Ajal – Mizanul Hikmah

Ensiklopedia Mizan-ul-Hikmah: Kumpulan Hadits Nabi s.a.w. Pilihan (dan Dari Para Imam Ahl-ul-Bait)

(Diterjemahkan dari Muntakhabu Mīzān-il-Ḥikmah)
Oleh Muhammad M. Reysyahri

Penerjemah: Tholib Anis
Diterbitkan oleh: Penerbit Nur al-Huda

BAB 3

۳ – الْأَجَلُ‏

3. THE PREORDAINED TERM [OF DEATH]
3. AJAL

 

۸ – الْأَجَلُ‏

8. The Preordained Term [of Death]
8. Ajal

۲۰.الإمامُ عليٌّ عليه السلام: خَلَقَ الْآجَالَ فَأَطَالَهَا وَ قَصَّرَهَا، وَ قَدَّمَهَا وَ أَخَّرَهَا، وَ وَصَلَ بِالْمَوْتِ أَسْبَابَهَا .(۲1)

  1. Imam Ali (AS) said, ‘He [i.e. Allah] created the duration [of every life] and made them short or long; He expedited some and postponed others, and connected their causes with the death.’ (112)
  1. Imām ‘Alī a.s. berkata: “Allah menciptakan ajal, lalu memanjangkan dan memendekkannya, memajukan dan menangguhkannya, dan menghantarkan pada kematian melalui sebab-sebab ajal itu.”

۲۱.عنه عليه السلام :لَا شَيْ‏ءَ أَصْدَقُ مِنَ الْأَجَلِ .(۳3)

  1. Imam Ali (AS) said, ‘Nothing is truer than death.’ (124)
  1. Diriwayatkan dari Imām ‘Alī a.s.: “Tiada yang lebih benar ketimbang ajal.”

۲۲.عنه عليه السلام :نِعْمَ الدَّوَاءُ الْأَجَلُ .(۴5)

  1. Imam Ali (AS) said, ‘What a good remedy death is!’ (136)
  1. Diriwayatkan dari Imām ‘Alī a.s.: “Sebaik-baik obat adalah ajal.”

۲۳.عنه عليه السلام :نَفَسُ الْمَرْءِ خُطَاهُ إِلَى‏ أَجَلِهِ .(۵7)

  1. Imam Ali (AS) said, ‘A man’s breath is his step towards his death.’ (148)
  1. Diriwayatkan dari Imām ‘Alī a.s.: “Nafas seseorang berjalan menuju ajalnya.”

 

۹ – الْأَجَلُ حِصْنٌ حَصِيْنٌ‏

9. Death Is A Fortified Castle
9. Ajal, Benteng yang Kokoh.

(وَ مَا كانَ لِنَفْسٍ أَنْ تَمُوْتَ إِلَّا بِإِذْنِ اللهِ كِتَابًا مُؤَجَّلًا) .(۶9)

“No soul may die except by Allah’s leave, at an appointed time.” (1510)

Allah Yang Maha Tinggi berfirman: “Sesuatu yang bernyawa tidak akan mati melainkan dengan idzin Allah, sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya.”

۲۴.الإمام عليٌّ عليه السلام :كَفَى‏ بِالْأَجَلِ حَارِسًا.(۷11)

  1. Imam Ali (AS) said, ‘Death suffices as a guard.’ (1612)
  1. Imām ‘Alī a.s. berkata: “Cukuplah ajal sebagai penjaga.”

۲۵.عنه عليه السلام :الْأَجَلُ حِصْنٌ حَصِيْنٌ .(۸13)

  1. Imam Ali (AS) said, ‘Death is a fortified castle.’ (1714)
  1. Diriwayatkan dari Imām ‘Alī a.s.: “Ajal adalah benteng yang kokoh.”

 

۱۰ – لِكُلِّ شَيْ‏ءٍ أَجَلٌ‏

10. Everything Has An End
10. Segala Sesuatu Mempunyai Ajal

۲۶.الإمامُ عليٌّ عليه السلام :إِنَّ لِكُلِّ شَيْ‏ءٍ مُدَّةً وَ أَجَلًا .(۹15)

  1. Imam Ali (AS) said, ‘Everything has a fixed duration and an end.’ (1816)
  1. Imām ‘Alī a.s. berkata: “Sesungguhnya segala sesuatu memiliki batas waktu dan ajal.”

۲۷.عنه عليه السلام :جَعَلَ اللهُ لِكُلِّ شَيْ‏ءٍ قَدْرًا، وَ لِكُلِّ قَدْرٍ أَجَلًا. (١17)

  1. Imam Ali (AS) said, ‘Allah has made a measure for everything and for every measure an end.’ (818)
  1. Diriwayatkan dari Imām ‘Alī a.s.: “Allah telah menetapkan taqdir bagi segala sesuatu, dan setiap taqdir memiliki batas waktu.”

 

۱۱لِكُلِّ اُمَّةٍ أجَلٌ‏

11. Every Community Has a [Preordained] End
11. Segala Sesuatu Mempunyai Ajal

(وَ لِكُلِّ أُمَّةٍ أَجَلٌ فَإِذَا جَاءَ أَجَلُهُمْ لَا يَسْتَأْخِرُوْنَ سَاعَةً وَ لَا يَسْتَقْدِمُوْنَ) .(۲19)

(وَ مَا أَهْلَكْنَا مِنْ قَرْيَةٍ إِلَّا وَ لَها كِتَابٌ مَعْلُوْمٌ * مَا تَسْبِقُ مِنْ أُمَّةٍ أَجَلَهَا وَ مَا يَسْتَأْخِرُوْنَ). (۳20) R (اُنظر) النحل: ۶۱ و طه: ۱۲۹ و العنكبوت: ۵ والشورى‏: ۱۴ و المؤمنون: ۴۳ ./R

“There is a [preordained] time for every nation: when their time comes, they shall not defer it by a single hour nor shall they advance it.” (921)

“We did not destroy any town but that it had a known term. No nation can advance its time nor can it defer it.” (1022) R(See also: Qur’an ۱۶:۶۱, ۲۰:۱۲۹, ۲۹:۵, ۴۲:۱۴, ۲۳:۴۳) /R

Allah Yang Maha Tinggi berfirman: “Tiap-tiap umat mempunyai ajal. Apabila telah datang ajal mereka, maka mereka tidak dapat mengundurkannya barang sesaat pun dan tidak (pula) mendahulukan(nya).

Dan Kami tiada membinasakan sesuatu negeri pun, melainkan ada baginya ketentuan masa yang telah ditetapkan. Tidak ada suatu umat pun yang dapat mendahului ajalnya dan tidak (pula) dapat mendahulukan(nya).

 

۱۲الْأَجَلُ الْمُعَلَّقُ وَ الْأَجَلُ الْمَحْتُوْمُ‏

12. Suspended and Sealed Ends
12. Ajal yang Digantungkan dan Ajal yang Ditentukan.

(هُوَ الَّذِيْ خَلَقَكُمْ مِنْ طِيْنٍ ثُمَّ قَضَى‏ أَجَلًا وَ أَجَلٌ مُسَمًّى عِنْدَهُ ثُمَّ أَنْتُمْ تَمْتَرُوْنَ). (٤23)

“It is He who created you from clay, then ordained the term [of your life] – the specified term is with Him – and yet you are in doubt.” (1124)

Allah Yang Maha Tinggi berfirman: “Dialah Yang menciptakan kamu dari tanah, sesudah itu ditentukannya ajal (kematianmu), dan ada lagi suatu ajal yang ditentukan (untuk berbangkit) yang ada pada sisi-Nya (yang Dia sendirilah mengetahuinya, kemudian kamu masih ragu-ragu (tentang hari berbangkit itu).”

۲۸.الْإِمَامُ الصَّادِقُ عليه السلام – فِيْ تَفْسِيْرِ الْآيَةِ – :الْأَجَلُ الَّذِيْ غَيْرُ مُسَمَّى مَوْقُوْفٌ، يُقَدِّمُ مِنْهُ مَا شَاءَ، وَ يُؤَخِّرُ مِنْهُ مَا شَاءَ، وَ أَمَّا الْأَجَلُ الْمُسَمَّى‏ فَهُوَ الَّذِيْ يَنْزِلُ مِمَّا يُرِيْدُ أَنْ يَكُوْنَ مِنْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ إِلَى‏ مِثْلِهَا مِنْ قَابِلٍ، فَذلِكَ قَوْلُ اللهِ: (إِذَا جَاءَ أَجَلُهُمْ لَا يَسْتَأْخِرُوْنَ سَاعَةً وَ لَا يَسْتَقْدِمُوْنَ) (٥25). (٦26)

  1. Imam al-Sadiq (AS) said, interpreting the above verse: ‘The first – undetermined – term is suspended; He can expedite and postpone it as He wishes. As for the specified term, that is what He destines during the Night of Ordainment (laylat al-qadr) to occur from that night up to the next year’s Night of Ordainment; and that is Allah’s statement: “when their time comes, they shall not defer it by a single hour nor shall they advance it”.’ (1227)
  1. Imām Shādiq a.s. berkata – tentang tafsir ayat tersebut – , “Ajal yang tidak ditentukan (ghair musammā) adalah digantungkan (mauqūf). Dia mendahulukannya darinya sesuai dengan kehendak-Nya. Adapun ajal yang ditentukan (al-musammā), maka ia adalah yang turun sesuai dengan kehendak-Nya apa yang akan terjadi dari lailat-ul-qadr sampai lailat-ul-qadr pada tahun berikutnya, dan itulah firman Allah: “Apabila telah datang ajal mereka, maka mereka tidak dapat mengundurkannya barang sesaat pun dan tidak (pula) mendahulukannya.”

 

۱۳مَا يَدْفَعُ الْأَجَلَ الْمُعَلَّقَ‏

13. What Safeguards Against The Suspended End
13. Yang Dapat Menolak Ajal yang Digantungkan.

۲۹.الْإِمَامُ عَلِيٌّ عليه السلام :بِالصَّدَقةِ تُفْسَحُ الْآجَالُ .(۷28)

  1. Imam Ali (AS) said, ‘People’s terms are extended by charity.’ (1329)
  1. Imām ‘Alī a.s. berkata: “Dengan sedekah, ajal dapat dilonggarkan.”

۳۰.الْإِمَامُ الصَّادِقُ عليه السلام :يَعِيْشُ النَّاسُ بِإِحْسَانِهِمْ أَكْثَرَ مِمَّا يَعِيْشُوْنَ بأَعْمَارِهِمْ، وَ يَمُوْتُوْنَ بِذُنُوْبِهِم أَكْثَرَ مِمَّا يَمُوْتُوْنَ بِآجَالِهِمْ . (30۱) R( (اُنظر) العُمر: باب ۱۳۷۱ ./R

  1. Imam al-Sadiq (AS) said, ‘People live by their goodness towards others more than they do according to their [predestined] life terms; they also die due to their sins more than they die due to the end of their terms.’ (731) R(See also: LIFESPAN: section ۱۳۷۱) /R
  1. Imām Shādiq a.s. berkata: “Manusia hidup lantaran kebaikan lebih banyak daripada mereka hidup lantaran umur mereka, dan mereka meninggal lantaran dosa lebih banyak daripada mereka meninggal lantaran ajal mereka.”

Catatan:

  1. 2). نهج البلاغة : الخطبة ۹۱.
  2. 11). Nahj al-Balagha, Sermon ۹۱
  3. 3). غرر الحكم : ۱۰۶۴۸.
  4. 12). Ghurar al-Hikam, no. ۱۰۶۴۸
  5. 4). غرر الحكم : ۹۹۰۵.
  6. 13). Ibid. no. ۹۹۰۵
  7. 5). نهج البلاغة : الحكمة۷۴.
  8. 14). Nahj al-Balagha, Saying ۷۴
  9. 6). آل عمران : ۱۴۵.
  10. 15). Qur’an ۳:۱۴۵
  11. 7). بحار الأنوار : ۵ / ۱۴۲ / ۱۴.
  12. 16). Bihar al-Anwar, v. ۵, p. ۱۴۲, no. ۱۴
  13. 8). غرر الحكم : ۴۹۴.
  14. 17). Ghurar al-Hikam, no. ۴۹۴
  15. 9). نهج البلاغة : الخطبة ۱۹۰.
  16. 18). Nahj al-Balagha, Sermon ۱۹۰
  17. 1). غرر الحكم : ۴۷۷۸.
  18. 8). Ghurar al-Hikam, no. ۴۷۷۸
  19. 2). الأعراف : ۳۴.
  20. 3). الحِجر : ۴ ، ۵.
  21. 9). Qur’an ۷:۳۴
  22. 10). Qur’an ۱۵:۴,۵
  23. 4). الأنعام : ۲.
  24. 11). Qur’an ۶:۲
  25. 5). الأعراف : ۳۴.
  26. 6). بحار الأنوار : ۵ / ۱۳۹ / ۳ . وقد جاءت بهذا المعنى روايات اُخرى ، ولكن ينافيها نصُّ خبرِ ابن مُسكان الدّالّ على كون الأجل الأوّل محتوماً والثّاني موقوفاً ، وجَمَع العلّامة المجلسيّ ؛ بين الطّائفتَين بوجه . وردَّ العلّامة الطباطبائيّ خبرَ ابن مسكان ، وفسّر الآيةَ طبقاً للرّواية الّتي نقلناها في المتن . راجع : بحار الأنوار : ۵ / ۱۳۹ – ۱۴۰ ، الميزان في تفسير القرآن : ۷ / ۱۵.
  27. 12). Bihar al-Anwar, v. ۵, p. ۱۳۹, no. ۳
  28. 7). غرر الحكم : ۴۲۳۹.
  29. 13). Ghurar al-Hikam, no. ۴۲۳۹
  30. 1. بحار الأنوار : ۵ / ۱٤۰ / ۷.
  31. 7. Bihar al-Anwar, v. ٥, p. ۱٤۰, no. ۷

Sanggahan (Disclaimer): Artikel ini telah kami muat dengan izin dari penerbit. Terima kasih.

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *