Sunan Nasa’i no.201 s.d 208 – Mandi Karena Haidh Dan Atau Istihadhah

  1. Mandi Karena Haidh Dan Atau Istihadhah

سنن النسائي ٢٠١: أَخْبَرَنَا عِمْرَانُ بْنُ يَزِيْدَ قَالَ حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيْلُ بْنُ عَبْدِ اللهِ الْعَدَوِيُّ قَالَ حَدَّثَنَا الْأَوْزَاعِيُّ قَالَ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيْدٍ قَالَ حَدَّثَنِيْ هِشَامُ بْنُ عُرْوَةَ عَنْ عُرْوَةَ عَنْ فَاطِمَةَ بِنْتِ قَيْسٍ مِنْ بَنِيْ أَسَدِ قُرَيْشٍ
أَنَّهَا أَتَتْ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فَذَكَرَتْ أَنَّهَا تُسْتَحَاضُ فَزَعَمَتْ أَنَّهُ قَالَ لَهَا إِنَّمَا ذلِكَ عِرْقٌ فَإِذَا أَقْبَلَتْ الْحَيْضَةُ فَدَعِي الصَّلَاةَ وَ إِذَا أَدْبَرَتْ فَاغْسِلِيْ عَنْكِ الدَّمَ ثُمَّ صَلَّى.

Sunan Nasā’ī 201: Telah mengabarkan kepada kami ‘Imrān bin Yazīd dia berkata: Telah menceritakan kepada kami Ismā‘īl bin ‘Abdullāh al-‘Adawī berkata: Telah menceritakan kepada kami al-Auzā‘ī berkata: Telah menceritakan kepada kami Yaḥyā bin Sa‘īd berkata: Telah menceritakan kepadaku Hisyām bin ‘Urwah, dari ‘Urwah, dari Fāthimah binti Qais -dari Bani Asad Qiraisy- bahwa dia pernah datang kepada Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam dan mengatakan bahwa dirinya sedang istihadhah (mengeluarkan darah penyakit). Ia menyangka bahwa Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam telah bersabda kepadanya: “Itu darah penyakit. Apabila datang haid maka tinggalkan shalat, dan apabila telah selesai maka mandilah dan kerjakanlah shalat.

Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.

Pembanding: SB: 221, 295, 309, 319; SM: 501; SAD: 244; ST: 116; SN: 212, 217, 218, 347, 348, 356, 361, 362, 363; SIM: 613; MA: 122; SD: 767, 771, 772.

سنن النسائي ٢٠٢: أَخْبَرَنَا هِشَامُ بْنُ عَمَّارٍ قَالَ حَدَّثَنَا سَهْلُ بْنُ هَاشِمٍ قَالَ حَدَّثَنَا الْأَوْزَاعِيُّ عَنِ الزُّهْرِيِّ عَنْ عُرْوَةَ عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ إِذَا أَقْبَلَتْ الْحَيْضَةُ فَاتْرُكِي الصَّلَاةَ وَ إِذَا أَدْبَرَتْ فَاغْتَسِلِيْ.

Sunan Nasā’ī 202: Telah mengabarkan kepada kami Hisyām bin ‘Ammār dia berkata: Telah menceritakan kepada kami Sahl bin Hāsyim berkata: Telah menceritakan kepada kami al-Auzā‘ī, dari Zuhrī, dari ‘Urwah, dari ‘Ā’isyah bahwa Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Apabila datang haid maka tinggalkanlah shalat, dan apabila telah berhenti maka mandilah.

Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.

Pembanding: SB: 319; SN: 348; SD: 777.

سنن النسائي ٢٠٣: أَخْبَرَنَا عِمْرَانُ بْنُ يَزِيْدَ قَالَ حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيْلُ بْنُ عَبْدِ اللهِ قَالَ حَدَّثَنَا الْأَوْزَاعِيُّ قَالَ حَدَّثَنَا الزُّهْرِيُّ عَنْ عُرْوَةَ وَ عَمْرَةَ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ اِسْتُحِيْضَتْ أُمُّ حَبِيْبَةَ بِنْتُ جَحْشٍ سَبْعَ سِنِيْنَ فَاشْتَكَتْ ذلِكَ إِلَى رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ إِنَّ هذِهِ لَيْسَتْ بِالْحَيْضَةِ وَ لكِنْ هذَا عِرْقٌ فَاغْتَسِلِيْ ثُمَّ صَلِّي.

Sunan Nasā’ī 203: Telah mengabarkan kepada kami ‘Imrān bin Yazīd dia berkata: Telah menceritakan kepada kami Ismā‘īl bin ‘Abdullāh berkata: Telah menceritakan kepada kami al-Auzā‘ī berkata: Telah menceritakan kepada kami az-Zuhrī dari ‘Urwah dan ‘Amrah, dari ‘Ā’isyah dia berkata: “Ummu Ḥabībah binti Jaḥsyi mengalami istihadhah selama tujuh tahun maka ia mengadu kepada Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam tentang hal tersebut. Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam lalu bersabda: “Ini bukan haid, tetapi darah penyakit. Maka mandilah kemudian shalatlah.

Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.

Pembanding: SM: 503; SAD: 246, 249; SN: 204, 205; MA: 26175; SD: 775.

سنن النسائي ٢٠٤: أَخْبَرَنَا الرَّبِيْعُ بْنُ سُلَيْمَانَ بْنِ دَاوُدَ قَالَ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ يُوْسُفَ قَالَ حَدَّثَنَا الْهَيْثَمُ بْنُ حُمَيْدٍ قَالَ أَخْبَرَنِي النُّعْمَانُ وَ الْأَوْزَاعِيُّ وَ أَبُوْ مُعَيْدٍ وَ هُوَ حَفْصُ بْنُ غَيْلَانَ عَنِ الزُّهْرِيِّ قَالَ أَخْبَرَنِيْ عُرْوَةُ بْنُ الزُّبَيْرِ وَ عَمْرَةُ بْنْتُ عَبْدِ الرَّحْمنِ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ اِسْتُحِيْضَتْ أُمُّ حَبِيْبَةَ بِنْتُ جَحْشٍ امْرَأَةُ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ عَوْفٍ وَ هِيَ أُخْتُ زَيْنَبَ بِنْتِ جَحْشٍ فَاسْتَفْتَتْ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فَقَالَ لَهَا رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ إِنَّ هذِهِ لَيْسَتْ بِالْحَيْضَةِ وَ لَكِنْ هذَا عِرْقٌ فَإِذَا أَدْبَرَتْ الْحَيْضَةُ فَاغْتَسِلِيْ وَ صَلِّيْ وَ إِذَا أَقْبَلَتْ فَاتْرُكِيْ لَهَا الصَّلَاةَ قَالَتْ عَائِشَةُ فَكَانَتْ تَغْتَسِلُ لِكُلِّ صَلَاةٍ وَ تُصَلِّي وَ كَانَتْ تَغْتَسِلُ أَحْيَانًا فِيْ مِرْكَنٍ فِيْ حُجْرَةِ أُخْتِهَا زَيْنَبَ وَ هِيَ عِنْدَ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ حَتَّى أَنَّ حُمْرَةَ الدَّمِ لَتَعْلُو الْمَاءَ وَ تَخْرُجُ فَتُصَلِّيْ مَعَ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فَمَا يَمْنَعُهَا ذلِكَ مِنَ الصَّلَاةِ.

Sunan Nasā’ī 204: Telah mengabarkan kepada kami ar-Rabī‘ bin Sulaimān bin Dāūd dia berkata: Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullāh bin Yūsuf berkata: Telah menceritakan kepada kami al-Ḥaitsam bin Ḥumaid, telah mengabarkan kepadaku an-Nu‘mān dan al-Auzā‘ī dan Abū Mu‘aid yaitu Ḥafsh bin Ghailān, dari az-Zuhrī berkata: Telah mengabarkan kepadaku ‘Urwān bin Zubair dan ‘Amrah binti ‘Abd-ur-Raḥmān, dari ‘Ā’isyah dia berkata: ” Ummu Ḥabībah binti Jaḥsy -istri ‘Abd-ur-Raḥmān bin ‘Auf, saudari Zainab binti Jaḥsy- mengalami istihadah, maka ia meminta fatwa kepada Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam tentang hal tersebut. Lalu Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda kepadanya: “Ini bukan haid, tetapi darah penyakit. Apabila selesai haid maka mandi dan kerjakanlah shalat, dan jika datang haid maka tinggalkanlah shalat.” ‘Ā’isyah berkata: Dia (Ummu Ḥabībah) selalu mandi untuk setiap shalat, lalu dia shalat. Kadang dia mandi di tempat mencuci pakaian di dalam kamar saudaranya (Zainab), dan dia tinggal bersama Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam, hingga merahnya darah mengalahkan air. Dia keluar untuk shalat bersama Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam, dan beliau shallallāhu ‘alaihi wa sallam tidak mencegahnya untuk melaksanakan shalat karena hal itu.”

Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.

Pembanding: SM: 503; SAD: 246, 249; SN: 205; SIM: 618; MA: 23397; SD: 761.

سنن النسائي ٢٠٥: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ سَلَمَةَ قَالَ حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ عَنْ عَمْرِو بْنِ الْحَارِثِ عَنِ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ عُرْوَةَ وَ عَمْرَةَ عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ أُمَّ حَبِيْبَةَ خَتَنَةَ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَ تَحْتَ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ عَوْفٍ اسْتُحِيْضَتْ سَبْعَ سِنِيْنَ اسْتَفْتَتْ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فِيْ ذلِكَ فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ إِنَّ هذِهِ لَيْسَتْ بِالْحَيْضَةِ وَ لكِنْ هذَا عِرْقٌ فَاغْتَسِلِيْ وَ صَلِّيْ.

Sunan Nasā’ī 205: Telah mengabarkan kepada kami Muḥammad bin Salamah dia berkata: Telah menceritakan kepada kami Ibnu Wahb, dari ‘Amr bin al-Ḥārits, dari Ibnu Syihāb, dari ‘Urwah dan ‘Amrah, dari ‘Ā’isyah bahwa Ummu Ḥabībah -saudari istri Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam dari istri ‘Abd-ur-Raḥmān bin ‘Auf- mengalami istihadhah selama tujuh tahun, maka dia meminta fatwa kepada Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam, lalu beliau bersabda kepadanya: “Ini bukan darah haid, tetapi darah penyakit. Maka mandi dan shalatlah.

Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.

Pembanding: SM: 503; SAD: 246, 249; SIM: 618; MA: 23397, 26175; SD: 761, 775.

سنن النسائي ٢٠٦: أَخْبَرَنَا قُتَيْبَةُ قَالَ حَدَّثَنَا اللَّيْثُ عَنِ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ عُرْوَةَ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ اسْتَفْتَتْ أُمُّ حَبِيْبَةَ بِنْتُ جَحْشٍ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فَقَالَتْ يَا رَسُوْلَ اللهِ إِنِّيْ أُسْتَحَاضُ فَقَالَ إِنَّمَا ذلِكَ عِرْقٌ فَاغْتَسِلِيْ وَ صَلِّيْ فَكَانَتْ تَغْتَسِلُ لِكُلِّ صَلَاةٍ.

Sunan Nasā’ī 206: Telah mengabarkan kepada kami Qutaibah dia berkata: Telah menceritakan kepada kami al-Laits, dari Ibnu Syihāb, dari ‘Urwah, dari ‘Ā’isyah dia berkata: “Ummu Ḥabībah binti Jaḥsy meminta fatwa kepada Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam: “Wahai Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam! Aku mengalami istihadhah?” Beliau bersabda: “Itu darah penyakit, maka mandi dan shalatlah.” Lalu Ummu Ḥabībah selalu mandi jika akan shalat.

Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.

Pembanding: SB: 316; SM: 502; SAD: 250; ST: 119; SN: 349; MA: 23943; SD: 953.

سنن النسائي ٢٠٧: أَخْبَرَنَا قُتَيْبَةُ قَالَ حَدَّثَنَا اللَّيْثُ عَنْ يَزِيْدَ بْنِ أَبِيْ حَبِيْبٍ عَنْ جَعْفَرِ بْنِ رَبِيْعَةَ عَنْ عِرَاكِ بْنِ مَالِكٍ عَنْ عُرْوَةَ عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ أُمَّ حَبِيْبَةَ سَأَلَتْ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ عَنِ الدَّمِ قَالَتْ عَائِشَةُ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا رَأَيْتُ مِرْكَنَهَا مَلْآنَ دَمًا فَقَالَ لَهَا رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ امْكُثِيْ قَدْرَ مَا كَانَتْ تَحْبِسُكِ حَيْضَتُكِ ثُمَّ اغْتَسِلِيْ.أَخْبَرَنَا قُتَيْبَةُ مَرَّةً أُخْرَى وَ لَمْ يَذْكُرْ جَعْفَرًا.

Sunan Nasā’ī 207: Telah mengabarkan kepada kami Qutaibah dia berkata: Telah menceritakan kepada kami al-Laits, dari Yazīd bin Abū Ḥabīb, dari Ja‘far bin Rabī‘ah, dari ‘Irāk bin Mālik, dari ‘Urwah, dari ‘Ā’isyah bahwa Ummu Ḥabībah bertanya kepada Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam tentang darah? ‘Ā’isyah radhiyallāhu ‘anhā berkata: “Aku melihat tempatnya mencuci pakaian penuh dengan darah. Lalu Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda kepadanya: “Tetapkanlah sesuai masa/waktu haid yang biasa kamu alami kemudian mandilah.” Dan telah mengabarkan kepada kami lagi Qutaibah tanpa menyebutkan Ja‘far.

Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.

Pembanding: SM: 504, 505; SAD: 241; SN: 350; MA: 24675.

سنن النسائي ٢٠٨: أَخْبَرَنَا قُتَيْبَةُ عَنْ مَالِكٍ عَنْ نَافِعٍ عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ يَسَارٍ عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ تَعْنِيْ أَنَّ امْرَأَةً كَانَتْ تُهَرَاقُ الدَّمَ عَلَى عَهْدِ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فَاسْتَفْتَتْ لَهَا أُمُّ سَلَمَةَ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فَقَالَ لِتَنْظُرْ عَدَدَ اللَّيَالِيْ وَ الْأَيَّامِ الَّتِي ْكَانَتْ تَحِيضُ مِنَ الشَّهْرِ قَبْلَ أَنْ يُصِيْبَهَا الَّذِيْ أَصَابَهَا فَلْتَتْرُكِ الصَّلَاةَ قَدْرَ ذلِكَ مِنَ الشَّهْرِ فَإِذَا خَلَّفَتْ ذلِكَ فَلْتَغْتَسِلْ ثُمَّ لِتَسْتَثْفِرْ ثُمَّ لِتُصَلِّيْ.

Sunan Nasā’ī 208: Telah mengabarkan kepada kami Qutaibah, dari Mālik, dari Nāfi‘, dari Sulaimān bin Yasār, dari Ummu Salamah -ia bermaksud- ada seseorang perempuan yang mengalami pendarahan pada zaman Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam, lalu dia (Ummu Salamah) memintakan fatwa kepada Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam? Beliau bersabda: “Hendaklah kamu menghitung malam dan hari (jadwal) yang biasa kamu haid setiap bulannya. Selama kamu masih berada di hari kebiasaan kamu haid pada setiap bulannya maka tinggalkanlah seukuran malam/hari tersebut dalam setiap bulannya. Bila hal itu selesai maka mandilah, kemudian letakkan kain pada tempat haid, dan kerjakan shalat.

Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.

Pembanding: SAD: 240; SN: 352; MA: 25491; MM: 123; SD: 773.