Hati Senang

004 1-3 Dalil-dalil Tentang Diperbolehkannya Memperingati Maulid Nabi S.A.W. – Wajibkah Memperingati Maulid Nabi S.A.W.?

Wajibkah
Memperingati Maulid
Nabi s.a.w.?

Diterjemahkan dari:
Ḥaulal Iḥtifāl Bidzikri al-Maulidin Nabawī asy-Syarīf
Karya:
As-Sayyid Muḥammad bin ‘Alawī al-Mālikī al-Ḥasanī

Penerjemah: Muhammad Taufiq Barakbah
Penerbit: Cahaya Ilmu

Rangkaian Pos: 004 Dalil-dalil Tentang Diperbolehkannya Memperingati Maulid Nabi S.A.W.
  1. 1.Anda Sedang Membaca: 004 1-3 Dalil-dalil Tentang Diperbolehkannya Memperingati Maulid Nabi S.A.W. – Wajibkah Memperingati Maulid Nabi S.A.W.?
  2. 2.004 4-10 Dalil-dalil Tentang Diperbolehkannya Memperingati Maulid Nabi S.A.W. – Wajibkah Memperingati Maulid Nabi S.A.W.?
  3. 3.004 11-15 Dalil-dalil Tentang Diperbolehkannya Memperingati Maulid Nabi S.A.W. – Wajibkah Memperingati Maulid Nabi S.A.W.?
  4. 4.004 16-21 Dalil-dalil Tentang Diperbolehkannya Memperingati Maulid Nabi S.A.W. – Wajibkah Memperingati Maulid Nabi S.A.W.?

Catatan:

  1. 6). Yakni menyampaikan dalil yang sama berulang kali namun dengan sudut pandang atau ulasan yang berbeda. [penerjemah].
  2. 7). Hadits mu‘allaq adalah hadits yang tidak disebutkan awal sanadnya (mata rantai/rentetan periwayatnya) baik yang tidak disebut itu satu perawi atau lebih berurutan atau tidak dan terkadang hingga akhir sanad. Hukum hadits mu‘allaq adalah dha‘īf (lemah) karena beberapa perawinya tidak diketahui. Kecuali mu‘allaq yang terdapat dalam Shaḥīḥ Bukhārī dan Shaḥīḥ Muslim. Sebab setiap mu‘allaq di sana dikuatkan oleh hadits yang muttashil (bersambung sanadnya hingga Rasūlullāh s.a.w.) yang serupa dari jalur periwayatan yang berbeda. [penerjemah].
  3. 8). Hadits mursal adalah hadits yang disandarkan oleh salah seorang Tābi‘īn (generasi setelah sahabat Nabi) kepada Rasūlullāh s.a.w.
  4. 9). Ad-Durr-ul-Mantsūr jilid 3 halaman 308. [penulis].
Langganan buletin Hati Senang

Masukkan email Anda untuk mengetahui tentang artikel terbaru di hatisenang.com

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas