Sunan Nasa’i no.270 s.d 280 – Beberapa Catatan Terkait Haidh

  1. Menyuruh Orang Yang Haidh.

سنن النسائي ٢٧٠: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى قَالَ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيْدٍ عَنْ يَزِيْدَ بْنَ كَيْسَانَ قَالَ حَدَّثَنِيْ أَبُوْ حَازِمٍ قَالَ قَالَ أَبُوْ هُرَيْرَةَ بَيْنَمَا رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فِي الْمَسْجِدِ إِذْ قَالَ يَا عَائِشَةُ نَاوِلِيْنِي الثَّوْبَ فَقَالَتْ إِنِّيْ لَا أُصَلِّيْ قَالَ إِنَّهُ لَيْسَ فِيْ يَدِكِ فَنَاوَلَتْهُ.

Sunan Nasā’ī 270: Telah mengabarkan kepada kami Muḥammad bin al-Mutsannā dia berkata: Telah menceritakan kepada kami Yaḥyā bin Sa‘īd, dari Yazīd bin Kaisān dia berkata: Telah menceritakan kepadaku Abū Ḥāzim dia berkata: Abū Hurairah berkata: ” Tatkala Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam di masjid, tiba-tiba beliau bersabda: ‘Wahai ‘Ā’isyah, ambilkan baju. ‘Ā’isyah menjawab: ‘Aku tidak shalat (sedang tidak suci). ‘ Beliau bersabda: “Haid tidak di tanganmu.” Lalu diapun mengambilkannya.”

Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.

Pembanding: Tidak ada.

سنن النسائي ٢٧١: أَخْبَرَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيْدٍ عَنْ عَبِيْدَةَ عَنِ الْأَعْمَشِ ح و أَخْبَرَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيْمَ قَالَ حَدَّثَنَا جَرِيْرٌ عَنِ الْأَعْمَشِ عَنْ ثَابِتِ بْنِ عُبَيْدٍ عَنِ الْقَاسِمِ بْنِ مُحَمَّدٍ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا قَالَتْ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ نَاوِلِيْنِي الْخُمْرَةَ مِنَ الْمَسْجِدِ قَالَتْ إِنِّيْ حَائِضٌ فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ لَيْسَتْ حَيْضَتُكِ فِيْ يَدِكِ أَخْبَرَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيْمَ قَالَ حَدَّثَنَا أَبُوْ مُعَاوِيَةَ عَنِ الْأَعْمَشِ بِهذَا الْإِسْنَادِ مِثْلَهُ.

Sunan Nasā’ī 271: Telah mengabarkan kepada kami Qutaibah bin Sa‘īd dari ‘Abīdah dari al-A‘masy, dan telah mengabarkan kepada kami Isḥāq bin Ibrāhīm dia berkata: Telah menceritakan kepada kami Jarīr, dari al-A‘masy, dari Tsābit bin ‘Ubaid, dari al-Qāsim bin Muḥammad, dari ‘Ā’isyah radhiyallāhu ‘anhā, dia mengatakan bahwa Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Ambilkan tikar kecil dari masjid.” ‘Ā’isyah berkata: “Aku sedang haid.” Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Haidmu tidak di tanganmu.” Telah mengabarkan kepada kami Isḥāq bin Ibrāhīm dia berkata: Telah menceritakan kepada kami Abū Mu‘āwiyah, dari al-A‘masy dengan sanad seperti ini juga.

Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.

Pembanding: SM: 450; SAD: 228; ST: 124; SIM: 624; MA: 5332, 23054, 23554, 23663, 23688, 24235, 24613, 24730, 25743; SD: 764.

  1. Wanita Haidh Menghamparkan Kain Di Masjid.

سنن النسائي ٢٧٢: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ مَنْصُوْرٍ عَنْ سُفْيَانَ عَنْ مَنْبُوْذٍ عَنْ أُمِّهِ أَنَّ مَيْمُوْنَةَ قَالَتْ كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَضَعُ رَأْسَهُ فِيْ حَجْرِ إِحْدَانَا فَيَتْلُو الْقُرْآنَ وَ هِيَ حَائِضٌ وَ تَقُوْمُ إِحْدَانَا بِالْخُمْرَةِ إِلَى الْمَسْجِدِ فَتَبْسُطُهَا وَ هِيَ حَائِضٌ.

Sunan Nasā’ī 272: Telah mengabarkan kepada kami Muḥammad bin Manshūr dari Sufyān dari Manbūdz dari Ibunya bahwa Maimūnah berkata: “Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam meletakkan kepalanya di kamar salah satu dari kami (istri-istri Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam dan beliau membaca al-Qur’ān, dan Maimūnah sedang haid. Salah satu dari kami (istri-istri Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam bangkit membawa tikar ke masjid, lalu menggelarnya, padahal dia sedang haid.

Derajat: Syaikh al-Albani: Ḥasan.

Pembanding: SAD: 227; SN: 382; SIM: 626; MA: 23261, 23298, 23998, 24397, 24502.

  1. Membaca al-Qur’an Dan Kepalanya Di Pangkuan Istri Yang Sedang Haidh.

سنن النسائي ٢٧٣: أَخْبَرَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيْمَ وَ عَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ وَ اللَّفْظُ لَهُ أَنْبَأَنَا سُفْيَانُ عَنْ مَنْصُوْرٍ عَنْ أُمِّهِ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا قَالَتْ كَانَ رَأْسُ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فِيْ حَجْرِ إِحْدَانَا وَ هِيَ حَائِضٌ وَ هُوَ يَتْلُو الْقُرْآنَ.

Sunan Nasā’ī 273: Telah mengabarkan kepada kami Isḥāq bin Ibrāhīm dan ‘Alī bin Ḥujr Lafazh ini darinya: Telah memberitakan kepada kami Sufyān, dari Manshūr, dari Ibunya, dari ‘Ā’isyah radhiyallahu ‘anhā, dia berkata: ” Kepala Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam berada di kamar salah satu dari kami yang sedang haid, dan beliau membaca al-Qur’ān.

Derajat: Syaikh al-Albani: Ḥasan.

Pembanding: SB: 286; SN: 378, 383, 386; MA: 24205, 24553, 24738.

  1. Wanita Haidh Memandikan Kepala Suaminya.

سنن النسائي ٢٧٤: أَخْبَرَنَا عَمْرُو بْنُ عَلِيٍّ قَالَ حَدَّثَنَا يَحْيَى قَالَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ قَالَ حَدَّثَنِي مَنْصُوْرٌ عَنْ إِبْرَاهِيْمَ عَنِ الْأَسْوَدِ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا قَالَتْ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يُوْمِئُ إِلَيَّ رَأْسَهُ وَ هُوَ مُعْتَكِفٌ فَأَغْسِلُهُ وَ أَنَا حَائِضٌ.

Sunan Nasā’ī 274: Telah mengabarkan kepada kami ‘Amr bin ‘Alī dia berkata: Telah menceritakan kepada kami Yaḥyā berkata: Telah menceritakan kepada kami Sufyān berkata: Telah menceritakan kepadaku Manshūr, dari Ibrāhīm, dari al-Aswad, dari ‘Ā’isyah radhiyallahu ‘anhā, ia berkata: “Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam pernah melongokkan (menjulurkan) kepalanya kepadaku padahal beliau sedang i‘tikaf, maka aku membasuhnya, padahal aku sedang haid.

Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.

Pembanding: SB: 1888, 1890; SM: 447; SN: 275, 384, 385; SIM: 625, 1768; MA: 22913, 24501, 25060; SD: 1048.

سنن النسائي ٢٧٥: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ سَلَمَةَ قَالَ حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ عَنْ عَمْرِو بْنِ الْحَارِثِ وَ ذَكَرَ آخَرُ عَنْ أَبِي الْأَسْوَدِ عَنْ عُرْوَةَ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا قَالَتْ كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يُخْرِجُ إِلَيَّ رَأْسَهُ مِنَ الْمَسْجِدِ وَ هُوَ مُجَاوِرٌ فَأَغْسِلُهُ وَ أَنَا حَائِضٌ.

Sunan Nasā’ī 275: Telah mengabarkan kepada kami Muḥammad bin Salamah dia berkata: Telah menceritakan kepada kami Ibnu Wahb, dari ‘Amr bin al-Ḥārits, dan yang lainnya menyebutkan dari Abul-Aswad, dari ‘Urwah, dari ‘Ā’isyah radhiyallāhu ‘anhā, dia berkata: “Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam pernah mengeluarkan kepalanya kepadaku dari dalam masjid, karena masjidnya bersebelahan, maka aku membasuhnya padahal aku sedang haid.

Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.

Pembanding: SB: 1888, 1890; SM: 447; SN: 384, 385; SIM: 625, 1768; MA: 22913, 24501, 25060; SD: 1048.

سنن النسائي ٢٧٦: أَخْبَرَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيْدٍ عَنْ مَالِكٍ عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ عَنْ أَبِيْهِ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا قَالَتْ كُنْتُ أُرَجِّلُ رَأْسَ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَ أَنَا حَائِضٌ أَخْبَرَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيْدٍ عَنْ مَالِكٍ ح وَ أَنْبَأَنَا عَلِيُّ بْنُ شُعَيْبٍ قَالَ حَدَّثَنَا مَعْنٌ قَالَ حَدَّثَنَا مَالِكٌ عَنِ الزُّهْرِيِّ عَنْ عُرْوَةَ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا مِثْلَ ذلِكَ.

Sunan Nasā’ī 276: Telah mengabarkan kepada kami Qutaibah bin Sa‘īd dari Mālik dari Hisyām bin ‘Urwah dari Bapaknya dari ‘Ā’isyah radhiyallāhu ‘anhā, dia berkata: “Aku pernah menyisir rambut Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam, padahal aku sedang haid.” Telah mengabarkan kepada kami Qutaibah bin Sa‘īd, dari Mālik, dan telah memberitakan kepada kami ‘Alī bin Syu‘aib dia berkata: Telah menceritakan kepada kami Ma‘an berkata: Telah menceritakan kepada kami Mālik, dari az-Zuhrī, dari ‘Urwah, dari ‘Ā’isyah radhiyallāhu ‘anhā seperti itu juga.

Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.

Pembanding: SB: 286, 5470; SM: 449; SN: 386; MA: 24738; MM: 120; SD: 1040, 1041.

  1. Mengajak Wanita Haidh Makan Bersama Dan Minum Dari Bekas Gelas/Wadah.

سنن النسائي ٢٧٧: أَخْبَرَنَا قُتَيْبَةُ قَالَ حَدَّثَنَا يَزِيْدُ وَ هُوَ ابْنُ الْمِقْدَامِ بْنِ شُرَيْحِ بْنِ هَانِئٍ عَنْ أَبِيْهِ عَنْ شُرَيْحٍ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا سَأَلْتُهَاهَلْ تَأْكُلُ الْمَرْأَةُ مَعَ زَوْجِهَا وَ هِيَ طَامِثٌ قَالَتْ نَعَمْ كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَدْعُوْنِيْ فَآكُلُ مَعَهُ وَ أَنَا عَارِكٌ وَ كَانَ يَأْخُذُ الْعَرْقَ فَيُقْسِمُ عَلَيَّ فِيْهِ فَأَعْتَرِقُ مِنْهُ ثُمَّ أَضَعُهُ فَيَأْخُذُهُ فَيَعْتَرِقُ مِنْهُ وَ يَضَعُ فَمَهُ حَيْثُ وَضَعْتُ فَمِيْ مِنَ الْعَرْقِ وَ يَدْعُوْ بِالشَّرَابِ فَيُقْسِمُ عَلَيَّ فِيْهِ قَبْلَ أَنْ يَشْرَبَ مِنْهُ فَآخُذُهُ فَأَشْرَبُ مِنْهُ ثُمَّ أَضَعُهُ فَيَأْخُذُهُ فَيَشْرَبُ مِنْهُ وَ يَضَعُ فَمَهُ حَيْثُ وَضَعْتُ فَمِيْ مِنَ الْقَدَحِ.

Sunan Nasā’ī 277: Telah mengabarkan kepada kami Qutaibah dia berkata: Telah menceritakan kepada kami Yazīd yaitu Ibnu Miqdām bin Syuraiḥ bin Hāni’, dari Bapaknya, dari Syuraiḥ, dari ‘Ā’isyah radhiyallāhu ‘anhā aku (perawi) bertanya kepadanya: “Apakah perempuan boleh makan bersama dengan suaminya jika dia sedang datang haid?” Dia (‘Ā’isyah ) berkata: “Ya, boleh. Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam pernah memanggilku, lalu aku makan bersama beliau, padahal aku sedang haid. Beliau shallallāhu ‘alaihi wa sallam mengambil daging dan membaginya kepadaku. Lantas aku segera memakannya, dan aku menaruhnya. Lalu Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam mengambilnya dan memakannya. Beliau meletakkan mulutnya di daging tempat aku meletakkan mulutku tadi. Lalu beliau meminta air minum dan membaginya kepadaku sebelum beliau meminumnya. Lalu beliau mengambil dan meminumnya, kemudian meletakkannya. Kemudian beliau mengambil dan meminumnya, dan beliau meletakkan mulutnya di tempat aku meletakkan mulutku pada gelas tadi.

Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ-ul-Isnād.

Pembanding: SN: 374.

سنن النسائي ٢٧٨: أَخْبَرَنَا أَيُّوْبُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْوَزَّانُ قَالَ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ جَعْفَرٍ قَالَ حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللهِ بْنُ عَمْرٍو عَنِ الْأَعْمَشِ عَنِ الْمِقْدَامِ بْنِ شُرَيْحٍ عَنْ أَبِيْهِ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا قَالَتْ كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَضَعُ فَاهُ عَلَى الْمَوْضِعِ الَّذِيْ أَشْرَبُ مِنْهُ فَيَشْرَبُ مِنْ فَضْلِ سُؤْرِيْ وَ أَنَا حَائِضٌ.

Sunan Nasā’ī 278: Telah mengabarkan kepada kami Ayyūb bin Muḥammad al-Wazzān dia berkata: Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullāh bin Ja‘far dia berkata: Telah menceritakan kepada kami ‘Ubaidullāh bin ‘Amr, dari al-A‘masy, dari al-Miqdām bin Syuraiḥ, dari Bapaknya, dari ‘Ā’isyah radhiyallāhu ‘anhā dia berkata, “Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam meletakkan mulutnya di tempat aku meletakkan mulutku ketika aku meminumnya, dan beliau juga meminum sisa minumku, padahal aku sedang haid.

Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.

Pembanding: SN: 375.

  1. Meminum Air (Minum) Sisa Wanita Haidh.

سنن النسائي ٢٧٩: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ مَنْصُوْرٍ قَالَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ مِسْعَرٍ عَنِ الْمِقْدَامِ بْنِ شُرَيْحٍ عَنْ أَبِيْهِ قَالَ سَمِعْتُ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا تَقُوْلُ كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يُنَاوِلُنِي الْإِنَاءَ فَأَشْرَبُ مِنْهُ وَ أَنَا حَائِضٌ ثُمَّ أُعْطِيْهِ فَيَتَحَرَّى مَوْضِعَ فَمِيْ فَيَضَعُهُ عَلَى فِيْهِ.

Sunan Nasā’ī 279: Telah mengabarkan kepada kami Muḥammad bin Manshūr dia berkata: Telah menceritakan kepada kami Sufyān, dari Mis‘ar, dari al-Miqdām bi Syuraiḥ, dari Bapaknya dia berkata: Saya mendengar ‘Ā’isyah radhiyallāhu ‘anhā berkata: “Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam memberikan gelas kepadaku, lalu aku minum darinya, padahal aku sedang haid. Kemudian aku berikan kepadanya, maka beliau mencari bekas tempat mulutku lalu meletakkan mulutnya di situ.

Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.

Pembanding: SN: 376; MA: 23192.

سنن النسائي ٢٨٠: أَخْبَرَنَا مَحْمُوْدُ بْنُ غَيْلَانَ قَالَ حَدَّثَنَا وَكِيْعٌ قَالَ حَدَّثَنَا مِسْعَرٌ وَ سُفْيَانُ عَنِ الْمِقْدَامِ بْنِ شُرَيْحٍ عَنْ أَبِيْهِ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا قَالَتْ كُنْتُ أَشْرَبُ وَ أَنَا حَائِضٌ وَ أُنَاوِلُهُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فَيَضَعُ فَاهُ عَلَى مَوْضِعِ فِيَّ فَيَشْرَبُ وَ أَتَعَرَّقُ الْعَرْقَ وَ أَنَا حَائِضٌ وَ أُنَاوِلُهُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فَيَضَعُ فَاهُ عَلَى مَوْضِعِ فِيَّ.

Sunan Nasā’ī 280: Telah mengabarkan kepada kami Maḥmūd bin Ghailān dia berkata: Telah menceritakan kepada kami Wakī‘ dia berkata: Telah menceritakan kepada kami Mis‘ar dan Sufyān, dari al-Miqdām bin Syuraiḥ, dari Bapaknya, dari ‘Ā’isyah radhiyallāhu ‘anhā, dia berkata: ” Aku pernah minum dalam keadaan haid lalu – sisa minum- aku berikan kepada Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, maka beliau meletakkan mulutnya di tempat mulutku, lalu beliau minum. Aku juga pernah menggigit daging dalam keadaan haid, lalu -sisa daging- aku berikan kepada Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, maka beliau meletakkan mulutnya di tempat mulutku tadi.”

Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.

Pembanding: SM: 453; SAD: 226; MA: 24416, 24583.