Al-Itsar (Mengutamakan Orang Lain Atas Diri Sendiri) – Mizanul Hikmah

Ensiklopedia Mizan-ul-Hikmah: Kumpulan Hadits Nabi s.a.w. Pilihan (dan Dari Para Imam Ahl-ul-Bait)

(Diterjemahkan dari Muntakhabu Mīzān-il-Ḥikmah)
Oleh Muhammad M. Reysyahri

Penerjemah: Tholib Anis
Diterbitkan oleh: Penerbit Nur al-Huda

BAB I

 

۱ الإيثار

1. SELF-SACRIFICE

1. AL-ĪTSĀR (MENGUTAMAKAN ORANG LAIN ATAS DIRI SENDIRI).

١فَضْلُ الْإِيْثَارِ

1. The Virtue of Self-Sacrifice
1. Keutamaan al-Ītsār.

١. الإمامُ عليٌّ عليه السلام :الْإِيْثَارُ أَعْلَى الْمَكَارِمِ (١1)

  1. Imam Ali (AS) said, ‘Self-sacrifice is the highest of virtues.’ (102)
  1. Imām ‘Alī a.s. berkata: “Al-Ītsār (mengutamakan orang lain atas diri sendiri) adalah budi pekerti (al-makārim) yang paling tinggi.” (13)

 

۲.عنه عليه السلام :الْإِيْثَارُ شِيْمَةُ الْأَبْرَارِ. (4۲)

  1. Imam Ali (AS) said, ‘Self-sacrifice is a characteristic of the righteous.’ (115)
  1. Diriwayatkan dari Imām ‘Alī a.s.: “Al-Ītsār adalah perangai orang-orang yang berbakti.” (26)

 

۳.عنه عليه السلام :الْإِيْثَارُ أَحْسَنُ الْإِحْسَانِ، وَ أَعْلَى‏ مَرَاتِبِ الْإِيْمَانِ. (7٣)

  1. Imam Ali (AS) said, ‘Self-sacrifice is the best kindness and the highest rank of belief.’ (128)
  1. Diriwayatkan dari Imām ‘Alī a.s.: “Al-Ītsār adalah sebaik-baik kebajikan dan tingkatan iman yang tertinggi.” (39)

 

٤.عنه عليه السلام :الْإِيْثَارُ أَفْضَلُ عِبَادَةٍ، وَ أَجَلُّ سِيَادَةٍ. (10٤)

  1. Imam Ali (AS) said, ‘Self-sacrifice is the best form of worship and the greatest eminence.’ (1311)
  1. Diriwayatkan dari Imām ‘Alī a.s.: “Al-Ītsār adalah ibadah paling utama dan kemuliaan paling luhur.” (412)

 

٥.عنه عليه السلام :أَفْضَلُ السَّخَاءِ الْإِيْثَارُ. (13٥)

  1. Imam Ali (AS) said, ‘The best form of generosity is self-sacrifice.’ (1414)
  1. Diriwayatkan dari Imām ‘Alī a.s.: “Kedermawanan paling utama adalah al-Ītsār.” (515)

 

٦.عنه عليه السلام :عَامِلْ سَائِرَ النَّاسِ بِالْإِنْصَافِ، وَ عَامِلِ الْمُؤْمِنِيْنَ بِالْإِيْثَارِ .(16٦)

  1. Imam Ali (AS) said, ‘Treat all people with fairness, but the believers with self-sacrifice.’ (1517)
  1. Diriwayatkan dari Imām ‘Alī a.s.: “Perlakukanlah semua manusia dengan keadilan dan perlakukanlah kaum mu’min dengan al-Ītsār.” (618)

۷.عنه عليه السلام :غَايَةُ الْمَكَارِمِ الْإِيْثَارُ. (19٧)

  1. Imam Ali (AS) also said, ‘The peak of virtues is self-sacrifice.’ (1620)
  1. Diriwayatkan dari Imām ‘Alī a.s.: “Puncak budi pekerti adalah al-Ītsār.” (721)

 

۸.عنه عليه السلام :بِالْإِيْثَارِ يُسْتَرَقُّ الْأَحْرَارُ. (22٨) (اُنظر) الإنفاق: باب ۱۷٦۰ ، ۱۷٦۲ ./R

  1. Imam Ali (AS) also said, ‘Through self-sacrifice do free people become enslaved.’ (1723) R (See also: SPENDING (IN CHARITY ) CHAPTER۱۷٦۰, ۱۷٦۲)/R
  1. Diriwayatkan dari Imām ‘Alī a.s.: “Dengan al-Ītsār, hati orang-orang yang merdeka dapat menjadi tawanan.” (Lihat al-Ittifāq, bab 1757-1759). (824)

 

۲ – فَضْلُ الْمُؤْثِرِيْنَ‏

2. The Virtue of Altruistic People
2. Keutamaan Orang-orang yang Mengutamakan Orang Lain atas Diri Mereka Sendiri.

(وَ الَّذِيْنَ تَبَوَّءُو الدَّارَ وَ الْإِيْمَانَ مِنْ قَبْلِهِمْ يُحِبُّوْنَ مَنْ هَاجَرَ إِلَيْهِمْ وَ لَا يَجِدُوْنَ فِيْ صُدُوْرِهِمْ حَاجَةً مِّمَّا أُوْتُوْا وَ يُؤْثِرُوْنَ عَلَى‏ أَنْفُسِهِمْ وَ لَوْ كَانَ بِهِمْ خَصَاصَةٌ وَ مَنْ يُوْقَ شُحَّ نَفْسِهِ فَأُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ) (25٩)

“[They are as well] for those who were settled in the land and [abided] in faith before them, who love those who migrate toward them, and do not find in their breasts any need for that which is given to them, but prefer [the Immigrants] to themselves, though poverty be their own lot. And those who are saved from their own greed – it is they who are the felicitous.” (1826)

Allah s.w.t. berfirman: “Dan orang-orang yang telah menempati Kota Madīnah dan telah beriman (Anshār) sebelum (kedatangan) mereka (Muhājirīn), mereka mencintai orang yang berhijrah kepada mereka. Dan mereka tiada menaruh keinginan dalam hati mereka terhadap apa-apa yang diberikan kepada mereka (orang Muhajirin); dan mereka mengutamakan (orang-orang Muhajirin) atas diri mereka sendiri, sekalipun mereka memerlukan (apa yang mereka berikan itu). Dan siapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya, mereka itulah orang-orang yang beruntung.” (927)

 

۹.الْأَمَالِي لِلطُّوْسِيْ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ :جَاءَ رَجُلٌ إِلَى‏ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ، فَشَكَا إِلَيْهِ الْجُوْعَ، فَبَعَثَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ إِلَى‏ بُيُوْتِ أَزْوَاجِهِ فَقُلْنَ :مَا عِنْدَنَا إِلَّا الْمَاءُ. فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ: مَنْ لِهذَا الرَّجُلِ اللَّيْلَةَ؟ فَقَالَ عَلِيُّ بْنُ أَبِيْ طَالِبٍ عَلَيْهِ السَّلَامُ: أَنَا لَهُ يَا رَسُوْلَ اللهِ. وَ أَتَى‏ فَاطِمَةَ عَلَيْهَا السَّلَامُ فَقَالَ لَهَا: مَا عِنْدَكِ يَا ابْنَةَ رَسُوْلِ اللهِ؟ فَقَالَتْ: مَا عِنْدَنَا إِلَّا قُوْتُ الصَّبِيَّةِ، لكِنَّا نُؤْثِرُ ضَيْفَنَا، فَقَالَ عليه السلام: يَا ابْنَةَ مُحَمَّدٍ، نَوِّمِي الصِّبْيَةَ وَ أَطْفِئِي الْمِصْبَاحَ. فَلَمَّا أَصْبَحَ عَلِيٌّ عليه السلام غَدَا عَلَى‏ رَسُوْلِ اللهِ صلى الله عليه و آله فَأَخْبَرَهُ الْخَبَرَ، فَلَمْ يَبْرَحْ حَتَّى‏ أَنْزَلَ اللهُ‏ عَزَّ وَ جَلَّ :(وَ يُؤْثِرُوْنَ…) (28١).

  1. Abu Hurayra narrated, ‘A man came to the Prophet (SAWA) and complained to him of hunger, so the Prophet (SAWA) sent a messenger to the homes of his wives, but they said that they had nothing but water. The Prophet (SAWA) asked, ‘Who can host this man tonight?’ Ali b. Abu Talib (AS) said, ‘I will host him, O Messenger of Allah.’ He came to Fatima (AS) and asked her, ‘What do you have, O daughter of the Prophet?’ She said, ‘We only have food for tonight, but we would rather give it to our guest.’ He (AS) said, ‘O Daughter of Muhammad. Take the children to bed and put off the lamp.’ The next morning, Ali (AS) came to the Prophet (SAWA) and told him the story. No sooner had he left than Allah, the Exalted, revealed the verse: “…but prefer [others] to themselves…” (529)
  1. Abū Hurairah meriwayatkan: “Seorang pria datang menemui Nabi s.a.w. seraya mengadukan rasa laparnya. Kemudian Nabi s.a.w. membawa pria itu ke rumah-rumah istri-istri beliau, tetapi mereka mengatakan: “Kami tidak memiliki apa pun kecuali air.”

Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Siapakah yang akan memberi makan kepada pria ini pada malam ini?
Imam ‘Alī bin Abī Thālib a.s. menjawab: “Saya, wahai Rasūlullāh.”
Imām ‘Alī a.s. datang menemui Sayyidah Fāthimah a.s. seraya bertanya kepadanya: “Apa yang engkau miliki, wahai putri Rasūlullāh?”
Sayyidah Fāthimah a.s. menjawab: “Kita tidak memiliki apa pun kecuali makan malam (kita), tetapi kita mengutamakan tamu atas diri kita sendiri.”
Kemudian Imām ‘Alī a.s. berkata kepada Sayyidah Fāthimah a.s.: “Wahai putri Rasūlullāh, tidurkan anak-anak dan matikan lampu!”
Keesokan harinya, Imām ‘Alī a.s. mendatangi Rasūlullāh s.a.w. dan mengabarkan kepada beliau apa yang telah dilakukannya terhadap tamunya itu. Tidak lama berselang, Allah ‘azza wa jalla menurunkan firman-Nya…. dan mereka mengutamakan… (130)

 

۱۰.تنبيه الخواطر عن عائشة :مَا شَبِعَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه و آله ثَلَاثةَ أَيَّامٍ مُتَوَالِيَةٍ حَتَّى‏ فَارَقَ الدُّنْيَا. وَ لَوْ شَاءَ لَشَبِعَ، وَ لكِنَّهُ كَانَ يُؤْثِرُ عَلَى‏ نَفْسِهِ‏ (31٢)

  1. Aisha narrated, ‘The Prophet (SAWA) had never spent three consecutive days having eaten to his full until he left this world, although he could have, had he wanted to; but he used to place others before himself.’ (632)
  1. Diriwayatkan dari ‘Ā’isyah: Rasūlullāh s.a.w. tidak pernah kenyang dalam tiga hari berturut-turut sampai meninggal dunia. Padahal, seandainya beliau mau, niscaya beliau akan kenyang. Tetapi beliau mengutamakan orang lain atas dirinya sendiri.” (233)

 

۱۱.مجمع البيان عن أبي الطفيل :اِشْتَرَى‏ عَلِيٌّ عليه السلام ثَوْبًا، فَأَعْجَبَهُ فَتَصَدَّقَ بِهِ، وَ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه و آله يَقُوْلُ: مَنْ آثَرَ عَلَى‏ نَفْسِهِ آثَرَهُ اللهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ الْجَنّةَ (34٣).

  1. Abu al-Tufayl narrated, ‘Ali (AS) bought a gown, which he liked, but he gave it away in charity. He said, ‘I heard the Prophet (SAWA) saying, ‘When a person places others before himself, Allah, the Exalted, will places him before others in Paradise on the Day of Resurrection.’ (735)
  1. Abuth-Thufail meriwayatkan: “Suatu ketika, Imām ‘Alī a.s. membeli sepotong pakaian dan mengaguminya. Kemudian dia menyedekahkan pakaian tersebut seraya berkata: “Saya mendengar Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Barang siapa mengutamakan orang lain atas dirinya sendiri, niscaya Allah akan mengutamakannya atas diri-Nya sendiri dengan (memasukkannya ke dalam) surga.” (336)

 

۱۲.الإمامُ الصّادقُ عليه السلام – فِيْ قَوْلِهِ تَعَالَى): وَ يُطْعِمُوْنَ الطَّعَامَ عَلَى‏ حُبِّهِ مِسْكِيْنًا وَ يَتِيْمًا وَ أَسِيْرًا: – (كَانَ عِنْدَ فَاطِمَةَ عليها السلام شَعِيْرٌ، فَجَعَلُوْهُ عَصِيْدَةً، فَلَمَّا أَنْضَجُوْهَا وَ وَضَعُوْهَا بَيْنَ أَيْدِيْهِمْ جَاءَ مِسْكِيْنٌ، فَقَالَ الْمِسْكِيْنُ :رَحِمَكُمُ اللهُ! أَطْعِمُوْنَا مِمَّا رَزَقَكُمُ اللهُ، فَقَامَ عَلِيٌّ عليه السلام فَأَعْطَاهُ ثُلُثَهَا. فَمَا لَبِثَ أَنْ جَاءَ يَتيْمٌ، فَقَالَ الْيَتِيْمُ: رَحِمَكُمُ اللهُ! أَطْعِمُوْنَا مِمَّا رَزَقَكُمُ اللهُ، فَقَامَ عَلِيٌّ عليه السلام فَأَعْطَاهُ ثُلُثَهَا الثَّانِيَ. فَمَا لَبِثَ أَنْ جَاءَ أَسِيْرٌ، فَقَالَ الْأَسِيْرُ: يَرْحَمُكُمُ اللهُ! أَطْعِمُوْنَا مِمَّا رَزَقَكُمُ اللهُ، فَقَامَ عَلِيٌّ عليه السلام فَأَعْطَاهُ الثُّلُثَ الْبَاقِيَ، وَ مَا ذاقُوْهَا. فَأَنْزَلَ اللهُ فِيْهِمْ هذِهِ الْآيَةَ إِلَى‏ قَوْلِهِ): وَ كَانَ سَعْيُكُمْ مَّشْكُوْرًا (37٤).

  1. Imam al-Sadiq (AS) said, ‘Fatima (AS) had some barley which she made into a sweet paste. When they had finished cooking it and placed it on the table, a poor man came and said, ‘May Allah have mercy upon you.’ Ali (AS) stood up and gave him a third of it. Soon afterwards, an orphan came and said, ‘May Allah have mercy upon you.’ Ali (AS) stood up and gave him a third. Soon afterwards, a prisoner of war came and said, ‘May Allah have mercy upon you.’ So Ali (AS) gave him the last third, and they did not even taste it. So Allah, the Exalted, sent down the Qur’anic verses honouring them, and they apply to every believer who does the same for the sake of Allah, the Exalted.’ (838)
  1. Imām Shādiq a.s. meriwayatkan: “Suatu ketika, Sayyidah Fāthimah memiliki gandum. Lalu dia membuat ‘ashīdah (makanan yang terbuat dari tepung gandum). Setelah memasak gandum itu, Sayyidah Fāthimah menghidangkan ‘ashīdah itu untuk keluarganya. Tiba-tiba datang orang miskin dan berkata: “Semoga Allah merahmati kalian. Berilah saya makan!” Imām ‘Alī a.s. langsung berdiri dan memberinya sepertiga (makanan itu).

Tak lama, datanglah anak yatim seraya berkata: “Semoga Allah merahmati kalian, berilah saya makan!”
Imām ‘Alī a.s. berdiri lagi dan memberinya sepertiga (makanan itu). Mereka tidak menyantap makanan itu sedikit pun. Kemudian Allah Yang Maha Suci menurunkan ayat-ayat (surah al-Insān) berkenaan dengan mereka. Ayat-ayat tersebut berlaku bagi setiap mu’min yang melakukan hal itu semata-mata mengharap keridhaan Allah ‘azza wa jalla.” (439)

Catatan:

  1. ١). غرر الحكم : ۹۸٦.
  2. 10). Ghurar al-Hikam, no. ۹۸٦
  3. 1). Ghurar-ul-Ḥikam, hadits 986.
  4. ٢). غرر الحكم : ٦۰٦ و ۸۸۲ ، عيون الحكم والمواعظ : ص ۲۳ ح ۱۹۷.
  5. 11). Ibid. no. ٦۰٦
  6. 2). Ibid., hadits 606.
  7. ٣). غرر الحكم : ۱۷۰٥.
  8. 12). Ibid. no. ۱۷۰٥
  9. 3). Ibid., hadits 1705.
  10. ٤). غرر الحكم : ۱۱٤۸ ، عيون الحكم والمواعظ : ص ۲۹ ح ٤۳۹.
  11. 13). Ibid. no. ۱۱٤۸
  12. 4). Ibid., hadits 1148.
  13. ٥). غرر الحكم : ۲۸۸۸ ، عيون الحكم والمواعظ : ص ۱۱۱ ح ۲٤۰٥.
  14. 14). Ibid. no. 2888.
  15. 5). Ibid., hadits 2888.
  16. ٦). غرر الحكم : ٦۳٤۲.
  17. 15). Ibid. no. 6342.
  18. 6). Ibid., hadits 6342.
  19. ٧). غرر الحكم : ٦۳٦۱.
  20. 16). Ibid. no. 6361.
  21. 7). Ibid., hadits 6361.
  22. ٨). غرر الحكم : ٤۱۸۷.
  23. 17). Ibid. no. 4187.
  24. 8). Ibid., hadits 4187.
  25. ٩). الحشر : ۹.
  26. 18). QS. al-Ḥasyr [59]: 9.
  27. 9). QS. al-Ḥasyr [59]: 9.
  28. ١). الأمالي للطوسي : ص ۱۸٥ ح ۳۰۹.
  29. 5). Amali al-Tusi, p. ۱۸٥, no. ۳۰۹
  30. 1). Nūr-uts-Tsaqalain, jil. 5, hal. 285, hadits 53.
  31. ٢). تنبيه الخواطر : ۱ / ۱۷۲.
  32. 6). Tanbih al-Khawatir, v. ۱, no. ۱۷۲
  33. 2). Tanbīh-ul-Khawāir, jil. 1, hal. 172.
  34. ٣). مجمع البيان : ۲ / ۷۹۲.
  35. 7). Nur al-Thaqalayn, v. ٥, p. ۲۸٥, no. ٥۲
  36. 3). Nūr-uts-Tsaqalain, jil. 5, hal. 285, hadits 52.
  37. ٤). تفسير القمّي : ۲ / ۳۹۸ ، مجمع البيان : ۱۰ / ٦۱۲ نحوه و كلاهما عن عبداللَّه بن ميمون القدّاح ، بحار الأنوار : ۳٥ / ۲٤۳ / ۳.
  38. 8). Ibid. p. ٤۷۰, no. ۲۰
  39. 4). Ibid., hal. 470, hadits 20.

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *