BAB 7
۷ – الْأَذَانُ
۵۵ – فَضْلُ الْأَذَانِ
55. The Virtue of Call for Prayer
55. Keutamaan Adzān
۱۶۴.رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه و آله :قُمْ يَا بِلَالُ فَأَرِحْنَا بِالصَّلَاةِ .(۱1)
164. The Prophet (SAWA) said, ‘Stand up, Bilal, and relieve us with the [call for] prayer.’ (72)
164. Rasūlullāh s.a.w. bersabda (kepada Bilāl): “Berdirilah wahai Bilāl, tenteramkanlah kami dengan shalat!.” (13)
۱۶۵.عنه صلى الله عليه و آله :إِنَّ الشَّيْطَانَ إِذَا سَمِعَ النِّدَاءَ بِالصَّلَاةِ هَرَبَ .(۲4)
165. The Prophet (SAWA) said, ‘Satan flees when he hears the call for prayer.’ (85)
165. Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Sesungguhnya syaithan jika mendengar seruan untuk shalat, dia langsung lari (kabur).” (26)
۱۶۶.عنه صلى الله عليه و آله :إِنَّ أَهْلَ السَّمَاءِ لَا يَسْمَعُوْنَ مِنْ أَهْلِ الْأَرْضِ شَيْئًا إِلَّا الْأَذَانَ . (۳7)
166. The Prophet (SAWA) said, ‘The inhabitants of Heaven hear nothing from the inhabitants of the earth except for the call for prayer.’ (98)
166. Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Sesungguhnya penduduk langit tidak mendengar sesuatu apa pun dari penduduk bumi kecuali (suara) adzān.” (39).
۵۶ – الْمُؤَذِّنُ
56. The Caller to Prayer
56. Mu’adzdzin.
۱۶۷.رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه و آله :يُغْفَرُ لِلْمُؤَذِّنِ مَدُّ صَوْتِهِ وَ بَصَرِهِ، وَ يُصَدِّقُهُ كُلُّ رَطْبٍ وَ يَابِسٍ، وَ لَهُ مِنْ كُلِّ مَنْ يُصَلِّيْ بِأَذَانِهِ حَسَنَةٌ. (٤10)
167. The Prophet (SAWA) said, ‘The caller to prayer is forgiven according to the distance of his voice and his eyes; every wet and dry thing testifies to his credibility; and he receives a reward for everyone that prays in response to his call.’ (1011)
167. Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Seorang mu’adzdzin diampuni dosa-dosanya sepanjang suara dan penglihatannya, setiap yang basah dan yang kering membenarkannya, dan dia mendapatkan pahala dari setiap orang yang mengerjakan shalat lantaran (suara) adzannya.” (412).
۱۶۸.الْإِمَامُ عَلِيٌّ عليه السلام :لِيُؤَذِّنْ لَكُمْ أَفْصَحُكُمْ، وَلْيُؤَمِّكُمْ أَفْقَهُكُمْ. (٥13)
168. Imam Ali (AS) said, ‘Let the most eloquent from among you call for the prayer, and the most knowledgeable from among you lead the prayer.’ (1114)
168. Imām ‘Alī a.s. berkata: “Hendaknya orang yang menjadi mu’adzdzin adalah yang paling fasih di antara kalian, dan yang menjadi imām (shalat berjamā‘ah) adalah yang paling faqīh (orang yang ‘ilmunya mendalam) di antara kalian.” (515).
۵۷ – الْأَذَانُ فِي الْأُذُنِ
57. Reciting the Call for Prayer in the Ears
57. Mengadzani Anak di Telinganya.
۱۶۹.رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه و آله :يَا عَلِيُّ، إِذَا وُلِدَ لَكَ غُلَامٌ أَوْ جَارِيَةٌ فَأَذِّنْ فِيْ أُذُنِهِ الْيُمْنَى وَ أَقِمْ فِي الْيُسْرَى؛ فَإِنَّهُ لَا يَضُرُّهُ الشَّيْطَانُ أَبَدًا .(٦16)
169. The Prophet (SAWA) said, ‘O Ali! When a son or daughter is born to you, recite the adhan in his [or her] right ear and the iqama in the left ear; then Satan will never harm him [or her].’ (1217)
169. Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Wahai ‘Alī, jika engkau dikaruniai seorang anak (bayi) laki-laki atau perempuan, maka bacakan adzān di telinga kanannya dan iqāmah di telinga kirinya. Sesungguhnya hal itu menjadikan syaithan tidak mampu membahayakannya selamanya.” (618).
۱۷۰.الْإِمَامُ الصَّادِقُ عليه السلام :مَنْ سَاءَ خُلُقُهُ فأَذِّنُوْا فِيْ أُذُنِهِ. (۷19)
170. Imam al-Sadiq (AS) said, ‘He whose manners deviate, recite the adhan in his ear.’ (1320)
170. Imām Shādiq a.s. berkata: “Barang siapa yang perangainya buruk, maka bacakan adzān di telinganya.” (721).