سنن النسائي ١٨٨: أَخْبَرَنَا عَمْرُو بْنُ عَلِيٍّ قَالَ حَدَّثَنَا يَحْيَى قَالَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ الْأَغَرِّ وَ هوَ ابْنُ الصَّبَّاحِ عَنْ خَلِيفَةَ بْنِ حُصَيْنٍ عَنْ قَيْسِ بْنِ عَاصِمٍ أَنَّهُ أَسْلَمَ فَأَمَرَهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ أَنْ يَغْتَسِلَ بِمَاءٍ وَ سِدْرٍ
Sunan Nasā’ī 188: Telah mengabarkan kepada kami ‘Amr bin ‘Alī, telah menceritakan kepada kami Yaḥyā dia berkata: Telah menceritakan kepada kami Sufyān, dari al-Agharr yaitu Ibnu Shabbāḥ, dari Khalīfah bin Ḥushain, dari Qais bin ‘Āshim bahwa dia masuk Islam, maka Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam menyuruhnya mandi dengan air dan sidr (Daun Bidara).
Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.
Pembanding: SAD: 301; ST: 550; MA: 19698, 19701.
سنن النسائي ١٨٩: أَخْبَرَنَا قُتَيْبَةُ قَالَ حَدَّثَنَا اللَّيْثُ عَنْ سَعِيْدِ بْنِ أَبِيْ سَعِيْدٍ أَنَّهُ سَمِعَ أَبَا هُرَيْرَةَ يَقُوْلُ
إِنَّ ثُمَامَةَ بْنَ أُثَالٍ الْحَنَفِيَّ انْطَلَقَ إِلَى نَجْلٍ قَرِيْبٍ مِنَ الْمَسْجِدِ فَاغْتَسَلَ ثُمَّ دَخَلَ الْمَسْجِدَ فَقَالَ أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَ رَسُوْلُهُ يَا مُحَمَّدُ وَ اللهِ مَا كَانَ عَلَى الْأَرْضِ وَجْهٌ أَبْغَضَ إِلَيَّ مِنْ وَجْهِكَ فَقَدْ أَصْبَحَ وَجْهُكَ أَحَبَّ الْوُجُوْهِ كُلِّهَا إِلَيَّ وَ إِنَّ خَيْلَكَ أَخَذَتْنِيْ وَ أَنَا أُرِيْدُ الْعُمْرَةَ فَمَاذَا تَرَى فَبَشَّرَهُ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَ أَمَرَهُ أَنْ يَعْتَمِرَ مُخْتَصَرٌ.
Sunan Nasā’ī 189: Telah mengabarkan kepada kami Qutaibah dia berkata: Telah menceritakan kepada kami al-Laits, dari Sa‘īd bin Abū Sa‘īd bahwa beliau mendengar Abū Hurairah berkata: “Tsumāmah bin Utsāl al-Ḥanafī pergi ke tempat air mengalir dekat masjid untuk mandi, kemudian masuk ke dalam masjid dan berkata: “Aku bersaksi bahwa tiada tuhan yang diibadahi selain Allah, tidak ada sekutu baginya dan aku bersaksi bahwa Muḥammad adalah hamba dan utusan-Nya. Wahai Muḥammad! Demi Allah di muka bumi ini, dulu tidak ada wajah yang paling aku benci melainkan wajahmu, dan sekarang wajahmu menjadi wajah yang paling aku cintai. Kudamu akan membawaku dan aku ingin umrah. Bagaimana pendapatmu?” Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam memberikan kabar gembira kepadanya dan menyuruhnya umrah.“-Demikian cerita ini secara ringkas-
Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.
Pembanding: Tidak ada.
سنن النسائي ١٩٠: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى عَنْ مُحَمَّدٍ قَالَ حَدَّثَنِيْ شُعْبَةُ عَنْ أَبِيْ إِسْحَاقَ قَالَ سَمِعْتُ نَاجِيَةَ بْنَ كَعْبٍ عَنْ عَلِيٍّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّهُ أَتَى النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فَقَالَ إِنَّ أَبَا طَالِبٍ مَاتَ فَقَالَ اذْهَبْ فَوَارِهِ قَالَ إِنَّهُ مَاتَ مُشْرِكًا قَالَ اذْهَبْ فَوَارِهِ فَلَمَّا وَارَيْتُهُ رَجَعْتُ إِلَيْهِ فَقَالَ لِي اغْتَسِلْ.
Sunan Nasā’ī 190: Telah mengabarkan kepada kami Muḥammad bin al-Mutsannā dari Muḥammad dia berkata: Telah menceritakan kepadaku Syu‘bah, dari Abū Isḥāq berkata: Saya mendengar Nājiah bin Ka‘b, dari ‘Alī radhiyallāhu ‘anhu bahwa dia datang kepada Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam untuk mengabarkan bahwa Abū Thālib meninggal dunia! Beliau bersabda: “Pergilah ke sana dan kuburlah” ‘Alī berkata: dia mati dalam keadaan musyrik. Rasūl bersabda: “pergilah ke sana dan kuburlah” ‘Alī berkata: “Setelah selesai menguburnya aku pulang, lalu beliau shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda kepadaku: ‘Mandilah! ‘”
Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.
Pembanding: MA: 720
سنن النسائي ١٩١: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الْأَعْلَى قَالَ حَدَّثَنَا خَالِدٌ قَالَ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ قَتَادَةَ قَالَ سَمِعْتُ الْحَسَنَ يُحَدِّثُ عَنْ أَبِيْ رَافِعٍ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ إِذَا جَلَسَ بَيْنَ شُعَبِهَا الْأَرْبَعِ ثُمَّ اجْتَهَدَ فَقَدْ وَجَبَ الْغُسْلُ.
Sunan Nasā’ī 191: Telah mengabarkan kepada kami Muḥammad bin ‘Abd-ul-A‘lā dia berkata: Telah menceritakan kepada kami Khālid dia berkata: telah menceritakan kepada kami Syu‘bah, dari Qatādah berkata: “saya mendengar Ḥasan berkata: Dari Abū Rāfi‘, dari Abū Hurairah bahwa Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Apabila telah duduk di antara dua tangan dan dua kaki (bersetubuh), kemudian bersungguh-sungguh, telah wajib mandi baginya.”
Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.
Pembanding: SB: 282; SM: 525, 526; SAD: 186; SN: 192; SIM: 602; MA: 6900, 8220, 8744, 9702, 10329, 21035, 23514, 23673, 23886, 24832; MM: 92, 93, 96; SD: 754.
سنن النسائي ١٩٢: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ يَعْقُوْبَ بْنِ إِسْحَاقَ الْجَوْزَجَانِيُّ قَالَ حَدَّثَنِيْ عَبْدُ اللهِ بْنُ يُوْسُفَ قَالَ حَدَّثَنَا عِيْسَى بْنُ يُوْنُسَ قَالَ حَدَّثَنَا أَشْعَثُ بْنُ عَبْدِ الْمَلِكِ عَنِ ابْنِ سِيْرِيْنَ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ إِذَا قَعَدَ بَيْنَ شُعَبِهَا الْأَرْبَعِ ثُمَّ اجْتَهَدَ فَقَدْ وَجَبَ الْغُسْلُ. قَالَ أَبُوْ عَبْد الرَّحْمنِ هذَا خَطَأٌ وَ الصَّوَابُ أَشْعَثُ عَنِ الْحَسَنِ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ وَ قَدْ رَوَى الْحَدِيْثَ عَنْ شُعْبَةَ النَّضْرُ بْنُ شُمَيْلٍ وَ غَيْرُهُ كَمَا رَوَاهُ خَالِدٌ.
Sunan Nasā’ī 192: Telah mengabarkan kepada kami Ibrāhīm bin Ya‘qūb bin Isḥāq al-Jauzajānī dia berkata: Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullāh bin Yūsuf dia berkata: Telah menceritakan kepada kami ‘Isā bin Yūnus dia berkata: Telah menceritakan kepada kami Asy‘ats bin ‘Abd-ul-Mālik, dari Ibnu Sīrīn, dari Abū Hurairah bahwa Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Apabila telah duduk di antara dua tangan dan dua kaki kemudian bersungguh-sungguh, telah wajib mandi baginya.” Abū ‘Abd-ur-Raḥmān berkata: Yang ini salah, yang benar adalah, Asy‘ats, dari al-Ḥasan, dari Abū Hurairah. Telah meriwayatkan ḥadīts ini, An-Nadhr bin Syumail, Khālid, dan yang lainnya dari Syu‘bah.
Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.
Pembanding: SB: 282; SM: 525, 526; SAD: 186; SIM: 602; MA: 6900, 8220, 8744, 9702, 10326, 10329, 21035, 23075, 23514, 23886, 24832; MM: 92, 93, 96; SD: 754.
سنن النسائي ١٩٣: أَخْبَرَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيْدٍ وَ عَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ وَ اللَّفْظُ لِقُتَيْبَةَ قَالَ حَدَّثَنَا عَبِيْدَةُ بْنُ حُمَيْدٍ عَنِ الرُّكَيْنِ بْنِ الرَّبِيْعِ عَنْ حُصَيْنِ بْنِ قَبِيْصَةَ عَنْ عَلِيٍّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ كُنْتُ رَجُلًا مَذَّاءً فَقَالَ لِيْ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ إِذَا رَأَيْتَ الْمَذْيَ فَاغْسِلْ ذَكَرَكَ وَ تَوَضَّأْ وُضُوْءَكَ لِلصَّلَاةِ وَ إِذَا فَضَخْتَ الْمَاءَ فَاغْتَسِلْ.
Sunan Nasā’ī 193: Telah mengabarkan kepada kami Qutaibah bin Sa‘īd dan ‘Alī bin Ḥujr lafazh ini dari Qutaibah dia berkata: Telah menceritakan kepada kami ‘Abīdah bin Ḥumaid, dari Rukain bin Rabī‘, dari Ḥushain bin Qabīshah, dari ‘Alī radhiyallāhu ‘anhu berkata: “Aku laki-laki yang sering mengeluarkan madzi. Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda kepadaku: “Apabila kamu melihat madzi, maka cucilah kemaluanmu dan berwudhu’lah seperti wudhu’ untuk shalat. Jika kamu mengeluarkan air mani, mandilah.”
Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.
Pembanding: SAD: 178; SN: 194; MA: 826, 978; MM: 78.
سنن النسائي ١٩٤: أَخْبَرَنَا عُبَيْدُ اللهِ بْنُ سَعِيْدٍ قَالَ أَنْبَأَنَا عَبْدُ الرَّحْمنِ عَنْ زَائِدَةَ ح و أَخْبَرَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيْمَ وَ اللَّفْظُ لَهُ أَنْبَأَنَا أَبُو الْوَلِيْدِ حَدَّثَنَا زَائِدَةُ عَنِ الرُّكَيْنِ بْنِ الرَّبِيْعِ بْنِ عَمِيْلَةَ الْفَزَارِيِّ عَنْ حُصَيْنِ بْنِ قَبِيْصَةَ عَنْ عَلِيٍّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ كُنْتُ رَجُلًا مَذَّاءً فَسَأَلْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فَقَالَ إِذَا رَأَيْتَ الْمَذْيَ فَتَوَضَّأْ وَ اغْسِلْ ذَكَرَكَ وَ إِذَا رَأَيْتَ فَضْخَ الْمَاءِ فَاغْتَسِلْ.
Sunan Nasā’ī 194: Telah mengabarkan kepada kami ‘Ubaidullāh bin Sa‘īd dia berkata: Telah memberitakan kepada kami ‘Abd-ur-Raḥmān, dari Zā’idah, dan telah mengabarkan kepada kami Isḥāq bin Ibrāhīm lafazh ini darinya, telah mengabarkan kepada kami Abul-Walīd, telah menceritakan kepada kami Zā’idah, dari Rukain bin Rabī‘ bin ‘Amīlah al-Fazārī, dari Ḥushain bin Qabīshah, dari ‘Alī radhiyallāhu ‘anhu dia berkata: “Aku laki-laki yang sering mengeluarkan madzi, maka aku bertanya Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam, lalu beliau bersabda kepadaku: “Apabila kamu melihat madzi, berwudhu’lah seperti wudhu’ untuk shalat, kemudian cuci kemaluanmu. Jika kamu melihat keluarnya air mani, mandilah.”
Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.
Pembanding: SB: 261; MA: 978.