Hati Senang

Sunan Tirmidzi no.86 s.d 95 – Mengusap Khuf dan Imamah Ketika Bersuci

Dari Kitab:
Sunan Tirmidzi
Oleh: Abū ‘Īsá Muḥammad ibn ‛Īsá as-Sulamī aḍ-Ḍarīr al-Būghī at-Tirmidhī

سنن الترمذي ٦٨: حَدَّثَنَا هَنَّادٌ حَدَّثَنَا وَكِيْعٌ عَنِ الْأَعْمَشِ عَنْ إِبْرَاهِيْمَ عَنْ هَمَّامِ بْنِ الْحَارِثِ قَالَ بَالَ جَرِيْرُ بْنُ عَبْدِ اللهِ ثُمَّ تَوَضَّأَ وَ مَسَحَ عَلَى خُفَّيْهِ فَقِيْلَ لَهُ أَتَفْعَلُ هذَا قَالَ وَ مَا يَمْنَعُنِيْ وَ قَدْ رَأَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَفْعَلُهُ.قَالَ إِبْرَاهِيْمُ وَ كَانَ يُعْجِبُهُمْ حَدِيْثُ جَرِيْرٍ لِأَنَّ إِسْلَامَهُ كَانَ بَعْدَ نُزُوْلِ الْمَائِدَةِ هذَا قَوْلُ إِبْرَاهِيْمَ يَعْنِيْ كَانَ يُعْجِبُهُمْ قَالَ وَ فِي الْبَابِ عَنْ عُمَرَ وَ عَلِيٍّ وَ حُذَيْفَةَ وَ الْمُغِيْرَةِ وَ بِلَالٍ وَ سَعْدٍ وَ أَبِيْ أَيُّوْبَ وَ سَلْمَانَ وَ بُرَيْدَةَ وَ عَمْرِو بْنِ أُمَيَّةَ وَ أَنَسٍ وَ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ وَ يَعْلَى بْنِ مُرَّةَ وَ عُبَادَةَ بْنِ الصَّامِتِ وَ أُسَامَةَ بْنِ شَرِيْكٍ وَ أَبِيْ أُمَامَةِ وَ جَابِرٍ وَ أُسَامَةَ بْنِ زَيْدٍ وَ ابْنِ عُبَادَةَ وَ يُقَالُ ابْنُ عِمَارَةَ وَ أُبَيُّ بْنُ عِمَارَةَ قَالَ أَبُوْ عِيْسَى وَ حَدِيْثُ جَرِيْرٍ حَدِيْثٌ حَسَنٌ صَحِيْحٌ.

Sunan Tirmidzī: 86. telah menceritakan kepada kami [Hannād] berkata: Telah menceritakan kepada kami [Wakī‘], dari [al-A‘masy], dari [Ibrāhīm], dari [Hammām Ibn-ul-Ḥārits] ia berkata: [Jarīr bin ‘Abdullāh] buang air kecil, lalu berwudhu’ dan mengusap kedua khufnya. Lalu dikatakan kepadanya: “Kenapa engkau melakukan ini?” ia berkata: “Apa yang menghalangiku untuk melakukan ini? aku pernah melihat Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam melakukannya.” Ibrāhīm berkata: “Hadits Jarīr ini membuat orang-orang merasa ta‘jub, karena Jarīr masuk Islam setelah turunnya surat al-Mā’idah.” Ini adalah perkataan Ibrāhīm, yakni perkataan: “Hadits ini membuat orang-orang merasa ta‘jub.” Ia berkata: “Dalam bab ini juga ada riwayat dari ‘Umar, ‘Alī, Ḥudzaifah, al-Mughīrah, Bilāl, Sa‘d, Abū Ayyūb, Salmān, Buraidah, ‘Amru bin Umayyah, Anas, Sahl bin Sa‘d, Ya‘lā bin Murrah, ‘Ubādah Ibnu Shāmit, Usāmah bin Syarīk, Abī Umāmah, Jābir, Usāmah bin Zaid dan Ibnu ‘Ubādah, ada juga yang mengatakan: Ibnu ‘Imārah dan Ubai bin ‘Imārah.” Abū ‘Īsā berkata: “Hadits Jarīr ini derajatnya adalah Ḥasan Shaḥīḥ.”

Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.

Pembanding: SB: 196, 350; SM: 402, 405; SN: 117, 118; SIM: 537; MA: 325, 15580, 17496, 18438, 22157.

سنن الترمذي ٧٨: وَ يُرْوَى عَنْ شَهْرِ بْنِ حَوْشَبٍ قَالَ رَأَيْتُ جَرِيْرَ بْنَ عَبْدِ اللهِ تَوَضَّأَ وَ مَسَحَ عَلَى خُفَّيْهِ فَقُلْتُ لَهُ فِيْ ذلِكَ فَقَالَ رَأَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ تَوَضَّأَ وَ مَسَحَ عَلَى خُفَّيْهِ فَقُلْتُ لَهُ أَقَبْلَ الْمَائِدَةِ أَمْ بَعْدَ الْمَائِدَةِ فَقَالَ مَا أَسْلَمْتُ إِلَّا بَعْدَ الْمَائِدَةِ.حَدَّثَنَا بِذلِكَ قُتَيْبَةُ حَدَّثَنَا خَالِدُ بْنُ زِيَادٍ التِّرْمِذِيُّ عَنْ مُقَاتِلِ بْنِ حَيَّانَ عَنْ شَهْرِ بْنِ حَوْشَبٍ عَنْ جَرِيْرٍ قَالَ وَ رَوَى بَقِيَّةُ عَنْ إِبْرَاهِيْمَ بْنِ أَدْهَمَ عَنْ مُقَاتِلِ بْنِ حَيَّانَ عَنْ شَهْرِ بْنِ حَوْشَبٍ عَنْ جَرِيْرٍ وَ هذَا حَدِيْثٌ مُفَسَّرٌ لِأَنَّ بَعْضَ مَنْ أَنْكَرَ الْمَسْحَ عَلَى الْخُفَّيْنِ تَأَوَّلَ أَنَّ مَسْحَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ عَلَى الْخُفَّيْنِ كَانَ قَبْلَ نُزُوْلِ الْمَائِدَةِ وَ ذَكَرَ جَرِيْرٌ فِيْ حَدِيْثِهِ أَنَّهُ رَأَى النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ مَسَحَ عَلَى الْخُفَّيْنِ بَعْدَ نُزُوْلِ الْمَائِدَةِ.

Sunan Tirmidzī: 87. Diriwayatkan dari [Syahr bin Ḥausyab], ia berkata: “Aku melihat [Jarīr bin ‘Abdullāh] berwudhu’, lalu ia mengusap sepasang khufnya. Maka aku pun bertanya kepadanya tentang hal itu, ia menjawab: “Aku melihat Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam berwudhu’ lalu mengusap kedua khufnya.” Maka aku pun bertanya kepadanya: “Apakah itu sebelum turunnya surat al-Mā’idah atau sesudahnya?” Ia menjawab: “Aku belum masuk Islam kecuali setelah turunnya surat al-Mā’idah.” [Qutaibah] menceritakan hal itu kepada kami, ia berkata: “Telah menceritakan kepada kami [Khālid bin Ziyād at-Tirmidzī], dari [Muqātil bin Ḥayyān], dari [Syahr bin Ḥausyab], dari [Jarīr].” Perawi berkata: ” [Baqiyyah] meriwayatkan dari [Ibrāhīm bin Adham], dari [Muqātil bin Ḥayyān], dari [Syahr bin Ḥausyab], dari [Jarīr]. Dan ini adalah hadits yang telah jelas, karena sebagian orang yang mengingkari tentang mengusap khuf mentakwilkan bahwa Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam mengusap khuf sebelum turunnya surat al-Mā’idah. Dan Jarīr menyebutkan dalam haditsnya bahwa ia melihat Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam mengusap khufnya setelah turunnya surat al-Mā’idah.”

Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.

Pembanding: SB: 196, 350; SM: 402, 405; ST: 556; SN: 118; SIM: 537; MA: 123, 325, 15580, 17496, 22157.

سنن الترمذي ٨٨: حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ حَدَّثَنَا أَبُوْ عَوَانَةَ عَنْ سَعِيْدِ بْنِ مَسْرُوْقٍ عَنْ إِبْرَاهِيْمَ التَّيْمِيِّ عَنْ عَمْرِو بْنِ مَيْمُوْنٍ عَنْ أَبِيْ عَبْدِ اللهِ الْجَدَلِيِّ عَنْ خُزَيْمَةَ بْنِ ثَابِتٍ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ أَنَّهُ سُئِلَ عَنِ الْمَسْحِ عَلَى الْخُفَّيْنِ فَقَالَ لِلْمُسَافِرِ ثَلَاثَةٌ وَ لِلْمُقِيْمِ يَوْمٌ وَ ذُكِرَ عَنْ يَحْيَى بْنِ مَعِيْنٍ أَنَّهُ صَحَّحَ حَدِيْثَ خُزَيْمَةَ بْنِ ثَابِتٍ فِي الْمَسْحِ وَ أَبُوْ عَبْدِ اللهِ الْجَدَلِيُّ اسْمُهُ عَبْدُ بْنُ عَبْدٍ وَ يُقَالُ عَبْدُ الرَّحْمنِ بْنُ عَبْدٍ قَالَ أَبُوْ عِيْسَى هذَا حَدِيْثٌ حَسَنٌ صَحِيْحٌ وَ فِي الْبَابِ عَنْ عَلِيٍّ وَ أَبِيْ بَكْرَةَ وَ أَبِيْ هُرَيْرَةَ وَ صَفْوَانَ بْنِ عَسَّالٍ وَ عَوْفِ بْنِ مَالِكٍ وَ ابْنِ عُمَرَ وَ جَرِيْرٍ.

Sunan Tirmidzī: 88. telah menceritakan kepada kami [Qutaibah] berkata: Telah menceritakan kepada kami [Abū ‘Awānah], dari [Sa‘īd bin Masrūq], dari [Ibrāhīm at-Taimī] dari [‘Amru bin Maimūn] dari [Abū ‘Abdillāh al-Jadalī], dari [Khuzaimah bin Tsābit], dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, bahwasanya beliau ditanya tentang mengusap sepasang khuf, beliau bersabda: “Tiga hari bagi orang yang dalam perjalanan dan satu hari untuk yang tinggal di rumah.” Disebutkan pula dari Yaḥyā bin Ma‘in bahwasanya ia men-shaḥīḥ-kan hadits Khuzaimah bin Tsābit mengenai mengusap khuf. Dan Abū ‘Abdillāh al-Jadalī namanya adalah ‘Abd bin ‘Abd, biasa dipanggil ‘Abd-ur-Raḥmān bin ‘Abd. Abū ‘Īsā berkata: “Hadits ini derajatnya Ḥasan Shaḥīḥ, dalam bab ini juga ada riwayat dari ‘Alī, Abū Bakrah, Abū Hurairah, Shafwān bin ‘Assāl, ‘Auf bin Mālik, Ibnu ‘Umar dan Jarīr.”

Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.

Pembanding: SB: 196; SAD: 135; SN: 104; SIM: 548; MA: 83, 211, 710, 920, 1064, 16609, 16610, 16953, 16957, 20865, 21440, 21445, 21448, 22790.

سنن الترمذي ٩٨: حَدَّثَنَا هَنَّادٌ حَدَّثَنَا أَبُو الْأَحْوَصِ عَنْ عَاصِمِ بْنِ أَبِي النَّجُوْدِ عَنْ زِرِّ بْنِ حُبَيْشٍ عَنْ صَفْوَانَ بْنِ عَسَّالٍ قَالَ كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَأْمُرُنَا إِذَا كُنَّا سَفَرًا أَنْ لَا نَنْزِعَ خِفَافَنَا ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ وَ لَيَالِيْهِنَّ إِلَّا مِنْ جَنَابَةٍ وَ لكِنْ مِنْ غَائِطٍ وَ بَوْلٍ وَ نَوْمٍ قَالَ أَبُوْ عِيْسَى هذَا حَدِيْثٌ حَسَنٌ صَحِيْحٌ وَ قَدْ رَوَى الْحَكَمُ بْنُ عُتَيْبَةَ وَ حَمَّادٌ عَنْ إِبْرَاهِيْمَ النَّخَعِيِّ عَنْ أَبِيْ عَبْدِ اللهِ الْجَدَلِيِّ عَنْ خُزَيْمَةَ بْنِ ثَابِتٍ وَ لَا يَصِحُّ قَالَ عَلِيُّ بْنُ الْمَدِيْنِيِّ قَالَ يَحْيَى بْنُ سَعِيْدٍ قَالَ شُعْبَةُ لَمْ يَسْمَعْ إِبْرَاهِيْمُ النَّخَعِيُّ مِنْ أَبِيْ عَبْدِ اللهِ الْجَدَلِيِّ حَدِيْثَ الْمَسْحِ وَ قَالَ زَائِدَةُ عَنْ مَنْصُوْرٍ كُنَّا فِيْ حُجْرَةِ إِبْرَاهِيْمَ التَّيْمِيِّ وَ مَعَنَا إِبْرَاهِيْمُ النَّخَعِيُّ فَحَدَّثَنَا إِبْرَاهِيْمُ التَّيْمِيُّ عَنْ عَمْرِو بْنِ مَيْمُوْنٍ عَنْ أَبِيْ عَبْدِ اللهِ الْجَدَلِيِّ عَنْ خُزَيْمَةَ بْنِ ثَابِتٍ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فِي الْمَسْحِ عَلَى الْخُفَّيْنِ قَالَ مُحَمَّدُ بْنُ إِسْمَاعِيْلَ أَحْسَنُ شَيْءٍ فِيْ هذَا الْبَابِ حَدِيْثُ صَفْوَانَ بْنِ عَسَّالٍ الْمُرَادِيِّ قَالَ أَبُوْ عِيْسَى وَ هُوَ قَوْلُ أَكْثَرِ الْعُلَمَاءِ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَ التَّابِعِيْنَ وَ مَنْ بَعْدَهُمْ مِنَ الْفُقَهَاءِ مِثْلِ سُفْيَانَ الثَّوْرِيِّ وَ ابْنِ الْمُبَارَكِ وَ الشَّافِعِيِّ وَ أَحْمَدَ وَ إِسْحَاقَ قَالُوْا يَمْسَحُ الْمُقِيْمُ يَوْمًا وَ لَيْلَةً وَ الْمُسَافِرُ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ وَ لَيَالِيْهِنَّ قَالَ أَبُوْ عِيْسَى وَ قَدْ رُوِيَ عَنْ بَعْضِ أَهْلِ الْعِلْمِ أَنَّهُمْ لَمْ يُوَقِّتُوْا فِي الْمَسْحِ عَلَى الْخُفَّيْنِ وَ هُوَ قَوْلُ مَالِكِ بْنِ أَنَسٍ قَالَ أَبُوْ عِيْسَى وَ التَّوْقِيْتُ أَصَحُّ وَ قَدْ رُوِيَ هذَا الْحَدِيْثُ عَنْ صَفْوَانَ بْنِ عَسَّالٍ أَيْضًا مِنْ غَيْرِ حَدِيْثِ عَاصِمٍ.

Sunan Tirmidzī: 89. telah menceritakan kepada kami [Hannād] berkata: Telah menceritakan kepada kami [Abul-Aḥwash], dari [‘Āshim bin Abun-Nujūd], dari [Zirr bin Ḥubaisy], dari [Shafwān bin ‘Assāl] ia berkata: ” Jika kami sedang bepergian, Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam memerintahkan agar kami tidak membukanya selama tiga hari tiga malam kecuali ketika kami junub. Dan tetap boleh untuk mengusapkan karena buang air besar, buang air kecil dan tidur.” Abū ‘Īsā berkata: “Hadits ini derajatnya Ḥasan Shaḥīḥ. Al-Ḥakam bin ‘Utbah dan Ḥammād meriwayatkan hadits ini, dari Ibrāhīm an-Nakha‘ī, dari Abū ‘Abdillāh al-Jadalī, dari Khuzaimah bin Tsābit, namun ini tidak Shaḥīḥ.” ‘Alī Ibn-ul-Madīnī berkata: “Yaḥyā bin Sa‘īd mengatakan bahwa Syu‘bah berkata: “Ibrāhīm an-Nakha‘ī belum pernah mendengar dari Abū ‘Abdillāh al-Jadalī tentang hadits mengusap khuf.” Zā’idah berkata dari Manshūr: “Kami pernah di kamar Ibrāhīm at-Taimī, sedang waktu itu kami bersama Ibrāhīm an-Nakha‘ī, lalu Ibrāhīm at-Taimī menceritakan kepada kami, dari ‘Amru bin Maimūn, dari Abū ‘Abdillāh al-Jadalī, dari Khuzaimah bin Tsābit, dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam tentang hadits mengusap dua khuf.” Muḥammad bin Ismā‘īl berkata: “Dalam bab ini hadits yang paling baik adalah hadits riwayat Shafwān bin ‘Assāl al-Murādī.” Abū ‘Īsā berkata: “Ini adalah pendapat kebanyak ulama dari kalangan sahabat Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, tābi‘īn dan orang-orang setelah mereka dari kalangan fuqaha. Seperti Sufyān ats-Tsaurī, Ibn-ul-Mubārak, Syāfi‘ī, Aḥmad dan Isḥāq. Mereka berkata: “Orang yang tinggal di rumah mengusap khuf selama sehari semalam dan orang yang dalam perjalanan mengusap selama tiga hari tiga malam.” Abū ‘Īsā berkata: “Diriwayatkan pula dari sebagian ahli ilmu bahwa mereka tidak memberikan batasan waktu dalam mengusap sepasang khuf. Pendapat ini dipegang oleh Mālik bin Anas.” Abū ‘Īsā berkata lagi: “Pendapat yang memberikan batasan waktu adalah lebih Shaḥīḥ.” Hadits ini juga diriwayatkan oleh Shafwān bin ‘Assāl, selain dari hadits ‘Āshim.”

Derajat: Syaikh al-Albani: Ḥasan.

Pembanding: SN: 126; SIM: 471; MA: 17401.

