- Perbedaan Darah Haidh Dan Darah Istihadhah.
سنن النسائي ٢١٥: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِيْ عَدِيٍّ عَنْ مُحَمَّدٍ وَ هُوَ ابْنُ عَمْرِو بْنِ عَلْقَمَةَ بْنِ وَقَّاصٍ عَنِ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ عُرْوَةَ بْنِ الزُّبَيْرِ عَنْ فَاطِمَةَ بِنْتِ أَبِيْ حُبَيْشٍ أَنَّهَا كَانَتْ تُسْتَحَاضُ فَقَالَ لَهَا رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ إِذَا كَانَ دَمُ الْحَيْضِ فَإِنَّهُ دَمٌ أَسْوَدُ يُعْرَفُ فَأَمْسِكِيْ عَنِ الصَّلَاةِ فَإِذَا كَانَ الْآخَرُ فَتَوَضَّئِيْ فَإِنَّمَا هُوَ عِرْقٌ.
Sunan Nasā’ī 215: Telah mengabarkan kepada kami Muḥammad bin al-Mutsannā, telah menceritakan kepada kami Ibnu Abī ‘Adī, dari Muḥammad yaitu Ibnu ‘Amr bin ‘Alqamah bin Waqqāsh, dari Ibnu Syihāb, dari ‘Urwān bin Zubair, dari Fāthimah binti Abū Ḥubaisy bahwa dia mengalami istihadhah, maka Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda kepadanya: “Apabila darah itu adalah darah haidh, maka darahnya berwarna hitam yang sudah dikenal, maka tinggalkanlah shalat. Jika bukan demikian maka berwudhu’lah, karena itu hanya darah penyakit.”
Derajat: Syaikh al-Albani: Ḥasan Shaḥīḥ.
Pembanding: SAD: 247, 261; SN: 216, 359, 360.
سنن النسائي ٢١٦: قَالَ أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى قَالَ حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِيْ عَدِيٍّ هَذَا مِنْ كِتَابِهِ أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِيْ عَدِيٍّ مِنْ حِفْظِهِ قَالَ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَمْرٍو عَنِ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ عُرْوَةَ عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ فَاطِمَةَ بِنْتَ أَبِيْ حُبَيْشٍ كَانَتْ تُسْتَحَاضُ فَقَالَ لَهَا رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ إِنَّ دَمَ الْحَيْضِ دَمٌ أَسْوَدُ يُعْرَفُ فَإِذَا كَانَ ذلِكَ فَأَمْسِكِيْ عَنْ الصَّلَاةِ وَ إِذَا كَانَ الْآخَرُ فَتَوَضَّئِيْ وَ صَلِّيْ. قَالَ أَبُوْ عَبْد الرَّحْمنِ قَدْ رَوَى هذَا الْحَدِيْثَ غَيْرُ وَاحِدٍ لَمْ يَذْكُرْ أَحَدٌ مِنْهُمْ مَا ذَكَرَهُ ابْنُ أَبِي عَدِيٍّ وَ اللهُ تَعَالَى أَعْلَمُ.
Sunan Nasā’ī 216: Telah mengabarkan kepada kami Muḥammad bin al-Mutsannā, telah menceritakan kepada kami Ibnu Abī ‘Adī -ini dari bukunya- Telah mengabarkan kepada kami Muḥammad bin al-Mutsannā, telah menceritakan kepada kami Ibnu Abī ‘Adī -dari Hafalannya- dia berkata: Telah menceritakan kepada kami Muḥammad bin ‘Amr, dari Ibnu Syihāb, dari ‘Urwah, dari ‘Ā’isyah bahwa Fāthimah binti Ḥubaisy mengalami istihadhah, sehingga Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda kepadanya: “Bila darah itu adalah darah haid, darahnya hitam dan sudah dikenal, maka tinggalkanlah shalat. Jika selain itu, berwudhū’lah dan kerjakanlah shalat.” Abū ‘Abd-ir-Raḥmān berkata: “Telah banyak yang meriwayatkan ḥadīts ini, dan mereka tidak menyebutkan sebagaimana yang telah disebutkan oleh Ibnu Abī ‘Adī, Wallāhu Ta‘ālā A‘lam.
Derajat: Syaikh al-Albani: Ḥasan Shaḥīḥ.
Pembanding: SAD: 247, 261; SN: 359, 360.
سنن النسائي ٢١٧: أَخْبَرَنَا يَحْيَى بْنُ حَبِيْبِ بْنِ عَرَبِيٍّ قَالَ حَدَّثَنَا حَمَّادٌ وَ هُوَ ابْنُ زَيْدٍ عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ عَنْ أَبِيْهِ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا قَالَتْ اسْتُحِيْضَتْ فَاطِمَةُ بِنْتُ أَبِيْ حُبَيْشٍ فَسَأَلَتِ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فَقَالَتْ يَا رَسُوْلَ اللهِ إِنِّيْ أُسْتَحَاضُ فَلَا أَطْهُرُ أَفَأَدَعُ الصَّلَاةَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ إِنَّمَا ذلِكَ عِرْقٌ وَ لَيْسَتْ بِالْحَيْضَةِ فَإِذَا أَقْبَلَتْ الْحَيْضَةُ فَدَعِي الصَّلَاةَ وَ إِذَا أَدْبَرَتْ فَاغْسِلِيْ عَنْكِ أَثَرَ الدَّمِ وَ تَوَضَّئِيْ فَإِنَّمَا ذلِكَ عِرْقٌ وَ لَيْسَتْ بِالْحَيْضَةِ قِيْلَ لَهُ فَالْغُسْلُ قَالَ ذلِكَ لَا يَشُكُّ فِيْهِ أَحَدٌ. قَالَ أَبُوْ عَبْد الرَّحْمنِ لَا أَعْلَمُ أَحَدًا ذَكَرَ فِيْ هذَا الْحَدِيْثِ وَ تَوَضَّئِيْ غَيْرَ حَمَّادِ بْنِ زَيْدٍ وَ قَدْ رَوَى غَيْرُ وَاحِدٍ عَنْ هِشَامٍ وَ لَمْ يَذْكُرْ فِيْهِ وَ تَوَضَّئِيْ.
Sunan Nasā’ī 217: Telah mengabarkan kepada kami Yaḥyā bin Ḥabīb bin ‘Arabī dia berkata: Telah menceritakan kepada kami Ḥammād Yaitu Ibnu Zaid, dari Hisyām bin ‘Urwah, dari Ayahnya, dari ‘Ā’isyah radhiyallāhu ‘anhā bahwa Fāthimah binti Ḥubaisy mengalami istihadhah, maka ia bertanya kepada Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam: ” Wahai Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam! Aku sedang istihadhah, maka aku tidak bersuci. Apakah aku harus meninggalkan shalat?” Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam berkata: “Itu darah penyakit, bukan haid. Bila sedang haid maka tinggalkanlah shalat, dan jika sudah selesai dari haid maka cucilah bekas darah darimu dan berwudhu’lah, karena itu hanya darah penyakit, bukan haid.” Beliau ditanya: “Bagaimana dengan mandi?, maka beliau menjawab: “Tidak seorangpun meragukan hal itu.” Abū ‘Abd-ir-Raḥmān berkata: “Saya tidak mengetahui seorangpun yang menyebutkan dalam hadīts ini lafadz ‘wa tawadha‘i’ (dan berwudhu’lah) selain Ḥammād bin Yazīd, padahal telah banyak yang meriwayatkan hadīts ini dari Hisyām, tapi mereka tidak menyebutkan di dalamnya lafadz ‘Wa tawadha’i’.
Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ-ul-Isnad.
Pembanding: SB: 221, 295, 309; SM: 501; SAD: 244; ST: 116; SN: 218, 347, 356, 361, 362, 363; SIM: 613, 616, 618; MA: 23397; MM: 122; SD: 761, 767, 771, 772.
سنن النسائي ٢١٨: أَخْبَرَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيْدٍ عَنْ مَالِكٍ عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ عَنْ أَبِيْهِ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا قَالَتْ قَالَتْ فَاطِمَةُ بِنْتُ أَبِيْ حُبَيْشٍ يَا رَسُوْلَ اللهِ لَا أَطْهُرُ أَفَأَدَعُ الصَّلَاةَ فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ إِنَّمَا ذلِكَ عِرْقٌ وَ لَيْسَتْ بِالْحَيْضَةِ فَإِذَا أَقْبَلَتْ الْحَيْضَةُ فَدَعِيْ الصَّلَاةَ فَإِذَا ذَهَبَ قَدْرُهَا فَاغْسِلِيْ عَنْكِ الدَّمَ وَ صَلِّيْ.
Sunan Nasā’ī 218: Telah mengabarkan kepada kami Qutaibah bin Sa‘īd, dari Mālik, dari Hisyām bin ‘Urwah, dari Ayahnya, dari ‘Ā’isyah radlhiyallāhu ‘anhā dia berkata: “Fāthimah binti Abū Ḥubaisy berkata: ‘Wahai Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam, aku tidak suci. Apakah aku harus meninggalkan shalat?” Beliau shallallāhu ‘alaihi wa sallam menjawab: “Itu hanya darah penyakit, bukan darah haidh. Bila datang waktu haidh maka tinggalkanlah shalat, dan jika telah selesai waktu kebiasaan haidh, maka cucilah (bersihkanlah) tempat darah itu dan shalatlah.”
Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.
Pembanding: SB: 221, 295, 309; SM: 501; SAD: 244; ST: 116; SN: 347, 356, 361, 362, 363; SIM: 613, 616, 618; MA: 23397; MM: 122; SD: 761, 767, 771, 772.
سنن النسائي ٢١٩: أَخْبَرَنَا أَبُو الْأَشْعَثِ قَالَ حَدَّثَنَا خَالِدُ بْنُ الْحَارِثِ قَالَ سَمِعْتُ هِشَامَ بْنَ عُرْوَةَ عَنْ أَبِيْهِ عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ بِنْتَ أَبِيْ حُبَيْشٍ قَالَتْ يَا رَسُوْلَ اللهِ إِنِّي لَا أَطْهُرُ أَفَأَتْرُكُ الصَّلَاةَ قَالَ لَا إِنَّمَا هُوَ عِرْقٌ قَالَ خَالِدٌ فِيْمَا قَرَأْتُ عَلَيْهِ وَ لَيْسَتْ بِالْحَيْضَةِ فَإِذَا أَقْبَلَتْ الْحَيْضَةُ فَدَعِي الصَّلَاةَ وَ إِذَا أَدْبَرَتْ فَاغْسِلِيْ عَنْكِ الدَّمَ وَ صَلِّيْ.
Sunan Nasā’ī 219: Telah mengabarkan kepada kami Abul-Asy‘ats dia berkata: Telah menceritakan kepada kami Khālid bin al-Ḥārits berkata: “Saya mendengar, dari Hisyām bin ‘Urwah, dari Ayahnya, dari ‘Ā’isyah radhiyallāhu ‘anhā bahwa Fāthimah binti Abū Ḥubaisy berkata: “Wahai Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam, aku tidak suci, jadi apakah aku harus meninggalkan shalat?” Beliau shallallāhu ‘alaihi wa sallam menjawab: “Tidak, itu hanya darah penyakit, -Khālid berkomentar setelah ku ungkapkan kepadanya perihal `arq, “`arq bukan darah haidh. Jadi bila datang waktu haidh maka tinggalkanlah shalat dan jika telah selesai waktu kebiasaan haidh maka cucilah (tempat) keluarnya darah itu dan shalatlah.”
Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.
Pembanding: ST: 116; SN: 364; SIM: 616; SD: 772.