BAGIAN III
(فَصْلٌ)
وَلِيَكُوْنَ التَّصَوُّفُ مَبْنِيًّا عَلَى الْكِتَابِ وَ السُّنَّةِ دَخَلَ فِيْهِ عُظَمَاءُ الْعُلَمَاءِ وَ انْضَمَّ إِلَى زُمْرَةِ أَهْلِهِ فُحُوْلٌ مِنَ الْكُبَرَاءِ: كَالْحَافِظِ أَبِيْ نُعَيْمٍ، وَ الْإِمَامِ عِزُّ الدِّيْنِ بْنِ عَبْدِ السَّلَامِ، وَ الْحَافِظِ ابْنِ الصَّلَاحِ، وَ الْإِمَامِ النَّوَوِيِّ، وَ تَقِيِّ الدِّيْنِ السُّبْكِيِّ، وَ ابْنَهُ تَاجُ الدِّيْنِ السُّبْكِيِّ، وَ الْحَافِظِ السَّيُوْطِيِّ، وَ غَيْرِهِمْ.
(Pasal)
Tashawwuf yang berlandaskan al-Qur’ān dan Sunnah berhasil menarik kalangan para ‘ulamā’, cendekiawan dan kaum bijak bestari berkumpul dalam barisan laku tashawwuf ini. Di antaranya seperti al-Ḥāfizh Abū Nu‘aim, Imām ‘Izz-ud-Dīn bin ‘Abd-is-Salām, al-Ḥāfizh Ibnu Shalāh, Imām Nawawī, Taqiyy-ud-Dīn as-Subkī, putranya Tāj-ud-Dīn as-Subkī, Imām as-Suyūthī (151) dan masih banyak lagi.
قَالَ الشَّافِعِيُّ: “صَحِبْتُ الصُّوْفِيَّةَ فَاسْتَفَدْتُ مِنْهُمْ كَلِمَتَيْنِ: قَوْلُهُمْ: الْوَقْتُ سَيْفٌ إِنْ لَمْ تَقْطَعْهُ قَطَعَكَ، وَ قَوْلُهُمْ: نَفْسُكَ إِنْ لَمْ تُشْغِلْهَا بِالْحَقِّ شَغَلَتْكَ بِالْبَاطِلِ.” اهــــ
Imām asy-Syāfi‘ī berkata: “Aku berkumpul dengan kaum shūfī, maka aku dapat mengambil dua kalimat (hikmah) dari mereka: “Waktu bagaikan pedang, jika engkau tidak dapat menggunakannya dengan baik, ia akan memenggalmu. Ketika jiwamu tidak engkau sibukkan dengan perkara yang baik, maka ia akan menyibukkanmu dengan hal yang batil.”
وَ تَكَلَّمَ أَبُو الْعَبَّاسِ ابْنُ سُرَيْجٍ فِيْ دَرْسِهِ مَرَّةً بِكَلَامٍ حَسَنٍ، أَعْجَبَ الْحَاضِرِيْنَ فَقَالَ: “هذَا بِبَرْكَةِ مُجَالِسَتِيْ لِأَبِي الْقَاسِمِ الْجُنَيْدِ.”
Imām Abul-‘Abbās ibnu Suraij (162) berkata dalam suatu majelis ilmu yang membuat takjub khalayak yang hadir: “Ini berkat mulāzamah (keajegan)-ku (belajar) dengan Imām Abul-Qāsim al-Junaid.”
وَ قَالَ شَيْخُ الْإِسْلَامِ زَكَرِيَّا الْأَنْصَارِيُّ، وَ هُوَ صُوْفِيٌّ: “إِذَا لَمْ يَكُنْ لِلْفَقِيْهِ عِلْمٌ بِأَحْوَالِ الْقَوْمِ وَ اصْطِلَاحَاتِهِم فَهُوَ فَقِيْهٌ جَافٌّ.”
Syaikh Zakariyyā al-Anshāri (173), salah seorang shūfī, berkata: “Jika dalam diri seorang Faqīh (Ahli ilmu syariat) tidak terdapat pengetahuan tentang kaumnya dan berbagai istilah yang tersebar di kalangan mereka, maka ia termasuk Faqīh yang kering.”
وَ كَانَ الْإِمَامُ الْكَبِيْرُ أَبُو الْمَحَاسِنِ يُوْسُفُ الْفَاسِيْ – أَحَدُ رِجَالِ سِلْسِلَةِ الطَّرِيْقَةِ الصِّدِّيْقِيَّةِ -، تَلْمِيْذُ الْقُطْبِ الْكَبِيْرِ سَيِّدِيْ عَبْدِ الرَّحْمنِ الْمَجْذُوْبِ، وَ عَلَى يَدَيْهِ فُتِحَ عَلَيْهِ وَ صَارَ جَامِعًا بَيْنَ الْعِلْمِ وَ الْوِلَايَةِ، وَ كَذَلِكَ الْعَلَّامَةُ الْإِمَامُ عَبْدُ الْوَاحِدِ بِنُ عَاشِرِ الْأَنْصَارِيُّ كَانَ تِلْمِيْذًا لِلْعَارِفِ الْكَبِيْرِ الشَّيْخُ مُحَمَّدٌ التَّجِيْبِيُّ الشَّهِيْرُ بِابْنِ عَزِيْزٍ.
Imām besar Abul-Maḥāsin Yūsuf al-Fāsī (184) – salah satu ‘ulamā’ penerus tharīqah ash-Shiddīqiyyah – merupakan murid al-Quthb-ul-Kabīr Sīdī ‘Abd-ur-Raḥmān al-Majdzūb (195), yang dibawah bimbingan gurunya ini Allah telah membukakan hatinya dan menjadikannya seorang yang terkumpul dalam dirinya ilmu dan kewalian. Hal ini terjadi juga pada al-‘Allāmah ‘Abd-ul-Wāḥid bin ‘Āsyir al-Anshārī (206), murid dari al-‘Ārif al-Kabīr asy-Syaikh Muḥammad at-Tajībī yang masyhur dengan julukan Ibnu ‘Azīz.
قَالَ الْعَلَّامَةُ ابْنُ الْحَاجِّ: “وَ غَالِبُ مَنْ يُشَارُ إِلَيْهِ مِنْ عُلَمَاءِ الظَّاهِرِ مِمَّنْ لَهُ تَمَيُّزٌ وَ شُغُوْفٌ وَ نُبُوْعٌ فِي الْحِفْظِ وَ الْإِتْقَانِ إِنَّمَا نَالَ بِمُخَالَطَةِ بَعْضِ الْعَارِفِيْنَ، كَابْنِ سُرَيْجٍ بِمُخَالَطَةِ الْجُنَيْدِ، وَ الْعِزُّ بْنُ عَبْدِ السَّلَامِ بِمُخَالَطَةٍ أَبِي الْحَسَنِ الشَّاذِلِيِّ، وَ الْتَّقِيُّ ابْنُ الْعِيْدِ بِمُخَالَطَةِ أَبِي الْعَبَّاسِ الْمُرْسِيِّ.” اهـــــ
Al-‘Allāmah ibnu al-Ḥajj berkata: “Hal ini jama‘ (banyak) ditemukan ketika di kalangan para ‘ulamā’ zhahir yang mempunyai keistimewaan, gairah yang tinggi terhadap ilmu, dan memiliki kecerdasan dalam menghapal dan menguasai berbagai cabang keilmuan. Kecuali tiada lain mereka dapatkan berkat berguru dan ber-mulāzamah dengan orang-orang yang ‘ārif. Seperti halnya, Ibnu Suraij yang berguru pada al-Junaid, ‘Izz-ud-Dīn bin ‘Abd-is-Salām ketika ber-mulāzamah dengan Abul-Ḥasan asy-Syādzilī (217), serta bergurunya Taqiyy-ud-Dīn Ibnu Daqīq-il-‘Īd (228) kepada Abul-‘Abbās al-Mursī. (239).
وَ كَذلِكَ الْعَلَّامَةُ الْمُحَقِّقُ الشَّيْخُ أَحْمَدُ بْنُ الْمُبَارَكِ اللَّمْطِيُّ، شَيْخُ عُلَمَاءِ عَصْرِهِ كَانَ تِلْمِيْذًا لِلْقُطْبِ الْكَبِيْرِ سِيْدِيْ عَبْدِ الْعَزِيْزِ الدَّبَّاغِ الْحَسَنِيِّ، وَ نَقَلَ عَنْهُ مِنَ الْمَوَاهِبِ وَ الْأَسْرَارِ مَا أُثْبِتَ بَعْضَهُ فِيْ كِتَابِ “الْإِبْرِيْزُ”.
Begitu juga al-‘Allāmah Aḥmad Ibn-ul-Mubārak al-Lamthī (2410), guru besar pada zamannya, beliau termasuk murid dari al-Quthb ‘Abd-ul-‘Azīz ad-Dabbāgh al-Ḥasanī (2511). Ia memperoleh berbagai rahasai dan karunia dari Allah melalui apa yang ia riwayatkan di dalam kitab al-Ibrīz milik sang guru.
وَ هكَذَا لَا تَجِدُ عَالِمًا كَبِيْرًا وَ مُحَقِّقًا شَهِيْرًا إِلَّا دَخَلَ فِيْ طَرِيْقِ الْقَوْمِ وَ الْتَمَسَ الْبَرْكَةَ مِنْ أَهْلِهَا وَ نَالَ الْحُظْوَةَ بِسَبَبِ الْاِنْتِسَابِ إِلَيْهَا، وَ هذَا أَمْرٌ مَعْلُوْمٌ يُدْرِكُهُ مَنْ قَرَأَ تَرَاجِمَ الْعُلَمَاءِ وَ تَتَبَّعَ سِيْرَهُمْ وَ اسْتَقْصَى أَخْبَارَهُمْ، وَ مَنْ لَمْ يَعْرِفْ أَوْ لَمْ يَعْتَدْ بِهِ فَهُوَ جَاهِلٌ مُتَعَنِّتٌ لَا اعْتَدَادَ بِهِ وَ لَا عِبْرَةَ بِمَا يَقُوْلُ.
Dapat disimpulkan bahwa tidak ditemukan seorang alim agung dan ahli hakikat yang masyhur kecuali masuk dalam tharīqah satu kaum, bersentuhan langsung dengan berkah pada ahlinya. Serta mendapat perlakuan khusus dengan penisbatan kepada tharīqah tersebut. Hal ini merupakan satu hal yang lumrah ketika kita membaca biografi dan riwayat hidup para bijak bestari dengan mengikuti jejak-langkah dan membaca kisah-kisah mereka. Lantas siapa saja yang tidak mengetahui hal ini, maka ia termasuk orang-orang yang bodoh. Dan setiap perkataan yang keluar dari mulutnya menjadi tidak dianggap.