Maulid ad-Diba’i – Terjemah Maulid Diba’ 7

Terjemah Maulid Dibā‘ī
(Judil Asli: Maulid-ud-Dibā‘ī)

Sebuah Biografi Nabi Muḥammad s.a.w.
Dalam Syair yang Indah dan Penuh Makna

Oleh: Al-Imām ‘Abd-ur-Raḥmān ad-Dibā‘ī

Penerjemah: Abu Achmad Wajieh
Penerbit: MUTIARA ILMU

Rangkaian Pos: Maulid ad-Diba'i - Terjemah Maulid Diba'

اللهُمَّ صَلِّ وَ سَلِّمْ وَ بَارِكْ عَلَيْهِ

Ya Allah, limpahkanlah rahmat, salam dan berkah kepada Nabi.”

 

اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ *اَللّهُمَّ صَلِّ وَ سَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِهِ وَ صَحْبِهِ أَجْمَعِيْن * جَعَلَنَا اللهُ وَ إِيَّاكُمْ مِمَّنْ يَسْتَوْجِبُ شَفَاعَتَهُ * وَ يَرْجُوْ بِذلِكَ رَحْمَتَهُ وَ رَأْفَتَهُ * اَللّهُمَّ بِحُرْمَةِ هذَا النَّبِيِّ الْكَرِيْمِ * وَ آلِهِ وَ أَصْحَابِهِ السَّالِكِيْنَ عَلَى مَنْهَجِهِ الْقَوِيْمِ * إِجْعَلْنَا مِنْ خِيَارِ أُمَّتِهِ * وَ اسْتُرْنَا بِذَيْلِ حُرْمَتِهِ * وَ احْشُـرْنَا غَدًا فِيْ زُمْرَتِهِ * وَ اسْتَعْمِلْ أَلْسِنَتَنَا فِيْ مَدْحِهِ وَ نُصْـرَتِهِ * وَ أَحْيِنَا مُتَمَسِّكِيْنَ بِسُنَّتِهِ وَ طَاعَتِهِ * وَ أَمِتْنَا عَلَى حُبِّهِ وَ جَمَاعَتِهِ * اَللّهُمَّ أَدْخِلْنَا مَعَهُ الْجَنَّةَ فَإِنَّهُ أَوَّلُ مَنْ يَدْخُلُهَا * وَ أَنْزِلْنَا مَعَهُ فِيْ قُصُوْرِهَا * فَإِنَّهُ أَوَّلُ مَنْ يَنْزِلُهَا * وَ ارْحَمْنَا يَوْمَ يَشْفَعُ لِلْخَلَائِقِ فَتَرْحَمُهَا * اَللّهُمَّ ارْزُقْنَا زِيَارَتَهُ فِيْ كُلِّ سَنَةٍ * وَ لَا تَجْعَلْنَا مِنْ الْغَافِلِيْنَ عَنْكَ وَ لَا عَنْهُ قَدْرَ سِنَةٍ * اَللّهُمَّ لَا تَجْعَلْ فِيْ مَجْلِسِنَا هذَا أَحَدًا إِلَّا غَسَلْتَ بِمَاءِ التَّوْبَةِ ذُنُوْبَهُ * وَ سَتَرْتَ بِرِدَاءِ الْمَغْفِرَةِ عُيُوْبَهُ * اَللّهُمَّ إِنَّهُ كَانَ مَعَنَا فِي السَّنَةِ الْمَاضِيَةِ * إِخْوَانٌ مَنَعَهُمُ اْلقَضَاءُ عَنِ الْوُصُوْلِ اِلَى مِثْلِهَا * فَلَا تَحْرِمْهُمْ مِنْ ثَوَابِ هذِهِ السَّاعَةِ وَ فَضْلِهَا * اَللّهُمَّ ارْحَمْنَا إِذَا صِرْنَا مِنْ أَصْحَابِ الْقُبُوْرِ * وَ وَفِّقْنَا لِعَمَلٍ صَالِحٍ يَبْقَى سَنَاهُ عَلَى مَمَرِّ الدُّهُوْرِ * اَللّهُمَّ اجْعَلْنَا لِآلَائِكَ ذَاكِرِيْنَ * وَ لِنَعْمَائِكَ شَاكِرِيْنَ * وَ لِيَوْمِ لِقَائِكَ مِنَ الذَّاكِرِيْنَ * وَ أَحْيِنَا بِطَاعَتِكَ مَشْغُوْلِيْنَ * وَ إِذَا تَوَفَّيْتَنَا فَتَوَفَّنَا غَيْرَ مَفْتُوْنِيْنَ * وَ لَا مَخْذُوْلِيْنَ * وَ اخْتِمْ لَنَا مِنْكَ بِخَيْرٍ أَجْمَعِيْنَ * اَللّهُمَّ اكْفِنَا شَرَّ الظَّالِمِيْنَ * وَ اجْعَلْنَا مِنْ فِتْنَةِ هذِهِ الدُّنْيَا سَالِمِيْنَ * اَللّهُمَّ اجْعَلْ هذَا الرَّسُوْلَ الْكَرِيْمَ لَنَا شَفِيْعًا * وَارْزُقْنَا بِهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مَقَامًا رَفِيْعًا * اَللّهُمَّ اسْقِنَا مِنْ حَوْضِ نَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ شَرْبَةً هَنِيْئَةً لَا نَظْمَأُ بَعْدَهَا أَبَدًا * وَ احْشُــرْنَا تَحْتَ لِوَائِهِ غَدًا * اَللّهُمَّ اغْفِرْ لَنَا بِهِ وَ لِآبـَائِنَا وَ لِأُمَّهَاتِنَا وَ لِمَشَايِخِنَا وَ لِمُعَلِّمِيْنَا * وَ ذَوِي الْحُقُوْقِ عَلَيْنَا وَ لِمَنْ أَجْرَى هذَا الْخَيْرَ فِيْ هذِهِ السَّاعَةِ * وَ لِجَمِيْعِ الْمُؤْمِنِيْنَ وَ الْمُؤْمِنَاتِ * وَ الْمُسْلِمِيْنَ وَ الْمُسْلِمَاتِ * اَلْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَ الْأَمْوَاتِ * إِنَّكَ كَرِيْمٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ * وَ قَاضِـيَ الْحَاجَاتِ * وَ غَافِرُ الذُّنُوْبِ وَ الْخَطِيْئَاتِ * يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ * وَ صَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِهِ وَ صَحْبِهِ وَ سَلَّمَ * سُبْحَانَ رَبِّـكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ * وَ سَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ * وَ الْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. ﴿ اَلْفَاتِحَةْ ﴾

Artinya:

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan salam kepada penghulu kami, Nabi Muḥammad, keluarga dan semua sahabatnya.

Semoga Allah menjadikan kami dan kamu sekalian termasuk orang-orang yang memperoleh pertolongan-Nya, orang-orang yang selalu berharap rahmat dan kasih-sayangNya. Ya Allah, dengan menghormati Nabi yang mulia ini, dengan menghormat keluarga dan sahabat-sahabatnya yang selalu mengikuti petunjuk Nabi yang lurus, jadikanlah kami termasuk umatnya yang terpilih, tutuplah ‘aib kami, kumpulkanlah kami sebagai orang yang berpegang teguh kepada sunnah Nabi s.a.w. dan taat melaksaankan ajaran-ajarannya, dan matikanlah kami dengan membawa cintanya dan bersama golongan umat yang dicintainya. Ya Allah, masukkanlah kami ke dalam surga bersama Nabi s.a.w., sesungguhnya dia adalah orang yang pertama kali masuk surga, tempatkanlah kami di istana-istana surga bersama Nabi s.a.w. karena dia adalah orang yang pertama kali menempati istana-istana surga. Belas kasihilah kami di hari ketika Nabi memintakan syafaat untuk para makhluk yang kemudian Engkau kasihi mereka.

Ya Allah, berilah kami rezeki untuk menziarahi Nabi s.a.w. setiap tahunnya, dan janganlah Engkau lengahkan kami untuk mengingat-Mu dan mengingat Nabi-Mu walau hanya sekejap. Ya Allah, janganlah kiranya ada tersisa seorangpun di majlis ini, kecuali telah Engkau bersihkan dosa-dosanya dengan air tobat, dan Engkau tutupi ‘aib-‘aibnya dengan hamparan maghfirah (ampunan).

Ya Allah, jika pada tahun yang lalu saudara-saudara kami masih belum Engkau takdirkan terkabul permohonan mereka, maka janganlah Engkau halangi pahala dan keutamaan saat ini kepada mereka.

Ya Allah, kasih-sayangilah kami, di saat kami telah menjadi penghuni alam kubur, dan tolonglah kami untuk beramal saleh yang pahalanya dapat mengalir sepanjang tahun.

Ya Allah, jadikanlah kami orang-orang yang selalu ingat terhadap pemberian-pemberianMu, selalu mensyukuri nikmat-nikmatMu, dan selalu ingat hari pertemuan-Mu, dan hidupkanlah kami sebagai orang yang selalu sibuk beribadah kepada-Mu. Dan jika Engkau akhiri hayat kami, akhirilah dengan tanpa membawa ‘aib, tidak terhina, dan akhirilah kami semua dengan membawa kebaikan dari-Mu.

Ya Allah, hindarkanlah kami dari segala macam kejahatan orang-orang zhalim, dan selamatkanlah kami dari segala cobaan di dunia ini.

Ya Allah, jadikanlah Rasūl yang mulia ini penolong kami. Berilah kami derajat yang tinggi kelak di hari kiamat lantaran menghormatinya.

Ya Allah, berilah kami air minum dari telaga Nabi-Mu, Muḥammad s.a.w. dengan sekali teguk yang kami tidak akan haus selama-lamanya. Dan kumpulkanlah kami di bawah benderanya kelak di hari kiamat.

Ya Allah, dengan menghormati Rasūl-Mu yang mulia ini, ampunilah dosa-dosa kami, kedua orang tua kami, guru-guru dan para pengajar kami, orang-orang yang punya hak atas kami, orang-orang yang suka melakukan kebajikan saat ini, dan seluruh orang-orang mu’min dan muslim, baik yang laki maupun yang perempuan, baik yang masih hidup ataupun yang sudah meninggal, sesungguhnya Engkau adalah Dzāt Yang memperkenankan semua doa, Yang memenuhi semua kebutuhan, Yang mengampuni semua dosa dan kesalahan, wahai Tuhan Yang Maha Pengasih. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan salam kepada penghulu kita, Nabi Muḥammad, keluarga dan para sahabatnya.

Maha Suci Engkau Ya Allah, Tuhan Yang Maha Mulia, Yang Bersih dari Sifat Kekurangan. Semoga salam sejahtera tetap terlimpahkan kepada Para Rasūl. Dan segala Puji Bagi Allah, Tuhan Semesta Alam. Amin.

(al-Fatihah)

 

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ

يَا نَبِيْ سَلَامْ عَلَيْكَيَا رَسُوْلْ سَلَامْ عَلَيْكَ
يَا حَبِيْبْ سَلَامْ عَلَيْكَصَلَوَاتُ اللهْ عَلَيْكَ
أَشْرَقَ الْبَدْرُ عَلَيْنَافَاخْتَفَتْ مِنْهُ الْبُدُوْرُ
مِثْلَ حُسْنِكْ مَا رَأَيْنَاقَطُّ يَا وَجْهَ السُّرُوْرِ
أَنْتَ شَمْسٌ أَنْتَ بَدْرٌأَنْتَ نُوْرٌ فَوْقَ نُوْرِ
أَنْتَ إِكْسِيْرٌ وَ غَالِيْأَنْتَ مِصْبَاحُ الصُّدُوْرِ
يَا حَبِيْبِيْ يَا مُحَمَّدْيَا عَرُوْسَ الْخَافِقَيْنِ
يَا مُؤَيَّدْ يَا مُمَجَّدْيَا إِمَامَ الْقِبْلَتَيْنِ
مَنْ رَأَى وَجْهَكَ يَسْعُدْيَا كَرِيْمَ الْوَالِدَيْنِ
حَوْضُكَ الصَّافِي الْمُبَرَّدْوِرْدُنَا يَوْمَ النُّشُوْرِ
مَا رَأَيْنَا الْعِيْشَ حَنَّتْبِالسُّرَى إِلَّا إِلَيْكَ
وَ الْغَمَامَةْ قَدْ أَظَلَّتْوَ الْمَلَا صَلُّوْا عَلَيْكَ
وَ أَتَاكَ الْعَوْدُ يَبْكِيْوَ تَذَلَّلَ بَيْنَ يَدَيْكَ
وَ اسْتَجَارَتْ يَا حَبِيْبِيْعِنْدَكَ الظَّبْيُ النُّفُوْرُ
عِنْدَ مَا شَدُّوا الْمَحَامِلْوَ تَنَادَوْا لِلرَّحِيْلِ
جِئْتُهُمْ وَ الدَّمْعُ سَائِلْقُلْتُ قِفْ لِيْ يَا دَلِيْلُ
وَ تَحَمَّلْ لِيْ رَسَائِلْحَشْوُهَا الشَّوْقُ الْجَزِيْلُ
نَحْوَ هَاتِيْكَ الْمَنَازِلْبِالْعَشِيِّ وَ الْبُكُوْرِ
سَعِدْ عَبْدٌ قَدْ تَمَّلَّىوَ انْجَلِيْ عَنْهُ الْحَزِيْنُ
فِيْكَ يَا بَدْرٌ تَجَلَّىفَلَكَ الْوَصْفُ الْحَسِيْنُ
لَيْسَ أَزْكَى مِنْكَ أَصْلًاقَطُّ يَا جَدَّ الْحُسَيْنِ
وَ عَلَيْكَ اللهُ صَلَّىدَائِمًا طُوْلَ الدُّهُوْرِ.

Artinya:
1). Wahai Nabi, semoga salam sejahtera tetap kepadamu,
Wahai Rasūlullāh, semoga salam sejahtera tetap kepadamu.
2). Wahai kekasih Allah, semoga salam sejahtera tetap kepadamu,
Semoga rahmat-rahmat Allah senantiasa terlimpah kepadamu.
3). Telah terbit bulan purnama menyinari kami,
Sehingga reduplah cahaya bulan-bulan purnama lainnya.
4). Sama sekali belum pernah saya melihat keindahan bulan purnama,
Seperti keindahanmu, wahai wajah rasul yang penuh kegembiraan.
5). Engkau bagaikan matahari, engkau bagaikan bulan purnama,
Engkau bagaikan cahaya yang di atas cahaya.
6). Engkau adalah mu‘jizat dan mahal sekali nilaimu,
Engkau adalah dian penerang hati.
7). Wahai kekasihku, wahai Muḥammad nabiku s.a.w.,
Wahai pemimpin barat dan timur.
8). Wahai Nabi yang diberi mu‘jizat, wahai nabi yang dimuliakan,
Wahai Imām dua qiblat (masjid-il-Ḥarām dan masjid-il-Aqshā).
9). Siapa saja yang melihat wajahmu, ia akan bahagia,
Wahai nabi yang penuh hormat kepada kedua orang tua.
10). Air telagamu yang bening dan segar,
Adalah minuman kami kelak di hari kiamat.
11). Belum pernah saya melihat onta berjalan di kegelapan malam,
Yang meminta belas kasih selain kepadamu.
12). Awan telah melindungimu dari terik matahari,
Dan para malaikat mengucapkan shalawat untukmu.
13). Dan datang kepadamu onta tua dengan menangis,
Dan merendahkan diri di hadapanmu.
14). Wahai Nabi kekasihku, kijang yang lari ketakutanpun
Datang berlindung di sisimu.
15). Ketika rombongan kafilah telah mengikat barang bawaanya,
Dan berteriak memanggil-manggil untuk berangkat.
16). Kudatangi mereka dengan air mata bercucuran,
Lalu kukatakan: “Berhentilah dulu wahai penunjuk jalan”.
17). Bawalah surat-suratku ini,
Yang di dalamnya berisikan curahan rindu.
18). Sampaikan ke tempat-tempat yang jauh,
Kapan saja, dipetang hari ataupun pagi hari.
19). Berbahagialah hamba yang telah memuaskan cintanya kepada Nabi s.a.w.
Dan yang tampak sedih karena belum berjumpa Nabi s.a.w.
20). Wahai bulan purnama, semuanya tampak jelas di hadapanmu,
Dan hanya padamu sifat-sifat yang baik.
21). Tak seorangpun yang lebih suci darimu,
Wahai Nabi s.a.w. kakek Sayyidina al-Ḥusain r.a.
22). Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat,
Kepadamu setiap saat dan sepanjang masa.

2 Komentar

  1. fauzi berkata:

    terima kasih jazakumullah khairan kasiran

    1. Muslim Administrator berkata:

      Alhamdulillah, wa iyyakum.

Tinggalkan Balasan

You have to agree to the comment policy.