Sunan Nasa’i no.209 s.d 212 – Quru’

  1. Quru’ (adalah kurun waktu terhitung dari masa haid s.d selesai-ed.)

سنن النسائي ٢٠٩: أَخْبَرَنَا الرَّبِيْعُ بْنُ سُلَيْمَانَ بْنِ دَاوُدَ بْنِ إِبْرَاهِيْمَ قَالَ حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ بَكْرٍ قَالَ حَدَّثَنِيْ أَبِيْ عَنْ يَزِيْدَ بْنِ عَبْدِ اللهِ عَنْ أَبِيْ بَكْرِ بْنِ مُحَمَّدٍ عَنْ عَمْرَةَ عَنْ عَائِشَةَ
أَنَّ أُمَّ حَبِيْبَةَ بِنْتَ جَحْشٍ الَّتِيْ كَانَتْ تَحْتَ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ عَوْفٍ وَ أَنَّهَا اسْتُحِيْضَتْ لَا تَطْهُرْ فَذُكِرَ شَأْنُهَا لِرَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فَقَالَ إِنَّهَا لَيْسَتْ بِالْحَيْضَةِ وَ لكِنَّهَا رَكْضَةٌ مِنَ الرَّحِمِ فَلْتَنْظُرْ قَدْرَ قَرْئِهَا الَّتِيْ كَانَتْ تَحِيْضُ لَهَا فَلْتَتْرُكِ الصَّلَاةَ ثُمَّ تَنْظُرْ مَا بَعْدَ ذلِكَ فَلْتَغْتَسِلْ عِنْدَ كُلِّ صَلَاةٍ.

Sunan Nasā’ī 209: Telah mengabarkan kepada kami ar-Rabī‘ bin Sulaimān bin Dāūd bin Ibrāhīm dia berkata: Telah menceritakan kepada kami Isḥāq bin Bakr berkata: Telah menceritakan kepadaku Ayahku, dari Yazīd bin ‘Abdullāh, dari Abū Bakar bin Muḥammad, dari ‘Amrah, dari ‘Ā’isyah bahwa Ummu Ḥabībah binti Jaḥsy -istri ‘Abd-ur-Raḥmān bin ‘Auf- mengalami istihadhah dan tidak suci, maka dia mengadukan keadaannya kepada Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam. Beliau shallallāhu ‘alaihi wa sallam lalu bersabda kepadanya: “Ini bukan haid, tetapi hentakan dari rahim. Jadi mandilah dan kerjakanlah shalat. Lalu lihat kebiasaan masa haid, kemudian tinggalkan shalat, dan lihat apa yang terjadi setelah itu. Kemudian mandilah pada setiap akan mengerjakan shalat.

Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ-ul-Isnād.

Pembanding: SN: 353; MA: 23824.

سنن النسائي ٢١٠: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى قَالَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنِ الزُّهْرِيِّ عَنْ عَمْرَةَ عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ أُمَّ حَبِيْبَةَ بِنْتَ جَحْشٍ كَانَتْ تُسْتَحَاضُ سَبْعَ سِنِيْنَ فَسَأَلَتْ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فَقَالَ لَيْسَتْ بِالْحَيْضَةِ إِنَّمَا هُوَ عِرْقٌ فَأَمَرَهَا أَنْ تَتْرُكَ الصَّلَاةَ قَدْرَ أَقْرَائِهَا وَ حَيْضَتِهَا وَ تَغْتَسِلَ وَ تُصَلِّيَ فَكَانَتْ تَغْتَسِلُ عِنْدَ كُلِّ صَلَاةٍ.

Sunan Nasā’ī 210: Telah mengabarkan kepada kami Muḥammad bin al-Mutsannā dia berkata: Telah menceritakan kepada kami Sufyān, dari az-Zuhrī, dari ‘Amrah, dari ‘Ā’isyah bahwa Ummu Ḥabībah binti Jaḥsy mengalami istihadhah (mengeluarkan darah penyakit) selama tujuh tahun, maka ia bertanya kepada Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam tentang hal tersebut. Beliau lalu berkata: “Itu bukan haid, tetapi darah penyakit.” Lalu beliau memerintahkannya untuk meninggalkan shalat menurut waktu kebiasaan haidnya, lalu mandi serta tetap shalat, dan harus mandi pada setiap shalat.

Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.

Pembanding: SN: 354; SIM: 618; MA: 23397.

سنن النسائي ٢١١: أَخْبَرَنَا عِيسَى بْنُ حَمَّادٍ قَالَ حَدَّثَنَا اللَّيْثُ عَنْ يَزِيْدَ بْنِ أَبِيْ حَبِيْبٍ عَنْ بُكَيْرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ عَنِ الْمُنْذِرِ بْنِ الْمُغِيْرَةِ عَنْ عُرْوَةَ أَنَّ فَاطِمَةَ بِنْتَ أَبِيْ حُبَيْشٍ حَدَّثَتْ أَنَّهَا أَتَتْ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فَشَكَتْ إِلَيْهِ الدَّمَ فَقَالَ لَهَا رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ إِنَّمَا ذلِكَ عِرْقٌ فَانْظُرِيْ إِذَا أَتَاكِ قُرْؤُكِ فَلَا تُصَلِّ فَإِذَا مَرَّ قُرْؤُكِ فَتَطَهَّرِيْ ثُمَّ صَلِّي مَا بَيْنَ الْقُرْءِ إِلَى الْقُرْءِ هذَا الدَّلِيْلُ عَلَى أَنَّ الْأَقْرَاءَ حَيْضٌ. قَالَ أَبُوْ عَبْد الرَّحْمنِ وَ قَدْ رَوَى هذَا الْحَدِيْثَ هِشَامُ بْنُ عُرْوَةَ عَنْ عُرْوَةَ وَ لَمْ يَذْكُرْ فِيْهِ مَا ذَكَرَ الْمُنْذِرُ.

Sunan Nasā’ī 211: Telah mengabarkan kepada kami ‘Īsā bin Ḥammād dia berkata: Telah menceritakan kepada kami al-Laits dari Yazīd bin Abū Ḥabīb, dari Bukair bin ‘Abdullāh, dari al-Mundzirī bin al-Mughīrah, dari ‘Urwah bahwa Fāthimah binti Ḥubaisy menceritakan dirinya pernah datang kepada Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam untuk mengadukan pendarahannya. Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam lalu bersabda kepadanya: “Itu darah penyakit. Perhatikan waktu kebiasaan haidmu, jika datang maka jangan shalat dan jika telah berlalu maka bersuci dan shalatlah antara waktu haid yang satu ke waktu haid yang lain.” Ini adalah dalīl bahwa Haidh itu memiliki waktu-waktu tertentu. Abū ‘Abd-ir-Raḥmān berkata: dan telah meriwayatkan pula terhadap hadīts ini Hisyām bin ‘Urwah dari ‘Urwah tetapi dia tidak menyebutkan sebagaimana yang telah disebutkan oleh al-Mundzir.

Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.

Pembanding: SAD: 242; SN: 355, 3497; SIM: 612; MA: 26094, 26346.

سنن النسائي ٢١٢: أَخْبَرَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيْمَ قَالَ أَخْبَرَنَا عَبْدَةُ وَ وَكِيْعٌ وَ أَبُوْ مُعَاوِيَةَ قَالُوْا حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ عُرْوَةَ عَنْ أَبِيْهِ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ جَاءَتْ فَاطِمَةُ بِنْتُ أَبِيْ حُبَيْشٍ إِلَى رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فَقَالَتْ إِنِّي امْرَأَةٌ أُسْتَحَاضُ فَلَا أَطْهُرُ أَفَأَدَعُ الصَّلَاةَ قَالَ لَا إِنَّمَا ذلِكَ عِرْقٌ وَ لَيْسَ بِالْحَيْضَةِ فَإِذَا أَقْبَلَتْ الْحَيْضَةُ فَدَعِي الصَّلَاةَ وَ إِذَا أَدْبَرَتْ فَاغْسِلِيْ عَنْكِ الدَّمَ وَ صَلِّيْ.

Sunan Nasā’ī 212: Telah mengabarkan kepada kami Isḥāq bin Ibrāhīm dia berkata: Telah mengabarkan kepada kami ‘Abdah, Wakī‘ dan Abū Mu‘āwiyah mereka berkata: Telah menceritakan kepada kami Hisyām bin ‘Urwah, dari Ayahnya, dari ‘Ā’isyah dia berkata: “Fāthimah binti Abū Ḥubaisy datang kepada Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam dan berkata: “Aku perempuan yang sedang mengalami istihadhah, dan aku tidak bersuci. Apakah aku harus meninggalkan shalat?” Beliau bersabda: “Tidak, itu darah penyakit, bukan haid. Bila datang haid, tinggalkanlah shalat, dan jika sudah selesai haid maka cucilah darah itu darimu dan shalatlah.

Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.

Pembanding: SB: 221, 295, 309; SM: 501; SAD: 244; ST: 116; SN: 217, 218, 347, 356, 361, 362; SIM: 613, 616, 618; MA: 23397; MM: 122; SD: 761, 767, 771, 772.