Sunan Nasa’i no.290 s.d 292 – Darah Haidh Atau Mani Mengenai Pakaian

  1. Darah Haidh Mengenai Pakaian.

سنن النسائي ٢٩٠: أَخْبَرَنَا عُبَيْدُ اللهِ بْنُ سَعِيْدٍ قَالَ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيْدٍ عَنْ سُفْيَانَ قَالَ حَدَّثَنِيْ أَبُو الْمِقْدَامِ ثَابِتٌ الْحَدَّادُ عَنْ عَدِيِّ بْنِ دِيْنَارٍ قَالَ سَمِعْتُ أُمَّ قَيْسٍ بِنْتَ مِحْصَنٍ أَنَّهَا سَأَلَتْ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ عَنْ دَمِ الْحَيْضِ يُصِيْبُ الثَّوْبَ قَالَ حُكِّيْهِ بِضِلَعٍ وَ اغْسِلِيهِ بِمَاءٍ وَ سِدْرٍ.

Sunan Nasā’ī 290: Telah mengabarkan kepada kami ‘Ubaidullāh bin Sa‘īd dia berkata: Telah menceritakan kepada kami Yaḥyā bin Sa‘īd, dari Sufyān dia berkata: Telah menceritakan kepadaku Abū Miqdām Tsābit al-Ḥaddād, dari ‘Adī bin Dīnār dia berkata: Saya mendengar Ummu Qais binti Miḥshan bahwa dia pernah bertanya kepada Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam tentang darah yang mengenai baju? Beliau shallallāhu ‘alaihi wa sallam menjawab: “Kerok dengan tulang, lalu cuci dengan air dan sidr (daun bidara).

Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.

Pembanding: SAD: 308; SN: 392; MA: 25758; SD: 1001.

سنن النسائي ٢٩١: أَخْبَرَنَا يَحْيَى بْنُ حَبِيْبِ بْنِ عَرَبِيٍّ عَنْ حَمَّادِ بْنِ زَيْدٍ عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ عَنْ فَاطِمَةَ بِنْتِ الْمُنْذِرِ عَنْ أَسْمَاءَ بِنْتِ أَبِيْ بَكْرٍ وَ كَانَتْ تَكُوْنُ فِيْ حَجْرِهَا أَنَّ امْرَأَةً اسْتَفْتَتْ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ عَنْ دَمِ الْحَيْضِ يُصِيْبُ الثَّوْبَ فَقَالَ حُتِّيْهِ ثُمَّ اقْرُصِيْهِ بِالْمَاءِ ثُمَّ انْضَحِيْهِ وَ صَلِّي فِيْهِ.

Sunan Nasā’ī 291: Telah mengabarkan kepada kami Yaḥyā bin Ḥabīb bin ‘Arabī, dari Ḥammād bin Zaid, dari Hisyām bin ‘Urwah, dari Fāthimah binti al-Mundzir, dari Asmā’ binti Abū Bakr -dia ada di kamarnya- bahwa seorang perempuan meminta fatwa Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam tentang darah haid yang menodai baju? Beliau lalu berkata: “‘Gosok dan keroklah dengan kuku, kemudian percikilah dengan air, lalu shalatlah dengan kain tersebut.

Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.

Pembanding: ST: 128; SN: 391; SIM: 621; SD: 998.

  1. Mani Mengenai Pakaian.

سنن النسائي ٢٩٢: أَخْبَرَنَا عِيْسَى بْنُ حَمَّادٍ قَالَ حَدَّثَنَا اللَّيْثُ عَنْ يَزِيْدَ بْنِ أَبِيْ حَبِيْبٍ عَنْ سُوَيْدِ بْنِ قَيْسٍ عَنْ مُعَاوِيَةَ بْنِ حُدَيْجٍ عَنْ مُعَاوِيَةَ بْنِ أَبِيْ سُفْيَانَ أَنَّهُ سَأَلَ أُمَّ حَبِيْبَةَ زَوْجَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ هَلْ كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يُصَلِّيْ فِي الثَّوْبِ الَّذِيْ كَانَ يُجَامِعُ فِيْهِ قَالَتْ نَعَمْ إِذَا لَمْ يَرَ فِيْهِ أَذًى.

Sunan Nasā’ī 292: Telah mengabarkan kepada kami ‘Isā bin Ḥammād dia berkata: Telah menceritakan kepada kami al-Laits, dari Yazīd bin Abū Ḥabīb, dari Suwaid bin Qais, dari Mu‘āwiyah bin Ḥudaij, dari Mu‘āwiyah bin Abū Sufyān bahwa ia pernah bertanya kepada Ummu Habībah -istri Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam- “Apakah Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam shalat dengan mengenakan pakaian yang dipakai untuk bersetubuh?” Ia menjawab: “Ya, jika beliau tidak melihat kotoran (mani) pada baju tersebut.

Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.

Pembanding: MA: 24638, 25535, 26136; SD: 1340, 1341.