Sunan Nasa’i no.166 s.d 170 – Tidak Harus Berwudhu’ Apabila Menyentuh Istri Tanpa Dibarengi Syahwat

  1. Tidak Berwudhu’ Seseorang Menyentuh Istrinya Tanpa Dibarengi Syahwat.

سنن النسائي ١٦٦: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللهِ بْنِ الْحَكَمِ عَنْ شُعَيْبٍ عَنِ اللَّيْثِ قَالَ أَنْبَأَنَا ابْنُ الْهَادِ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ الْقَاسِمِ عَنِ الْقَاسِمِ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ إِنْ كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ لَيُصَلِّيْ وَ إِنِّيْ لَمُعْتَرِضَةٌ بَيْنَ يَدَيْهِ اعْتِرَاضَ الْجَنَازَةِ حَتَّى إِذَا أَرَادَ أَنْ يُوْتِرَ مَسَّنِيْ بِرِجْلِهِ.

Sunan Nasā’ī 166: Telah mengabarkan kepada kami Muḥammad bin ‘Abdullāh bin al-Ḥakam, dari Syu‘aib, dari Laits dia berkata: Telah memberitakan kepada kami Ibn-ul-Hād, dari ‘Abd-ur-Raḥmān bin Qāsim, dari al-Qāsim, dari ‘Ā’isyah dia berkata: “Jika Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam shalat dan aku berbaring di depannya laksana mayat, apabila beliau ingin melakukan shalat witir, beliau menyentuhku dengan kakinya.

Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.

Pembanding: MA: 25034.

سنن النسائي ١٦٧: أَخْبَرَنَا يَعْقُوْبُ بْنُ إِبْرَاهِيْمَ قَالَ حَدَّثَنَا يَحْيَى عَنْ عُبَيْدِ اللهِ قَالَ سَمِعْتُ الْقَاسِمَ بْنَ مُحَمَّدٍ يُحَدِّثُ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ لَقَدْ رَأَيْتُمُوْنِيْ مُعْتَرِضَةً بَيْنَ يَدَيْ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يُصَلِّيْ فَإِذَا أَرَادَ أَنْ يَسْجُدَ غَمَزَ رِجْلِيْ فَضَمَمْتُهَا إِلَيَّ ثُمَّ يَسْجُدُ.

Sunan Nasā’ī 167: Telah mengabarkan kepada kami Ya‘qūb bin Ibrāhīm dia berkata: Telah menceritakan kepada kami Yaḥyā, dari ‘Ubaidullāh berkata: Saya mendengar al-Qāsim bin Muḥammad berkata: dari ‘Ā’isyah dia berkata: “Kalian telah mengetahui bahwa aku berbaring di depan Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam padahal Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam sedang shalat. Apabila beliau hendak sujud, maka beliau meraba kakiku, lalu aku menarik kakiku, kemudian beliau sujud.

Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.

Pembanding: MA: 23799, 23875, 24314

سنن النسائي ١٦٨: أَخْبَرَنَا قُتَيْبَةُ عَنْ مَالِكٍ عَنْ أَبِي النَّضْرِ عَنْ أَبِيْ سَلَمَةَ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ كُنْتُ أَنَامُ بَيْنَ يَدَيْ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَ رِجْلَايَ فِيْ قِبْلَتِهِ فَإِذَا سَجَدَ غَمَزَنِيْ فَقَبَضْتُ رِجْلَيَّ فَإِذَا قَامَ بَسَطْتُهُمَا وَ الْبُيُوْتُ يَوْمِئِذٍ لَيْسَ فِيْهَا مَصَابِيْحُ.

Sunan Nasā’ī 168: Telah mengabarkan kepada kami Qutaibah, dari Mālik, dari Abun-Nadhr, dari Abū Salamah, dari ‘Ā’isyah dia berkata: “Aku pernah tidur di depan Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam dan kedua kakiku berada di kiblatnya. Apabila sujud beliau menyentuh kakiku dan apabila beliau berdiri aku membentangkan lagi kedua kakiku, lalu aku menarik kedua kakiku, dan saat itu di dalamnya tidak ada lampunya.

Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.

Pembanding: SB: 369, 483; SM: 796; SAD: 612; MA: 23993, 24314; MM: 238.

سنن النسائي ١٦٩: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللهِ بْنِ الْمُبَارَكِ وَ نُصَيْرُ بْنُ الْفَرَجِ وَ اللَّفْظُ لَهُ قَالَا حَدَّثَنَا أَبُوْ أُسَامَةَ عَنْ عُبَيْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ يَحْيَى بْنِ حَبَّانَ عَنِ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا قَالَتْ.فَقَدْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ ذَاتَ لَيْلَةٍ فَجَعَلْتُ أَطْلُبُهُ بِيَدِيْ فَوَقَعَتْ يَدِيْ عَلَى قَدَمَيْهِ وَ هُمَا مَنْصُوْبَتَانِ وَ هُوَ سَاجِدٌ يَقُوْلُ أَعُوْذُ بِرِضَاكَ مِنْ سَخَطِكَ وَ بِمُعَافَاتِكَ مِنْ عُقُوْبَتِكَ وَ أَعُوْذُ بِكَ مِنْكَ لَا أُحْصِيْ ثَنَاءً عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ.

Sunan Nasā’ī 169: Telah mengabarkan kepada kami Muḥammad bin ‘Abdullāh Ibn-ul-Mubārak dan Nushair bin al-Faraj dan lafazh ini darinya, keduanya berkata: Telah menceritakan kepada kami Abū Usāmah, dari ‘Ubaidullāh bin ‘Umar, dari Muḥammad bin Yaḥyā bin Ḥabbān, dari al-A‘raj, dari Abū Hurairah, dari ‘Ā’isyah dia berkata: “Pada suatu malam aku kehilangan Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam dan aku mencari-carinya dengan kedua tanganku. Lalu kedua tanganku menyentuh kedua kakinya yang berdiri tegak, sedangkan beliau sedang dalam keadaan sujud. Beliau mengucapkan (do’a), Aku berlindung dengan ridha-Mu dari murka-Mu dan berlindung dengan sikap pemaaf-Mu dari siksa-Mu, dan berlindung dengan-Mu dari Engkau. Aku tidak bisa menghitung pujian kepada Engkau sebagaimana Engkau memuji diri-Mu sendiri’.

Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.

Pembanding: SM: 751; SAD: 745, 1215; ST: 3415, 3489; SN: 1068, 1118, 1727, 5439; SIM: 3834; MA: 712, 911, 1228, 23176, 24475; MM: 448.

  1. Tidak Berwudhu’ Karena Mencium Istri (-ed.)

سنن النسائي ١٧٠: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى عَنْ يَحْيَى بْنِ سَعِيْدٍ عَنْ سُفْيَانَ قَالَ أَخْبَرَنِيْ أَبُوْ رَوْقٍ عَنْ إِبْرَاهِيْمَ التَّيْمِيِّ عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ كَانَ يُقَبِّلُ بَعْضَ أَزْوَاجِهِ ثُمَّ يُصَلِّيْ وَ لَا يَتَوَضَّأُ قَالَ أَبُوْ عَبْد الرَّحْمنِ لَيْسَ فِيْ هذَا الْبَابِ حَدِيْثٌ أَحْسَنُ مِنْ هذَا الْحَدِيْثِ وَ إِنْ كَانَ مُرْسَلًا وَ قَدْ رَوَى هذَا الْحَدِيْثَ الْأَعْمَشُ عَنْ حَبِيْبِ بْنِ أَبِيْ ثَابِتٍ عَنْ عُرْوَةَ عَنْ عَائِشَةَ قَالَ يَحْيَى الْقَطَّانُ حَدِيْثُ حَبِيْبٍ عَنْ عُرْوَةَ عَنْ عَائِشَةَ هذَا وَ حَدِيْثُ حَبِيْبٍ عَنْ عُرْوَةَ عَنْ عَائِشَةَ تُصَلِّ وَ إِنْ قَطَرَ الدَّمُ عَلَى الْحَصِيْرِ لَا شَيْءَ.

Sunan Nasā’ī 170: Telah mengabarkan kepada kami Muḥammad bin al-Mutsannā dari Yaḥyā bin Sa‘īd dari Sufyān dia berkata: Telah mengabarkan kepadaku Abū Rauq, dari Ibrāhīm at-Taimī, dari ‘Ā’isyah bahwa Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam pernah mencium sebagian istrinya, kemudian shalat tanpa berwudhū’ lagi. Abū ‘Abd-ir-Raḥmān berkata: Tidak ada dalam bab ini sebuah hadīts yang lebih baik dari ḥadīts ini, walaupun ḥadīts ini Mursal. Ḥadīts ini telah diriwayatkan oleh al-A‘masy, dari Ḥabīb bin Abū Tsābit, dari ‘Urwah, dari ‘Ā’isyah. Yaḥyā al-Qaththān berkata: “Ini adalah hadīts Ḥabīb, dari ‘Urwah, dari ‘Ā’isyah.

Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.

Pembanding: MA: 23193.