Sunan Tirmidzi no.72 s.d 81 – Wajib Wudhu’ Dan Tidak Wajib Wudhu’ Karena Suatu Sebab

Dari Kitab:
Sunan Tirmidzi
Oleh: Abū ‘Īsá Muḥammad ibn ‛Īsá as-Sulamī aḍ-Ḍarīr al-Būghī at-Tirmidhī

سنن الترمذي ٢٧: حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيْلُ بْنُ مُوْسَى كُوْفِيٌّ وَ هَنَّادٌ وَ مُحَمَّدُ بْنُ عُبَيْدٍ الْمُحَارِبِيُّ الْمَعْنَى وَاحِدٌ قَالُوْا حَدَّثَنَا عَبْدُ السَّلَامِ بْنُ حَرْبٍ الْمُلَائِيُّ عَنْ أَبِيْ خَالِدٍ الدَّالَانِيِّ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ أَبِي الْعَالِيَةِ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّهُ رَأَى النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ نَامَ وَ هُوَ سَاجِدٌ حَتَّى غَطَّ أَوْ نَفَخَ ثُمَّ قَامَ يُصَلِّي فَقُلْتُ يَا رَسُوْلَ اللهِ إِنَّكَ قَدْ نِمْتَ قَالَ إِنَّ الْوُضُوْءَ لَا يَجِبُ إِلَّا عَلَى مَنْ نَامَ مُضْطَجِعًا فَإِنَّهُ إِذَا اضْطَجَعَ اسْتَرْخَتْ مَفَاصِلُهُ. قَالَ أَبُوْ عِيْسَى وَ أَبُوْ خَالِدٍ اسْمُهُ يَزِيْدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمنِ قَالَ وَ فِي الْبَابِ عَنْ عَائِشَةَ وَ ابْنِ مَسْعُوْدٍ وَ أَبِيْ هُرَيْرَةَ.

Sunan Tirmidzī: 72. telah menceritakan kepada kami [Ismā‘īl bin Mūsā] penduduk Kufah, dan [Hannād] dan [Muḥammad bin ‘Ubaid al-Muḥāribī] dengan satu makna, mereka berkata: Telah menceritakan kepada kami [‘Abd-us-Salām bin Ḥarb al-Mulā’ī], dari [Abū Khālid ad-Dālānī], dari [Qatādah], dari [Abul-‘Aliyah], dari [Ibnu ‘Abbās] bahwasanya ia melihat Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam tidur dalam keadaan sujud hingga beliau mendengkur, setelah itu beliau bangun shalat. Lalu aku berkata: “Wahai Rasūlullāh, engkau telah tertidur!” beliau bersabda: “Sesungguhnya wudhu’ itu tidak wajib kecuali bagi orang yang tidur dalam keadaan berbaring. Karena orang yang tidur dalam keadaan berbaring semua persendiannya akan menjadi lunak (merenggang).” Abū ‘Īsā berkata: “Abū Khālid namanya Yazīd bin ‘Abd-ir-Raḥmān.” Ia berkata lagi: “Dalam bab ini juga ada riwayat dari ‘Ā’isyah, Ibnu Mas‘ūd dan Abū Hurairah.”

Derajat: Syaikh al-Albani: Dha‘īf.

Pembanding: SAD: 174; MM: 34.

سنن الترمذي ٣٧: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيْدٍ عَنْ شُعْبَةَ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ
كَانَ أَصْحَابُ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَنَامُوْنَ ثُمَّ يَقُوْمُوْنَ فَيُصَلُّوْنَ وَ لَا يَتَوَضَّئُوْنَ قَالَ أَبُوْ عِيْسَى هذَا حَدِيْثٌ حَسَنٌ صَحِيْحٌ قَالَ وَ سَمِعْتُ صَالِحَ بْنَ عَبْدِ اللهِ يَقُوْلُ سَأَلْتُ عَبْدَ اللهِ بْنَ الْمُبَارَكِ عَمَّنْ نَامَ قَاعِدًا مُعْتَمِدًا فَقَالَ لَا وُضُوْءَ عَلَيْهِ قَالَ أَبُوْ عِيْسَى وَ قَدْ رَوَى حَدِيْثَ ابْنِ عَبَّاسٍ سَعِيْدُ بْنُ أَبِيْ عَرُوْبَةَ عَنْ قَتَادَةَ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَوْلَهُ وَ لَمْ يَذْكُرْ فِيْهِ أَبَا الْعَالِيَةِ وَ لَمْ يَرْفَعْهُ وَ اخْتَلَفَ الْعُلَمَاءُ فِي الْوُضُوْءِ مِنَ النَّوْمِ فَرَأَى أَكْثَرُهُمْ أَنْ لَا يَجِبَ عَلَيْهِ الْوُضُوْءُ إِذَا نَامَ قَاعِدًا أَوْ قَائِمًا حَتَّى يَنَامَ مُضْطَجِعًا وَ بِهِ يَقُوْلُ الثَّوْرِيُّ وَ ابْنُ الْمُبَارَكِ وَ أَحْمَدُ قَالَ بَعْضُهُمْ إِذَا نَامَ حَتَّى غُلِبَ عَلَى عَقْلِهِ وَجَبَ عَلَيْهِ الْوُضُوْءُ وَ بِهِ يَقُوْلُ إِسْحَاقُ وَ قَالَ الشَّافِعِيُّ مَنْ نَامَ قَاعِدًا فَرَأَى رُؤْيَا أَوْ زَالَتْ مَقْعَدَتُهُ لِوَسَنِ النَّوْمِ فَعَلَيْهِ الْوُضُوْءُ.

Sunan Tirmidzī: 73. Telah menceritakan kepada kami [Muḥammad bin Basysyār] berkata: Telah menceritakan kepada kami [Yaḥyā bin Sa‘īd], dari [Syu‘bah], dari [Qatādah], dari [Anas bin Mālik] ia berkata: “Para sahabat Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam tidur, lalu mereka bangun dan melaksanakan shalat tanpa berwudhu’ lagi.” Abū ‘Īsā berkata: “Hadits ini derajatnya Ḥasan Shaḥīḥ.” Ia berkata: “Aku mendengar Shāliḥ bin ‘Abdullāh berkata: “Aku bertanya kepada ‘Abdullāh Ibn-ul-Mubārak tentang hukum orang yang tidur dalam keadaan duduk dengan sengaja, ia menjawab: “Ia tidak harus berwudhu’.” Abū ‘Īsā berkata: “Sa‘īd bin ‘Arūbah meriwayatkan hadits Ibnu ‘Abbās, dari Qatādah, dari Ibnu ‘Abbās. Ia tidak menyebutkan di dalamnya nama Abul-‘Aliyah dan tidak me-marfū‘-kannya. Para ulama berbeda pendapat tentang wudhu’ karena tidur, sebagian ulama berpendapat atas tidak wajibnya berwudhu’ apabila tidur itu dilakukan dengan duduk atau berdiri, hingga ia tidur dengan berbaring. Pendapat ini diambil oleh ats-Tsaurī, Ibn-ul-Mubārak dan Aḥmad. Namun sebagian mereka berkata: “Jika ia tidur hingga akalnya tidak berfungsi, maka ia wajib wudhu’.” Pendapat ini di ambil oleh Isḥāq. Imām asy-Syāfi‘ī berkata: “Jika seseorang tidur hingga bermimpi, atau hingga tempat duduknya bergeser karena tidur, maka ia wajib berwudhu’.”

Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.

Pembanding: MA: 13431.

سنن الترمذي ٤٧: حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِيْ عُمَرَ قَالَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرٍو عَنْ أَبِيْ سَلَمَةَ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ الْوُضُوْءُ مِمَّا مَسَّتْ النَّارُ وَ لَوْ مِنْ ثَوْرِ أَقِطٍ
قَالَ فَقَالَ لَهُ ابْنُ عَبَّاسٍ يَا أَبَا هُرَيْرَةَ أَنَتَوَضَّأُ مِنَ الدُّهْنِ أَنَتَوَضَّأُ مِنَ الْحَمِيمِ قَالَ فَقَالَ أَبُوْ هُرَيْرَةَ يَا ابْنَ أَخِيْ إِذَا سَمِعْتَ حَدِيْثًا عَنْ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فَلَا تَضْرِبْ لَهُ مَثَلا قَالَ وَفِي الْبَاب عَنْ أُمِّ حَبِيبَةَ وأُمِّ سَلَمَةَ وَزَيْدِ بْنِ ثَابِتٍ وَأَبِي طَلْحَةَ وَأَبِي أَيُّوْبَ وَ أَبِيْ مُوْسَى قَالَ أَبُوْ عِيْسَى وَ قَدْ رَأَى بَعْضُ أَهْلِ الْعِلْمِ الْوُضُوْءَ مِمَّا غَيَّرَتِ النَّارُ وَ أَكْثَرُ أَهْلِ الْعِلْمِ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَ التَّابِعِيْنَ وَ مَنْ بَعْدَهُمْ عَلَى تَرْكِ الْوُضُوْءِ مِمَّا غَيَّرَتِ النَّارُ.

Sunan Tirmidzī: 74. telah menceritakan kepada kami [Ibnu Abī ‘Umar] berkata: Telah menceritakan kepada kami [Sufyān bin ‘Uyainah], dari [Muḥammad bin ‘Amru], dari [Abū Salamah], dari [Abū Hurairah] ia berkata: Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Hendaknya berwudhu’ karena sesuatu yang disentuh api, meskipun itu susu kering (keju).” Abū Salamah berkata: Ibnu ‘Abbās bertanya kepadanya: “Wahai Abū Hurairah, apakah kami harus berwudhu’ karena makan minyak samin? Dan apakah kami juga harus wudhu’ karena minum air hangat?” Abū Salamah berkata; Abū Hurairah lalu menjawab: “Wahai anak saudaraku, jika engkau mendengar hadits dari Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam, maka janganlah kamu membuat permisalan-permisalan (padanan).” Abū ‘Īsā berkata: “Dalam bab ini juga ada riwayat dari Ummu Ḥabībah, Ummu Salamah, Zaid bin Tsābit, Abū Salamah, Abū Ayyūb dan Abū Mūsā.” Abū ‘Īsā berkata lagi: “Sebagian ulama berpendapat bahwa wudhu’ wajib dilakukan karena sesuatu yang dirubah oleh api (mentah menjadi matang), namun sebagian besar ahli ilmu dari kalangan sahabat Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, tābi‘īn dan orang-orang setelahnya tidak berwudhu’ karena sesuatu yang dirubah oleh api.

Derajat: Syaikh al-Albani: Ḥasan.

Pembanding: SM: 528, 529, 530; SAD: 166; SN: 171, 172, 173, 174, 175, 179, 180, 181; SIM: 478, 479, 480; MA: 7287, 7350, 9154, 9691, 9814, 10138, 10428, 20615, 20655, 20660, 20668, 20673, 20680, 23439, 15499, 25553, 25554, 25557, 26131, 26138.

سنن الترمذي ٥٧: حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِيْ عُمَرَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ قَالَ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ عَقِيْلٍ سَمِعَ جَابِرًا قَالَ سُفْيَانُ وَ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُنْكَدِرِ عَنْ جَابِرٍ قَالَ خَرَجَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَ أَنَا مَعَهُ فَدَخَلَ عَلَى امْرَأَةٍ مِنَ الْأَنْصَارِ فَذَبَحَتْ لَهُ شَاةً فَأَكَلَ وَ أَتَتْهُ بِقِنَاعٍ مِنْ رُطَبٍ فَأَكَلَ مِنْهُ ثُمَّ تَوَضَّأَ لِلظُّهْرِ وَ صَلَّى ثُمَّ انْصَرَفَ فَأَتَتْهُ بِعُلَالَةٍ مِنْ عُلَالَةِ الشَّاةِ فَأَكَلَ ثُمَّ صَلَّى الْعَصْرَ وَ لَمْ يَتَوَضَّأْ. قَالَ وَ فِي الْبَابِ عَنْ أَبِيْ بَكْرٍ الصِّدِّيْقِ وَابْنِ عَبَّاسٍ وَ أَبِيْ هُرَيرَةَ وَ ابْنِ مَسْعُوْدٍ وَ أَبِيْ رَافِعٍ وَ أُمِّ الْحَكَمِ وَ عَمْرِو بْنِ أُمَيَّةَ وَ أُمِّ عَامِرٍ وَ سُوَيْدِ بْنِ النُّعْمَانِ وَ أُمِّ سَلَمَةَ قَالَ أَبُوْ عِيْسَى وَ لَا يَصِحُّ حَدِيْثُ أَبِيْ بَكْرٍ فِيْ هذَا الْبَابِ مِنْ قِبَلِ إِسْنَادِهِ إِنَّمَا رَوَاهُ حُسَامُ بْنُ مِصَكٍّ عَنِ ابْنِ سِيْرِيْنَ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ عَنْ أَبِيْ بَكْرٍ الصِّدِّيْقِ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَ الصَّحِيْحُ إِنَّمَا هُوَ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ هكَذَا رَوَاهُ الْحُفَّاظُ وَ رُوِيَ مِنْ غَيْرِ وَجْهٍ عَنِ ابْنِ سِيْرِيْنَ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَ رَوَاهُ عَطَاءُ بْنُ يَسَارٍ وَ عِكْرِمَةُ وَ مُحَمَّدُ بْنُ عَمْرِو بْنِ عَطَاءٍ وَ عَلِيُّ بْنُ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَبَّاسٍ وَ غَيْرُ وَاحِدٍ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَ لَمْ يَذْكُرُوْا فِيْهِ عَنْ أَبِيْ بَكْرٍ الصِّدِّيْقِ وَ هذَا أَصَحُّ قَالَ أَبُوْ عِيْسَى وَ الْعَمَلُ عَلَى هذَا عِنْدَ أَكْثَرِ أَهْلِ الْعِلْمِ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَ التَّابِعِيْنَ وَ مَنْ بَعْدَهُمْ مِثْلِ سُفْيَانَ الثَّوْرِيِّ وَ ابْنِ الْمُبَارَكِ وَ الشَّافِعِيِّ وَ أَحْمَدَ وَ إِسْحَاقَ رَأَوْا تَرْكَ الْوُضُوْءِ مِمَّا مَسَّتِ النَّارُ وَ هذَا آخِرُ الْأَمْرَيْنِ مِنْ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَ كَأَنَّ هذَا الْحَدِيْثَ نَاسِخٌ لِلْحَدِيْثِ الْأَوَّلِ حَدِيْثِ الْوُضُوْءِ مِمَّا مَسَّتِ النَّارُ.

Sunan Tirmidzī: 75. Telah menceritakan kepada kami [Ibnu Abī ‘Umar] berkata: Telah menceritakan kepada kami [Sufyān bin ‘Uyainah] berkata: Telah menceritakan kepada kami [‘Abdullāh bin Muḥammad bin ‘Aqīl] ia mendengar [Jābir], [Sufyān] berkata: Dan telah menceritakan kepada kami [Muḥammad Ibn-ul-Munkadir], dari [Jābir] ia berkata: “Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam keluar bersamaku. Beliau mengunjungi seorang wanita Anshār, lalu wanita itu menyembelih seekor kambing untuknya beliau pun memakannya, kemudian wanita itu juga membawakan sebuah keranjang berisi kurma segar, dan beliau juga memakannya. Setelah itu beliau berwudhu’ karena Zhuhur, shalat dan pergi. Wanita itu kemudian membawakan sisa kambing tersebut, beliau pun memakannya, setelah itu melaksanakan shalat asar tanpa berwudlu terlebih dahulu.” Ia berkata: “Dalam bab ini juga ada riwayat dari Abū Bakar, Ibnu ‘Abbās, Abū Hurairah, Ibnu Mas‘ūd, Abū Rāfi‘, Ummu al-Ḥakam, ‘Amru bin Umayyah, Ummu ‘Āmir, Suwaid bin an-Nu‘mān dan Ummu Salamah.” Abū ‘Īsā berkata: “Hadits Abū Bakar dalam bab ini tidak sah dari sisi sanad-nya.” Dan yang meriwayatkannya adalah Ḥusām bin Mishakk, dari Ibnu Sīrīn, dari Ibnu ‘Abbās, dari Abū Bakar, dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam. Tetapi hadits yang Shaḥīḥ adalah riwayat dari Ibnu ‘Abbās, dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, demikianlah para hafidz (ahli hadits) meriwayatkannya. Diriwayatkan juga dari jalur lain: Dari Ibnu Sīrīn, dari Ibnu ‘Abbās, dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam. Hadits itu juga diriwayatkan oleh ‘Āthā’ bin Yasār, ‘Ikrimah, Muḥammad bin ‘Amru bin ‘Athā’, ‘Alī bin ‘Abdullāh bin ‘Abbās, dan masih banyak lagi dari Ibnu ‘Abbās, dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam tanpa menyebutkan dalam sanadnya nama Abū Bakar ash-Shiddīq. Dan inilah yang paling Shaḥīḥ. Kebanyakan ahli ilmu dari kalangan sahabat Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, tābi‘īn dan orang-orang setelah mereka mengamalkan hadits ini. Mereka berpendapat bahwasanya tidak harus berwudhu’ karena makan sesuatu yang disentuh api. Ini adalah akhir dua hal dari Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam, seakan-akan ini menghapus hadits pertama, yaitu hadits tentang wudhu’ karena sesuatu yang disentuh api.”

Derajat: Syaikh al-Albani: Ḥasan Shaḥīḥ.

Pembanding: MA: 26090.

سنن الترمذي ٦٧: حَدَّثَنَا هَنَّادٌ حَدَّثَنَا أَبُوْ مُعَاوِيَةَ عَنِ الْأَعْمَشِ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَبْدِ اللهِ الرَّازِيِّ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ أَبِيْ لَيْلَى عَنِ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ قَالَ سُئِلَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ عَنِ الْوُضُوْءِ مِنْ لُحُوْمِ الْإِبِلِ فَقَالَ تَوَضَّئُوْا مِنْهَا وَ سُئِلَ عَنِ الْوُضُوْءِ مِنْ لُحُوْمِ الْغَنَمِ فَقَالَ لَا تَتَوَضَّئُوْا مِنْهَا. قَالَ وَ فِي الْبَابِ عَنْ جَابِرِ بْنِ سَمُرَةَ وَ أُسَيْدِ بْنِ حُضَيْرٍ قَالَ أَبُوْ عِيْسَى وَ قَدْ رَوَى الْحَجَّاجُ بْنُ أَرْطَاةَ هذَا الْحَدِيْثَ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَبْدِ اللهِ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ أَبِيْ لَيْلَى عَنْ أُسَيْدِ بْنِ حُضَيْرٍ وَ الصَّحِيْحُ حَدِيْثُ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ أَبِيْ لَيْلَى عَنِ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ وَ هُوَ قَوْلُ أَحْمَدَ وَ إِسْحَاقَ وَ رَوَى عُبَيْدَةُ الضَّبِّيُّ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَبْدِ اللهِ الرَّازِيِّ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ أَبِيْ لَيْلَى عَنْ ذِي الْغُرَّةِ الْجُهَنِيِّ وَ رَوَى حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ هذَا الْحَدِيْثَ عَنْ الْحَجَّاجِ بْنِ أَرْطَاةَ فَأَخْطَأَ فِيْهِ وَ قَالَ فِيْهِ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ أَبِيْ لَيْلَى عَنْ أَبِيْهِ عَنْ أُسَيْدِ بْنِ حُضَيْرٍ وَ الصَّحِيْحُ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَبْدِ اللهِ الرَّازِيِّ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ أَبِيْ لَيْلَى عَنِ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ قَالَ إِسْحَاقُ صَحَّ فِيْ هذَا الْبَابِ حَدِيْثَانِ عَنْ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ حَدِيْثُ الْبَرَاءِ وَ حَدِيْثُ جَابِرِ بْنِ سَمُرَةَ وَ هُوَ قَوْلُ أَحْمَدَ وَ إِسْحَاقَ وَ قَدْ رُوِيَ عَنْ بَعْضِ أَهْلِ الْعِلْمِ مِنَ التَّابِعِيْنَ وَ غَيْرِهِمْ أَنَّهُمْ لَمْ يَرَوا الْوُضُوْءَ مِنْ لُحُوْمِ الْإِبِلِ وَ هُوَ قَوْلُ سُفْيَانَ الثَّوْرِيِّ وَ أَهْلِ الْكُوْفَةِ.

Sunan Tirmidzī: 76. telah menceritakan kepada kami [Hannād] berkata: Telah menceritakan kepada kami [Abū Mu‘āwiyah], dari [al-A‘masy], dari [‘Abdullāh bin ‘Abdullāh ar-Rāzī], dari [‘Abd-ur-Raḥmān bin Abī Lailā], dari [al-Barrā’ bin ‘Āzib] ia berkata: Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya tentang hukum wudhu’ karena maka daging unta, beliau menjawab: “Berwudhu’lah karenanya.” Lalu beliau ditanya tentang hukum wudlu karena makan daging kambing, beliau menjawab: “Janganlah kalian berwudhu’ karenanya.” Ia berkata: “Dalam bab ini juga ada riwayat dari Jābir bin Samurah dan Usaid bin Ḥudhair.” Abū ‘Īsā berkata: “Al-Ḥajjāj bin Arthāh, telah meriwayatkan hadits ini dari ‘Abdullāh bin ‘Abdullāh, dari ‘Abd-ur-Raḥmān bin Abī Lailā, dari Usaid bin Ḥudhair. Tetapi yang benar adalah hadits ‘Abd-ur-Raḥmān bin Abī Lailā, dari al Barā’ bin ‘Āzib. Ini adalah pendapat Aḥmad dan Isḥāq. Dan [‘Ubaidah adh-Dhabbī] meriwayatkan dari [‘Abdullāh bin ‘Abdullāh ar-Rāzī], dari [‘Abd-ur-Raḥmān bin Abī Lailā], dari [Dzul-Ghurrah al-Juhannī]. Sedangkan Ḥammād bin Salamah meriwayatkan hadits ini dari al-Ḥajjāj bin Arthāh, namun ia melakukan kesalahan dalam periwayatannya. Ia mengatakan; “‘Abdullāh bin ‘Abd-ir-Raḥmān bin Abī Lailā, dari bapaknya, dari Usaid bin Ḥudhair. Dan yang Shaḥīḥ adalah, dari ‘Abdullāh bin ‘Abdullāh ar-Rāzī, dari ‘Abd-ur-Raḥmān bin Abī Lailā, dari al-Barā’ bin ‘Āzib. Isḥāq berkata: “Dalam bab ini ada dua hadits dari Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam yang Shaḥīḥ; yaitu hadits Barrā’ dan hadits Jābir bin Samurah.” Ini pendapat Aḥmad dan Isḥāq. Dan telah diriwayatkan dari sebagian ahli ilmu dari kalangan tābi‘īn dan selainnya, mereka berpendapat bahwasanya tidak harus wudhu’ karena makan daging unta. Ini adalah pendapat Sufyān ats-Tsaurī dan penduduk Kufah.”

Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.

Pembanding: SAD: 156; SIM: 487, 489, 490; MA: 17805, 18309, 18310, 18664.

سنن الترمذي ٧٧: حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ مَنْصُوْرٍ قَالَ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيْدٍ الْقَطَّانُ عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ قَالَ أَخْبَرَنِيْ أَبِيْ عَنْ بُسْرَةَ بِنْتِ صَفْوَانَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ مَنْ مَسَّ ذَكَرَهُ فَلَا يُصَلِّ حَتَّى يَتَوَضَّأَ
قَالَ وَ فِي الْبَابِ عَنْ أُمِّ حَبِيْبَةَ وَ أَبِيْ أَيُّوْبَ وَ أَبِيْ هُرَيْرَةَ و أَرْوَى ابْنَةِ أُنَيْسٍ وَ عَائِشَةَ وَ جَابِرٍ وَ زَيْدِ بْنِ خَالِدٍ وَ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرٍو قَالَ أَبُوْ عِيْسَى هذَا حَدِيْثٌ حَسَنٌ صَحِيْحٌ قَالَ هكَذَا رَوَاهُ غَيْرُ وَاحِدٍ مِثْلَ هذَا عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ عَنْ أَبِيْهِ عَنْ بُسْرَةَ وَ رَوَى أَبُوْ أُسَامَةَ وَ غَيْرُ وَاحِدٍ هذَا الْحَدِيْثَ عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ عَنْ أَبِيْهِ عَنْ مَرْوَانَ عَنْ بُسْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ نَحْوَهُ حَدَّثَنَا بِذلِكَ إِسْحَاقُ بْنُ مَنْصُوْرٍ حَدَّثَنَا أَبُوْ أُسَامَةَ بِهذَا وَ رَوَى هذَا الْحَدِيْثَ أَبُو الزِّنَادِ عَنْ عُرْوَةَ عَنْ بُسْرَةَ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ حَدَّثَنَا بِذلِكَ عَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ قَالَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمنِ بْنُ أَبِي الزِّنَادِ عَنْ أَبِيْهِ عَنْ عُرْوَةَ عَنْ بُسْرَةَ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ نَحْوَهُ وَ هُوَ قَوْلُ غَيْرِ وَاحِدٍ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَ التَّابِعِيْنَ وَ بِهِ يَقُوْلُ الْأَوْزَاعِيُّ وَ الشَّافِعِيُّ وَ أَحْمَدُ وَ إِسْحَاقُ قَالَ مُحَمَّدٌ وَ أَصَحُّ شَيْءٍ فِيْ هذَا الْبَابِ حَدِيْثُ بُسْرَةَ وَ قَالَ أَبُوْ زُرْعَةَ حَدِيْثُ أُمِّ حَبِيْبَةَ فِيْ هذَا الْبَابِ صَحِيْحٌ وَ هُوَ حَدِيْثُ الْعَلَاءِ بْنِ الْحَارِثِ عَنْ مَكْحُوْلٍ عَنْ عَنْبَسَةَ بْنِ أَبِيْ سُفْيَانَ عَنْ أُمِّ حَبِيْبَةَ وَ قَالَ مُحَمَّدٌ لَمْ يَسْمَعْ مَكْحُوْلٌ مِنْ عَنْبَسَةَ بْنِ أَبِيْ سُفْيَانَ وَ رَوَى مَكْحُوْلٌ عَنْ رَجُلٍ عَنْ عَنْبَسَةَ غَيْرَ هذَا الْحَدِيْثِ وَ كَأَنَّهُ لَمْ يَرَ هذَا الْحَدِيْثَ صَحِيْحًا.

Sunan Tirmidzī: 77. telah menceritakan kepada kami [Isḥāq bin Manshūr] berkata: Telah menceritakan kepada kami [Yaḥyā bin Sa‘īd al-Qaththān], dari [Hisyām bin ‘Urwah] berkata: Telah mengabarkan kepadaku [Bapakku] dari [Busrah binti Shafwān] bahwa Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda: “Barang siapa menyentuh kemaluannya maka janganlah shalat hingga ia berwudhu’.” Ia berkata: “Dalam bab ini juga ada riwayat dari Ummu Ḥabībah, Abū Ayyūb, Abū Hurairah, Arwā binti Unais, ‘Ā’isyah, Jābir, Zaid bin Khālid dan ‘Abdullāh bin ‘Amru. Abū ‘Īsā berkata: “Hadits ini riwayatnya Ḥasan Shaḥīḥ.” Ia berkata: “Demikianlah, tidak hanya satu yang meriwayatkan hadits ini, dari Hisyām bin ‘Urwah, dari bapaknya, dari Busrah. Dan riwayat [Abū Usāmah] juga tidak hanya satu yang meriwayatkan hadits ini, dari [Hisyām bin ‘Urwah], dari [bapaknya], dari [Marwān], dari [Busrah], dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam. Dan telah meriwayatkan seperti itu pula Isḥāq bin Manshūr, ia berkata; “Abū Usāmah menceritakan kepada kami seperti ini.” Dan hadits ini juga diriwayatkan oleh Abuz-Zinād, dari ‘Urwah, dari Busrah, dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam. Seperti itu pula yang diriwayatkan kepada kami oleh [‘Alī bin Ḥujr]. Ia berkata: “Telah menceritakan kepada kami [‘Abd-ur-Raḥmān bin Abuz Zinād], dari [bapaknya], dari [‘Urwah], dari [Busrah], dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam seperti itu. Dan ini adalah pendapat tidak hanya seorang, dari para sahabat Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam dan tābi‘īn. hal ini juga diambil oleh al-Auzā‘ī, Syāfi‘ī, Aḥmad dan Isḥāq.” Muḥammad berkata: “Hadits yang paling Shaḥīḥ dalam bab ini adalah hadits Busrah.” Dan Abū Zur‘ah berkata: “Dalam bab ini, hadits Ummu Ḥabībah juga Shaḥīḥ, yaitu hadits al-‘Alā’ Ibn-ul-Ḥārits, dari Makḥūl, dari ‘Anbasah bin Abū Sufyān, dari Ummu Ḥabībah.” Muḥammad berkata: “Makḥūl belum pernah mendengar, dari ‘Anbasah bin Abū Sufyān.” Sedangkan ‘Anbasah meriwayatkan, dari seorang laki-laki, dari ‘Anbasah selain hadits ini, seakan-akan ia berpendapat bahwa hadits ini Shaḥīḥ.”

Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.

Pembanding: SAD: 154; SN: 442; MA: 26030, 26032; SD: 718.

سنن الترمذي ٨٧: حَدَّثَنَا هَنَّادٌ حَدَّثَنَا مُلَازِمُ بْنُ عَمْرٍو عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ بَدْرٍ عَنْ قَيْسِ بْنِ طَلْقِ بْنِ عَلِيٍّ هُوَ الْحَنَفِيُّ عَنْ أَبِيْهِ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ وَ هَلْ هُوَ إِلَّا مُضْغَةٌ مِنْهُ أَوْ بَضْعَةٌ مِنْهُ
قَالَ وَ فِي الْبَابِ عَنْ أَبِيْ أُمَامَةَ قَالَ أَبُوْ عِيْسَى وَ قَدْ رُوِيَ عَنْ غَيْرِ وَاحِدٍ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَ بَعْضِ التَّابِعِيْنَ أَنَّهُمْ لَمْ يَرَوا الْوُضُوْءَ مِنْ مَسِّ الذَّكَرِ وَ هُوَ قَوْلُ أَهْلِ الْكُوْفَةِ وَ ابْنِ الْمُبَارَكِ وَ هذَا الْحَدِيْثُ أَحَسَنُ شَيْءٍ رُوِيَ فِيْ هذَا الْبَابِ وَ قَدْ رَوَى هذَا الْحَدِيْثَ أَيُّوْبُ بْنُ عُتْبَةَ وَ مُحَمَّدُ بْنُ جَابِرٍ عَنْ قَيْسِ بْنِ طَلْقٍ عَنْ أَبِيْهِ وَ قَدْ تَكَلَّمَ بَعْضُ أَهْلِ الْحَدِيْثِ فِيْ مُحَمَّدِ بْنِ جَابِرٍ وَ أَيُّوْبَ بْنِ عُتْبَةَ وَ حَدِيْثُ مُلَازِمِ بْنِ عَمْرٍو عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ بَدْرٍ أَصَحُّ وَ أَحْسَنُ.

Sunan Tirmidzī: 78. telah menceritakan kepada kami [Hannād] berkata: Telah menceritakan kepada kami [Mulāzim bin ‘Amru], dari [‘Abdullāh bin Badr], dari [Qais bin Thalq bin ‘Alī al-Ḥanafī], dari [Bapaknya], dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda: “Kemaluan hanyalah segumpal atau sepotong daging dari seseorang.” Ia berkata: “Dalam bab ini juga ada riwayat dari Abī Umāmah.” Abū ‘Isā berkata: “Diriwayatkan tidak hanya dari satu sahabat Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam dan sebagian tābi‘īn, mereka berpendapat bahwa tidak ada wudhu’ karena menyentuh kemaluan. Ini adalah pendapat yang diambil oleh penduduk Kufah dan Ibn-ul-Mubārak.” Dan hadits ini adalah sebaik-baik hadits yang diriwayatkan dalam bab ini. Hadits ini diriwayatkan oleh [Ayyūb bin ‘Utbah] dan [Muḥammad bin Jābir] dari [Qais bin Thalq], dari [bapaknya]. Namun ada beberapa ulama yang masih memperbincangkan tentang Muḥammad bin Jābir dan Ayyūb bin ‘Utbah. Dan hadits Mulāzim bin ‘Amru dari ‘Abdullāh bin Badr lebih Shaḥīḥ dan lebih baik.”

Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.

Pembanding: SN: 165.

سنن الترمذي ٩٧: حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ وَ هَنَّادٌ وَ أَبُوْ كُرَيْبٍ وَ أَحْمَدُ بْنُ مَنِيْعٍ وَ مَحْمُوْدُ بْنُ غَيْلَانَ وَ أَبُوْ عَمَّارٍ الْحُسَيْنُ بْنُ حُرَيْثٍ قَالُوْا حَدَّثَنَا وَكِيْعٌ عَنِ الْأَعْمَشِ عَنْ حَبِيْبِ بْنِ أَبِيْ ثَابِتٍ عَنْ عُرْوَةَ عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَبَّلَ بَعْضَ نِسَائِهِ ثُمَّ خَرَجَ إِلَى الصَّلَاةِ وَ لَمْ يَتَوَضَّأْ. قَالَ قُلْتُ مَنْ هِيَ إِلَّا أَنْتِ قَالَ فَضَحِكَتْ قَالَ أَبُوْ عِيْسَى وَ قَدْ رُوِيَ نَحْوُ هذَا عَنْ غَيْرِ وَاحِدٍ مِنْ أَهْلِ الْعِلْمِ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَ التَّابِعِيْنَ وَ هُوَ قَوْلُ سُفْيَانَ الثَّوْرِيِّ وَ أَهْلِ الْكُوْفَةِ قَالُوْا لَيْسَ فِي الْقُبْلَةِ وُضُوْءٌ و قَالَ مَالِكُ بْنُ أَنَسٍ وَ الْأَوْزَاعِيُّ وَ الشَّافِعِيُّ وَ أَحْمَدُ وَ إِسْحَاقُ فِي الْقُبْلَةِ وُضُوْءٌ وَ هُوَ قَوْلُ غَيْرِ وَاحِدٍ مِنْ أَهْلِ الْعِلْمِ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَ التَّابِعِيْنَ وَ إِنَّمَا تَرَكَ أَصْحَابُنَا حَدِيْثَ عَائِشَةَ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فِيْ هذَا لِأَنَّهُ لَا يَصِحُّ عِنْدَهُمْ لِحَالِ الْإِسْنَادِ قَالَ وَ سَمِعْتُ أَبَا بَكْرٍ الْعَطَّارَ الْبَصْرِيَّ يَذْكُرُ عَنْ عَلِيِّ بْنِ الْمَدِيْنِيِّ قَالَ ضَعَّفَ يَحْيَى بْنُ سَعِيْدٍ الْقَطَّانُ هذَا الْحَدِيْثَ جِدًّا وَ قَالَ هُوَ شِبْهُ لَا شَيْءَ قَالَ وَ سَمِعْتُ مُحَمَّدَ بْنَ إِسْمَاعِيْلَ يُضَعِّفُ هذَا الْحَدِيْثَ وَ قَالَ حَبِيْبُ بْنُ أَبِيْ ثَابِتٍ لَمْ يَسْمَعْ مِنْ عُرْوَةَ وَ قَدْ رُوِيَ عَنْ إِبْرَاهِيْمَ التَّيْمِيِّ عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَبَّلَهَا وَ لَمْ يَتَوَضَّأْ وَ هذَا لَا يَصِحُّ أَيْضًا وَ لَا نَعْرِفُ لِإِبْرَاهِيْمَ التَّيْمِيِّ سَمَاعًا مِنْ عَائِشَةَ وَ لَيْسَ يَصِحُّ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فِيْ هذَا الْبَابِ شَيْءٌ.

Sunan Tirmidzī: 79. telah menceritakan kepada kami [Qutaibah] dan [Hannād] dan [Abū Kuraib] dan [Aḥmad bin Munī‘] dan [Maḥmūd bin Ghailān] dan [Abū ‘Ammār al-Ḥusain bin Ḥuraits] mereka berkata: [Wakī‘] menceritakan kepada kami dari [al-A‘masy], dari [Ḥabīb bin Abū Tsābit], dari [‘Urwah], dari [‘Ā’isyah] berkata: “Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam mencium sebagian istrinya, setelah itu keluar shalat dan tidak berwudhu’ lagi.” ‘Urwah berkata: “Itu pasti engkau sendiri, ” ‘Urwah berkata: “Lalu ia pun tertawa.” Abū ‘Īsā berkata: “Yang telah meriwayatkan hadits ini bukan hanya seorang dari kalangan sahabat Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam dan tābi‘īn.” pendapat ini diambil oleh Sufyān ats-Tsaurī dan penduduk Kufah. Mereka mengatakan: “Tidak ada kewajiban berwudhu’ karena mencium.”

Sedangkan Mālik bin Anas, al-Auzā‘ī, Syāfi‘ī, Aḥmad, dan Isḥāq berpendapat: Bahwa mencium itu mengharuskan wudhu’. Pendapat ini diambil tidak hanya satu dari kalangan ahli ilmu dari sahabat Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam dan tābi‘īn. Namun sahabat-sahabat kami meninggalkan hadits dari ‘Ā’isyah karena menurut mereka lemah dari sisi sanad. Abū ‘Īsā berkata: “Aku mendengar Abū Bakr al-‘Aththār al-Bashrī menyebutkan dari ‘Alī Ibn-ul-Madīnī, ia berkata: “Yaḥyā bin Sa‘īd al-Qaththān melemahkan hadits ini. dan ia berkata: “Itu sama dengan sesuatu yang tidak ada apa-apanya.” Ia juga berkata: “Aku mendengar Muḥammad bin Ismā‘īl melemahkan hadits ini, dan Ḥabīb bin Abū Tsābit belum pernah mendengar dari ‘Urwah.” Telah diriwayatkan dari [Ibrāhīm at-Taimī], dari [‘Ā’isyah] bahwa Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam pernah menciumnya dan beliau tidak berwudhu’ lagi. Namun hadits ini juga tidak sah. Kami tidak pernah mengetahui bahwa Ibrāhīm at-Taimī pernah mendengar dari ‘Ā’isyah. Tidak ada hadits yang Shaḥīḥ dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam dalam bab ini.”

Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.

Pembanding: SAD: 153; SIM: 495; MA: 24584, 24585.

سنن الترمذي ٠٨: حَدَّثَنَا أَبُوْ عُبَيْدَةَ بْنُ أَبِي السَّفَرِ وَ هُوَ أَحْمَدُ بْنُ عَبْدِ اللهِ الْهَمْدَانِيُّ الْكُوْفِيُّ وَ إِسْحَاقُ بْنُ مَنْصُوْرٍ قَالَ أَبُوْ عُبَيْدَةَ حَدَّثَنَا وَ قَالَ إِسْحَاقُ أَخْبَرَنَا عَبْدُ الصَّمَدِ بْنُ عَبْدِ الْوَارِثِ حَدَّثَنِيْ أَبِيْ عَنْ حُسَيْنٍ الْمُعَلِّمِ عَنْ يَحْيَى بْنِ أَبِيْ كَثِيْرٍ قَالَ حَدَّثَنِيْ عَبْدُ الرَّحْمنِ بْنُ عَمْرٍو الْأَوْزَاعِيُّ عَنْ يَعِيْشَ بْنِ الْوَلِيْدِ الْمَخْزُوْمِيِّ عَنْ أَبِيْهِ عَنْ مَعْدَانَ بْنِ أَبِيْ طَلْحَةَ عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَاءَ فَأَفْطَرَ فَتَوَضَّأَ
فَلَقِيْتُ ثَوْبَانَ فِيْ مَسْجِدِ دِمَشْقَ فَذَكَرْتُ ذلِكَ لَهُ فَقَالَ صَدَقَ أَنَا صَبَبْتُ لَهُ وَضُوْءَهُ قَالَ أَبُوْ عِيْسَى وَ قَالَ إِسْحَاقُ بْنُ مَنْصُوْرٍ مَعْدَانُ بْنُ طَلْحَةَ قَالَ أَبُوْ عِيْسَى وَ ابْنُ أَبِي طَلْحَةَ أَصَحُّ قَالَ أَبُوْ عِيْسَى وَ قَدْ رَأَى غَيْرُ وَاحِدٍ مِنْ أَهْلِ الْعِلْمِ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَ غَيْرِهِمْ مِنَ التَّابِعِيْنَ الْوُضُوْءَ مِنَ الْقَيْءِ وَ الرُّعَافِ وَ هُوَ قَوْلُ سُفْيَانَ الثَّوْرِيِّ وَ ابْنِ الْمُبَارَكِ وَ أَحْمَدَ وَ إِسْحَاقَ وَ قَالَ بَعْضُ أَهْلِ الْعِلْمِ لَيْسَ فِي الْقَيْءِ وَ الرُّعَافِ وُضُوْءٌ وَ هُوَ قَوْلُ مَالِكٍ وَ الشَّافِعِيِّ وَ قَدْ جَوَّدَ حُسَيْنٌ الْمُعَلِّمُ هذَا الْحَدِيْثَ وَ حَدِيْثُ حُسَيْنٍ أَصَحُّ شَيْءٍ فِيْ هذَا الْبَابِ وَ رَوَى مَعْمَرٌ هذَا الْحَدِيْثَ عَنْ يَحْيَى بْنِ أَبِيْ كَثِيْرٍ فَأَخْطَأَ فِيْهِ فَقَالَ عَنْ يَعِيْشَ بْنِ الْوَلِيْدِ عَنْ خَالِدِ بْنِ مَعْدَانَ عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ وَ لَمْ يَذْكُرْ فِيْهِ الْأَوْزَاعِيَّ وَ قَالَ عَنْ خَالِدِ بْنِ مَعْدَانَ وَ إِنَّمَا هُوَ مَعْدَانُ بْنُ أَبِيْ طَلْحَةَ.

Sunan Tirmidzī: 80. telah menceritakan kepada kami [Abū ‘Ubaidah bin Abus-Safar (yaitu) Aḥmad bin ‘Abdullāh al-Hamdānī al-Kufī]. Dan [Isḥāq bin Manshūr] berkata: Telah menceritakan kepada kami [Abū ‘Ubaidah], Isḥāq berkata: Telah mengabarkan kepada kami [‘Abd-ush-Shamad bin ‘Abd-ul-Wārits] berkata: Telah menceritakan kepadaku [Bapakku], dari [Ḥusain al-Mu‘allim], dari [Yaḥyā bin Abū Katsīr] berkata: Telah menceritakan kepadaku [‘Abd-ur-Raḥmān bin ‘Amru al-Auzā‘ī] dari [Ya’īsy Ibn-ul-Walīd al-Makhzūmī], dari [Bapaknya], dari [Ma‘dān bin Abū Thalḥah], dari [Abud-Dardā’] bahwa Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam muntah, lalu beliau berbuka dan berwudhu’. Abud-Dardā’ berkata: “Lalu aku bertemu dengan [Tsaubān] di masjid Damaskus, aku kabarkan hal itu kepadanya, maka ia pun berkata: “Benar, bahkan akulah yang menuangkan air wudhu’ kepada beliau.” Abū ‘Īsā berkata: Isḥāq bin Manshūr berkata: “Ma‘dān bin Thalḥah.” Abū ‘Īsā berkata: “Sedangkan Ibnu Abū Thalḥah lebih Shaḥīḥ.” Abū ‘Īsā berkata: “Tidak hanya satu orang ulama dari kalangan sahabat Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam dan tābi‘īn yang berpendapat bahwa seseorang itu harus berwudhu’ karena muntah atau darah (mimisan). Pendapat ini diambil oleh Sufyān ats-Tsaurī, Ibn-ul-Mubārak, Aḥmad dan Isḥāq.” Sedangkan sebagian ulama berpendapat bahwa seseorang tidak harus berwudhu’ karena muntah atau mimisan. Pendapat ini diambil oleh Mālik dan Syāfi‘ī. Ḥusain al-Mu‘allim menganggap bahwa hadits ini baik. Dan hadits Ḥusain adalah hadits yang paling baik dalam bab ini. Ma‘mar meriwayatkan hadits ini dari Yaḥyā bin Abū Katsīr, namun ia salah di dalamnya. Ia berkata: “Dari Ya’īsy Ibn-ul-Walīd, dari Khālid bin Ma‘dān, dari Abud-Dardā’, dan ia tidak menyebutkan di dalamnya nama al-Auzā‘ī. Ia menyebutkan dari Khālid bin Ma‘dān, padahal ia adalah Ma‘dān bin Abū Thalḥah.”

Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.

Pembanding: SAD: 2033; MA: 20712, 21338, 21347, 26230; SD: 1665.

سنن الترمذي ١٨: حَدَّثَنَا هَنَّادٌ حَدَّثَنَا شَرِيْكٌ عَنْ أَبِيْ فَزَارَةَ عَنْ أَبِيْ زَيْدٍ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَسْعُوْدٍ قَالَ سَأَلَنِي النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ مَا فِيْ إِدَاوَتِكَ فَقُلْتُ نَبِيْذٌ فَقَالَ تَمْرَةٌ طَيِّبَةٌ وَ مَاءٌ طَهُوْرٌ قَالَ فَتَوَضَّأَ مِنْهُ. قَالَ أَبُوْ عِيْسَى وَ إِنَّمَا رُوِيَ هذَا الْحَدِيْثُ عَنْ أَبِيْ زَيْدٍ عَنْ عَبْدِ اللهِ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَ أَبُوْ زَيْدٍ رَجُلٌ مَجْهُوْلٌ عِنْدَ أَهْلِ الْحَدِيْثِ لَا تُعْرَفُ لَهُ رِوَايَةٌ غَيْرُ هذَا الْحَدِيْثِ وَ قَدْ رَأَى بَعْضُ أَهْلِ الْعِلْمِ الْوُضُوْءَ بِالنَّبِيْذِ مِنْهُمْ سُفْيَانُ الثَّوْرِيُّ وَ غَيْرُهُ وَ قَالَ بَعْضُ أَهْلِ الْعِلْمِ لَا يُتَوَضَّأُ بِالنَّبِيْذِ وَ هُوَ قَوْلُ الشَّافِعِيِّ وَ أَحْمَدَ وَ إِسْحَاقَ وَ قَالَ إِسْحَاقُ إِنِ ابْتُلِيَ رَجُلٌ بِهذَا فَتَوَضَّأَ بِالنَّبِيْذِ وَ تَيَمَّمَ أَحَبُّ إِلَيَّ قَالَ أَبُوْ عِيْسَى وَ قَوْلُ مَنْ يَقُوْلُ لَا يُتَوَضَّأُ بِالنَّبِيْذِ أَقْرَبُ إِلَى الْكِتَابِ وَ أَشْبَهُ لِأَنَّ اللهَ تَعَالَى قَالَ{ فَلَمْ تَجِدُوْا مَاءً فَتَيَمَّمُوْا صَعِيْدًا طَيِّبًا }.

Sunan Tirmidzī: 81. telah menceritakan kepada kami [Hannād] berkata: Telah menceritakan kepada kami [Syarīk], dari [Abū Fazārah], dari [Abū Zaid], dari [‘Abdullāh bin Mas‘ūd] ia berkata: “Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam bertanya kepadaku: “Apa yang ada di dalam embermu?” Aku pun menjawab: “Anggur, ” beliau lalu bersabda: ” Kurmalah yang lebih baik dan suci, ” Ibnu Mas‘ūd berkata: “Maka beliau pun berwudhu’ dengannya.” Abū ‘Īsā berkata: “Hanyasanya hadits ini diriwayatkan dari Abū Zaid dari ‘Abdullāh, dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam. Sedangkan Abū Zaid adalah seorang yang belum dikenal oleh para ahli hadits. Dia tidak diketahui pernah meriwayatkan hadits kecuali hadits ini. Sebagian ahli ilmu berpandangan bahwa seseorang boleh berwudhu’ dengan nabīdz (anggur/arak). Di antaranya adalah Sufyān ats-Tsaurī dan selainnya. Dan sebagian yang lain berpandangan bahwa seseorang tidak boleh berwudhu’ dengan arak. Ini adalah pendapat Syāfi‘ī, Aḥmad dan Isḥāq. Isḥāq berkata: “Jika seseorang diuji dengan ini, maka hendaklah ia berwudhu’ dengan anggur, tetapi aku lebih suka jika ia bertayammum.” Abū ‘Īsā berkata: Adapun perkataan seseorang; “Tidak boleh berwudhu’ dengan anggur, “ adalah lebih dekat dengan al-Qur’ān dan lebih layak. Karena Allah Ta‘ālā berfirman: “(lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan tanah yang baik (bersih)).”

Derajat: Syaikh al-Albani: Dha‘īf.

Pembanding: MA: 4069, 4074.

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *