024 Nafkah kepada Keluarga Termasuk Sedekah – Membuat Harta Anda Barakah

40 HADITS SHAHIH
Membuat Harta Anda Barakah

Oleh: Ainurrahim

Tim Penyusun:
Ust. Imam Ghozali, Ustzh. Khoiro Ummatin,
Ust. M. Faishol, Ustzh. Khotimatul Husna,
Ust. Ahmad Shidqi, Ust. Didik L. Hariri,
Ust. Irfan Afandi, Ust. Ahmad Lutfi,
Ust. Syarwani, Ust. Alaik S., Ust. Bintus Sami‘,
Ust. Ahmad Shams Madyan, Lc.
Ust. Syaikhul Hadi, Ust. Ainurrahim.

Penerbit: Pustaka Pesantren

Hadits ke-24

Nafkah kepada Keluarga Termasuk Sedekah

 

عَنْ عَدِيِّ بْنِ ثَابِتٍ قَالَ: سَمِعْتُ عَبْدِ اللهِ بْنِ يَزِيْدِ الأَنْصَارِيِّ، عَنْ أَبِيْ مَسْعَوْدِ الأَنْصَارِيِّ، فَقُلْتُ: عَنِ النَّبِيِّ؟ فَقَالَ: عَنِ النِّبِيِّ (ص) قَالَ: إِذَا أَنْفَقَ الْمُسْلِمُ نَفَقَةً عَلَى أَهْلِهِ، وَ هُوَ يَحْتَسِبُهَا، كَانَتْ لَهُ صَدَقَةٌ.

Artinya:

Dari ‘Adi bin Tsabit yang berkata: Saya mendengar perkataan ‘Abdullah bin Yazid al-Anshari, dari Abu Mas‘ud al-Anshari, kemudian saya bertanya: “Apakah sabda ini dari Rasulullah? Ia pun menjawab: “Benar sabda ini dari Rasulullah s.a.w. Beliau telah sabda: “Jika seorang muslim menafkahkan harta kepada keluarganya, dan ia pun mengikhlaskan pemberian itu, maka baginya pahala bersedekah.” (H.R. al-Bukhari).

Keterangan:

Keikhlasan dalam memberikan sebagian harta yang kita miliki, akan dicatat sebagai sedekah di mana telah disiapkan baginya pahala yang menguntungkan. Allah tidak pernah menyia-nyiakan perilaku hamba-Nya yang mau mengulurkan tangan menolong orang lain yang sedang kekurangan. Semua pemberian yang didasarkan kepada keikhlasan, dicatat oleh Allah s.w.t. dengan pahala bersedekah. Dalam hal ini, termasuk pemberian seorang suami kepada keluarganya (istrinya).

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

You have to agree to the comment policy.