Bab. 2 No.176 s.d 186 – Musnad Imam Asy-Syafi’i (7/7)

MUSNAD IMĀM ASY-SYĀFI‘Ī
 
Diterjemahkan Oleh:
HaditsSoft (Grup)
 
Diterbitkan Oleh:
HaditsSoft

 
(Belum ada catatan kakinya di HaditsSoft yang kami miliki)

Rangkaian Pos: Bab 2 Musnad Asy-Syafi'i - Pembahasan Tentang Menghadap Kiblat Saat Shalat dan Pelbagai Pengetahuan Seputar Shalat

مسند الشافعي ٦٧١: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ سَعْدِ بْنِ إِبْرَاهِيْمَ، عَنْ أَبِيْهِ، عَنْ أَبِيْ عُبَيْدَةَ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَسْعُوْدٍ، عَنْ أَبِيْهِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ: “كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فِي الرَّكْعَتَيْنِ كَأَنَّهُ عَلَى الرَّضْفِ، قُلْتُ: حَتَّى يَقُوْمَ؟ قَالَ: ذلِكَ يُرِيْدُ.”

Musnad Syāfi‘ī 176: Ibrāhīm bin Sa‘ad bin Ibrāhīm mengabarkan kepada kami dari ayahnya, dari Abū ‘Ubaidah bin ‘Abdullāh bin Mas‘ūd, dari ayahnya, ia mengatakan: Rasūlullāh s.a.w. pada rakaat kedua seakan-akan berada di atas besi yang dipanaskan. Aku bertanya: “Hingga Beliau cepat berdiri?” Ia menjawab; “Memang demikian yang dikehendakinya.” 182

مسند الشافعي ٧٧١: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، أَخْبَرَنِيْ إِسْمَاعِيْلُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ سَعْدِ بْنِ أَبِيْ وَقَّاصٍ، عَنْ عَامِرِ بْنِ سَعْدٍ، عَنْ أَبِيْهِ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ أَنَّهُ كَانَ يُسَلِّمُ فِي الصَّلَاةِ إِذَا فَرَغَ مِنْهَا عَنْ يَمِيْنِهِ وَ عَنْ يَسَارِهِ.

Musnad Syāfi‘ī 177: Ibrāhīm bin Muḥammad mengabarkan kepada kami, Ismā‘īl bin Muḥammad bin Sa‘ad bin Abī Waqqāsh mengabarkan kepadaku dari ‘Āmir bin Sa‘ad, dari ayahnya, dari Nabi s.a.w.: Nabi s.a.w. salām setelah selesai dari shalatnya dengan menoleh ke kanan dan ke kirinya. 183

مسند الشافعي ٨٧١: أَخْبَرَنِيْ غَيْرُ وَاحِدٍ، مِنْ أَهْلِ الْعِلْمِ عَنْ إِسْمَاعِيْلَ، عَنْ عَامِرِ بْنِ سَعْدٍ، عَنْ أَبِيْهِ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ مِثْلَهُ.

Musnad Syāfi‘ī 178: Tidak hanya satu ‘ulamā’ mengabarkan kepadaku dari Ismā‘īl, dari ‘Āmir bin Sa‘īd. dari bapaknya, dari Nabi s.a.w. dengan redaksi yang semisal. 184

مسند الشافعي ٩٧١: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ يَعْنِي ابْنَ مُحَمَّدٍ، عَنْ إِسْحَاقَ بْنِ عَبْدِ اللهِ، عَنْ عَبْدِ الْوَهَّابِ بْنِ بُخْتٍ، عَنْ وَاثِلَةَ بْنِ الْأَسْقَعِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ «كَانَ يُسَلِّمُ عَنْ يَمِيْنِهِ وَ عَنْ يَسَارِهِ حَتَّى يُرَى خَدَّاهُ»

Musnad Syāfi‘ī 179: Ibrāhīm, yakni: Ibnu Muḥammad, mengabarkan kepada kami dari Isḥāq bin ‘Abdullāh, dari ‘Abd-ul-Wahhāb bin Bukht, dari Wātsilah bin al-Asqa‘: Nabi s.a.w. salām ke kanan dan ke kiri hingga pipinya kelihatan. 185

مسند الشافعي ٠٨١: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، حَدَّثَنِيْ أَبُوْ عَلِيٍّ، أَنَّهُ سَمِعَ عَبَّاسَ بْنَ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ يُخْبِرُ، عَنْ أَبِيْهِ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ «كَانَ يُسَلِّمُ إِذَا فَرَغَ مِنْ صَلَاتِهِ عَنْ يَمِيْنِهِ وَ عَنْ يَسَارِهِ».

Musnad Syāfi‘ī 180: Ibrāhīm bin Muḥammad mengabarkan kepada kami. Abū ‘Alī menceritakan kepadaku, ia pernah mendengar ‘Abbās bin Sahl bin Sa‘ad mengabarkan hadits berikut dari ayahnya: bahwa Nabi melakukan salām setelah selesai shalat dengan menoleh ke kanan dan ke kirinya. 186

مسند الشافعي ١٨١: أَخْبَرَنَا مُسْلِمُ بْنُ خَالِدٍ، وَ عَبْدُ الْمَجِيْدِ، عَنِ ابْنِ جُرَيْجٍ، عَنْ عَمْرِو بْنِ يَحْيَى الْمَازِنِيِّ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ يَحْيَى بْنِ حَبَّانَ، عَنْ عَمِّهِ وَاسِعِ بْنِ حَبَّانَ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ أَنَّهُ كَانَ يُسَلِّمُ عَنْ يَمِيْنِهِ وَ عَنْ يَسَارِهِ

Musnad Syāfi‘ī 181: Muslim bin Khālid dan ‘Abd-ul-Majīd mengabarkan kepada kami dari Ibnu Juraij, dari ‘Amr bin Yaḥyā al-Māzinī, dari Muḥammad bin Yaḥyā bin Ḥibbān, dari pamannya, yaitu Wāsi‘ bin Ḥibbān, dari Ibnu ‘Umar, dari Nabi s.a.w.: Bahwa Nabi s.a.w. melakukan salām ke kanan dan ke kirinya. 187

مسند الشافعي ٢٨١: أَخْبَرَنَا الدَّرَاوَرْدِيُّ، عَنْ عَمْرِو بْنِ يَحْيَى، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ يَحْيَى، عَنْ عَمِّهِ وَاسِعِ بْنِ حَبَّانَ، قَالَ مَرَّةً عَنِ ابْنِ عُمَرَ, وَ مَرَّةً عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ زَيْدٍ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ كَانَ يُسَلِّمُ عَنْ يَمِيْنِهِ وَ عَنْ يَسَارِهِ.

Musnad Syāfi‘ī 182: Ad-Dārawardī mengabarkan kepada kami dari ‘Amr bin Yaḥyā dari Muḥammad bin Yaḥyā, dari pamannya, yaitu Wāsi‘ bin Ḥibbān, ia berkata – sesekali – dari Ibnu ‘Umar, dan lain waktu dari ‘Abdullāh bin Zaid: Nabi s.a.w. mengucapkan salām ke arah kanan dan ke arah kirinya. 188

مسند الشافعي ٣٨١: أَخْبَرَنَا سُفْيَانُ، عَنْ مِسْعَرٍ، عَنِ ابْنِ الْقِبْطِيَّةِ، عَنْ جَابِرِ بْنِ سَمُرَةَ قَالَ: كُنَّا مَعَ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ، فَإِذَا سَلَّمَ قَالَ أَحَدُنَا بِيَدِهِ عَنْ يَمِيْنِهِ وَ عَنْ شِمَالِهِ: السَّلَامُ عَلَيْكُمُ، السَّلَامُ عَلَيْكُمْ، وَ أَشَارَ بِيَدِهِ عَنْ يَمِيْنِهِ وَ عَنْ شِمَالِهِ، فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: “مَا بَالَكُمْ تُوْمِئُوْنَ بِأَيْدِيْكُمْ كَأَنَّهَا أَذْنَابُ خَيْلٍ شُمُسٍ، أَوَلَا يَكْفِي أَحَدَكُمْ، أَوْ: إِنَّمَا يَكْفِيْ أَحَدَكُمْ، أَنْ يَضَعَ يَدَهُ عَلَى فَخِذِهِ ثُمَّ يُسَلِّمُ عَنْ يَمِيْنِهِ وَ عَنْ شِمَالِهِ: السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَ رَحْمَةُ اللهِ.”

Musnad Syāfi‘ī 183: Sufyān mengabarkan kepada kami dari Mis‘ar, dari Ibn-ul-Qibthiyyah, dari Jūbir bin Samurah, ia mengatakan: Ketika kami sedang bersama Rasūlullāh s.a.w., ada seseorang di antara kami bersalām dengan mengucapkan “As-salāmu ‘alaikum” ke arah kanan dan ke arah kirinya seraya mengisyaratkan dengan tangannya ke arah kanan dan ke arah kirinya. Maka Nabi s.a.w. bertanya: Mengapa kalian melakukan isyārat dengan tangan kalian seakan-akan seperti buntut kuda yang garang? Tidakkah cukup bagi seseorang di antara kalian – atau sesungguhnya sudah cukup bagi seseorang di antara kalian – hanya dengan meletakkan tangannya di atas pahanya, kemudian bersalām ke arah kanan dan kirinya seraya mengucapkan “As-salāmu ‘alaikum wa raḥmatullāhi wa barakātuh”. 189

مسند الشافعي ٤٨١: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ سَعْدٍ، عَنِ ابْنِ شِهَابٍ قَالَ: أَخْبَرَتْنِيْ هِنْدُ بِنْتُ الْحَارِثِ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ أَبِيْ رَبِيْعَةَ، عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ زَوْجِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَتْ: “كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ إِذَا سَلَّمَ مِنْ صَلَاتِهِ قَامَ النِّسَاءُ حِيْنَ يَقْضِيْ تَسْلِيْمَهُ، وَ مَكَثَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فِيْ مَكَانِهِ يَسِيْرًا. قَالَ ابْنُ شِهَابٍ: فَنَرَى مُكْثَهُ ذلِكَ وَ اللهُ أَعْلَمُ لِكَيْ يَنْفُذَ النِّسَاءُ قَبْلَ أَنْ يُدْرِكَهُنَّ مَنِ انْصَرَفَ مِنَ الْقَوْمِ.

Musnad Syāfi‘ī 184: Ibrāhīm bin Sa‘ad mengabarkan kepada kami dari Ibnu Syihāb, ia mengatakan: Hind binti al-Ḥārits bin ‘Abdillāh bin Abī Rabī‘ah mengabarkan kepadaku dari Ummu Salamah, istri Nabi s.a.w., ia berkata: “Rasūlullāh s.a.w. bila melakukan salam dari shalatnya, kaum wanita berdiri setelah Beliau menyelesaikan salamnya, sedangkan Nabi s.a.w. sendiri diam sebentar di tempatnya.” Ibnu Syihāb berkata: “Maka kami memandang bahwa diam yang Beliau lakukan itu – hanya Allah yang lebih mengetahui – untuk menunggu agar kaum wanita berlalu lebih dahulu supaya tidak berbarengan dengan kaum lelaki.” 190

مسند الشافعي ٥٨١: أَخْبَرَنَا ابْنُ عُيَيْنَةَ، عَنْ عَمْرٍو، عَنْ أَبِيْ مَعْبَدٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ: «كُنْتُ أَعْرِفُ انْقِضَاءَ صَلَاةِ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ بِالتَّكْبِيْرِ». قَالَ عَمْرُو بْنُ دِيْنَارٍ: ثُمَّ ذَكَرْتُهُ لِأَبِيْ مَعْبَدٍ بَعْدُ، فَقَالَ: لَمْ أُحَدِّثْكَهُ. قَالَ عُمَرُ: وَ قَدْ حَدَّثَنِيْهِ قَالَ: وَ كَانَ مِنْ أَصْدَقِ مَوَالِي ابْنِ عَبَّاسٍ. قَالَ الشَّافِعِيُّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ: كَأَنَّهُ نَسِيَهُ بَعْدَمَا حَدَّثَهُ إِيَّاهُ.

Musnad Syāfi‘ī 185: Ibnu ‘Uyainah mengabarkan kepada kami dari ‘Amr, dari Abū Ma‘bad, dari Ibnu ‘Abbās r.a., ia berkata: “Aku mengetahui selesainya shalat Rasūlullāh s.a.w. melalui takbīr.” ‘Amr bin Dīnār berkata: “Kemudian aku menuturkan hadits ini kepada Abū Ma‘bad sesudahnya, tetapi ia menjawab: “Aku belum pernah menceritakan hadits ini kepadamu”.” ‘Amr berkata: “Engkau sendirilah yang telah menceritakannya kepadaku.”, Ibnu ‘Uyainah berkata: “Abū Ma‘bad adalah pelayan Ibnu ‘Abbās r.a. yang paling dipercaya.” 191

Asy-Syāfi‘ī r.h. berkata: “Sepertinya ia lupa telah menceritakan hadits sendirian.”

مسند الشافعي ٦٨١: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، حَدَّثَنِيْ مُوْسَى بْنُ عُقْبَةَ، عَنْ أَبِي الزُّبَيْرِ، أَنَّهُ سَمِعَ عَبْدَ اللهِ بْنَ الزُّبَيْرِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ يَقُوْلُ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ إِذَا سَلَّمَ مِنْ صَلَاتِهِ [ص:54] يَقُوْلُ بِصَوْتِهِ الْأَعْلَى: «لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ، وَ لَهُ الْحَمْدُ، وَ هُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ، لَا حَوْلَ وَ لَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ، وَ لَا نَعْبُدُ إِلَّا إِيَّاهُ، لَهُ النِّعْمَةُ، وَ لَهُ الْفَضْلُ، وَ لَهُ الثَّنَاءُ الْحَسَنُ، لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ، مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ وَ لَوْ كَرِهَ الْكَافِرُوْنَ».

Musnad Syāfi‘ī 186: Ibrāhīm bin Muḥammad mengabarkan kepada kami, Mūsā bin ‘Uqbah menceritakan kepadaku dari Abū-z-Zubair bahwa ia pernah mendengar ‘Abdullāh bin az-Zubair r.a. mengatakan: Rasūlullāh s.a.w. bila telah melakukan salām dari shalatnya, Beliau mengucapkan doa berikut dengan suara yang keras (lihat teks arab-ed.): “Tidak ada Tuhan selain Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya: bagi-Nya segala kekuasaan dan bagi-Nya segala puji. Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah, dan kami tidak menyembah kecuali hanya kepada-Nya. Semua nikmat hanyalah milik-Nya. semua anugerah hanyalah milik-Nya. dan semua pujian yang baik hanyalah milik-Nya. Tidak ada Tuhan selain Allah. Dengan tulus ikhlas karena-Nya kami beragama, sekalipun orang-orang kafir tidak menyukai” 192