Peringatan ke29 – Peringatan-Peringatan di dalam Hadits-Hadits Qudsi oleh Imam al-Ghazali

هُوَ
الْمَوَاعِظُ فِي أَحَادِيثِ الْقُدْسِيَّةِ
لِلإِمَامِ الْغَزَالِيِّ

Peringatan-peringatan di dalam Hadits-hadits Qudsi
Oleh: Imam al-Ghazali

الْمَوْعِظَةُ التَّاسِعَةُ وَ الْعِشْرُوْنَ

Peringatan Kedua Puluh Sembilan.

يَقُوْلُ اللهُ تَعَالى: يَا بْنَ آدَمَ!

Allah ta‘ā berfirman: “Wahai anak-cucu Ādam!

الْمَالُ مَالِيْ وَ أَنْتَ عَبْدِيْ،

Harta itu adalah harta-Ku, sedangkan engkau adalah hamba-Ku,

فَمَالَكَ مِنْ مَالِيْ إِلاَّ مَا أَكَلْتَ فَأَفْنَيْتَ،

Maka engkau tidak akan mendapat suatu manfaat dari harta-Ku selain apa yang engkau makan, lalu hilang (menjadi kotoran),

أَوْ لَبِسْتَ فَأَبْلَيْتَ،

Atau engkau pakai, lalu menjadi usang,

أَوْ تَصَدَّقْتَ فَأَبْقَيْتَ.

Atau engkau sedekahkan, lalu menjadi kekal abadi selamanya,

فَأَنَا وَ أَنْتَ ثَلاَثَةُ أَقْسَامٍ: فَوَاحِدٌ لِيْ، وَ وَاحِدٌ لَكَ، وَ وَاحِدٌ بَيْنِيْ وَ بَيْنَكَ:

Ada tiga hal di antara Aku dan engkau: satu milik-Ku, satu milikmu dan yang satu di antara diri-Ku dan di antara dirimu (bersama),

فَأَمَّا الَّذِيْ لِيْ فَرُوْحُكَ،

Yang menjadi milik-Ku adalah ruhmu,

وَ أَمَّا الَّذِيْ لَكَ فَعَمَلُكَ،

Yang menjadi milikmu adalah amalmu,

وَ أَمَّا الَّذِيْ بَيْنِيْ وَ بَيْنَكَ، فَمِنْكَ الدُّعَاءُ وَ مِنِّي الإِجَابَةُ.

Dan yang menjadi di antara diri-Ku dan dirimu, yaitu dari dirimu doa, dan dari diri-Ku adalah mengabulkan doamu,

يَا بْنَ آدَمَ! تَوَرَّعْ وَافْتَحْ تَرَنِيْ،

“Wahai anak-cucu Ādam! Berhati-hatilah (dalam semua urusan dunia dan akhiratmu), dan lapangkanlah hatimu (menerima apa adanya), engkau pasti akan melihat-Ku,

وَ اعْبُدْنِيْ تَصِرْ إِلَيَّ،

Beribadahlah kepada-Ku, engkau pasti akan kembali kepada-Ku,

وَ اطْلُبْنِيْ تَجِدْنِيْ،

Carilah Aku, pasti engkau akan bertemu dengan-Ku,

يَا بْنَ آدَمَ! إِذَا كُنْتَ مِثْلَ الأُمَرَاءِ الَّذِيْنَ دَخَلُوا النَّارَ بِالْفُجُوْرِ،

Wahai anak-cucu Ādam! Jika engkau berperilaku seperti para penguasa yang masuk neraka karena keculasan,

وَ الْعَرَبُ بِالْمَعْصِيَةِ،

Atau orang ‘Arab (yang masuk neraka) karena maksiat,

وَ الْعُلَمَاءِ بِالْجَسَدِ،

Atau para ulama’ (yang masuk neraka) karena hasad dengki,

وَ التُّجَّارِ بِالْخِيَانَةِ،

Atau para pedagang (yang masuk neraka) karena pengkhianatannya,

وَ الْجَبْرِيَّةِ بِالْجَهَالَةِ،

Atau para penganut aliran jabariah (yang masuk neraka) karena kejahilannya,

وَ الصُّنَّاعِ وَ الْعِبَادِ بِالرِّيَاءِ،

Atau para pekerja dan ahli ibadah (yang masuk neraka) karena suka pamernya,

وَ الأَغْنِيَاءِ بِالْكِبْرِ،

Atau orang kaya (yang masuk neraka) karena kesombongannya,

وَ الْفُقَرَاءِ بِالْكَذِبِ،

Atau orang fakir miskin (yang masuk neraka) karena kebohongannya,

فَأَيْنَ مَنْ يَطْلُبُ الْجَنَّةَ.

Lantas di mana orang-orang yang mengharapkan masuk surga?

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *