وَ أَمَّا الْفَتْحَةُ فَتَكُوْنُ عَلَامَةً لِلنَّصْبِ فِيْ ثَلَاثَةِ مَوَاضِعَ فِي الْاِسْمِ الْمُفْرَدِ وَ جَمْعِ التَّكْسِيْرِ وَ الْفِعْلِ الْمُضَارِعِ إِذَا دَخَلَ عَلَيْهِ نَاصِبٌ وَ لَمْ يَتَّصِلْ بِآخِرِهِ شَيْءٌ
Fatḥah menjadi tanda bagi i‘rāb nashab dalam tiga tempat, yaitu isim mufrad, jama‘ taksīr, dan fi‘il mudhāri‘ yang ḥurūf akhirnya tidak bertemu dengan sesuatu, ketika ada ‘āmil nāshib (yang berfungsi me-nashab-kan) memasukinya.
Sebagaimana telah dikatakan: Pencapaian fatḥah (pencerahan) yang menunjukkan posisi hamba dalam maqam ridha, hanya akan tergapai setelah mencapai kesejatian dalam tiga hal pada permulaan perjalanannya.
Pertama, tenggelam dalam zikir isim mufrad (Allah).
Kedua, bergaul dan berinteraksi dengan para ahli zikir.
Ketiga, berpegang pada amal kebajikan yang hingga akhir perjalanan tidak terkotori oleh penyakit-penyakit, yaitu dengan berpegang pada syariat Nabi Muhammad.
Wa billāh-it-taufīq.