الْمُبْتَدَأُ
MUBTADA’
PASAL 18
DEFINISI MUBTADA’
Mubtada’ adalah isim yang terletak di permulaan. Syarat isim menjadi mubtada’ adalah menjadi sumber khabar dan terbebas dari…
PASAL 16
SHAḤĪḤ, MU‘TALL DAN MUDHĀ‘AF
Fi‘il terbagi menjadi tiga macam, yaitu fi‘il shaḥīḥ, fi‘il mu‘tall dan fi‘il mudhā‘af. Demikian juga ‘amal perbuatan seorang…
الْأَفْعَالُ
FI‘IL-FI‘IL
PASAL 14
FI‘IL LĀZIM DAN FI‘IL MUTA‘ADDI
Dalam naḥwu konvensional, ada dua macam fi‘il (kata kerja), yaitu fi‘il lāzim (fi‘il yang tidak…
الْأَسْمَاءُ السِّتَّةُ
ASMĀ’-US-SITTAH
PASAL 13
ISIM-ISIM KHUSUS
Dalam naḥwu konvensional, ada beberapa isim khusus yang i‘rāb-nya berbeda dengan isim-isim lain. Tanda rafa‘-nya adalah wāwu,…
PASAL 12
HUKUM JAMA‘
Ketika kamu mengubah isim mufrad menjadi jama‘ mudzakkar sālim, maka tambahkan wāwu dan nūn di bagian akhirnya. Penambahan wāwu dan…
الْجَمْعُ
JAMA‘
PASAL 11
PEMBAGIAN JAMA‘
Dalam naḥwu konvensional, jama‘ (plural) terbagi menjadi dua macam, yaitu jama‘ sālim (mudzakkar sālim dan mu’annats sālim) dan…
PASAL 10
PENJABARAN MUFRAD DAN TATSNIYYAH
Dalam naḥwu konvensional, selama isim mufrad berada dalam bentuk mufrad, maka sifat mufrad akan tetap melekat pada seluruh…
الْمُفْرَدُ وَ التَّثْنِيَّةُ
ISIM MUFRAD DAN ISIM TATSNIYYAH
PASAL 9
HUKUM MUFRAD DAN TATSNIYYAH
Jika isim mufrad (kata benda tunggal) dijadikan bentuk tatsniyyah…
الْمَعْرِفَةُ وَ النَّكِرَةُ
MA‘RIFAH DAN NAKIRAH
PASAL 8
DEFINISI MA‘RIFAH DAN NAKIRAH
Dalam nahwu eksoterik (konvensional), isim terbagi menjadi dua macam, yaitu ma‘rifah…