Fi’il Lazim & Mata’addi, Af’al-ul-Khamsah – Fi’il-fi’il – Nahw-ul-Qulub

نَحْوُ الْقُلُوْبِ
Naḥw-ul-Qulūb
(Tata Bahasa Qalbu)
 
BELAJAR MENGENAL ALLAH DAN RAHASIA KEHIDUPAN MELALUI ILMU TATA BAHASA ‘ARAB.
 
Karya: Imam al-Qusyairi
 
Penerjemah: Kiai Supirso Pati
Penerbit: WALI PUSTAKA

Rangkaian Pos: Kitab 1 - Nahw-ul-Qulub-il-Kabir - Nahw-ul-Qulub

الْأَفْعَالُ

FI‘IL-FI‘IL

PASAL 14

FI‘IL LĀZIM DAN FI‘IL MUTA‘ADDI

 

Dalam naḥwu konvensional, ada dua macam fi‘il (kata kerja), yaitu fi‘il lāzim (fi‘il yang tidak menghadirkan maf‘ūl bih) (591) dan fi‘il yang menghadirkan maf‘ūl bih). (602). Demikian juga dalam Naḥw-ul-Qulūb, ‘amal perbuatan manusia (af‘āl-ul-‘Abd) terbagi menjadi dua macam, yaitu ‘amal perbuatan yang lāzim dan ‘amal perbuatan yang muta‘addī. ‘Amal perbuatan yang lāzim adalah ‘amal perbuatan yang manfaatnya hanya diperoleh oleh si pelaku. Sementara ‘amal perbuatan yang muta‘addī adalah ‘amal perbuatan yang manfaatnya ikut dirasakan oleh orang lain; menjadi berkah bagi orang lain.

Dalam naḥwu konvensional, fi‘il muta‘addī terbagi lagi menjadi tiga macam, yaitu fi‘il muta‘addī yang menghadirkan satu maf‘ūl bih (613), fi‘il muta‘addī yang menghadirkan dua maf‘ūl bih (624), dan fi‘il muta‘addī yang menghadirkan tiga maf‘ūl bih (635) Demikianlah dalam Naḥw-ul-Qulūb, seorang hamba kadang bisa memberi berkah (memberi efek positif) kepada orang-orang. (646).

Terkait itu para guru shūfī mengatakan: “Jika seorang wali (kekasih Allah) melintasi suatu negeri, maka Allah mengampuni orang-orang yang tinggal di dalamnya.”

Dalam sebuah atsar juga dikatakan: “Jika orang yang sedih menangis di tengah-tengah suatu umat, maka Allah akan mengasihi mereka.”

Dalam atsar yang lain dikatakan: “Jika orang yang sedih menangis di tengah-tengah umat, maka Allah akan mengasihi mereka oleh karena tangisannya.”

 

PASAL 15

AF‘ĀL-UL-KHAMSAH

 

Dalam naḥwu konvensional, terdapat lima wazan fi‘il yang mana keadaan rafa‘-nya ditandai dengan nūn, dan keadaan tanda nashab serta jazm-nya ditandai dengan terbuangnya nūn. Lima wazan fi‘il tersebut dinamakan af‘āl-ul-khamsah, yaitu: (يَفْعَلَانِ، تَفْعَلَانِ، يَفْعَلُوْنَ، تَفْعَلُوْنَ) dan (تَفْعَلِيْنَ).

Begitu juga dalam Naḥw-ul-Qulūb, terdapat ‘amal-‘amal ibadah yang memiliki kekhususan. ‘Amal-‘amal tersebut tidak diterima, kecuali disertai dengan tambahan yang menyertainya. Sehingga keduanya menjadi satu kesatuan dan masing-masing menjadi syarat keabsahan salah satu yang lain. Contohnya melempar jamrah tidak termasuk ibadah jika dilakukan bukan saat melaksanakan manāsik haji. Demikian juga sa‘ī antara Shafā dan Marwa tidak termasuk ibadah jika dilakukan bukan saat melaksanakan manasik haji dan ‘umrah. Contoh lain adalah jika seseorang terbayang untuk mendatangi seorang guru shūfī, ‘ārif, atau wali pada waktu tertentu untuk belajar sulūk, namun kedatangannya melewati waktu yang ditentukan dalam bayangannya, maka kedatangannya itu tidak bernilai apa pun baginya. (657).

 

(Teks Bahasa ‘Arab):

فصل [14]:

الأفعال على ضربين: لازم (18) و متعدِّ (29).
وَ فِي الإشارَة كذلك: أفعال العبد على قسمين: لازم و متعد، فاللازم ما تكون بركاته على صاحبه مقصورة، و المتعدي ما تتعدى خيراته إلى الغير.
و الفعل المتعدي على أقسام: منها ما يتعدَّى إلى مفعول واحد (310)، و منها ما يتعدَّى إلى مفعولين (411)، و منها ما يتعدَّى إلَى ثلاثة مفاعيل (512).
و الإشارة: كذلك العبد قد تتعدى بركاته إلى عالم من الناس حتى قال الشيوخ: لو أن وليًّا من أولياء الله اجتاز بيلد لغفر الله لأهل هذا البلد.
و في الأمر: لو أنَّ محزونًا بكى في أُمّة لرحم الله تلك و في الأمر: لو أنَّ محزونًا بكى في أمة لرحم الله تلك الأمة ببكائه.

فصل [15]:

خمسة أمثله من الأفعال رفعها بالنون، و نصبها و جزمها بسوط النون و هي: يفعلان و تفعلان و يفعلون و تفعلون وَ أنتِ تفعلين.
وَ في الإشارة كذلك: من الأفعال ما يكون مخصوصًا، و لا تقبل إلا بزيادة تقترن بها، فيؤتى بها بشرط قِران ينضم إليها: كرمي الجمار (613) مثلًا: لا يكون طاعة إلا في الحج، كما أنَّ السعي بين الصفا و المروة (714) لا يكون عبادة إلا في الحج و العمرة (815)، فمن قُيّض لأَجْل شيخ من الشيوخ أو عارف أو ولي لنفع له حتى إذا مضى وقت ذلك الشيخ فلا قَدْر لذلك الشخص.

Catatan:

  1. 59). Fi‘il lāzim adalah fi‘il (kata kerja) yang tidak membutuhkan maf‘ūl bih (objek), dalam arti fā‘il-nya (subjek) tidak perlu menghadirkan objek untuk melakukan sebuah perbuatan. Contohnya: (نَامَ الطِّفْلُ) “seorang anak kecil telah tidur” dan (يَقُوْمُ زَيْدٌ) “Zaid sedang berdiri”.
  2. 60). Fi‘il muta‘addī adalah fi‘il (kata kerja) yang membutuhkan maf‘ūl bih (objek), dalam arti fā‘il-nya (subjek) perlu menghadirkan objek untuk melakukan sebuah perbuatan. Contohnya: (فَتَحَ الْعَرَبُ الْعَالَمَ بَأَخْلَاقِهِمْ قَبْلَ سُيُوْفِهِمْ.) “bangsa ‘Arab menaklukkan dunia dengan akhlaq sebelum dengan peperangan.”
  3. 61). Contohnya: (كَتَبَ زَيْدٌ الرِّسَالَةَ) “Zaid telah menulis sebuah surat) (أَخَذَ زَيْدٌ الْكِتَابَ) “Zaid telah mengambil sebuah buku” dan (أَكْرَمَ زَيْدٌ ضُيُوْفَهُ.) “Zaid telah memuliakan para tamunya”.
  4. 62). Fi‘il muta‘addī yang menghadirkan dua maf‘ūl bih terdapat dua macam. Pertama, fi‘il muta‘addī yang memiliki dua maf‘ūl bih-nya dan asal keduanya bukan mubtada’ dan khabar, seperti fi‘il (أَعْطَى، سَأَلَ، مَنَحَ، كَسَا) dan (أَلْبَسَ). Contohnya: (كَسَوْتُكَ ثَوْبًا) “aku memakaikan baju” dan (أَعْطَيْتُكَ كِتَابًا.) “aku memberimu buku”. Kedua, fi‘il muta‘addī yang memiliki dua maf‘ūl bih dan asal keduanya adalah mubtada’ dan khabar, seperti (وَ أَخَوَاتُهَا).
  5. 63). Seperti fi‘il-fi‘il berikut: (أَرَى، أَعْلَمَ، أَنْبَأَ، نَبَّأَ، أَخْبَرَ، خَبَّرَ.) dan (حَدَّثَ).
  6. 64). Contohnya para kekasih Allah (wali) yang memiliki karāmah. Mereka bisa memberikan berkah kepada orang-orang. Para sālik juga bisa memperoleh berkah dari mursyid atau guru spiritual mereka.
  7. 65). Karena seorang shufi adalah anak sang waktu (ash-Shufiyyu ibnu waqtihi). Hakikat waktu dalam pandangan kaum shufi adalah suatu peristiwa yang terbayangkan, yang aslinya dikaitkan dengan peristiwa yang terjadi. Peristiwa yang terjadi merupakan waktu bagi peristiwa yang dibayangkan (akan datang). Seperti kalimat “kamu akan didatangi pada awal bulan.” Kedatangan merupakan sesuatu yang terbayang. Sementara awal bulan menjadi waktu bagi kedatangan. Lihat al-Qusyairī, ar-Risālat-ul-Qusyairiyyah, al-Waqt, hlm. 89-90.
  8. (1). اللازم: و هو ما لا ينصب المفعول به أي لا يتعدى أثره فاعله، و لا يتجاوزه إلى المفعول به و يسمى أيضًا: الفعل القاصر، و غير الواقع، و غير المجاوز نحو: جاء زيد، و فاز المجد، و نام الطفل (النحو و الصرف ص 340 د. عاصم بهجة البيطار).
  9. (2). المتعدي: و هو ما يتعدى أثره فاعله و يتجاوزه إلى المفعول به نحو: فَتَحَ الْعَرَبُ الْعَالَمَ بَأَخْلَاقِهِمْ قَبْلَ سُيُوْفِهِمْ، و يسمى أيضًا الفعل الواقع أو الفعل المجاوز. (النحو و الصرف ص 340).
  10. (3). المتعدي إلى مفعول واحد و هو كثير نحو: كتب، و أخذ، و أكرم. (النحو و الصرف ص 340).
  11. (4). المتعدي إلى مفعولين و هو ضربان: أ – ما ينصب مفعولين ليس أصلهما مبتدأ و خبرًا نحو: أعطى، سَأل، منح، كسا، ألبس. نقول: كسوتك ثوبًا و ألبستك حلية. ب – ما ينصب مفعولين أصلهما مبتدأ و خبر نحو: ظن، خال. (النحو و الصرف ص 340-341).
  12. (5). المتعدي إلى ثلاثة مفاعيل و هو: أرى، أعلم، أنبأ، نبَّأَ، أَخبر، خَبّر، حَدَّث. (النحو و الصرف ص 341).
  13. (6). الجمار: (ج) الجمرة: الحصاة الصغيرة يُرمى بها في مِنًى أيام الحج.
  14. (7). الصَّفا: اسم أحد جبلي المسمى من مشاعر الحج بِمكة. المروة: إحدى شعائر الحج يسعى بينها الحاج و بين الصَّفَا.
  15. (8). العُمرة: أفعال مخصوصة تسمى بالحج الأصغر، و أفعالها أربعة: الإحرام، و الطواف و السعي بين الصَّفَا وَ المروة، و الحَلْق. و ليس لها وقت معيّن، و لا وقوف بعرفة (ج) عُمَرٌ.

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *