Bab. 2 No.125 s.d 136 – Musnad Imam Asy-Syafi’i (3/7)

MUSNAD IMĀM ASY-SYĀFI‘Ī
 
Diterjemahkan Oleh:
HaditsSoft (Grup)
 
Diterbitkan Oleh:
HaditsSoft

 
(Belum ada catatan kakinya di HaditsSoft yang kami miliki)

Rangkaian Pos: Bab 2 Musnad Asy-Syafi'i - Pembahasan Tentang Menghadap Kiblat Saat Shalat dan Pelbagai Pengetahuan Seputar Shalat

مسند الشافعي ١٢٥: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، أَخْبَرَنِيْ عُمَارَةُ بْنُ غَزِيَّةَ، عَنْ خُبَيْبِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمنِ، عَنْ حَفْصِ بْنِ عَاصِمٍ قَالَ: سَمِعَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ رَجُلًا يُؤَذِّنُ لِلْمَغْرِبِ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ مِثْلَ مَا قَالَ، فَانْتَهَى النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ إِلَى رَجُلٍ وَ قَدْ قَامَتِ الصَّلَاةُ، فَقَالَ [ص:33] النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: «انْزِلُوْا فَصَلُّوا الْمَغْرِبَ بِإِقَامَةِ ذلِكَ الْعَبْدِ الْأَسْوَدِ».

Musnad Syāfi‘ī 125: Ibrāhīm bin Muḥammad mengabarkan kepada kami, ‘Umārah bin Ghaziyyah mengabarkan kepadaku dari Khubaib bin ‘Abd-ur-Raḥmān bin Khubaib, dari Ḥafsh bin ‘Āshim, ia berkata: “Nabi pernah mendengar suara seorang lelaki yang sedang mengumandangkan adzan shalat Maghrib, maka Beliau mengucapkan seperti apa yang diucapkannya.” Ḥafsh bin ‘Āshim melanjutkan kisahnya: Maka Nabi s.a.w. sampai kepada lelaki yang lain, sedangkan shalat telah diiqāmatkan. Lalu Nabi s.a.w. bersabda: “Turunlah kalian dan lakukanlah shalat Maghrib dengan iqāmat yang telah dilakukan oleh budak hitam itu!”132

مسند الشافعي ١٢٦: أَخْبَرَنَا عَبْدُ الْوَهَّابِ، عَنْ يُوْنُسَ، عَنِ الْحَسَنِ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ: «الْمُؤَذِّنُوْنَ أُمَنَاءُ النَّاسِ عَلَى صَلَاتِهِمْ», وَ ذَكَرَ مَعَهَا غَيْرَهَا.

Musnad Syāfi‘ī 126: ‘Abd-ul-Wahhāb mengabarkan kepada kami dari Yūnus, dari al-Ḥasan bahwa Nabi s.a.w. pernah bersabda: “Para mu’adzdzin adalah kepercayaan orang-orang dalam shalat mereka.” Dan disebutkan pula hal yang lainnya. 133

مسند الشافعي ١٢٧: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، عَنْ سُهَيْلِ بْنِ أَبِيْ صَالِحٍ، عَنْ أَبِيْهِ، عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ: «الْأَئِمَّةُ ضُمَنَاءُ، وَ الْمُؤَذِّنُوْنَ أُمَنَاءُ، فَأَرْشَدَ اللهُ الْأَئِمَّةَ، وَ غَفَرَ لِلْمُؤَذِّنِيْنَ».

Musnad Syāfi‘ī 127: Ibrāhīm bin Muḥammad mengabarkan kepada kami dari Suhail bin Abī Shāliḥ dari ayahnya, dari Abū Hurairah bahwa Nabi s.a.w. pernah bersabda: “Para imam adalah orang-orang yang menjamin dan para mu’adzdzin adalah orang-orang yang dipercaya, maka Allah memberikan hidāyah kepada para imam dan memberikan ampunan kepada mu’adzdzin.” 134

مسند الشافعي ١٢٨: أَخْبَرَنَا مَالِكٌ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ أَبِيْ صَعْصَعَةَ، عَنْ أَبِيْهِ، أَنَّ أَبَا سَعِيْدٍ الْخُدْرِيَّ قَالَ لَهُ: إِنِّيْ أَرَاكَ تُحِبُّ الْغَنَمَ وَ الْبَادِيَةَ، فَإِذَا كُنْتَ فِيْ غَنَمِكَ أَوْ بَادِيَتِكَ فَأَذَّنْتَ بِالصَّلَاةِ فَارْفَعْ صَوْتَكَ؛ فَإِنَّهُ لَا يَسْمَعُ صَدَى صَوْتِكَ جِنٌّ وَ لَا إِنْسٌ وَ لَا شَيْءٌ إِلَّا شَهِدَ لَكَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ. قَالَ أَبُوْ سَعِيْدٍ: سَمِعْتُهُ مِنْ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ

Musnad Syāfi‘ī 128: Mālik mengabarkan kepada kami dari ‘Abd-ur-Raḥmān bin ‘Abdullāh bin Abī Sha‘sha‘ah, dari ayahnya bahwa Abū Sa‘īd al-Khudrī pernah berkata kepadanya: “Sesungguhnya aku melihatmu menyukai ternak dan kambingmu serta daerah pedalamanmu. Untuk itu, apabila kamu berada di tengah ternak kambingmu atau di daerah pedalamanmu, lalu engkau menyerukan adzan shalat, maka keraskanlah suaramu. Karena sesungguhnya tidak sekali-kali Jinn, manusia dan sesuatu mendengar sejauh suaramu mengumandang kecuali semuanya akan bersaksi untukmu di hari Kiamat.” 135

Abū Saī‘d berkata: “Aku mendengar dari Rasūlullāh s.a.w.”

مسند الشافعي ١٢٩: أَخْبَرَنَا مَالِكٌ، عَنْ نَافِعٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَأْمُرُ الْمُؤَذِّنَ إِذَا كَانَتْ لَيْلَةٌ بَارِدَةٌ ذَاتُ رِيْحٍ يَقُوْلُ: «أَلَا صَلُّوْا فِي الرِّحَالِ»

Musnad Syāfi‘ī 129: Mālik mengabarkan kepada kami dari Nāfi‘, dari Ibnu ‘Umar, ia mengatakan: Dahulu Nabi s.a.w. sering memerintahkan kepada mu’adzdzin – bila malam terasa sangat dingin dan berangin kencang – untuk menyerukan: “Ingatlah, shalatlah kalian di dalam rumah-rumah kalian!136

مسند الشافعي ١٣٠: أَخْبَرَنَا مَالِكٌ، عَنِ ابْنِ شِهَابٍ، عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَزِيْدَ، عَنْ أَبِيْ سَعِيْدٍ الْخُدْرِيِّ، أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ: «إِذَا سَمِعْتُمُ النِّدَاءَ فَقُوْلُوْا مِثْلَ مَا يَقُوْلُ الْمُؤَذِّنُ»

Musnad Syāfi‘ī 130: Mālik mengabarkan kepada kami dari Ibnu Syihāb, dari ‘Athā’ bin Yazīd, dari Abū Sa‘īd al-Khudrī bahwa Rasūlullāh s.a.w. pernah bersabda: “Apabila kalian mendengar adzan, maka ucapkanlah seperti apa yang diucapkan oleh mu’adzdzin.”137

مسند الشافعي ١٣١: أَخْبَرَنَا ابْنُ عُيَيْنَةَ، عَنْ مُجَمِّعِ بْنِ يَحْيَى، أَخْبَرَنِيْ أَبُوْ أُمَامَةَ بْنُ سَهْلٍ، أَنَّهُ سَمِعَ مُعَاوِيَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ يَقُوْلُ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَقُوْلُ، إِذَا قَالَ الْمُؤَذِّنُ: أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ، وَ إِذَا قَالَ: أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ، قَالَ: «وَ أَنَا أَشْهَدُ». ثُمَّ سَكَتَ.

Musnad Syāfi‘ī 131: Ibnu ‘Uyainah mengabarkan kepada kami dari Mujammi‘ bin Yaḥyā, Abū Umāmah bin Sahl mengabarkan kepadaku bahwa ia pernah mendengar Mu‘āwiyah mengatakan: Aku pernah mendengar Rasūlullāh s.a.w. apabila mu’adzdzin mengucapkan: “Asyhadu anlā ilāha illallāh”, maka Beliau mengucapkan: “Asyhadu anlā ilāha illallāh”. Dan apabila mu’adzdzin mengucapkan: “Asyhadu anna Muḥammad-ar-rasūlullāh”, maka Beliau mengucapkan: “Dan aku bersaksi”, kemudian Beliau diam. 138

مسند الشافعي ١٣٢: أَخْبَرَنَا ابْنُ عُيَيْنَةَ، عَنْ طَلْحَةَ بْنِ يَحْيَى، عَنْ عَمِّهِ عِيْسَى بْنِ طَلْحَةَ قَالَ: سَمِعْتُ مُعَاوِيَةَ يُحَدِّثُ مِثْلَهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ

Musnad Syāfi‘ī 132: Ibnu ‘Uyainah mengabarkan kepada kami dari Talḥah bin Yaḥyā, dari pamannya, ‘Isā bin Thalḥah, ia berkata: “Aku pernah mendengar Mu’āwiyah menceritakan hadits yang semisal dari Nabi s.a.w.”139

مسند الشافعي ١٣٣: أَخْبَرَنَا عَبْدُ الْمَجِيْدِ بْنُ عَبْدِ الْعَزِيْزِ، عَنِ ابْنِ جُرَيْجٍ قَالَ: أَخْبَرَنِيْ عَمْرُو بْنُ يَحْيَى الْمَازِنِيُّ، أَنَّ عِيْسَى بْنَ عُمَرَ أَخْبَرَهُ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَلْقَمَةَ بْنِ وَقَّاصٍ قَالَ: “إِنِّيْ لَعِنْدَ مُعَاوِيَةَ إِذْ أَذَّنَ مُؤَذِّنُهُ، فَقَالَ مُعَاوِيَةُ كَمَا قَالَ مُؤَذِّنُهُ، حَتَّى إِذَا قَالَ: حَيَّ عَلَى الصَّلَاةِ قَالَ: لَا حَوْلَ وَ لَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ، وَ لَمَّا قَالَ: حَيَّ عَلَى الْفَلَاحِ قَالَ: لَا حَوْلَ وَ لَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ، ثُمَّ قَالَ بَعْدَ ذلِكَ مَا قَالَ الْمُؤَذِّنُ، ثُمَّ قَالَ: «سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَقُوْلُ ذلِكَ»

Musnad Syāfi‘ī 133: ‘Abd-ul-Majīd bin ‘Abd-il-‘Azīz mengabarkan kepada kami dari Ibnu Juraij, ia mengatakan: ‘Amr bin Yaḥyā al-Māzinī mengabarkan kepadaku bahwa ‘Īsā bin ‘Umar mengabarkan kepadanya dari ‘Abdullāh bin ‘Alqamah bin Waqqāsh, ia mengatakan: Sesungguhnya aku pernah berada di dekat Mu‘āwiyah, tiba-tiba mu’adzdzinnya menyerukan adzan – untuk shalat – , maka Mu‘āwiyah mengucapkan seperti apa yang diucapkan oleh mu’adzdzinnya. Ketika mu’adzdzin mengucapkan: “Ḥayya ‘alā-sh-shalāh”, maka Mu‘āwiyah mengucapkan “Lā ḥaula walā quwwata illā billāh”. Ketika mu’adzdzin mengucapkan: “Ḥayya ‘alā-l-falāḥ” maka ia mengucapkan: “Lā ḥaula walā quwwata illā billāh”. Setelah itu Mu‘āwiyah kembali mengucapkan searti apa yang diucapkan oleh mu’adzdzinnya, lalu berkata: “Aku pernah mendengar Rasūlullāh s.a.w. mengucapkan hal itu.”140

مسند الشافعي ١٣٤: أَخْبَرَنَا سَعِيْدُ بْنُ سَالِمٍ، عَنْ سُفْيَانَ الثَّوْرِيِّ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ عَقِيْلٍ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَلِيٍّ ابْنِ الْحَنَفِيَّةِ، عَنْ أَبِيْهِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا، أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ: «مِفْتَاحُ الصَّلَاةِ الْوُضُوْءُ، وَ تَحْرِيْمُهَا التَّكْبِيْرُ، وَ تَحْلِيْلُهَا التَّسْلِيْمُ»

Musnad Syāfi‘ī 134: Sa‘īd bin Sālim mengabarkan kepada kami dari Sufyān ats-Tsaurī, dari ‘Abdullāh bin Muḥammad bin ‘Aqīl dari Muḥammad bin ‘Alī al-Ḥanafiyyah, dari ayahnya bahwa Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Kunci shalat adalah wudhū’, yang mengharamkan dari segala sesuatu – adalah takbīr, dan yang menghalalkan – dari segala sesuatu – adalah salām” 141

مسند الشافعي ١٣٥: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، عَنْ عَلِيِّ بْنِ يَحْيَى بْنِ خَلَّادٍ، عَنْ أَبِيْهِ، عَنْ جَدِّهِ رِفَاعَةَ بْنِ مَالِكٍ، أَنَّهُ سَمِعَ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَقُوْلُ: «إِذَا قَامَ أَحَدُكُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَلْيَتَوَضَّأْ كَمَا أَمَرَهُ اللهُ، ثُمَّ لِيُكَبِّرْ، فَإِنْ كَانَ مَعَهُ شَيْءٌ مِنَ الْقُرْآنِ قَرَأَ بِهِ، وَ إِنْ لَمْ يَكُنْ مَعَهُ شَيْءٌ مِنَ الْقُرْآنِ فَلْيَحْمَدِ اللهَ وَ لْيُكَبِّرْ، ثُمَّ لِيَرْكَعْ حَتَّى يَطْمَئِنَّ رَاكِعًا، ثُمَّ لِيَقُمْ حَتَّى يَطْمَئِنَّ قَائِمًا، ثُمَّ يَسْجُدْ حَتَّى يَطْمَئِنَّ سَاجِدًا، ثُمَّ لِيَرْفَعْ رَأْسَهُ فَلْيَجْلِسْ حَتَّى يَطْمَئِنَّ جَالِسًا، فَمَنْ نَقَصَ مِنْ هذَا فَإِنَّمَا يَنْقُصُ مِنْ صَلَاتِهِ»

Musnad Syāfi‘ī 135: Ibrāhīm bin Muḥammad mengabarkan kepada kami dari ‘Alī bin Yaḥyā bin Khallād, dari ayahnya dari kakeknya, Rifā‘ah bin Mālik bahwa ia pernah mendengar Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Apabila seseorang di antara kailan bermaksud mendirikan shalat hendaklah berwudhū’ seperti apa yang telah diperintahkan oleh Allah s.w.t. kemudian bertakbīr. Apabila ia hafal sesuatu dari al-Qur’ān hendaklah ia membacanya, dan jika tidak hafal sesuatupun dari al-Qur’ān, hendaklah membaca taḥmīd dan takbīr kepada Allah s.w.t. Setelah itu hendaklah rukū‘ hingga tuma’ninah dalam keadaan rukū‘. kemudian bangkit hingga tuma’ninah dalam keadaan berdiri (i‘tidāl), kemudian sujud hingga tuma’ninah dalam keadaan sujūd kemudian mengangkat kepalanya lalu duduk hingga tuma’ninah dalam keadaan duduk. Barangsiapa yang mengurangi sesuatu dari hal tersebut, sesungguhnya ia telah mengurangi sebagian dari shalatnya.”142

مسند الشافعي ١٣٦: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ قَالَ: أَخْبَرَنِيْ مُحَمَّدُ بْنُ عَجْلَانَ، عَنْ عَلِيِّ بْنِ يَحْيَى بْنِ خَلَّادٍ، عَنْ رِفَاعَةَ بْنِ رَافِعٍ قَالَ: جَاءَ رَجُلٌ يُصَلِّي فِي الْمَسْجِدِ قَرِيْبًا مِنْ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ، ثُمَّ جَاءَ فَسَلَّمَ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ، فَقَالَ لَهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: «أَعِدْ صَلَاتَكَ؛ فَإِنَّكَ لَمْ تُصَلِّ» . فَقَامَ فَصَلَّى كَنَحْوِ مَا صَلَّى، فَقَالَ لَهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: «أَعِدْ صَلَاتَكَ؛ فَإِنَّكَ لَمْ تُصَلِّ» . فَقَالَ: عَلِّمْنِي يَا رَسُوْلَ اللهِ كَيْفَ أُصَلِّيْ. قَالَ: «إِذَا تَوَجَّهْتَ إِلَى الْقِبْلَةِ فَكَبِّرْ ثُمَّ [ص:35] اقْرَأْ بِأُمِّ الْقُرْآنِ وَ مَا شَاءَ اللهُ أَنْ تَقْرَأَ، فَإِذَا رَكَعْتَ فَاجْعَلْ رَاحَتَيْكَ عَلَى رُكْبَتَيْكَ، وَ مَكِّنْ رُكُوْعَكَ وَ امْدُدْ ظَهْرَكَ، وَ إِذَا رَفَعْتَ فَأَقِمْ صُلْبَكَ وَ ارْفَعْ رَأْسَكَ حَتَّى تَرْجِعَ الْعِظَامُ إِلَى مَفَاصِلِهَا، فَإِذَا سَجَدْتَ فَمَكِّنِ السُّجُوْدَ، فَإِذَا رَفَعْتَ فَاجْلِسْ عَلَى فَخِذِكَ الْيُسْرَى، ثُمَّ اصْنَعْ ذلِكَ فِيْ كُلِّ رَكْعَةٍ وَ سَجْدَةٍ حَتَّى تَطْمَئِنَّ»

Musnad Syāfi‘ī 136: Ibrāhīm bin Muḥammad mengabarkan kepada kami, ia mengatakan: Muḥammad bin ‘Ajlān mengabarkan kepadaku dari ‘Alī bin Yaḥyā bin Khallād, dari Rifā‘ah bin Rāfi‘, ia mengatakan: Seorang lelaki datang untuk melaksanakan shalat di masjid dekat dengan Rasūlullāh s.a.w. Lalu ia datang mengucapkan salām kepada Nabi , maka Nabi s.a.w. bersabda kepadanya: “Ulangilah shalatmu, sesungguhnya kamu belum shalat (dengan benar).” Lelaki itu bangkit dan shalat seperti apa yang telah dilakukannya. Nabi bersabda lagi kepadanya: “Ulangilah shalatmu, sesungguhnya kamu belum shalat (dengan benar).” Maka lelaki itu berkata: “Wahai Rasūlullāh, ajarkanlah kepadaku bagaimana aku harus mengerjakan shalat!” Nabi s.a.w. menjawab: “Apabila engkau telah menghadap ke arah qiblat, bertakbīrlah, kemudian bacalah Umm-ul-Qur’ān dan surah lainnya. Apabila engkau rukū‘, maka jadikanlah kedua telapak tanganmu berada di atas lututmu, dan mantapkanlah rukū‘mu serta luruskanlah punggungmu. Apabila engkau mengangkat diri, tegakkanlah punggungmu dan angkat kepalamu hingga semua tulang kembali pada ruasnya masing-masing. Apabila engkau sujūd, mantapkanlah sujūdmu. Apabila engkau bangkit (dari sujūd), duduklah di atas betis kirimu, selanjutnya lakukanlah hal yang sama pada setiap rukū‘ dan sujūd hingga engkau tuma’ninah.”143