Adab – Mizanul Hikmah w/English (1/2)

Ensiklopedia Mizan-ul-Hikmah: Kumpulan Hadits Nabi s.a.w. Pilihan (dan Dari Para Imam Ahl-ul-Bait)

(Diterjemahkan dari Muntakhabu Mīzān-il-Ḥikmah)
Oleh Muhammad M. Reysyahri

Penerjemah: Tholib Anis
Diterbitkan oleh: Penerbit Nur al-Huda

Rangkaian Pos: Adab - Mizanul Hikmah w/English

BAB 6

٦الْأَدَبُ‏

6. GOOD MANNERS (111)

6. ADAB

 

٤۳فَضْلُ الْأَدَبِ‏

43. The Virtue of Good Manners
43. Keutamaan Adab.

۱۱٥.الْإِمَامُ عَلِيٌّ عليه السلام :الْأَدَبُ كَمَالُ الرَّجُلِ .(۱2)

  1. Imam Ali (AS) said, ‘Good manners are the perfection of man.’ (123)
  1. Imām ‘Alī a.s. berkata: “Adab merupakan kesempurnaan seseorang.” (14).

۱۱٦.عنه عليه السلام :يَا مُؤْمِنُ، إِنَّ هذَا الْعِلْمَ وَ الْأَدَبَ ثَمَنُ نَفْسِكَ، فَاجْتَهِدْ فِيْ تَعَلُّمِهِمَا، فَمَا يَزِيْدُ مِنْ عِلْمِكَ وَ أَدَبِكَ يَزِيْدُ فِيْ ثَمَنِكَ وَ قَدْرِكَ .(۲5)

  1. Imam Ali (AS) said, ‘O Believer! This knowledge and good manners are the value of your soul so strive to learn them, for however much your knowledge and good manners increase, so will your value and worth accordingly.’ (136)
  1. Diriwayatkan dari Imām ‘Alī a.s.: “Wahai mu’min, sesungguhnya ‘ilmu dan adab merupakan nilai dirimu. Oleh karenanya, hendaknya engkau bersungguh-sungguh mempelajari keduanya. Apa pun yang menambah ‘ilmu dan adabmu, ia akan menambah pula pada harga dan nilai dirimu.” (27).

۱۱۷.عنه عليه السلام :الْأَدَبُ أَحْسَنُ سَجِيَّةٍ .(۳8)

  1. Imam Ali (AS) said, ‘Good manners are the best disposition.’ (149)
  1. Diriwayatkan dari Imām ‘Alī a.s.: “Adab adalah sebaik-baik perangai.” (310).

۱۱۸.عنه عليه السلام :خَيْرُ مَا وَرَّثَ الْآبَاءُ الْأَبْنَاءَ الْأَدَبُ .(٤11)

  1. Imam Ali (AS) said, ‘The best inheritance parents bequeath their progeny are good manners.’ (1512)
  1. Diriwayatkan dari Imām ‘Alī a.s.: “Sebaik-baik warisan orangtua kepada anaknya adalah adab (etika).” (413).

۱۱۹.عنه عليه السلام :إِنَّ النَّاسَ إِلَى صَالِحِ الْأَدَبِ أَحْوَجُ مِنْهُم إِلَى‏ الْفِضَّةِ وَ الذَّهَبِ .(٥14)

  1. Imam Ali (AS) said, ‘People need good manners more than gold and silver.’ (1615)
  1. Diriwayatkan dari Imām ‘Alī a.s.: “Sesungguhnya manusia lebih membutuhkan adab yang baik ketimbang perak dan emas.” (516).

۱۲۰.عنه عليه السلام :حُسْنُ الْأَدَبِ أَفْضَلُ نَسَبٍ وَ أَشْرَفُ سَبَبٍ .(٦17)

  1. Imam Ali (AS) said, ‘Good manners are the best lineage and the noblest means.’ (1718)
  1. Diriwayatkan dari Imām ‘Alī a.s.: “Adab yang baik adalah nashab paling utama dan kekerabatan paling mulia.” (619).

۱۲۱.عنه عليه السلام :عَلَيْكَ بِالْأَدَبِ فَإِنَّهُ زَيْنُ الْحَسَبِ .(۷20)

  1. Imam Ali (AS) said, ‘Acquire good manners, for they are the best personal merit.’ (1821)
  1. Diriwayatkan dari Imām ‘Alī a.s.: “Hendaknya engkau menjaga adab karena sesungguhnya ia adalah hiasan keturunan.” (722)

۱۲۲.عنه عليه السلام :حُسْنُ الْأَدَبِ يَنُوْبُ عَنِ الْحَسَبِ .(۸23)

  1. Imam Ali (AS) said, ‘Good manners may substitute for [noble] lineage.’ (1924)
  1. Diriwayatkan dari Imām ‘Alī a.s.: “Adab yang baik menggantikan tempat kemuliaan keturunan.” (825).

۱۲۳.عنه عليه السلام :لَا حَسَبَ أَنْفَعُ مِنَ الْأَدَبِ .(۹26)

  1. Imam Ali (AS) said, ‘There is no personal merit more useful than good manners.’ (2027)
  1. Diriwayatkan dari Imām ‘Alī a.s.: “Tiada kemuliaan keturunan yang lebih bermanfaat ketimbang adab.” (928).

۱۲٤.عنه عليه السلام :فَسَدَ حَسَبُ مَنْ لَيْسَ لَهُ أَدَبٌ .(۱۰29)

  1. Imam Ali (AS) said, ‘Spoiled is the noble descent of a man who has no good manners.’ (2130)
  1. Diriwayatkan dari Imām ‘Alī a.s.: “Barang siapa tidak mempunyai adab, sesungguhnya dia telah merusak kemuliaan keturunannya.” (1031).

 

۱۲٥.عنه عليه السلام :زِيْنَتُكُمُ الْأَدَبُ .(۱32)

  1. Imam Ali (AS) said, ‘Good manners are your adornment.’ (1133)
  1. Diriwayatkan dari Imām ‘Alī a.s.: “Hiasan kalian adalah adab.” (134).

۱۲٦.عنه عليه السلام :لَا زِيْنَةَ كَالْآدَابِ .(۲35)

  1. Imam Ali (AS) said, ‘There is no adornment like good manners.’ (1236)
  1. Diriwayatkan dari Imām ‘Alī a.s.: “Tiada hiasan seperti adab.” (237).

٤٤الْأَدَبُ وَ الْعَقْلُ‏

44. Good Manners and the Mind
44. Adab dan Akal.

۱۲۷.رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه و آله :حُسْنُ الْأَدَبِ زِيْنَةُ الْعَقْلِ. (۳38)

  1. The Prophet (SAWA) said, ‘Good manners are the beauty of the mind.’ (1339)
  1. Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Adab yang baik merupakan hiasan akal.” (340).

۱۲۸.الْإِمَامُ عَلِيٌّ عليه السلام :كُلُّ شَيْ‏ءٍ يَحْتَاجُ إِلَى الْعَقْلِ، وَ الْعَقْلُ يَحْتَاجُ إِلَى الْأَدَبِ .(٤41)

  1. Imam Ali (AS) said, ‘Everything needs the mind, and the mind needs good manners.’ (1442)
  1. Imām ‘Alī a.s. berkata: “Segala sesuatu membutuhkan akal, sedangkan akal membutuhkan adab.” (443).

۱۲۹.عنه عليه السلام :الْأَدَبُ فِي الْإِنْسَانِ كَشَجَرَةٍ أَصْلُهَا الْعَقْلُ .(٥44)

  1. Imam Ali (AS) said, ‘Good manners in man resemble a tree whose root is the mind.’ (1545)
  1. Diriwayatkan dari Imām ‘Alī a.s.: “Adab dalam diri manusia laksana sebuah pohon, dan akarnya adalah akal.” (546).

۱۳۰.عنه عليه السلام :مَنْ زَادَ أَدَبُهُ عَلَى‏ عَقْلِهِ كَانَ كَالرَّاعِيْ بَيْنَ غَنَمٍ كَثِيْرَةٍ .(٦47)

  1. Imam Ali (AS) said, ‘He whose good manners surpass his reason is like a shepherd among numerous sheep.’ (1648)
  1. Diriwayatkan dari Imām ‘Alī a.s.: “Barang siapa yang adabnya melebihi akalnya, maka dia laksana seorang penggembala di antara kawanan domba yang banyak.” (649).

۱۳۱.الْإِمَامُ الْحَسَنُ عَلَيْهِ السَّلَامُ :لَا أَدَبَ لِمَنْ لَا عَقْلَ لَهُ .(۷50)

  1. Imam al-Hasan (AS) said, ‘A man devoid of reason cannot have good manners.’ (1751)
  1. Diriwayatkan dari Imām ‘Alī a.s.: “Tidak ada adab bagi orang yang tidak berakal.” (752).

٤٥تَأْدِيْبُ النَّفْسِ‏

45. Disciplining The Self
45. Pendidikan (Nafsu) Diri.

۱۳۲.الْإِمَامُ عَلِيٌّ عليه السلام :تَوَلَّوْا مِنْ أَنْفُسِكُمْ تَأْدِيْبَهَا، وَ اعْدِلُوْا بِهَا عَنْ ضَرَاوَةِ عَادَاتِهَا. (۸53)

  1. Imam Ali (AS) said, ‘Take charge of the discipline of your selves and shift them away from their rough habits.’ (1854)
  1. Imām ‘Alī a.s. berkata: “Kendalikanlah (nafsu) dirimu dengan mendidiknya, dan luruskanlah ia dari kebuasan kebiasaannya.” (855).

۱۳۳.عنه عليه السلام :مُعَلِّمُ نَفْسِهِ وَ مُؤَدِّبُهَا أَحَقُّ بِالْإِجْلَالِ مِنْ مُعَلِّمِ النَّاسِ وَ مُؤَدِّبِهِمْ .(۹56)

  1. Imam Ali (AS) said, ‘A man who teaches his own self and disciplines it deserves more reverence than a man who teaches others and disciplines them.’ (1957)
  1. Diriwayatkan dari Imām ‘Alī a.s.: “Pengajar dan pendidik (nafsu) diri sendiri lebih layak mendapat pengagungan daripada pengajar dan pendidik manusia.” (958).

٤٦مَبَادِئُ الْأَدَبِ‏

46. That Which Brings About Good Manners
46. Yang Mewariskan Adab.

۱۳٤.تُحَفُ الْعُقُوْلِ :قَالَ اللهُ تَعَالَى‏ لِعِيْسَى‏ عليه السلام: أَدِّبْ قَلْبَكَ بِالْخَشْيَةِ. (۱۰59)

  1. It is narrated in Tuhaf al-Uqul: Allah, most High, told Jesus (2060) (AS), ‘Refine your heart with piety’.’ (2161)
  1. Dalam Tuḥaf-ul-‘Uqūl: Allah Yang Maha Tinggi berfirman kepada Nabi ‘Īsā a.s.: “Didiklah (nafsu) dirimu dengan rasa takut (al-khasyyah).” (1062).

 

۱۳٥.تَنْبِيْهُ الْخَوَاطِرِ – لَمَّا قِيْلَ لِعِيْسَى‏ عليه السلام: مَنْ أَدَّبَكَ؟ – :مَا أَدَّبَنِيْ أَحَدٌ، رَأَيْتُ قُبْحَ الْجَهْلِ فَجَانَبْتُهُ .(۱63)

  1. Tanbih al-Khawatir: Jesus Christ (AS) was asked, ‘Who gave you good manners?’ He replied, ‘No one disciplined me; when I saw the ugliness of ignorance I avoided it.’ (1064)
  1. Dalam Tanbīh-ul-Khawāthir – ‘Īsā bin Maryam a.s. pernah ditanya: “Siapakah yang mendidikmu?” Dia menjawab: “Tak seorang pun yang mendidikku. Aku melihat buruknya kebodohan, maka aku pun menjauhinya.” (165).

۱۳٦.الْإِمَامُ عَلِيٌّ عليه السلام :جَالِسِ الْعُلَمَاءَ يَزْدَدْ عِلْمُكَ وَ يَحْسُنْ أَدَبُكَ وَ تَزْكُ نَفْسُكَ . (۲66)

  1. Imam Ali (AS) said, ‘Sit with scholars to increase your knowledge, to improve your manners and to purify your soul.’ (1167)
  1. Imām ‘Alī a.s. berkata: “Duduklah bersama ‘ulamā’, niscaya ‘ilmu-mu bertambah, adabmu menjadi lebih baik, dan jiwamu menjadi suci.” (268).

۱۳۷.عنه عليه السلام :إِذَا زَادَ عِلْمُ الرَّجُلِ زَادَ أَدَبُهُ، وَ تَضَاعَفَتْ خَشْيَتُهُ لِرَبِّهِ .(۳69)

  1. Imam Ali (AS) said, ‘When man’s knowledge increases his manners improve and his fear of his Lord increases.’ (1270)
  1. Diriwayatkan dari Imām ‘Alī a.s.: “Jika ‘ilmu seseorang bertambah, niscaya adabnya bertambah pula dan rasa takutnya kepada Tuhannya meningkat.” (371).

٤۷آثَارُ الْأَدَبِ‏

47. The Outcomes of Good Manners
47. Hasil-hasil (dampak) Adab.

۱۳۸.الْإِمَامُ عَلِيٌّ عليه السلام :سَبَبُ تَزْكِيْةِ الْأَخْلَاقِ حُسْنُ الْأَدَبِ .(٤72)

  1. Imam Ali (AS) said, ‘The means to purify one’s moral virtues is good etiquette.’ (1373)
  1. Diriwayatkan dari Imām ‘Alī a.s.: “Sebab penyucian akhlaq adalah adab yang baik” (474).

۱۳۹.عنه عليه السلام :مَنْ كَلِفَ بِالْأَدَبِ قَلَّتْ مَسَاوِيْهِ .(٥75)

  1. Imam Ali (AS) said, ‘A man who is preoccupied with good manners has fewer vices.’ (1476)
  1. Diriwayatkan dari Imām ‘Alī a.s.: “Barang siapa yang ditempa dengan adab, niscaya akan sedikit keburukannya. (577).

۱٤۰.عنه عليه السلام :بِالْأَدَبِ تُشْحَذُ الْفِطَنُ .(٦78) R (اُنظر) التجربة: باب ۳۲۹ ./R

  1. Imam Ali (AS) said, ‘The intellect is sharpened by good manners.’ (1579) R (See also: EXPERIENCE: section ۳۲۹) /R
  1. Diriwayatkan dari Imām ‘Alī a.s.: “Dengan adab, kecerdasan akan terasah.” (680).

٤۸تَفْسِيْرُ الْأَدَبِ‏

48. Explaining Good Manners
48. Tafsiran Adab.

۱٤۱.الْإِمَامُ عَلِيٌّ عليه السلام :كَفَاكَ أَدَبًا لِنَفْسِكَ اجْتِنَابُ مَا تَكْرَهُهُ مِنْ غَيْرِكَ .(۷81)

  1. Imam Ali (AS) said, ‘It suffices you in disciplining yourself to avoid all that you hold in contempt from others.’ (1682)
  1. Imām ‘Alī a.s. berkata: “Cukuplah engkau menjadi (mendidik) adab bagi (nafsu) dirimu sendiri, yaitu dengan menjauhi apa yang tidak engkau sukai dari selainmu.” (783).

۱٤۲.عنه عليه السلام :كَفَى‏ بِالْعَبْدِ أَدَبًا أَنْ لَا يُشْرِكَ فِيْ نِعَمِهِ وَ أَرَبِهِ غَيْرَ رَبِّهِ .(۸84)

  1. Imam Ali (AS) said, ‘It suffices man in disciplining himself to not associate anyone with his Lord in his bounties and desires.’ (1785)
  1. Diriwayatkan dari Imām ‘Alī a.s.: “Cukup bagi seorang hamba suatu adab bahwa dia tidak menyekutukan Tuhannya dalam kenikmatan dan kebutuhannya.” (886).

۱٤۳.الْإِمَامُ الصَّادِقُ عليه السلام :أَدَّبَنِيْ أَبِيْ عليه السلام بِثَلَاثٍ … قَالَ لِيْ: يَا بُنَيَّ مَنْ يَصْحَبْ صَاحِبَ السَّوْءِ لَا يَسْلِمْ، وَ مَنْ لَا يُقيِّدْ أَلْفَاظَهُ يَنْدَمْ، وَ مَنْ يَدْخُلْ مَدَاخِلَ السُّوْءِ يُتَّهِمْ .(۹87)

  1. Imam al-Sadiq (AS) said, ‘My father (AS) refined my manners by three [statements]. He said to me: ‘O son! A man who befriends a vile person cannot escape blame, and a man who does not restrain his words will live in regret, and a man who enters suspicious places will become subject to accusations.’ (1888)
  1. Imām Shādiq a.s. berkata: “Ayahku mendidikku dengan tiga hal, yaitu dia mengatakan kepadaku: “Hai anakku, barang siapa berteman dengan teman yang buruk, niscaya dia tidak selamat, barang siapa tidak mengendalikan perkataannya, niscaya dia akan menyesal; dan barang siapa memasuki tempat-tempat yang buruk, niscaya dia akan dituduh.” (989).

Catatan:

  1. 11.The Arabic word adab denotes good manners, etiquette, politeness, and other such propriety characteristic of good breeding and discipline (ed.)
  2. 1. غرر الحكم : ۹۹۸.
  3. 12.Ghurar al-Hikam, no. ۹۹۸
  4. 1). Ghurar-ul-Ḥikam, hadits 998.
  5. 2. مشكاة الأنوار : ۲۳۹ / ٦۸۹.
  6. 13.Mishkat al-Anwar, p. ۱۳٥
  7. 2). Misykāt-ul-Anwār, hadits 135.
  8. 3. غرر الحكم : ۹٦۷.
  9. 14.Ghurar al-Hikam, no. ۹٦۷
  10. 3). Ghurar-ul-Ḥikam, hadits 967.
  11. 4. غرر الحكم : ٥۰۳٦.
  12. 15.Ibid. no. ٥۰۳٦
  13. 4). Ibid., hadits 5036.
  14. 5. غرر الحكم : ۳٥۹۰.
  15. 16.Ibid. no. ۳٥۹۰
  16. 5). Ibid., hadits 3590.
  17. 6. غرر الحكم : ٤۸٥۳.
  18. 17.Ibid. no. ٤۸٥۳
  19. 6). Ibid., hadits 4853.
  20. 7. غرر الحكم : ٦۰۹٦.
  21. 18.Ibid. no. ٦۰۹٦
  22. 7). Ibid., hadits 6096.
  23. 8. بحار الأنوار : ۷٥ / ٦۸ / ۸.
  24. 19.Bihar al-Anwar, v. ۷٥, p. ٦۸, no. ۸
  25. 8). Biḥār-ul-Anwār, jil. 75, hal. 68, hadits 8.
  26. 9. بحار الأنوار : ۷۱ / ٤۲۸ / ۷۸.
  27. 20.Ibid. v. ۷۱, p. ٤۲۸, no. ۷۸
  28. 9). Ibid., jil. 71, hal. 428, hadits 78.
  29. 10. تحف العقول : ۹٦.
  30. 21.Tuhaf al-Uqul, no. ۹٦
  31. 10). Tuḥaf-ul-‘Uqūl, hadits 96.
  32. 1. نهج السعادة : ۲ / ٥۰.
  33. 11. Nahj al-Saada, v. ۲, no. ٥۰
  34. 1). Nahj-us-Sa‘ādah, jil. 2, hal. 50.
  35. 2. غرر الحكم : ۱۰٤٦٦.
  36. 12. Ghurar al-Hikam, no. ۱۰٤٦٦
  37. 2). Ghurar-ul-Ḥikam, hadits 10466.
  38. 3. بحار الأنوار : ۷۷ / ۱۳۱ / ٤۱.
  39. 13. Bihar al-Anwar, v. ۷۷, p. ۱۳۱, no. ٤۱
  40. 3). Biḥār-ul-Anwār, jil. 77, hal. 131, hadits 41.
  41. 4. غرر الحكم : ٦۹۱۱.
  42. 14. Ghurar al-Hikam, no. ٦۹۱۱
  43. 4). Ghurar-ul-Ḥikam, hadits 6911.
  44. 5. غرر الحكم :۲۰۰٤.
  45. 15. Ibid. no. ۲۰۰٤
  46. 5). Ibid., hadits 2004.
  47. 6. غرر الحكم : ۸۸۸٦.
  48. 16. Ibid. no. ۸۸۸٦
  49. 6). Ibid., hadits 8886.
  50. 7. بحار الأنوار :۷۸ / ۱۱۱ / ٦.
  51. 17. Bihar al-Anwar, v. ۷۸, p. ۱۱۱, no. ٦
  52. 7). Biḥār-ul-Anwār, jil. 78, hal. 111, hadits 6.
  53. 8. غرر الحكم : ٤٥۲۲.
  54. 18. Ghurar al-Hikam, no. ٤٥۲۲
  55. 8). Ghurar-ul-Ḥikam, hadits 4522.
  56. 9. بحار الأنوار : ۲ / ٥٦ / ۳۳.
  57. 19. Bihar al-Anwar, v. ۲, p. ٥٦, no. ۳۳
  58. 9). Biḥār-ul-Anwār, jil. 2, hal. 56, hadits 33.
  59. 10. تحف العقول : ٥۰۰.
  60. 20. Prophet Jesus (AS) is known in the Arabic tradition as Isa
  61. 21. Tuhaf al-Uqul, no. ٥۰۰
  62. 10). Tuḥaf-ul-‘Uqūl, hadits 500.
  63. 1. تنبيه الخواطر : ۱ / ۹٦.
  64. 10. Tanbih al-Khawatir, v. ۱, p. ۱۹٦
  65. 1). Tanbīh-ul-Khawāthir jil. 1, hal. 96.
  66. 2. غرر الحكم : ٤۷۸٦.
  67. 11. Ghurar al-Hikam, no. ٤۷۸٦
  68. 2). Ghurar-ul-Ḥikam, hadits 5520.
  69. 3. غرر الحكم : ٤۱۷٤.
  70. 12. Ibid. no. ٤۱۷٤
  71. 3). Ibid., hadits 8271.
  72. 4. غرر الحكم : ٥٥۲۰.
  73. 13. Ibid. no. ٥٥۲۰
  74. 4). Ibid., hadits 4786.
  75. 5. غرر الحكم : ۸۲۷۱.
  76. 14. Ibid. no. ۸۲۷۱
  77. 5). Ibid., hadits 4333.
  78. 6. غرر الحكم : ٤۳۳۳.
  79. 15. Ibid. no. ٤۳۳۳
  80. 6). Ibid., hadits 4174.
  81. 7. بحار الأنوار : ۷۰ / ۷۳ / ۲۷.
  82. 16. Bihar al-Anwar, v. ۷۰, p. ۷۳, no. ۲۷
  83. 7). Biḥār-ul-Anwār, jil. 70, hal. 73, hadits 27.
  84. 8. بحار الأنوار : ۹٤ / ۹٤ / ۱۲.
  85. 17. Ibid. v. ۹٤, p. ۹٤, no. ۱۲
  86. 8). Ibid., jil. 94, hal. 94, hadits 12.
  87. 9. تحف العقول : ۳۷٦.
  88. 18. Tuhaf al-Uqul, no. ۳۷٦
  89. 9). Tuḥaf-ul-‘Uqūl, hadits 376.

Sanggahan (Disclaimer): Artikel ini telah kami muat dengan izin dari penerbit. Terima kasih.

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *