Sunan Tirmidzi no.56 s.d 64 – Seputar Air dan Bersuci Dengan Air

Dari Kitab:
Sunan Tirmidzi
Oleh: Abū ‘Īsá Muḥammad ibn ‛Īsá as-Sulamī aḍ-Ḍarīr al-Būghī at-Tirmidhī

سنن الترمذي ٦٥: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمنِ بْنُ مَهْدِيٍّ عَنْ سُفْيَانَ عَنْ عَلْقَمَةَ بْنِ مَرْثَدٍ عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ بُرَيْدَةَ عَنْ أَبِيْهِ قَالَ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَتَوَضَّأُ لِكُلِّ صَلَاةٍ فَلَمَّا كَانَ عَامُ الْفَتْحِ صَلَّى الصَّلَوَاتِ كُلَّهَا بِوُضُوْءٍ وَاحِدٍ وَ مَسَحَ عَلَى خُفَّيْهِ فَقَالَ عُمَرُ إِنَّكَ فَعَلْتَ شَيْئًا لَمْ تَكُنْ فَعَلْتَهُ قَالَ عَمْدًا فَعَلْتُهُ.
قَالَ أَبُوْ عِيْسَى هذَا حَدِيْثٌ حَسَنٌ صَحِيْحٌ وَ رَوَى هذَا الْحَدِيْثَ عَلِيُّ بْنُ قَادِمٍ عَنْ سُفْيَانَ الثَّوْرِيِّ وَ زَادَ فِيْهِ تَوَضَّأَ مَرَّةً مَرَّةً قَالَ وَ رَوَى سُفْيَانُ الثَّوْرِيُّ هذَا الْحَدِيْثَ أَيْضًا عَنْ مُحَارِبِ بْنِ دِثَارٍ عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ بُرَيْدَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ كَانَ يَتَوَضَّأُ لِكُلِّ صَلَاةٍ وَ رَوَاهُ وَكِيْعٌ عَنْ سُفْيَانَ عَنْ مُحَارِبٍ عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ بُرَيْدَةَ عَنْ أَبِيْهِ قَالَ وَ رَوَاهُ عَبْدُ الرَّحْمنِ بْنُ مَهْدِيٍّ وَ غَيْرُهُ عَنْ سُفْيَانَ عَنْ مُحَارِبِ بْنِ دِثَارٍ عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ بُرَيْدَةَ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ مُرْسَلًا وَ هذَا أَصَحُّ مِنْ حَدِيْثِ وَكِيْعٍ وَ الْعَمَلُ عَلَى هذَا عِنْدَ أَهْلِ الْعِلْمِ أَنَّهُ يُصَلِّي الصَّلَوَاتِ بِوُضُوْءٍ وَاحِدٍ مَا لَمْ يُحْدِثْ وَ كَانَ بَعْضُهُمْ يَتَوَضَّأُ لِكُلِّ صَلَاةٍ اِسْتِحْبَابًا وَ إِرَادَةَ الْفَضْلِ وَ يُرْوَى عَنِ الْأَفْرِيقِيِّ عَنْ أَبِيْ غُطَيْفٍ عَنِ ابْنِ عُمَرَ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ مَنْ تَوَضَّأَ عَلَى طُهْرٍ كَتَبَ اللهُ لَهُ بِهِ عَشْرَ حَسَنَاتٍ وَ هذَا إِسْنَادٌ ضَعِيْفٌ وَ فِي الْبَابِ عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ صَلَّى الظُّهْرَ وَ الْعَصْرَ بِوُضُوْءٍ وَاحِدٍ.

Sunan Tirmidzī: 56. Telah menceritakan kepada kami [Muḥammad bin Basysyār] berkata: Telah menceritakan kepada kami [‘Abd-ur-Raḥmān bin Mahdī], dari [Sufyān], dari [‘Alqamah bin Martsad], dari [Sulaimān bin Buraidah], dari [Bapaknya] ia berkata: “Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam selalu berwudhu’ ketika akan shalat. Dan pada hari penaklukan kota Makkah, beliau mengerjakan semua shalat dengan satu wudhu’ dan mengusap khufnya.” Lalu ‘Umar berkata: “Sungguh, engkau melakukan sesuatu yang tidak biasa engkau lakukan, “Beliau menjawab: “Aku sengaja melakukannya.” Abū ‘Īsā berkata: “Hadits ini derajatnya Ḥasan Shaḥīḥ.” [‘Alī bin Qādim] meriwayatkan hadits ini dari [Sufyān ats-Tsaurī], lalu ia menambahkan: “Rasūlullāh berwudhu’ dengan satu kali-satu kali.” Ia berkata: “Dan [Sufyān ats-Tsaurī] juga meriwayatkan hadits ini dari [Muḥārib bin Ditsār], dari [Sulaimān bin Buraidah], dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, bahwasanya beliau selalu berwudhu’ ketika akan shalat. Dan [Wakī’] meriwayatkannya dari [Sufyān], dari [Muḥārib], dari [Sulaimān bin Buraidah], dari [bapaknya]. [‘Abd-ur-Raḥmān bin Mahdī] dan selainnya meriwayatkannya dari [Sufyān], dari [Muḥārib bin Ditsār], dari [Sulaimān bin Buraidah], dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam secara mursal, dan ini lebih Shaḥīḥ dari hadits Wakī‘.

Para ahli ilmu mengamalkan hadits ini, yaitu bahwa Rasūlullāh melakukan beberapa shalat dengan satu kali wudhu’ selama belum batal. Namun di antara mereka ada yang berwudhu’ setiap kali akan mengerjakan shalat karena ada anjuran dan demi mendapatkan keutamaan. Diriwayatkan pula dari al-Afrīqī, dari Abū Ghuthaif, dari Ibnu ‘Umar dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda: “Barang siapa berwudhu’ dalam keadaan masih suci maka Allah akan menuliskan baginya sepuluh kebaikan.” Namun hadits ini sanad-nya lemah. Dan dalam bab ini ada riwayat dari Jābir bin ‘Abdullāh bahwa Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam shalat Zhuhur dan ‘Ashar dengan satu wudhu’.”
Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.
Pembanding: SN: 133; SIM: 502, 503; SD: 657.

سنن الترمذي ٧٥: حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِيْ عُمَرَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ عَنْ عَمْرِو بْنِ دِيْنَارٍ عَنْ أَبِي الشَّعْثَاءِ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ حَدَّثَتْنِيْ مَيْمُوْنَةُ قَالَتْ كُنْتُ أَغْتَسِلُ أَنَا وَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ مِنْ إِنَاءٍ وَاحِدٍ مِنَ الْجَنَابَةِ. قَالَ أَبُوْ عِيْسَى هذَا حَدِيْثٌ حَسَنٌ صَحِيْحٌ وَ هُوَ قَوْلُ عَامَّةِ الْفُقَهَاءِ أَنْ لَا بَأْسَ أَنْ يَغْتَسِلَ الرَّجُلُ وَ الْمَرْأَةُ مِنْ إِنَاءٍ وَاحِدٍ قَالَ وَ فِي الْبَابِ عَنْ عَلِيٍّ وَ عَائِشَةَ وَ أَنَسٍ وَ أُمِّ هَانِئٍ وَ أُمِّ صُبَيَّةَ الْجُهَنِيَّةِ وَ أُمِّ سَلَمَةَ وَ ابْنِ عُمَرَ قَالَ أَبُوْ عِيْسَى وَ أَبُو الشَّعْثَاءِ اسْمُهُ جَابِرُ بْنُ زَيْدٍ.

Sunan Tirmidzī: 57. Telah menceritakan kepada kami [Ibnu Abī ‘Umar] berkata: Telah menceritakan kepada kami [Sufyān bin ‘Uyainah], dari [‘Amru bin Dīnār], dari [Abū Sya‘tsā’], dari [Ibnu ‘Abbās] berkata; [Maimūnah] berkata kepadaku: “Aku pernah mandi bersama Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam dengan satu bejana ketika junub.” Abū ‘Īsā berkata: “Ini adalah hadits Ḥasan Shaḥīḥ, dan ini adalah pendapat kebanyakan fuqaha, bahwa seorang laki-laki boleh mandi dengan seorang wanita dalam satu bejana.” Dalam bab ini juga ada riwayat dari ‘Alī, ‘Ā’isyah, Anas, Ummu Hāni’, Ummu Shubayyah al-Juhaniyyah, Ummu Salamah, dan Ibnu ‘Umar.” Abū ‘Īsā berkata: “Dan Abusy-Sya‘tsā’ namanya adalah Jābir bin Zaid.”
Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.
Pembanding: SB: 242, 253, 255, 290, 484, 485, 498; SAD: 70; ST: 1677; SN: 231, 233, 235, 236, 239, 409; SIM: 362, 370, 371, 374; MA: 22887, 22960, 23213, 23458, 23577, 23581, 23721, 23768, 23805, 23830, 24076, 24116, 24200, 24211, 24212, 24218, 24225, 24236, 24406, 24415, 24430, 24453, 24582, 24736, 24789, 25085, 25487, 25570; SD: 742, 743.

سنن الترمذي ٨٥: حَدَّثَنَا مَحْمُوْدُ بْنُ غَيْلَانَ قَالَ حَدَّثَنَا وَكِيْعٌ عَنْ سُفْيَانَ عَنْ سُلَيْمَانَ التَّيْمِيِّ عَنْ أَبِيْ حَاجِبٍ عَنْ رَجُلٍ مِنْ بَنِيْ غِفَارٍ قَالَ نَهَى رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ عَنْ فَضْلِ طَهُوْرِ الْمَرْأَةِ قَالَ وَ فِي الْبَابِ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ سَرْجِسَ قَالَ أَبُوْ عِيْسَى وَ كَرِهَ بَعْضُ الْفُقَهَاءِ الْوُضُوْءَ بِفَضْلِ طَهُوْرِ الْمَرْأَةِ وَ هُوَ قَوْلُ أَحْمَدَ وَ إِسْحَاقَ كَرِهَا فَضْلَ طَهُوْرِهَا وَ لَمْ يَرَيَا بِفَضْلِ سُؤْرِهَا بَأْسًا.

Sunan Tirmidzī: 58. Telah menceritakan kepada kami [Maḥmūd bin Ghailān] berkata: Telah menceritakan kepada kami [Wakī‘], dari [Sufyān], dari [Sulaimān at-Taimī], dari [Abū Ḥājib], dari [Seorang laki-laki, dari Bani Ghifār], ia berkata: “Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam melarang dari air sisa mandi seorang wanita.” Dan dalam bab ini ada juga riwayat dari ‘Abdullāh bin Sarjis. Abū ‘Īsā berkata: “Sebagian fuqaha memakruhkan berwudhu’ dari air sisa mandi seorang wanita. Dan ini adalah perkataan Aḥmad dan Isḥāq, mereka memakruhkan air sisa bersucinya mereka, bukan sisa air yang masih dalam bejananya.
Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.
Pembanding: Tidak ada.

سنن الترمذي ٩٥: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ وَ مَحْمُوْدُ بْنُ غَيْلَانَ قَالَا حَدَّثَنَا أَبُوْ دَاوُدَ عَنْ شُعْبَةَ عَنْ عَاصِمٍ قَال سَمِعْتُ أَبَا حَاجِبٍ يُحَدِّثُ عَنِ الْحَكَمِ بْنِ عَمْرٍو الْغِفَارِيِّ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ نَهَى أَنْ يَتَوَضَّأَ الرَّجُلُ بِفَضْلِ طَهُوْرِ الْمَرْأَةِ أَوْ قَالَ بِسُؤْرِهَا. قَالَ أَبُوْ عِيْسَى هذَا حَدِيْثٌ حَسَنٌ وَ أَبُوْ حَاجِبٍ اسْمُهُ سَوَادَةُ بْنُ عَاصِمٍ و قَالَ مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ فِيْ حَدِيْثِهِ نَهَى رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ أَنْ يَتَوَضَّأَ الرَّجُلُ بِفَضْلِ طَهُوْرِ الْمَرْأَةِ وَ لَمْ يَشُكَّ فِيْهِ مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ.

Sunan Tirmidzī: 59. Telah menceritakan kepada kami [Muḥammad bin Basysyār] dan [Muḥammad bin Ghailān] mereka berkata; telah menceritakan kepada kami [Abū Dāūd] dari [Syu‘bah] dari [‘Āshim] berkata: Aku mendengar [Abū Ḥājib] menceritakan dari [al-Ḥakam bin ‘Amru al-Ghifārī] bahwa Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam melarang seorang laki-laki berwudhu’ dengan air sisa bersucinya wanita, atau ia mengatakan: “Air sisa yang masih di dalam bejananya.” Abū ‘Īsā berkata: “Ini adalah hadits Ḥasan. Dan Abū Ḥājib namanya adalah Sawādah bin ‘Āshim.” Muḥammad bin Basysyār menyebutkan dalam haditsnya: “Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam melarang seorang laki-laki berwudhu’ dengan air sisa bersucinya seorang wanita, ” dan Muḥammad bin Basysyār tidak ragu di dalamnya.
Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.
Pembanding: SAD: 74, 75; SN: 341; SIM: 367; MA: 17188, 19734.

سنن الترمذي ٠٦: حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ حَدَّثَنَا أَبُو الْأَحْوَصِ عَنْ سِمَاكِ بْنِ حَرْبٍ عَنْ عِكْرِمَةَ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ
اِغْتَسَلَ بَعْضُ أَزْوَاجِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فِيْ جَفْنَةٍ فَأَرَادَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ أَنْ يَتَوَضَّأَ مِنْهُ فَقَالَتْ يَا رَسُوْلَ اللهِ إِنِّي كُنْتُ جُنُبًا فَقَالَ إِنَّ الْمَاءَ لَا يُجْنِبُ. قَالَ أَبُوْ عِيْسَى هذَا حَدِيْثٌ حَسَنٌ صَحِيْحٌ وَ هُوَ قَوْلُ سُفْيَانَ الثَّوْرِيِّ وَ مَالِكٍ وَ الشَّافِعِيِّ.

Sunan Tirmidzī: 60. Telah menceritakan kepada kami [Qutaibah] berkata: Telah menceritakan kepada kami [Abul-Aḥwash] dari [Simāk bin Ḥarb] dari [‘Ikrimah] dari [Ibnu ‘Abbās] ia berkata: “Beberapa istri Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam mandi dalam satu bejana, kemudian Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam hendak berwudhu’ darinya, namun ia berkata: “Wahai Rasūlullāh, sesungguhnya aku junub, ” beliau lalu menjawab: “Sesungguhnya air itu tidak junub (tidak najis).” Abū ‘Īsā berkata: “Hadits ini derajatnya Ḥasan Shaḥīḥ, dan hadits ini dipegang oleh Sufyān ats-Tsaurī, Mālik dan Syāfi‘ī.”
Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.
Pembanding: SAD: 62; SN: 323; SIM: 364; MA: 1998, 2436.

سنن الترمذي ١٦: حَدَّثَنَا هَنَّادٌ وَ الْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ الْخَلَّالُ وَ غَيْرُ وَاحِدٍ قَالُوْا حَدَّثَنَا أَبُوْ أُسَامَةَ عَنِ الْوَلِيْدِ بْنِ كَثِيْرٍ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ كَعْبٍ عَنْ عُبَيْدِ اللهِ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ رَافِعِ بْنِ خَدِيْجٍ عَنْ أَبِيْ سَعِيْدٍ الْخُدْرِيِّ قَالَ قِيْلَ يَا رَسُوْلَ اللهِ أَنَتَوَضَّأُ مِنْ بِئْرِ بُضَاعَةَ وَ هِيَ بِئْرٌ يُلْقَى فِيْهَا الْحِيَضُ وَ لُحُوْمُ الْكِلَابِ وَ النَّتْنُ فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ إِنَّ الْمَاءَ طَهُوْرٌ لَا يُنَجِّسُهُ شَيْءٌ. قَالَ أَبُوْ عِيْسَى هذَا حَدِيْثٌ حَسَنٌ وَ قَدْ جَوَّدَ أَبُوْ أُسَامَةَ هذَا الْحَدِيْثَ فَلَمْ يَرْوِ أَحَدٌ حَدِيْثَ أَبِيْ سَعِيْدٍ فِيْ بِئْرِ بُضَاعَةَ أَحْسَنَ مِمَّا رَوَى أَبُوْ أُسَامَةَ وَ قَدْ رُوِيَ هذَا الْحَدِيْثُ مِنْ غَيْرِ وَجْهٍ عَنْ أَبِيْ سَعِيْدٍ وَ فِي الْبَابِ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ وَ عَائِشَةَ.

Sunan Tirmidzī: 61. Telah menceritakan kepada kami [Hannād] dan [al-Ḥasan bin ‘Alī al-Khallal] dan yang lainnya, mereka berkata: Telah menceritakan kepada kami [Abū Usāmah], dari [al-Walīd bin Katsīr], dari [Muḥammad bin Ka‘b], dari [‘Ubaidullāh bin ‘Abdullāh bin Rāfi‘ bin Khadīj], dari [Abū Sa‘īd al-Khudrī] ia berkata: Aada yang bertanya: “Wahai Rasūlullāh, apakah kami boleh berwudhu’ dari air sumur Budhā‘ah yang dibuang ke dalamnya terdapat kain bekas pembalut haid, daging anjing dan bangkai?” maka Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam menjawab: “Sungguh air itu suci tidak ada sesuatu yang membuatnya najis.” Abū ‘Īsā berkata: “Hadits ini Ḥasan, Abū Usāmah telah menyatakan bahwa dia adalah hadits yang baik, dan tidak ada seorang pun yang meriwayatkan hadits Abū Sa‘īd tentang sumur Budhā‘ah yang lebih baik dari apa yang diriwayatkan oleh Abū Usāmah. Dan hadits ini telah diriwayatkan dari beberapa jalur dari Abū Sa‘īd. Juga dalam bab ini ada hadits dari Ibnu ‘Abbās dan ‘Ā’isyah.”
Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.
Pembanding: SAD: 62; SN: 323, 324, 325; MA: 1996, 1998, 2436, 2668, 10696, 10827, 11388, 11391.

سنن الترمذي ٢٦: حَدَّثَنَا هَنَّادٌ حَدَّثَنَا عَبْدَةُ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِسْحَاقَ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ جَعْفَرِ بْنِ الزُّبَيْرِ عَنْ عُبَيْدِ اللهِ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَ هُوَ يُسْأَلُ عَنِ الْمَاءِ يَكُوْنُ فِي الْفَلَاةِ مِنَ الْأَرْضِ وَ مَا يَنُوْبُهُ مِنَ السِّبَاعِ وَ الدَّوَابِّ قَالَ فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ إِذَا كَانَ الْمَاءُ قُلَّتَيْنِ لَمْ يَحْمِلِ الْخَبَثَ. قَالَ عَبْدَةُ قَالَ مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَاقَ الْقُلَّةُ هِيَ الْجِرَارُ وَ الْقُلَّةُ الَّتِيْ يُسْتَقَى فِيْهَا قَالَ أَبُوْ عِيْسَى وَ هُوَ قَوْلُ الشَّافِعِيِّ وَ أَحْمَدَ وَ إِسْحَاقَ قَالُوْا إِذَا كَانَ الْمَاءُ قُلَّتَيْنِ لَمْ يُنَجِّسْهُ شَيْءٌ مَا لَمْ يَتَغَيَّرْ رِيْحُهُ أَوْ طَعْمُهُ وَ قَالُوْا يَكُوْنُ نَحْوًا مِنْ خَمْسِ قِرَبٍ.

Sunan Tirmidzī: 62. telah menceritakan kepada kami [Hannād] berkata: Telah menceritakan kepada kami [‘Abdah], dari [Muḥammad bin Isḥāq], dari [Muḥammad bin Ja‘far bin az-Zubair], dari [‘Ubaidullāh bin ‘Abdullāh bin Umar], dari [Ibnu Umar] ia berkata: “Aku mendengar dari Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam ketika beliau ditanya tentang air yang ada di tanah lapang dan sering dikunjungi oleh binatang buas dan hewan hewan lainnya, ” Ibnu ‘Umar berkata: Maka Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam menjawab: “Apabila air itu mencapai dua Qullah maka tidak akan mengandung kotoran (najis).” ‘Abdah berkata: Muḥammad bin Isḥāq berkata: “Al-Qullah adalah beberapa guci besar, dan Qullah adalah air yang biasa dipakai untuk minum.” Abū ‘Īsā berkata: “Dan itu adalah pendapat Imam Syāfi‘ī, Aḥmad, dan Isḥāq. Mereka mengatakan: “Apabila air itu mencapai dua Qullah maka tidak ada sesuatu yang menjadikannya najis, yaitu selama tidak berubah bau atau rasanya, dan mereka mengatakan: “kira-kira airnya sebanyak lima Qirbah (kendi).
Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.
Pembanding: SAD: 58; SN: 52, 326; MA: 4376, 4572, 4721; SD: 725, 726.

سنن الترمذي ٣٦: حَدَّثَنَا مَحْمُوْدُ بْنُ غَيْلَانَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ عَنْ مَعْمَرٍ عَنْ هَمَّامِ بْنِ مُنَبِّهٍ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ
عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ لَا يَبُوْلَنَّ أَحَدُكُمْ فِي الْمَاءِ الدَّائِمِ ثُمَّ يَتَوَضَّأُ مِنْهُ قَالَ أَبُوْ عِيْسَى هذَا حَدِيْثٌ حَسَنٌ صَحِيْحٌ وَ فِي الْبَابِ عَنْ جَابِرٍ.

Sunan Tirmidzī: 63. telah menceritakan kepada kami [Maḥmūd bin Ghailān] berkata: Telah menceritakan kepada kami [‘Abd-ur-Razzāq], dari [Ma‘mar], dari [Hammām bin Munabbih], dari [Abū Hurairah], dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda: “Jangan sekali-kali salah seorang dari kalian kencing di air yang diam (tidak mengalir) kemudian berwudlu darinya.” Abū ‘Īsā berkata: “Ini adalah hadits yang Ḥasan Shaḥīḥ, dan dalam bab ini juga ada riwayat dari Jābir.”
Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.
Pembanding: SB: 232; SM: 424, 425; SAD: 63, 64; SN: 57, 58, 394, 397; SIM: 338, 339; MA: 7213, 7285, 7529, 7839, 8202, 8385, 8752, 9988, 10421, 10472; SD: 724.

سنن الترمذي ٤٦: حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ عَنْ مَالِكٍ ح و حَدَّثَنَا الْأَنْصَارِيُّ إِسْحَاقُ بْنُ مُوْسَى حَدَّثَنَا مَعْنٌ حَدَّثَنَا مَالِكٌ عَنْ صَفْوَانَ بْنِ سُلَيْمٍ عَنْ سَعِيْدِ بْنِ سَلَمَةَ مِنْ آلِ ابْنِ الْأَزْرَقِ أَنَّ الْمُغِيْرَةَ بْنَ أَبِيْ بُرْدَةَ وَ هُوَ مِنْ بَنِيْ عَبْدِ الدَّارِ أَخْبَرَهُ أَنَّهُ سَمِعَ أَبَا هُرَيْرَةَ يَقُوْلُ سَأَلَ رَجُلٌ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فَقَالَ يَا رَسُوْلَ اللهِ إِنَّا نَرْكَبُ الْبَحْرَ وَ نَحْمِلُ مَعَنَا الْقَلِيْلَ مِنَ الْمَاءِ فَإِنْ تَوَضَّأْنَا بِهِ عَطِشْنَا أَفَنَتَوَضَّأُ مِنْ مَاءِ الْبَحْرِ فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ هُوَ الطَّهُوْرُ مَاؤُهُ الْحِلُّ مَيْتَتُهُ. قَالَ وَ فِي الْبَابِ عَنْ جَابِرٍ وَ الْفِرَاسِيِّ قَالَ أَبُوْ عِيْسَى هذَا حَدِيْثٌ حَسَنٌ صَحِيْحٌ وَ هُوَ قَوْلُ أَكْثَرِ الْفُقَهَاءِ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ مِنْهُمْ أَبُوْ بَكْرٍ وَ عُمَرُ وَ ابْنُ عَبَّاسٍ لَمْ يَرَوْا بَأْسًا بِمَاءِ الْبَحْرِ وَ قَدْ كَرِهَ بَعْضُ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ الْوُضُوْءَ بِمَاءِ الْبَحْرِ مِنْهُمْ ابْنُ عُمَرَ وَ عَبْدُ اللهِ بْنُ عَمْرٍو وَ قَالَ عَبْدُ اللهِ بْنُ عَمْرٍو هُوَ نَارٌ.

Sunan Tirmidzī: 64. Telah menceritakan kepada kami [Qutaibah] dari [Mālik]. Dan dari jalur yang lain: Telah menceritakan kepada kami [al-Anshārī Isḥāq bin Mūsā] berkata: Telah menceritakan kepada kami [Ma‘n] berkata: Telah menceritakan kepada kami [Mālik], dari [Shafwān bin Sulaim], dari [Sa‘īd bin Salamah] keluarga Ibn-ul-Azraq, bahwa [al-Mughīrah bin Abū Burdah] Bani ‘Abd-ud-Dār, mengabarkan kepadanya, bahwasanya ia mendengar [Abū Hurairah] berkata: Bahwa seseorang bertanya kepada Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam: “Wahai Rasūlullāh, sesungguhnya kami mengarungi lautan dan kami hanya membawa sedikit air, jika kami gunakan air itu untuk wudhu’ maka kami akan kehausan. Lalu apakah kami boleh berwudhu’ dengan air laut?” maka Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam pun menjawab: “Laut itu suci airnya dan halal bangkainya.”

Dalam bab ini juga ada riwayat dari Jābir dan al-Firāsī. Abū ‘Īsā berkata: “Hadits ini derajatnya Ḥasan Shaḥīḥ, dan ini adalah pendapat yang diambil oleh kebanyakan fuqaha dari kalangan sahabat Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam. Di antaranya adalah Abū Bakar, ‘Umar dan Ibnu ‘Abbās. Mereka berpendapat bahwa bersuci dengan air laut itu dibolehkan. Namun ada juga sebagian sahabat Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam yang memakruhkan hal itu, di antara mereka adalah Ibnu ‘Umar dan ‘Abdullāh bin ‘Amru. Dan ‘Abdullāh bin ‘Amru berkata: “Itu adalah api.”
Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.
Pembanding: SAD: 76; SN: 59, 330, 4275; SIM: 380, 381, 382; MA: 14481, 22017; MM: 37; SD: 723, 1926.

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

You have to agree to the comment policy.