Kami telah dihalangi mendapatkan berita dari langit dan telah dihujani panah-panah api.” Lalu (syaithan-syaithan yang lain itu) mengatakan: “Tidaklah keadaannya demikian kecuali karena ada sesuatu yang terjadi. Oleh karena itu, lakukanlah perjalanan di bagian timur bumi dan bagian baratnya, kemudian lihatlah apa yang sedang terjadi.” Maka mereka (para setan itu) pergi ke bagian timur bumi dan bagian baratnya untuk melihat kejadian apa yang menghalangi mereka untuk mendengarkan berita dari langit. Sedangkan para syaithan yang pergi menuju Tihāmah pergi mendatangi Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam di Nakhlah ketika Beliau sedang dalam perjalanan menuju pasar ‘Ukkāzh dan shalat Shubuḥ dengan para sahabatnya. Ketika mereka mendengarkan al-Qur’ān, maka mereka memperhatikannya dengan seksama dan berkata: “Inilah yang menghalangi kamu mendengar berita dari langit.” Ketika itulah mereka kembali ke kaum mereka dan berkata: “Kami telah mendengarkan bacaan yang menakjubkan (al-Qur’ān), – (yang) memberi petunjuk kapada jalan yang benar, lalu kami beriman kepadanya. Dan kami sekali-kali tidak akan mempersekutukan sesuatu pun dengan Tuhan kami,” Dan Allah ‘azza wa jalla menurunkan ayat kepada Nabi-Nya, “Katakanlah (Muhammad): “Telah diwahyukan kepadaku bahwa sekumpulan jinn telah mendengarkan (bacaan al-Qur’ān),…dst.” (Hadits ini diriwayatkan pula oleh Muslim, Tirmidzī, Aḥmad, Ibnu Jarīr, Ḥākim, Baihaqī dan Abū Nu‘aim dalam al-Ḥilyah).
  2. 2499). Allah subḥānahu wa ta‘ālā telah menghadapkan mereka (sekumpulan jinn) kepada Nabi Muḥammad shallallāhu ‘alaihi wa sallam untuk mendengarkan ayat-ayat-Nya agar ḥujjah tegak terhadap mereka, nikmat menjadi sempurna dan mereka menjadi pemberi peringatan terhadap kaum mereka. Allah subḥānahu wa ta‘ālā memerintahkan Rasūl-Nya shallallāhu ‘alaihi wa sallam untuk menceritakan berita ini kepada manusia, dimana ketika mereka (sekumpulan jin) tiba di dekat Beliau, mereka berkata kepada sesama mereka: “Diamlah.” setelah mereka semua terdiam, mereka mendengarnya dan memahami maknanya, dan hakikatnya pun sampai ke hati mereka.
  3. 2500). Ya‘ni yang menunjukkan kepada segala yang bermaslahat bagi manusia baik bagi agama maupun dunia mereka. Inilah arti Ar Rusyd.
  4. 2501). Setelah ini. Mereka menggabung antara “beriman” yang masuk ke dalamnya semua ‘amal baik, dan antara bertaqwā yang mengandung arti meninggalkan keburukan. Sebab yang mendorong mereka beriman dan melakukan pengiringnya adalah apa yang mereka ketahui dari pengarahan al-Qur’ān, kandungannya yang terdiri dari maslahat, faedah dan menjauhi bahaya. Hal itu, karena al-Qur’ān adalah ayat yang agung, ḥujjah yang qath‘ī bagi orang yang mengambil sinar darinya dan mengambil petunjuk darinya. Itulah iman yang bermanfaat yang membuahkan segala kebaikan yang dibangun di atas petunjuk al-Qur’ān, berbeda dengan iman karena ikut-ikutan yang berada dalam bahaya syubhat dan berbagai aral (lintangan, alangan) yang melintang.
  5. 2502). Dari apa yang dinisbatkan kepada-Nya.
  6. 2503). Mereka mengetahui dari keagungan Allah dan kebesaran-Nya, batilnya orang yang mengatakan bahwa Allah punya istri dan anak karena Dia mempunyai keagungan dan kebesaran pada setiap sifat sempurna, sedangkan mempunyai istri atau anak menafikan hal itu karena bertentangan dengan sempurnanya kecukupannya.
  7. 2504). Yang dimaksud dengan perkataan yang melampaui batas, ialah mengatakan bahwa Allah mempunyai istri dan anak. Hal ini karena kebodohan mereka dan kelemahan akalnya.
  8. 2505) Ya‘ni kami tertipu sebelumnya, dan yang membuat kami tertipu adalah para pemimpin kami dari kalangan jinn dan manusia, kami terlalu bersangka baik dengan mereka dan mengira bahwa mereka tidak akan berani berdusta terhadap Allah. Oleh karena itulah, kami sebelumnya mengikuti mereka, namun sekarang kebenaran telah jelas bagi kami, kami pun kembali dan tunduk kepadanya dan tidak peduli dengan perkataan siapa pun yang bertentangan dengan petunjuk.
  9. 2506). Ada di antara orang-orang ‘Arab apabila mereka melintasi tempat yang sunyi, maka mereka minta perlindungan kepada jinn yang mereka anggap berkuasa di tempat itu.
  10. 2507). Atau bisa maksudnya bertambah takut. Dan bisa juga maksudnya, bahwa perbuatan yang dilakukan manusia itu membuat jinn bertambah sombong dan melampaui batas karena melihat manusia menyembah dan meminta perlindungan kepada mereka.
  11. 2508). Oleh karena mereka mengingkari kebangkitan, maka mereka berani berbuat syirk dan melampui batas.
  12. 2509). Syuhub adalah jama‘ syihāb yang artinya panah api atau meteor. Mereka dilimpari syuhub ketika hendak mencuri berita dari langit.
  13. 2510) Yang dimaksud dengan sekarang, ialah waktu setelah Nabi Muḥammad shallallāhu ‘alaihi wa sallam diutus menjadi rasūl.
  14. 2511). Dari sini mereka mengetahui, bahwa Allah subḥānahu wa ta‘ālā hendak mengadakan sesuatu yang besar di bumi; entah sesuatu itu baik atau buruk, sebagaimana yang diterangkan dalam ayat selanjutnya.
  15. 2512). Ya‘ni ini (keburukan) atau itu (kebaikan) yang akan terjadi. Hal itu, karena mereka melihat keadaan yang telah berubah yang mereka ingkari, maka mereka mengetahui dengan kecerdasan mereka bahwa perkara ini (kebaikan) adalah yang Allah inginkan untuk penduduk bumi. Dalam ayat ini terdapat penjelasan tentang adab mereka, karena mereka sandarkan kebaikan kepada Allah subḥānahu wa ta‘ālā dan terhadap keburukan, mereka hilangkan fā‘il-nya/pelakunya karena beradab terhadap Allah subḥānahu wa ta‘ālā.
  16. 2513). Setelah mendengarkan al-Qur’ān.
  17. 2514). Ya‘ni yang fāsiq dan yang kafir.
  18. 2515). Ada yang muslim dan ada yang kafir.
  19. 2516). Ya‘ni bahwa sekarang jelaslah bagi kami sempurnanya kekuasaan Allah dan sempurnanya kelemahan kami, dan bahwa ubun-ubun kami di Tangan Allah; kami tidak akan mampu melepaskan diri (dari kekuasaan) Allah di bumi dan tidak (pula) dapat lari melepaskan diri (dari)-Nya meskipun kami telah berusaha meloloskan diri. Oleh karena itu, tidak ada tempat perlindungan bagi kami selain kembali kepada-Nya.
  20. 2517). Selanjutnya mereka menyebutkan sesuatu yang mendorong manusia melakukannya.
  21. 2518). Dengan iman yang sebenarnya.
  22. 2519). Seperti dikurangi kebaikannya.
  23. 2520). Seperti ditambah keburukannya. Ada pula yang mengartikan “rahaqā” dengan mendapatkan gangguan dan keburukan. Apabila seseorang selamat dari keburukan, maka ia akan memperoleh kebaikan. Dengan demikian, iman merupakan sebab untuk memperoleh semua kebaikan dan terhindar dari semua keburukan.

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *