نِعْمَتَانِ مَا خَرَجَ مَوْجُوْدٌ عَنْهُمَا وَ لَا بُدَّ لِكُلِّ مُكَوَّنٍ مِنْهُمَا نِعْمَةُ الْإِيْجَادِ وَ نِعْمَةُ الْإِمْدَادِ.
“Ada dua ni‘mat yang pasti dialami dan dirasakan oleh semua makhlūq. Yaitu, ni‘mat penciptaan dan ni‘mat pemenuhan kebutuhan.”
Syaikh Ibnu ‘Athā’illāh berkata:
نِعْمَتَانِ مَا خَرَجَ مَوْجُوْدٌ عَنْهُمَا وَ لَا بُدَّ لِكُلِّ مُكَوَّنٍ مِنْهُمَا.
“Ada dua ni‘mat yang pasti dialami dan dirasakan oleh semua makhlūq.”
Ada dua keni‘matan yang tak pernah terlewatkan oleh segala yang maujūd atau makhlūq.
نِعْمَةُ الْإِيْجَادِ وَ نِعْمَةُ الْإِمْدَادِ.
“Yaitu, ni‘mat penciptaan dan ni‘mat pemenuhan kebutuhan.”
(Ni‘mat yang tak pernah terlewatkan oleh makhlūq). Yaitu ni‘mat al-ījād dan ni‘mat al-imdād.
Ni‘mat al-ījād adalah menciptakan dari tiada menjadi ada, ketika Ia berkehendak melanjutkan keberadaanmu, maka Ia memberi ni‘mat al-imdād yaitu menghilangkan ketiadaan dan menggantinya dengan keberlangsungan wujūd. Ketika ni‘mat al-ījād tiada, maka tidak satupun yang dikeluarkan dari ketiadaan menuju ada. Jika ni‘mat al-imdād tiada, maka wujūd atau keberadaan sesuatu menjadi tidak sempurna dan keberadaannya tidak bisa langgeng.