Bab. 2 No.161 s.d 175 – Musnad Imam Asy-Syafi’i (6/7)

MUSNAD IMĀM ASY-SYĀFI‘Ī
 
Diterjemahkan Oleh:
HaditsSoft (Grup)
 
Diterbitkan Oleh:
HaditsSoft

 
(Belum ada catatan kakinya di HaditsSoft yang kami miliki)

Rangkaian Pos: Bab 2 Musnad Asy-Syafi'i - Pembahasan Tentang Menghadap Kiblat Saat Shalat dan Pelbagai Pengetahuan Seputar Shalat

مسند الشافعي ١٦١: أَخْبَرَنَا سُفْيَانُ، حَدَّثَنِيْ عَمْرُو بْنُ دِيْنَارٍ، سَمِعَ طَاوُسًا يُحَدِّثُ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ أُمِرَ أَنْ يَسْجُدَ مِنْهُ عَلَى سَبْعٍ، وَ نُهِيَ أَنْ يَكُفَّ شَعْرَهُ وَ ثِيَابَهُ

Musnad Syāfi‘ī 161: Sufyān mengabarkan kepada kami, ‘Amr bin Dīnār menceritakan kepadaku, ia pernah mendengar Thāwus menceritakan hadits dari Ibnu ‘Abbās r.a.: Bahwa Nabi s.a.w. diperintahkan untuk melakukan sujūd pada tujuh anggota badan, dan dilarang merapihkan rambut dan pakaiannya. 167

مسند الشافعي ١٦٢: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، أَخْبَرَنِيْ يَزِيْدُ بْنُ الْهَادِ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِبْرَاهِيْمَ بْنِ الْحَارِثِ التَّيْمِيِّ، عَنْ عَامِرِ بْنِ سَعْدٍ، عَنِ الْعَبَّاسِ بْنِ عَبْدِ الْمُطَّلِبِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، أَنَّهُ سَمِعَ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَقُوْلُ: “إِذَا سَجَدَ الْعَبْدُ سَجَدَ مَعَهُ سَبْعَةُ آرَابٍ: وَجْهُهُ، وَ كَفَّاهُ، وَ رُكْبَتَاهُ، وَ قَدَمَاهُ

Musnad Syāfi‘ī 162: Ibrāhīm bin Muḥammad mengabarkan kepada kami, Yazīd bin al-Hād mengabarkan kepada kami dari Muḥammad bin Ibrāhīm bin al-Ḥārits at-Tamīmī, dari ‘Āmir bin Sa‘d, dari al-‘Abbās bin ‘Abd-il-Muththalib r.a. bahwa ia pernah mendengar Nabi s.a.w. bersabda: “Apabila seorang hamba sujūd, maka ikut sujūd bersamanya tujuh anggota tubuhnya, yaitu: wajah, kedua telapak tangan, kedua lutut dan kedua telapak kakinya.” 168

مسند الشافعي ١٦٣: أَخْبَرَنَا سُفْيَانُ، عَنْ دَاوُدَ بْنِ قَيْسٍ الْفَرَّاءِ، عَنْ عُبَيْدِ اللهِ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ أَقْرَمَ الْخُزَاعِيِّ، عَنْ أَبِيْهِ قَالَ: «رَأَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ بِالْقَاعِ مِنْ نَمِرَةَ، أَوِ النَّمِرَةِ، شَكَّ الرَّبِيْعُ، سَاجِدًا فَرَأَيْتُ بَيَاضَ إِبْطَيْهِ»

Musnad Syāfi‘ī 163: Sufyān mengabarkan kepada kami dari Dāūd bin Qais al-Farrā’, dari ‘Ubaidullāh bin ‘Abdillāh bin Aqram al-Khuzā‘ī, dari ayahnya, ia berkata: “Aku melihat Rasūlullāh s.a.w.di Qā‘ – bagian dari daerah Namirah atau an-Namirah (ar-Rabī‘ ragu) – sedang sujūd, maka aku dapat melihat (kulit) kedua ketiak Beliau yang putih.”169

مسند الشافعي ١٦٤: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، حَدَّثَنَا صَفْوَانُ بْنُ سُلَيْمٍ، عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ، عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ إِذَا سَجَدَ قَالَ: «اللَّهُمَّ لَكَ سَجَدْتُ، وَ لَكَ أَسْلَمْتُ، وَ بِكَ آمَنْتُ، وَ أَنْتَ رَبِّيْ، سَجَدَ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ خَلَقَهُ وَ شَقَّ سَمْعَهُ وَ بَصَرَهُ، تَبَارَكَ اللهُ أَحْسَنَ الْخَالِقِيْنَ»

Musnad Syāfi‘ī 164: Ibrāhīm bin Muḥammad mengabarkan kepada kami, Shafwān bin Sulaim menceritakan kepada kami dari ‘Athā’ bin Yasār, dari Abū Hurairah r.a., ia mengatakan: Bahwa Rasūlullāh s.a.w. apabila sujūd mengucapkan doa berikut: “Ya Allah! kepada Engkaulah aku bersujūd, kepada Engkaulah aku berserah diri, kepada Engkaulah kami beriman. Engkau adalah Rabbku. Telah sujūd wajahku kepada Tuhan yang menciptakannya, yang membelah pendengaran dan penglihatannya. Maha Suci Allah sebaik-baik pencipta” 170

مسند الشافعي ١٦٥: أَخْبَرَنَا ابْنُ عُيَيْنَةَ، عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ سُحَيْمٍ، عَنْ إِبْرَاهِيْمَ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَعْبَدٍ، عَنْ أَبِيْهِ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا، أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ: «إِنِّيْ نُهِيْتُ أَنْ أَقْرَأَ رَاكِعًا وَ سَاجِدًا، فَأَمَّا الرُّكُوْعُ فَعَظِّمُوْا فِيْهِ الرَّبَّ، وَ أَمَّا السُّجُوْدُ فَاجْتَهِدُوْا فِيْهِ مِنَ الدُّعَاءِ؛ فَقَمِنٌ أَنْ يُسْتَجَابَ لَكُمْ»

Musnad Syāfi‘ī 165: Ibnu ‘Uyainah mengabarkan kepada kami, dari Sulaimān bin Suḥaim dari Ibrāhīm bin ‘Abdullāh bin Ma‘bad dari bapaknya dari Ibnu ‘Abbās r.a., bahwa Rasūlullāh s.a.w.bersabda: “Sesungguhnya aku dilarang membaca – ayat al-Qur‘an – saat rukū‘ dan sujūd, sebab saat rukū‘, maka agungkanlah Tuhan di dalamnya dan saat sujūd, maka bersungguh-sungguhlah di dalamnya dengan doa, karena sangat berpotensi untuk dikabulkan bagi kalian.” 171

مسند الشافعي ١٦٦: أَخْبَرَنَا ابْنُ عُيَيْنَةَ، عَنِ ابْنِ أَبِيْ نَجِيْحٍ، عَنْ مُجَاهِدٍ قَالَ: أَقْرَبُ مَا يَكُوْنُ الْعَبْدُ مِنْ رَبِّهِ إِذَا كَانَ سَاجِدًا، أَلَمْ تَرَ إِلَى قَوْلِهِ: {وَ اسْجُدْ وَ اقْتَرِبْ} [العلق: 19]

Musnad Syāfi‘ī 166: Ibnu ‘Uyainah menceritakan kepada kami dari Ibnu Abī Najīḥ, dari Mujāhid, ia mengatakan: Saat yang paling dekat bagi searang hamba dengan Allah s.w.t. hanyalah di saat ia sedang sujūd. Tidakkah engkau memikirkan firman-Nya: “Dan sujūdlah dan dekatkanlah (dirimu kepada Allah).” (QS. al-‘Alaq: 19) 172

مسند الشافعي ١٦٧: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرِو بْنِ حَلْحَلَةَ، أَنَّهُ سَمِعَ عَبَّاسَ بْنَ سَهْلٍ يُخْبِرُ عَنْ أَبِيْ حُمَيْدٍ السَّاعِدِيِّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ إِذَا جَلَسَ فِي السَّجْدَتَيْنِ ثَنَى رِجْلَهُ الْيُسْرَى فَجَلَسَ عَلَيْهَا، وَ نَصَبَ قَدَمَهُ الْيُمْنَى، فَإِذَا جَلَسَ فِي الْأَرْبَعِ أَمَاطَ رِجْلَيْهِ عَنْ رُكُوْعِهِ وَ أَفْضَى بِمِقْلَاتِهِ الْأَرْضَ، وَ نَصَبَ وَرِكَهُ الْيُمْنَى

Musnad Syāfi‘ī 167: Ibrāhīm bin Muḥammad bin ‘Amr bin Ḥalḥalah mengabarkan kepada kami bahwa ia pernah mendengar ‘Abbās bin Sahl mengabarkan hadits berikut dari Abū Ḥumaid as-Sā‘idī r.a., ia berkata: “Rasūlullāh s.a.w. apabila duduk di antara dua sujūd, Beliau melipat kaki kirinya dan duduk di atasnya serta menegakkan telapak kaki kanannya. Apabila Beliau duduk dalam raka‘at yang keempat, maka Beliau menjauhkan kedua kakinya dari pangkal pahanya, lalu mendudukkan pantatnya di tanah dan menegakkan pangkal paha kanannya.”.173

مسند الشافعي ١٦٨: أَخْبَرَنَا مَالِكٌ، عَنْ مُسْلِمِ بْنِ أَبِيْ مَرْيَمَ، عَنْ عَلِيِّ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمنِ الْمَعَافِرِيِّ قَالَ: رَآنِي ابْنُ عُمَرَ وَ أَنَا أَعْبَثُ بِالْحَصَى، فَلَمَّا انْصَرَفَ نَهَانِيْ وَ قَالَ: اصْنَعْ كَمَا كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَصْنَعُ، فَقُلْتُ: وَ كَيْفَ كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَصْنَعُ؟ قَالَ: كَانَ إِذَا جَلَسَ فِي الصَّلَاةِ وَضَعَ كَفَّهُ الْيُمْنَى عَلَى فَخِذِهِ الْيُمْنَى وَ قَبَضَ أَصَابِعَهُ كُلَّهَا وَ أَشَارَ بِأُصْبُعِهِ الَّتِيْ تَلِي الْإِبْهَامَ، وَ وَضَعَ كَفَّهُ الْيُسْرَى عَلَى فَخِذِهِ الْيُسْرَى

Musnad Syāfi‘ī 168: Mālik mengabarkan kepada kami dari Muslim bin Abī Maryam, dari ‘Alī bin ‘Abd-ir-Rahmān al-Ma‘āfirī, ia mengatakan: Ibnu ‘Umar pernah melihatku sedang memainkan batu kerikil, ya‘ni – dalam shalata – . Setelah salām, ia melarangku – berbuat demikian – . Ia berkata: “Lakukanlah seperti apa yang telah dilakukan oleh Rasūlullāh s.a.w.” Aku bertanya: “Bagaimanakah cara yang pernah dilakukan oleh Rasūlullāh s.a.w.?” Ibnu ‘Umar menjawab: “Nabi s.a.w. apabila duduk dalam shalat, Beliau meletakkan telapak tangan kanan di atas paha kanannya dan menggenggam semua jarinya serta mengisyaratkan dengan jari telunjuk yang bersebelahan dengan jari jempol, dan meletakkan telapak tangan kiri di atas paha kirinya.” 174

مسند الشافعي ١٦٩: أَخْبَرَنَا عَبْدُ الْوَهَّابِ الثَّقَفِيُّ، عَنْ أَيُّوْبَ، عَنْ أَبِيْ قِلَابَةَ قَالَ: جَاءَنَا مَالِكُ بْنُ الْحُوَيْرِثِ فَصَلَّى فِيْ مَسْجِدِنَا، قَالَ: وَ اللهِ إِنِّيْ لَأُصَلِّيْ وَ مَا أُرِيْدُ الصَّلَاةَ، وَ لكِنْ أُرِيْدُ أَنْ أُرِيَكُمْ كَيْفَ رَأَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يُصَلِّيْ. فَذَكَرَ أَنَّهُ يَقُوْمُ مِنَ الرَّكْعَةِ الْأُوْلَى، وَ إِذَا أَرَادَ أَنْ يَنْهَضَ قُلْتُ: كَيْفَ؟ قَالَ: مِثْلَ صَلَاتِيْ هذِهِ

Musnad Syāfi‘ī 169: ‘Abd-ul-Wahhāb ats-Tsaqafī mengabarkan kepada kami dari Ayyūb, dari Abū Qilābah, ia mengatakan: Mālik bin al-Ḥuwairits pernah datang kepada kami, lalu shalat di masjid kami. Ia berkata: “Demi Allah, sesungguhnya aku benar-benar akan shalat, padahal aku tidak menghendaki shalat melainkan hanya ingin memperagakan shalat Rasūlullāh s.a.w.yang pernah aku lihat kepada kalian.” Kemudian Abū Qilābah melanjutkan kisahnya bahwa ia (Mālik bin al-Ḥuwairits) berdiri dari raka‘at pertama. (Abū Qilābah memotong), “Apabila beliau hendak berdiri, coba ceritakan kepadaku bagaimana caranya!” Mālik bin al-Ḥuwairits menjawab: “Seperti shalatku ini.” 175

مسند الشافعي ١٧٠: أَخْبَرَنَا عَبْدُ الْوَهَّابِ، عَنْ خَالِدٍ الْخُزَاعِيِّ، عَنْ أَبِيْ قِلَابَةَ بِمِثْلِهِ، غَيْرَ أَنَّهُ قَالَ: وَ كَانَ مَالِكٌ إِذَا رَفَعَ رَأْسَهُ مِنَ السَّجْدَةِ الْأَخِيْرَةِ فِي الرَّكْعَةِ الْأُوْلَى فَاسْتَوَى قَاعِدًا أَقَامَ وَ اعْتَمَدَ عَلَى الْأَرْضِ

Musnad Syāfi‘ī 170: ‘Abd-ul-Wahhāb mengabarkan kepada kami dari Khālid al-Khuzā‘ī, dari Abū Qilābah tentang hal yang semisal, hanya saja ia berkata: “Mālik bila mengangkat kepalanya dari sujūd akhir dalam raka‘at pertama, ia terlebih dahulu duduk tegak dan bertopang pada tanah”. 176

مسند الشافعي ١٧١: أَخْبَرَنَا يَحْيَى بْنُ حَسَّانَ، عَنِ اللَّيْثِ بْنِ سَعْدٍ، عَنْ أَبِي الزُّبَيْرِ الْمَكِّيِّ، عَنْ سَعِيْدِ بْنِ جُبَيْرٍ، وَ طَاوُسٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يُعَلِّمُنَا التَّشَهُّدَ كَمَا يُعَلِّمُنَا السُّوْرَةَ مِنَ الْقُرْآنِ، فَكَانَ يَقُوْلُ: «التَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ، الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ للهِ، سَلَامٌ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَ رَحْمَةُ اللهُ وَ بَرَكَاتُهُ، سَلَامٌ عَلَيْنَا وَ عَلَى عِبَادِ اللهِ الصَّالِحِيْنَ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ، وَ أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ»

Musnad Syāfi‘ī 171: Yaḥyā bin Ḥassān mengabarkan kepada kami dari al-Laits bin Sa‘ad, dari Abū Zubair al-Makkī, dari Sa‘īd bin Jubair dan Thāwus, dari Ibnu ‘Abbās r.a., ia mengatakan: Dahulu Nabi s.a.w. mengajarkan tasyahhud kepada kami sebagaimana mengajarkan kami suatu surat dari al-Qur’ān dan Beliau bersabda: “Semua penghormatan yang diberkati – yang semua shalawat yang baik – adalah milik Allah. Semoga keselamatan terlimpah kepadamu, wahai Nabi, begitu pula rahmat Allah dan berkat-Nya. Semoga keselamatan terlimpah kepada kami, juga kepada hamba-hamba Allah yang shāliḥ. Aku bersaksi bahwa Tiada Tuhan selain Allah, dan aku bersaksi bahwa Muḥammad adalah utusan Allah.”177

مسند الشافعي ١٧٢: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، أَخْبَرَنَا صَفْوَانُ بْنُ سُلَيْمٍ، عَنْ أَبِيْ سَلَمَةَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمنِ، عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، أَنَّهُ قَالَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، كَيْفَ نُصَلِّيْ عَلَيْكَ؟ يَعْنِيْ: فِي الصَّلَاةِ. فَقَالَ: “تَقُوْلُوْنَ: اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ، وَ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ، ثُمَّ تُسَلِّمُوْنَ عَلَيَّ “

Musnad Syāfi‘ī 172: Ibrāhīm bin Muḥammad mengabarkan kepada kami, Shafwān bin Sulaim mengabarkan kepada kami dari Abū Salamah bin ‘Abd-ir-Raḥmān, dari Abū Hurairah, ia pemah bertanya: “Wahai Rasūlullāh, Bagaimanakah cara kami mengucapkan shalawat untukmu, ya‘ni dalam shalat?” Nabi menjawab: “Kalian ucapkan: “Ya Allah, limpahkanlah shalawat kepada Muḥammad dan keluarga Muḥammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan shalawat kepada Ibrāhīm dan keluarga Ibrāhīm. Dan limpahkanlah berkah kepada Muḥammad juga keluarga Muḥammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan berkah kepada Ibrāhīm dan keluarga Ibrāhīm, kemudian bersalamlah kalian.”178

مسند الشافعي ١٧٣: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، حَدَّثَنِيْ سَعْدُ بْنُ إِسْحَاقَ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ أَبِيْ لَيْلَى، عَنْ كَعْبِ بْنِ عُجْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ أَنَّهُ كَانَ يَقُوْلُ فِي الصَّلَاةِ: «اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَ آلِ إِبْرَاهِيْمَ، وَ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَ آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ»

Musnad Syāfi‘ī 173: Ibrāhīm bin Muḥammad mengabarkan kepada kami, Sa‘ad bin Isḥāq mengabarkan kepadaku dari ‘Abd-ur-Raḥmān bin Abī Lailā, dari Ka‘ab bin ‘Ujrah r.a., dari Nabi s.a.w. bahwa Beliau mengucapkan doa – berikut – dalam shalatnya: “Ya Allah, limpahkanlah shalawat kepada Muḥammad dan keluarga Muḥammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan shalawat kepada Ibrāhīm dan keluarga Ibrāhīm. Dan limpahkanlah berkah kepada Muḥammad juga keluarga Muḥammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan berkah kepada Ibrāhīm dan keluarga Ibrāhīm. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Agung”.179

مسند الشافعي ١٧٤: أَخْبَرَنَا مَالِكٌ، عَنِ ابْنِ شِهَابٍ، عَنِ الْأَعْرَجِ، عَنْ عَبْدِ اللهِ ابْنِ بُحَيْنَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: صَلَّى لَنَا رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ رَكْعَتَيْنِ، ثُمَّ قَامَ فَلَمْ يَجْلِسْ، فَقَامَ النَّاسُ مَعَهُ، فَلَمَّا قَضَى صَلَاتَهُ وَ نَظَرْنَا تَسْلِيمَهُ كَبَّرَ فَسَجَدَ سَجْدَتَيْنِ وَ هُوَ جَالِسٌ قَبْلَ التَّسْلِيْمِ، ثُمَّ سَلَّمَ

Musnad Syāfi‘ī 174: Mālik mengabarkan kepada kami dari Ibnu Syihāb, dari al-A‘raj, dari ‘Abdullāh bin Buḥainah, ia berkata: “Rasūlullāh s.a.w. shalat dua raka‘at sebagai imam kami, kemudian Beliau langsung berdiri tanpa duduk terlebih dahulu, maka orang-orang ikut berdiri pula bersamanya. Setelah Beliau menyelesaikan shalat dan kami menunggu salamnya, ternyata Beliau mengucapkan takbīr, lalu sujūd sebanyak dua kali dan masih dalam keadaan duduk sebelum salām, setelah itu barulah Beliau mengucapkan salām (menjelaskan kaifiat sujud sahwi-ed.).” 180

مسند الشافعي ١٧٥: أَخْبَرَنَا مَالِكٌ، عَنْ يَحْيَى بْنِ سَعِيْدٍ، عَنِ الْأَعْرَجِ، عَنِ ابْنِ بُحَيْنَةَ، أَنَّ رَسُوْلَ [ص:43] اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَامَ فِي الثِّنْتَيْنِ مِنَ الظُّهْرِ فَلَمْ يَجْلِسْ فِيْهِمَا، فَلَمَّا قَضَى صَلَاتَهُ سَجَدَ سَجْدَتَيْنِ ثُمَّ سَلَّمَ بَعْدَ ذلِكَ

Musnad Syāfi‘ī 175: Mālik mengabarkan kepada kami dari Yaḥyā bin Sa‘īd, dari al-A‘raj, dari Ibnu Buḥainah: Bahwa Rasūlullāh s.a.w. langsung berdiri setelah dua raka‘at shalat Zhuhur tanpa duduk terlebih dahulu. Setelah beliau menyelesaikan shalatnya, Beliau sujūd sebanyak dua kali kemudian salām setelah itu (menjelaskan kaifiat sujud sahwi-ed.). 181