سنن الترمذي ٠٩: حَدَّثَنَا أَبُو الْوَلِيْدِ الدِّمَشْقِيُّ حَدَّثَنَا الْوَلِيْدُ بْنُ مُسْلِمٍ أَخْبَرَنِيْ ثَوْرُ بْنُ يَزِيْدَ عَنْ رَجَاءِ بْنِ حَيْوَةَ عَنْ كَاتِبِ الْمُغِيْرَةِ عَنِ الْمُغِيْرَةِ بْنِ شُعْبَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ مَسَحَ أَعْلَى الْخُفِّ وَ أَسْفَلَهُ قَالَ أَبُوْ عِيْسَى وَ هذَا قَوْلُ غَيْرِ وَاحِدٍ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَ التَّابِعِينَ وَ مَنْ بَعْدَهُمْ مِنَ الْفُقَهَاءِ وَ بِهِ يَقُوْلُ مَالِكٌ وَ الشَّافِعِيُّ وَ إِسْحَاقُ وَ هذَا حَدِيْثٌ مَعْلُوْلٌ لَمْ يُسْنِدْهُ عَنْ ثَوْرِ بْنِ يَزِيْدَ غَيْرُ الْوَلِيْدِ بْنِ مُسْلِمٍ قَالَ أَبُوْ عِيْسَى وَ سَأَلْتُ أَبَا زُرْعَةَ وَ مُحَمَّدَ بْنَ إِسْمَاعِيْلَ عَنْ هذَا الْحَدِيْثِ فَقَالَا لَيْسَ بِصَحِيْحٍ لِأَنَّ ابْنَ الْمُبَارَكِ رَوَى هذَا عَنْ ثَوْرٍ عَنْ رَجَاءِ بْنِ حَيْوَةَ قَالَ حُدِّثْتُ عَنْ كَاتِبِ الْمُغِيْرَةِ مُرْسَلٌ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَ لَمْ يُذْكَرْ فِيْهِ الْمُغِيْرَةُ.

Sunan Tirmidzī: 90. telah menceritakan kepada kami [Abul-Walīd ad-Dimasqī] berkata: Telah menceritakan kepada kami [al-Walīd bin Muslim] berkata: Telah mengabarkan kepadaku [Tsaur bin Yazīd], dari [Rajā’ bin Ḥaiwah], dari [Juru tulis al-Mughīrah], dari [al-Mughīrah bin Syu‘bah] berkata: “Nabi shallallāhu ‘alaihi wasallam mengusap bagian atas dan bawah khufnya.” Abū ‘Īsā berkata: “Ini pendapat tidak hanya seorang dari sahabat Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, tābi‘īn dan orang-orang setelah mereka dari kalangan fuqaha. Pendapat ini juga diambil oleh Mālik, Syāfi‘ī dan Isḥāq. Ini adalah hadits yang bermasalah, tidak ada yang menyandarkan kepada Tsaur bin Yazīd selain al-Walīd bin Muslim. Abū ‘Īsā berkata: “Aku bertanya kepada Abū Zur‘ah dan Muḥammad bin Ismā‘īl tentang hadits ini, keduanya menjawab: “Hadits ini tidak Shaḥīḥ, sebab Ibn-ul-Mubārak meriwayatkan hadits ini, dari Tsaur, dari Rajā’ bin Ḥaiwah.” Ia berkata: “diceritakan kepadaku dari juru tulis al-Mughīrah secara mursal, dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, dan tidak disebutkan di dalamnya al-Mughīrah.”

Derajat: Syaikh al-Albani: Dha‘īf.

Pembanding: SIM: 543.

سنن الترمذي ١٩: حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ قَالَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ أَبِي الزِّنَادِ عَنْ أَبِيْهِ عَنْ عُرْوَةَ بْنِ الزُّبَيْرِ عَنِ الْمُغِيْرَةِ بْنِ شُعْبَةَ قَالَ رَأَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَمْسَحُ عَلَى الْخُفَّيْنِ عَلَى ظَاهِرِهِمَا. قَالَ أَبُوْ عِيْسَى حَدِيْثُ الْمُغِيْرَةِ حَدِيْثٌ حَسَنٌ وَ هُوَ حَدِيْثُ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ أَبِي الزِّنَادِ عَنْ أَبِيْهِ عَنْ عُرْوَةَ عَنِ الْمُغِيْرَةِ وَ لَا نَعْلَمُ أَحَدًا يَذْكُرُ عَنْ عُرْوَةَ عَنِ الْمُغِيْرَةِ عَلَى ظَاهِرِهِمَا غَيْرَهُ وَ هُوَ قَوْلُ غَيْرِ وَاحِدٍ مِنْ أَهْلِ الْعِلْمِ وَ بِهِ يَقُوْلُ سُفْيَانُ الثَّوْرِيُّ وَ أَحْمَدُ قَالَ مُحَمَّدٌ وَ كَانَ مَالِكُ بْنُ أَنَسٍ يُشِيْرُ بِعَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ أَبِي الزِّنَادِ.

Sunan Tirmidzī: 91. telah menceritakan kepada kami [‘Alī bin Ḥujr] berkata: Telah menceritakan kepada kami [‘Abd-ur-Raḥmān bin Abuz-Zinād], dari [Bapaknya], dari [‘Urwah bin az-Zubair], dari [al-Mughīrah bin Syu‘bah] ia berkata: “Aku melihat Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam mengusap bagian atas kedua khufnya.” Abū ‘Īsā berkata: “Hadits al-Mughīrah ini derajatnya Ḥasan, yaitu hadits ‘Abd-ur-Raḥmān bin Abuz-Zinād, dari bapaknya, dari ‘Urwah, dari al-Mughīrah. Dan kami tidak pernah mengetahui ada seseorang yang menyebutkan dari ‘Urwah, dari al-Mughīrah tentang lafadz: “pada bagian atas kedua khufnya, ” selain dia. Ini adalah pendapat kebanyakan ahli ilmu. Pendapat ini juga diambil oleh Sufyān ats-Tsaurī dan Aḥmad. Muḥammad berkata: “Mālik bin Anas memberi isyarat kepada ‘Abd-ur-Raḥmān bin Abuz-Zinad.”

Derajat: Syaikh al-Albani: Ḥasan Shaḥīḥ.

Pembanding: SB: 196; SN: 103, 104; MA: 83, 211, 16608, 16609, 16610, 16953, 16954, 16957, 21440, 21444, 21446, 21448, 22779, 22786, 22790, 22791, 22793.

سنن الترمذي ٢٩: حَدَّثَنَا هَنَّادٌ وَ مَحْمُودُ بْنُ غَيْلَانَ قَالَا حَدَّثَنَا وَكِيْعٌ عَنْ سُفْيَانَ عَنْ أَبِيْ قَيْسٍ عَنْ هُزَيْلِ بْنِ شُرَحْبِيْلَ عَنِ الْمُغِيْرَةِ بْنِ شُعْبَةَ قَالَ تَوَضَّأَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَ مَسَحَ عَلَى الْجَوْرَبَيْنِ وَ النَّعْلَيْنِ قَالَ أَبُوْ عِيْسَى هذَا حَدِيْثٌ حَسَنٌ صَحِيْحٌ وَ هُوَ قَوْلُ غَيْرِ وَاحِدٍ مِنْ أَهْلِ الْعِلْمِ وَ بِهِ يَقُوْلُ سُفْيَانُ الثَّوْرِيُّ وَ ابْنُ الْمُبَارَكِ وَ الشَّافِعِيُّ وَ أَحْمَدُ وَ إِسْحَاقُ قَالُوْا يَمْسَحُ عَلَى الْجَوْرَبَيْنِ وَ إِنْ لَمْ تَكُنْ نَعْلَيْنِ إِذَا كَانَا ثَخِيْنَيْنِ قَالَ وَ فِي الْبَابِ عَنْ أَبِيْ مُوْسَى قَالَ أَبُوْ عِيْسَى سَمِعْتُ صَالِحَ بْنَ مُحَمَّدٍ التِّرْمِذِيَّ قَال سَمِعْتُ أَبَا مُقَاتِلٍ السَّمَرْقَنْدِيَّ يَقُوْلُ دَخَلْتُ عَلَى أَبِيْ حَنِيْفَةَ فِيْ مَرَضِهِ الَّذِيْ مَاتَ فِيْهِ فَدَعَا بِمَاءٍ فَتَوَضَّأَ وَ عَلَيْهِ جَوْرَبَانِ فَمَسْحَ عَلَيْهِمَا ثُمَّ قَالَ فَعَلْتُ الْيَوْمَ شَيْئًا لَمْ أَكُنْ أَفْعَلُهُ مَسَحْتُ عَلَى الْجَوْرَبَيْنِ وَ هُمَا غَيْرُ مُنَعَّلَيْنِ.

Sunan Tirmidzī: 92. telah menceritakan kepada kami [Hannād] dan [Maḥmūd bin Ghailān] keduanya berkata: Telah menceritakan kepada kami [Wakī‘], dari [Sufyān], dari [Abū Qais], dari [Huzail bin Syuraḥbīl], dari [al-Mughīrah bin Syu‘bah] ia berkata: “Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam berwudhu’, mengusap kedua kaus kaki dan kedua sandalnya.” Abū ‘Īsā berkata: “Hadits ini derajatnya Ḥasan Shaḥīḥ, dan ini adalah pendapat tidak sedikit dari ahli ilmu. Pendapat ini juga diambil oleh Sufyān ats-Tsaurī, Ibn-ul-Mubārak, Syāfi‘ī, Aḥmad dan Isḥāq. Mereka mengatakan: “Seseorang boleh mengusap kedua kaus kaki walaupun bukan sandal jika keduanya tebal.” Abū ‘Īsā berkata: “Dalam bab ini ada juga hadits yang diriwayatkan oleh Abū Mūsā.” Abū ‘Īsā berkata: “Aku mendengar Shāliḥ bin Muḥammad at-Tirmidzī berkata: “Aku mendengar Abū Muqātil as-Samarqandī berkata: “Aku datang menemui Abū Ḥanīfah ketika sakit menjelang kematiannya, ia minta untuk diambilkan air, lalu ia berwudhu’ dalam keadaan memakai kaus kaki. Setelah itu ia mengusap keduanya seraya berkata: “Hari ini aku melakukan sesuatu yang belum pernah aku lakukan, aku mengusap kedua kaus kaki, padahal keduanya bukan sandal.”

Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.

Pembanding: SB: 196; SM: 405; SAD: 137; SN: 118; SIM: 552, 553; MA: 15580, 17496.

سنن الترمذي ٣٩: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيْدٍ الْقَطَّانُ عَنْ سُلَيْمَانَ التَّيْمِيِّ عَنْ بَكْرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ الْمُزَنِيِّ عَنِ الْحَسَنِ عَنِ ابْنِ الْمُغِيْرَةِ بْنِ شُعْبَةَ عَنْ أَبِيْهِ قَالَ تَوَضَّأَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَ مَسَحَ عَلَى الْخُفَّيْنِ وَ الْعِمَامَةِ. قَالَ بَكْرٌ وَ قَدْ سَمِعْتُهُ مِنَ ابْنِ الْمُغِيْرَةِ قَالَ وَ ذَكَرَ مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ فِيْ هذَا الْحَدِيْثِ فِيْ مَوْضِعٍ آخَرَ أَنَّهُ مَسَحَ عَلَى نَاصِيَتِهِ وَ عِمَامَتِهِ وَ قَدْ رُوِيَ هذَا الْحَدِيْثُ مِنْ غَيْرِ وَجْهٍ عَنْ الْمُغِيْرَةِ بْنِ شُعْبَةَ ذَكَرَ بَعْضُهُمُ الْمَسْحَ عَلَى النَّاصِيَةِ وَ الْعِمَامَةِ وَ لَمْ يَذْكُرْ بَعْضُهُمْ النَّاصِيَةَ وَ سَمِعْتُ أَحْمَدَ بْنَ الْحَسَنِ يَقُوْلُ سَمِعْتُ أَحْمَدَ بْنَ حَنْبَلٍ يَقُوْلُ مَا رَأَيْتُ بِعَيْنِيْ مِثْلَ يَحْيَى بْنِ سَعِيْدٍ الْقَطَّانِ قَالَ وَ فِي الْبَابِ عَنْ عَمْرِو بْنِ أُمَيَّةِ وَ سَلْمَانَ وَ ثَوْبَانَ وَ أَبِيْ أُمَامَةَ قَالَ أَبُوْ عِيْسَى حَدِيْثُ الْمُغِيْرَةِ بْنِ شُعْبَةَ حَدِيْثٌ حَسَنٌ صَحِيْحٌ وَ هُوَ قَوْلُ غَيْرِ وَاحِدٍ مِنْ أَهْلِ الْعِلْمِ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ مِنْهُمْ أَبُوْ بَكْرٍ وَ عُمَرُ وَ أَنَسٌ وَ بِهِ يَقُوْلُ الْأَوْزَاعِيُّ وَ أَحْمَدُ وَ إِسْحَاقُ قَالُوْا يَمْسَحُ عَلَى الْعِمَامَةِ وَ قَالَ غَيْرُ وَاحِدٍ مِنْ أَهْلِ الْعِلْمِ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَ التَّابِعِيْنَ لَا يَمْسَحُ عَلَى الْعِمَامَةِ إِلَّا بِرَأْسِهِ مَعَ الْعِمَامَةِ وَ هُوَ قَوْلُ سُفْيَانَ الثَّوْرِيِّ وَ مَالِكِ بْنِ أَنَسٍ وَ ابْنِ الْمُبَارَكِ وَ الشَّافِعِيِّ قَالَ أَبُوْ عِيْسَى وَ سَمِعْتُ الْجَارُوْدَ بْنَ مُعَاذٍ يَقُوْلُ سَمِعْتُ وَكِيْعَ بْنَ الْجَرَّاحِ يَقُوْلُ إِنْ مَسَحَ عَلَى الْعِمَامَةِ يُجْزِئُهُ لِلْأَثَرِ.

Sunan Tirmidzī: 93. telah menceritakan kepada kami [Muḥammad bin Basysyār] berkata: Telah menceritakan kepada kami [Yaḥyā bin Sa‘īd al-Qaththān], dari [Sulaimān at-Taimī], dari [Bakr bin ‘Abdullāh al-Muzanī], dari [al-Ḥasan], dari [Ibn-ul-Mughīrah bin Syu‘bah], dari [Bapaknya] ia berkata: “Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam berwudhu’, dan beliau mengusap khuf dan ‘imāmah (semacam surban yang diikatkan pada kepala).” [Bakr] berkata: “Aku telah mendengarnya dari [Ibn-ul-Mughīrah]. Perawi berkata: “Muḥammad bin Basysyār menyebutkan tentang hadits ini di tempat lain, bahwa beliau mengusap ubun-ubun dan surbannya.” Hadits ini juga diriwayatkan dari jalur lain, dari al-Mughīrah bin Syu‘bah. Sebagian mereka menyebutkan lafadz: “mengusap ubun-ubun serta surbannya”, sedang yang sebagian tidak menyebutkannya. Dan aku mendengar Aḥmad Ibn-ul-Ḥasan berkata: Aku mendengar Aḥmad bin Ḥanbal berkata: “Aku tidak pernah melihat seseorang semisal Yaḥyā bin Sa‘īd al-Qaththān dengan kedua mataku.” Perawi berkata: “Dalam bab ini juga ada riwayat dari ‘Amru bin Umayyah, Salmān, Tsaubān dan Abī Umāmah.” Abū ‘Īsā berkata: “Hadits al-Mughīrah bin Syu‘bah derajatnya Ḥasan Shaḥīḥ, pendapat ini banyak diambil oleh banyak ulama dari kalangan sahabat Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, seperti Abū Bakar, ‘Umar dan Anas.” Pendapat ini juga dipegang oleh al-Auzā‘ī, Aḥmad dan Isḥāq. Mereka berkata: “Seseorang boleh mengusap surbannya.” Dan banyak ulama dari para sahabat Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam dan tābi‘īn mengatakan: “Seseorang tidak boleh mengusap surbannya kecuali jika ia mengusap kepala dan surbannya.” Ini adalah pendapat Sufyān ats-Tsaurī, Mālik bin Anas, Ibn-ul-Mubārak dan Syāfi‘ī. Abū ‘Īsā berkata: Aku mendengar al-Jārūd bin Mu‘ādz berkata: Aku mendengar Wakī‘ Ibn-ul-Jarrah berkata: “Jika ia hanya mengusap surbannya maka itu sudah mencukupinya, karena itu adalah sunnah.”

Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.

Pembanding: SB: 196; SM: 405, SN: 104, 118, 123; SIM: 555; MA: 83, 211, 16609, 16610, 16953, 16954, 16957, 17524, 21440, 21443, 21445, 21448, 22790.

سنن الترمذي ٤٩: حَدَّثَنَا هَنَّادٌ حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ مُسْهِرٍ عَنِ الْأَعْمَشِ عَنِ الْحَكَمِ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ أَبِيْ لَيْلَى عَنْ كَعْبِ بْنِ عُجْرَةَ عَنْ بِلَالٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ مَسَحَ عَلَى الْخُفَّيْنِ وَ الْخِمَارِ.

Sunan Tirmidzī: 94. telah menceritakan kepada kami [Hannād] berkata: Telah menceritakan kepada kami [‘Alī bin Mushir], dari [al-A‘masy], dari [al-Ḥakam], dari [‘Abd-ur-Raḥmān bin Abī Lailā], dari [Ka‘b bin ‘Ujrah], dari [Bilāl] berkata: “Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam mengusap sepasang khuf dan serban.

Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.

Pembanding: SB: 195, 196; SM: 411, 413; SAD: 134; SN: 103, 104, 120; SIM: 540, 554, 556; MA: 83, 84, 211, 2821, 16608, 16610, 16953, 16957, 21440, 21443, 21444, 21445, 21448, 22759, 22767, 22768, 22771, 22773, 22779, 22783, 22786, 22790, 22793; SD: 704.

سنن الترمذي ٥٩: حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيْدٍ حَدَّثَنَا بِشْرُ بْنُ الْمُفَضَّلِ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ إِسْحَاقَ هُوَ الْقُرَشِيُّ عَنْ أَبِيْ عُبَيْدَةَ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ عَمَّارِ بْنِ يَاسِرٍ قَالَ سَأَلْتُ جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللهِ عَنِ الْمَسْحِ عَلَى الْخُفَّيْنِ فَقَالَ السُّنَّةُ يَا ابْنَ أَخِيْ قَالَ وَ سَأَلْتُهُ عَنِ الْمَسْحِ عَلَى الْعِمَامَةِ فَقَالَ أَمِسَّ الشَّعَرَ الْمَاءَ.

Sunan Tirmidzī: 95. telah menceritakan kepada kami [Qutaibah bin Sa‘īd] berkata: Telah menceritakan kepada kami [Bisyr bin al-Mufadhdhal], dari [‘Abd-ur-Raḥmān bin Isḥāq al-Qurasyī], dari [Abū ‘Ubaidah bin Muḥammad bin ‘Ammār bin Yāsir] ia berkata: “Aku pernah bertanya kepada [Jābir bin ‘Abdullāh] tentang mengusap kedua khuf, lalu dia menjawab: “Itu adalah sunnah wahai anak saudaraku.” Berkata: Dan aku juga bertanya kepadanya tentang mengusap Imamah, maka ia menjawab: “Usaplah rambut dengan air.”

Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ-ul-Isnād.

Pembanding: SB: 196; SN: 104; MA: 83, 211, 16609, 16610, 16953, 16957, 21440, 21445, 21448, 22790.

Alamat Kami
Jl. Zawiyah, No. 121, Rumah Botol Majlis Dzikir Hati Senang,
RT 06 RW 04, Kp. Tajur, Desa Pamegarsari, Parung, Jawa Barat. 16330.