skip to Main Content
015 Hak Si Miskin Atas Si Kaya – Membuat Harta Anda Barakah

40 HADITS SHAHIH
Membuat Harta Anda Barakah

Oleh: Ainurrahim

Tim Penyusun:

Ust. Imam Ghozali, Ustzh. Khoiro Ummatin,
Ust. M. Faishol, Ustzh. Khotimatul Husna,
Ust. Ahmad Shidqi, Ust. Didik L. Hariri,
Ust. Irfan Afandi, Ust. Ahmad Lutfi,
Ust. Syarwani, Ust. Alaik S., Ust. Bintus Sami‘,
Ust. Ahmad Shams Madyan, Lc.
Ust. Syaikhul Hadi, Ust. Ainurrahim.

Penerbit: Pustaka Pesantren

Hadits ke-15

Hak Si Miskin Atas Harta Si Kaya

عَنْ عَلِيٍّ عَنِ النَّبِيِّ (ص): أَنَّهُ قَالَ: إِنَّ اللهَ فَرَضَ عَلَى أَغْنِيَاءِ الْمُسْلِمِيْنَ فِيْ أَمْوَالِهِمْ بِقَدْرِ الَّذِيْ يَسَعُ فُقُرَائِهِمْ، وَ لَنْ يَجْتَهِدَ الْفُقَرَاءُ إِذَا جَاعُوْا أَوْ عُرُوْا إِلاَّ بِمَا يَصْنَعُ أَغْنِيَاؤُهُمْ عَذَابًا أَلِيْمًا.

Artinya:

Dari ‘Ali r.a. Rasulullah s.a.w. bersabda: “Allah mewajibkan zakat pada harta orang-orang kaya dari kaum muslimin sejumlah yang dapat melapangkan orang-orang miskin di antara mereka. Fakir miskin itu tiadalah akan menderitakan kelaparan dan kesulitan sandang, kecuali karena perbuatan golongan kaya. Ingatlah Allah akan mengadili mereka nanti secara tegas dan menyiksa mereka dengan (azab) pedih.” (H.R. Thabrani).

Keterangan:

Pengaturan zakat harta kekayaan yang dimiliki setiap muslim diperimbangkan dengan kerja yang dilakukan oleh kaum miskin di sekitar mereka. Hakikat yang diperumpamakan dari keputusan ini adalah kerja orang miskin di sekitar mereka merupakan jatah dari kekayaan yang dimiliki oleh orang kaya. Oleh karena itu, kelaparan yang dialami oleh kaum miskin akan menjadi rintangan yang akan menimpa keutuhan dari kekayaan orang-orang kaya.


  • Diposting Pada: 2:59 PM 12/06/2017
  • Dalam Kategori:
  • Terdiri Dari: 132 Kata
  • Dilihat: 3 Kali.
Back To Top