Mustadrak 8 – Pengilap Qalbu dengan Taubat (3/3)

Al-MUSTADRAK
(Judul Asli: Al-Mustadraku ‘alash-Shahihain)
Oleh: Imam al-Hakim

Penerjemah: Ali Murtadho
Penerbit: PUSTAKA AZZAM

Rangkaian Pos: Mustadrak Kitab 1 Bab 3

8 – حَدَّثَنَا أَبُو الْعَبَّاسِ مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ الْمَحْبُوْبِيُّ بِمَرْوَ، ثَنَا سَعِيْدُ بْنُ مَسْعُوْدٍ، ثَنَا عُبَيْدِ اللهِ بْنُ مُوْسَى، أَنْبَأَنَا إِسْرَائِيْلُ، عَنْ أَبِيْ إِسْحَاقَ، عَنِ الْأَغَرِّ، عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ، وَ أَبِيْ سَعِيْدٍ أَنَّهُمَا شَهِدَا عَلَى رَسُوْلِ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ – قَالَ: “إِذَا قَالَ الْعَبْدُ: لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَ اللهُ أَكْبَرُ، صَدَّقَهُ رَبُّهُ، قَالَ: صَدَقَ عَبْدِيْ، لَا إِلهَ إِلَّا أَنَا وَ أَنَا وَحْدِيْ، وَ إِذَا قَالَ: لَا إِلهَ إلِاَّ اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، صَدَّقَهُ رَبُّهُ، قَالَ: صَدَقَ عَبْدِيْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنَا وَ لَا شَرِيْكَ لِيْ، وَ إِذَا قَالَ: لَا إِله إِلَّا اللهُ لَهُ الْمُلْكُ وَ لَهُ الْحَمْدُ، قَالَ: صَدَقَ عَبْدِيْ، لَا إِلهَ إِلَّا أَنَا لِي الْمُلْكُ وَ لِيَ الْحَمْدُ، وَ إِذَا قَالَ: لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَ لَا حَوْلَ وَ لَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ، قَالَ: صَدَقَ عَبْدِيْ، لَا حَوْلَ وَ لَا قُوَّةَ إِلَّا بِيْ”. هذَا حَدِيْثٌ صَحِيْحٌ لَمْ يُخَرَّجْ فِي الصَّحِيْحَيْنِ، وَ قَدِ احْتَجَّا جَمِيْعًا بِحَدِيْثِ أَبِيْ إِسْحَاقَ، عَنِ الْأَغَرِّ، عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ، وَ أَبِيْ سَعِيْدٍ، وَ قَدِ اتَّفَقَا جَمِيْعًا عَلَى الْحُجَّةِ بِأَحَادِيْثِ إِسْرَائِيْلَ بْنِ يُوْنُسَ، عَنْ أَبِيْ إِسْحَاقَ.

8/8. Abul-‘Abbās Muḥammad bin Aḥmad al-Maḥbūbī menceritakan kepada kami di Marwā, Sa‘īd bin Mas‘ūd menceritakan kepada kami, ‘Ubaidillāh bin Mūsā menceritakan kepada kami, Isrā’īl mengabarkan kepada kami dari Abū Isḥāq, dari Agharr, dari Abū Hurairah dan Abū Sa‘īd, bahwa keduanya pernah menyaksikan Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Apabila seorang hamba mengucapkan: Lā ilāha illallāhu, wallāhu akbar (tidak ada tuhan kecuali Allah, dan Allah Maha Besar)”, maka Tuhannya membenarkannya dengan berfirman: “Hamba-Ku benar, tidak ada tuhan kecuali Aku, dan Aku-lah Yang Esa.” Apabila dia mengucapkan: Lā ilāha illallāhu waḥdahu lā syarīka lah (tidak ada tuhan kecuali Allah,Yang Maha Esa, dan tiada sekutu bagi-Nya),” maka Tuhannya membenarkannya dengan firman: “Hamba-Ku benar, tidak ada tuhan kecuali Aku, dan tidak ada sekutu bagi-Ku”. Apabila dia mengucapkan: Lā ilāha illallāhu lah-ul-mulku, wa lah-ul-ḥamdu (tidak ada tuhan kecuali Allah, bagi-Nya kerajaan [kekuasaan] dan pujian, maka Allah berfirman: “Hamba-ku benar, tidak ada tuhan kecuali Aku, bagi-Ku kerajaan (kekuasaan) dan milik-Ku pujian.” Apabila dia mengucapkan: Lā ilāha illallāhu wa lā ḥaula wa lā quwwata illā billāh, (tidak ada tuhan kecuali Allah, tiada daya dan kekuatan kecuali dengan [kehendak Allah]”, maka Allah berfirman: “Hamba-Ku benar, tidak ada daya dan kekuataan kecuali dengan (kehendak)-Ku.” (641).

Hadits ini shaḥīḥ, dan tidak dinukil dalam kitab ash-Shaḥīḥain. Al-Bukhārī dan Muslim sama-sama menjadikan hadits Abū Isḥāq dari al-Agharr, dari Abū Hurairah dan Abū Sa‘īd sebagai ḥujjah. Keduanya sepakat menjadikan hadits-hadits Isrā’īl bin Yūnus dari Abū Isḥāq sebagai ḥujjah.

Catatan:


  1. (64). Adz-Dzahabī berkata dalam at-Talkhīsh: “Syu‘bah dan lainnya menyatakan bahwa hadits ini mauqūf.” H.R. Ibnu Mājah (Sunan Ibnu Mājah, no. 3794); Al-Baihaqī (As-Sunan al-Kubrā, 1/369); An-Nasā’ī (‘Amal-ul-Yaumi wal-Lailah, no. 31) An-Nasā’ī berkata: “Syu‘bah menyelisihinya dan menjadikannya mauqūf, dia tidak menyebut Abū Sa‘īd al-Khudrī.”

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *