مسند الشافعي ٤٠٥: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، عَنْ إِسْمَاعِيْلَ بْنِ أُمَيَّةَ، عَنْ عَمْرِو بْنِ أَبِيْ سُفْيَانَ، عَنْ رَجُلٍ، سَمَّاهُ ابْنَ سِعْرٍ، إِنْ شَاءَ اللهُ، عَنْ سِعْرٍ، أَخِيْ بَنِيْ عَدِيٍّ قَالَ: جَاءَنِيْ رَجُلَانِ فَقَالَا: إِنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ بَعَثَنَا نُصَدِّقُ أَمْوَالَ النَّاسِ. قَالَ: فَأَخْرَجْتُ مَاخِضًا أَفْضَلَ مَا وَجَدْتُ، فَرَدَّاهَا عَلَيَّ وَ قَالَا: إِنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ نَهَانَا أَنْ نَأْخُذَ الشَّاةَ الْحُبْلَى. قَالَ: فَأَعْطَيْتَهُمَا شَاةً مِنْ وَسَطِ الْغَنَمِ فَأَخَذَاهَا.
Musnad Syāfi‘ī 405: Ibrāhīm bin Muḥammad mengabarkan kepada kami dari Ismā‘īl bin Umayyah, dari ‘Amr bin Abī Sufyān, dari seorang lelaki yang diberi nama oleh Ibnu Si‘r, In syā’ Allāh, dari Si‘r —Bani ‘Adī—, ia mengatakan: Dua orang lelaki datang kepadaku, lalu keduanya berkata: “Sesungguhnya Rasūlullāh s.a.w. telah mengutus kami sebagai pengumpul zakat orang-orang.” Si‘r melanjutkan kisahnya: Maka aku menyerahkan kepada keduanya seekor kambing yang bunting tua lagi yang paling baik, tetapi keduanya mengembalikan kambing itu kepadaku dan berkata: “Sesungguhnya Rasūlullāh s.a.w. melarang kami memungut kambing yang sedang bunting.” Si‘r melanjutkan kisahnya lagi: Maka aku berikan kepada keduanya seekor kambing yang pertengahan di antara ternak yang ada, maka barulah keduanya mau menerimanya. 410
مسند الشافعي ٤٠٦: أَخْبَرَنَا مَالِكٌ، عَنْ نَافِعٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: «لَا تَجِبُ فِيْ مَالٍ زَكَاةٌ حَتَّى يَحُوْلَ عَلَيْهِ الْحَوْلُ»
Musnad Syāfi‘ī 406: Mālik mengabarkan kepada kami dari Nāfi‘, dari Ibnu ‘Umar, ia berkata: “Harta benda tidak wajib dizakati sebelum mencapai masa satu tahun.” 411
مسند الشافعي ٤٠٧: أَخْبَرَنَا مَالِكٌ، عَنْ عَمْرِو بْنِ حُسَيْنٍ، عَنْ عَائِشَةَ ابْنَةِ قُدَامَةَ، عَنْ أَبِيْهَا قَالَ: كُنْتُ إِذَا جِئْتُ عُثْمَانَ بْنَ عَفَّانَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَقْبِضُ مِنْهُ عَطَائِي سَأَلَنِيْ: هَلْ عِنْدَكَ مِنْ مَالٍ وَجَبَتْ فِيْهِ الزَّكَاةُ؟ فَإِنْ قُلْتُ: نَعَمْ، أَخَذَ مِنْ عَطَائِيْ زَكَاةَ ذلِكَ الْمَالِ، وَ إِنْ قُلْتُ: لَا، دَفَعَ إِلَيَّ عَطَائِيْ.
Musnad Syāfi‘ī 407: Mālik mengabarkan kepada kami dari ‘Amr bin Ḥusain, dari ‘Ā’isyah binti Qudāmah, dari ayahnya, ia mengatakan: Bila aku datang kepada ‘Utsmān bin ‘Affān untuk mengambil ‘athā’ (pensiunan)ku darinya, ia selalu bertanya kepadaku: “Apakah engkau mempunyai harta yang diharuskan zakat padanya?” Jika aku mengatakan: “Ya”, maka ia mengambil sebagian dari ‘athā’-ku sebagai zakat hartaku itu. Dan jika aku katakan “Tidak”, maka ia menyerahkan seluruh ‘athā’-ku kepadaku. 412
مسند الشافعي ٤٠٨: أَخْبَرَنَا مَالِكُ بْنُ أَنَسٍ، عَنْ زَيْدِ بْنِ أَسْلَمَ، عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ، عَنْ أَبِيْ رَافِعٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ «اسْتَسْلَفَ مِنْ رَجُلٍ بِكْرًا، فَجَاءَتْهُ إِبِلٌ مِنْ إِبِلِ الصَّدَقَةِ فَأَمَرَنِيْ أَنْ أَقْضِيَهُ إِيَّاهُ».
Musnad Syāfi‘ī 408: Mālik bin Anas mengabarkan kepada kami, dari Zaid bin Aslam dari ‘Athā’ bin Yasār dari Abū Rāfi‘ r.a.; Bahwa Rasūlullāh s.a.w. mengadakan akad salaf anak lembu dari seorang lelaki, namun beliau menggantikannya dengan unta yang termasuk unta zakat, lalu beliau menyuruhku untuk menunaikannya. 413
مسند الشافعي ٤٠٩: أَخْبَرَنَا مَالِكُ بْنُ أَنَسٍ، وَ سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ، كِلَاهُمَا عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ دِيْنَارٍ، عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ يَسَارٍ، عَنْ عِرَاكِ بْنِ مَالِكٍ، عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ: «لَيْسَ عَلَى الْمُسْلِمِ فِيْ عَبْدِهِ وَ لَا فِيْ فَرَسِهِ صَدَقَةٌ» أَخْبَرَنِي ابْنُ عُيَيْنَةَ، عَنْ أَيُّوْبَ بْنِ مُوْسَى، عَنْ مَكْحُوْلٍ، عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ يَسَارٍ، عَنْ عِرَاكِ بْنِ مَالِكٍ، عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ مِثْلَهُ.
Musnad Syāfi‘ī 409: Mālik bin Anas dan Sufyān bin ‘Uyainah mengabarkan kepada kami, keduanya dari ‘Abdullāh bin Dīnār, dari Sulaimān bin Yasār, dari ‘Irāk bin Mālik, dari Abū Hurairah bahwa Rasūlullāh s.a.w. telah bersabda: “Tidak ditetapkan kewajiban berzakat atas seorang Muslim pada budaknya, tidak pula pada kudanya.” Ibnu ‘Uyainah mengabarkan kepadaku dari Ayyūb bin Mūsā, dari Makḥūl, dari Sulaimān bin Yasār, dari ‘Irāk bin Mālik, dari Abū Hurairah, dari Nabi s.a.w. dengan redaksi hadits yang semisalnya. 414
مسند الشافعي ٤١٠: أَخْبَرَنَا سُفْيَانُ، عَنْ يَزِيْدَ بْنِ يَزِيْدَ بْنِ جَابِرٍ، عَنْ عِرَاكِ بْنِ مَالِكٍ، عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ، مِثْلَهُ مَوْقُوْفًا عَلَى أَبِيْ هُرَيْرَةَ.
Musnad Syāfi‘ī 410: Sufyān mengabarkan kepada kami dari Yazīd bin Yazīd bin Jābir, dari ‘Irāk bin Mālik, dari Abū Hurairah dengan redaksi hadits yang semisal, hanya mauqūf sampai kepada Abū Hurairah. 415
مسند الشافعي ٤١١: أَخْبَرَنَا مَالِكٌ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ دِيْنَارٍ قَالَ: سَأَلْتُ سَعِيْدَ بْنَ الْمُسَيِّبِ عَنْ صَدَقَةِ الْبَرَاذِيْنَ، فَقَالَ: وَ هَلْ فِي الْخَيْلِ صَدَقَةٌ؟.
Musnad Syāfi‘ī 411: Mālik mengabarkan kepada kami dari ‘Abdullāh bin Dīnār, ia berkata: “Aku pernah bertanya kepada Sa‘īd bin al-Musayyab tentang zakat kuda birdzaun (barādzīn), maka ia menjawab: “Apakah pada ternak kuda ada kewajiban zakat?”.” 416