Hati Senang

03-8,9,10 Amaliyah Peringatan Maulid – Dalil Syar’i Maulid Nabi

Bahas Cerdas & Kupas Tuntas
DALIL SYAR‘I MAULID NABI

Penyusun: Muhammad Ahmad Vad‘aq

Penerbit: Pustaka al-Khairat

Catatan:

  1. 16). Nabi s.a.w. ditanya tentang puasa hari Sabtu, beliau menjawab: “Itulah hari kelahiranku dan hari aku diutus (diberi wahyu).” Seperti disebutkan dalam Shaḥīḥ Muslim (hadits nomor 1162). Maksudnya, hari Senin adalah hari di mana Allah s.w.t. membei kita dua nikmat yang disebutkan dalam hadits di atas, karena itu kita layak puasa pada hari tersebut.
  2. 17). Madzhab Imām Aḥmad dan murid-muridnya seperti disebutkan dalam Syarḥ-ul-Kaukab-il-Munīr, 4/221. Asy-Syaukānī menjelaskan dalam Irsyād-ul-Fuḥūl, 2/882; perlu diketahui, tidak da perbedaan pendapat dalam hal berpedoman pada alasan yang disebutkn secara nash. Titik perbedatan hanya apakah berpedoman pada alasan yang disebut dalam nash temasuk masalah qiyās ataukah mengamalkan isi nash. Jumhur berpendapat termasuk masalah qiyās sementara kalangan yang menafikan qiyās berpendapat termasuk mengamalkan isi nash. Menafikan qiyās masyhur bagi kalangan ahli zhahir. Az-Zarkasyī menjelaskan dalam al-Baḥr-ul-Muḥīth, 4/199; apakah termasuk bagian mengamalkan nash ataukah qiyās? Dalam hal ini ada dua pendapat yang diriwayatkan dari asy-Syāfi‘ī. Yang benar adalah termasuk mengamalkan qiyās. Penjelasan serupa juga tertera dalam Taisīr-ut-Taḥrīri, 1/259).
  3. 18). HR. Muslim, hadits nomor 746.
  4. 19). HR. at-Tirmidzī dalam kitab Sunan-nya, hadits nomor 3690, dinyatakan sebagai hadits ḥasan gharīb, juga diriwayatkan oleh Ibnu Ḥibbān dalam kitab ash-Shaḥīḥ, hadits nomor 4386, Sunan Abī Dāwūd, hadits nomor 3312. Musnad Aḥmad hadits nomor 22989 dan 230011.
  5. 20). 4/382, Dar al-Ma‘rifat, Beirut, taḥqīq: Muhammad Hamid al-Faqi.
  6. 21). Syair yang dikategorikan al-Khaththābī seabgai ibadah adalah syair-syair dengan tujuan berbeda lainnya.
Langganan buletin Hati Senang

Masukkan email Anda untuk mengetahui tentang artikel terbaru di hatisenang.com

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas