PASAL 5
الْمَجَازُ الْعَقْلِيُّ
MAJĀZ ‘AQLĪ
Arti majāz ‘aqlī, ialah meng-isnād-kan fi‘il atau yang menyerupainya kepada mulābas-nya yang bukan sebenarnya, yaitu fi‘il mabnī fā‘il. Seperti: (نَصَرَ) bukan kepada mulābas yang seharusnya, ialah fā‘il, melainkan kepada maf‘ūl-nya dan fi‘il mabnī maf‘ūl bukan kepada nā’ib-ul-fā‘il-nya, seperti:
(ثَوْبٌ لَابِسٌ) asal artinya: pakaian yang memakainya.
Padahal maksudnya: pakaian yang dipakai.
(نَهَارُهُ صَائِمٌ) Asal artinya: Siangnya yang berpuasa.
Padahal maksudnya: pada siang harinya dia berpuasa.
Asalnya: (لَبِسَ زَيْدٌ ثَوْبًا), (صَامَ زَيْدٌ نَهَارَهُ).
وَ الثَّانِيْ أَنْ يُسْنَدَ لِلْمُلَابَسِ | لَيْسَ لَهُ يُبْنَى كَثَوْبٍ لَابِسٍ |
Artinya:
“Yang kedua, (yaitu majāz ‘aqlī), ialah meng-isnād-kan fi‘il atau syibhi-nya kepada mulābas-nya (ma‘mūl-nya) yang bukan seharusnya di-isnād-kan kepadanya. Seperti: (كَثَوْبٍ لَابِسٍ) = Pakaian yang memakai. Maksudnya pakaian yang dipakai.
أَقْسَامُهُ بِحَسَبِ النَّوْعَيْنِ فِيْ | جُزْئَيْهِ أَرْبَعٌ بِلَا تَكَلُّفِ |
Artinya:
“Pembagian majāz dengan menghitung kedua macam (makna ḥaqīqat dan majāz) di dalam kedua juznya (musnad dan musnad ilaih-nya), itu ada empat macam tanpa kesulitan.”
Contoh-contohnya:
1. Kedua juznya dengan makna ḥaqīqat, seperti:
(أَنْتَ الرَّبِيْعُ الْبَقَلَ) = telah menumbuhkan musim penghujan akan sayur-sayuran.
2. Kedua juznya dengan makna majāz, seperti:
(أَحْيَا الْأَرْضَ شَبَابُ الزَّمَانِ) = telah menyuburkan tanah itu penggantian zaman.
Arti (أَحْيَا) di sini majāz, karena arti asalnya menghidupkan. Dan asal arti (شَبَابُ الزَّمَانِ) kemudian zaman, sedangkan maksudnya = penggantian zaman.
3. Musnad ilaih dengan arti ḥaqīqat, sedangkan musnad dengan arti majāz, seperti (أَحْيَا الْأَرْضَ الرَّبِيْعُ) = musim hujan itu menyuburkan tanah. Musnad ilaih lafaz (الرَّبِيْعُ), dan musnad-nya lafaz (أَحْيَا).
4. Musnad ilaih dengan arti majāz. Sedang musnad-nya dengan arti ḥaqīqat, seperti: (أَنْبَتَ الْبَقَلَ شَبَابُ الزَّمَانِ) = telah menumbuhkan kepada sayur-sayuran itu penggantian zaman.
Musnad ilaih-nya lafaz (شَبَابُ الزَّمَانِ), dan musnad-nya (أَنْبَتَ).
وَ وَجَبَتْ قَرِيْنَةٌ لَفْظِيَّةً | أَوْ مَقْتُوِيَّةٌ وَ إِنْ عَادِيَّةً. |
Artinya:
“Majāz ‘aqlī-nya itu harus ada qarīnah (yang menunjukkan kepada tujuan yang sebenarnya), baik dengan qarīnah lafzhiyyah atau ma‘nawiyyah atau qarīnah menurut adat.”
1. Contoh qarīnah lafzhiyyah, seperti:
شَيَّبَ رَأْسِيْ تَوَالِي الْهُمُوْمِ وَ الْأَحْزَانِ وَ لكِنَّ اللهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاءُ
“Telah menumbuhkan uban di kepalaku berturut-turut kesusahan dan keprihatinan, tetapi Allah mengerjakan apa yang Ia kehendaki.”
Lafaz: (وَ لكِنَّ اللهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاءُ), qarīnah lafazhiyyah.
2. Contoh qarīnah ma‘nawiyyah, seperti:
(مَحَبَّتُكَ جَاءَتْ بِيْ إِلَيْكَ) = kecintaan padamu telah mendatangkan aku padamu.
Qarīnah-nya: mustahil mendatangi kekasih oleh kecintaan melainkan oleh kakinya.
3. Contoh qarīnah ‘adiyah (adat), seperti:
(هَزَمَ الْأَمِيْرُ الْجُنْدَ) = telah menewaskan komandan itu kepada pasukan musuh.
Qarīnah-nya: mustahil menurut adat, seorang diri komandan mampu menewaskan musuh. Melainkan oleh pasukannya.