سنن الترمذي ٥٢: حَدَّثَنَا نَصْرُ بْنُ عَلِيٍّ الْجَهْضَمِيُّ وَ بِشْرُ بْنُ مُعَاذٍ الْعَقَدِيُّ قَالَا حَدَّثَنَا بِشْرُ بْنُ الْمُفَضَّلِ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ حَرْمَلَةَ عَنْ أَبِيْ ثِفَالٍ الْمُرِّيِّ عَنْ رَبَاحِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ أَبِيْ سُفْيَانَ بْنِ حُوَيْطِبٍ عَنْ جَدَّتِهِ عَنْ أَبِيْهَا قَالَ سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَقُوْلُ لَا وُضُوْءَ لِمَنْ لَمْ يَذْكُرِ اسْمَ اللهِ عَلَيْهِ. قَالَ وَ فِي الْبَاب عَنْ عَائِشَةَ وَ أَبِيْ سَعِيْدٍ وَ أَبِيْ هُرَيْرَةَ وَ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ وَ أَنَسٍ قَالَ أَبُوْ عِيْسَى قَالَ أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ لَا أَعْلَمُ فِيْ هذَا الْبَابِ حَدِيْثًا لَهُ إِسْنَادٌ جَيِّدٌ و قَالَ إِسْحَاقُ إِنْ تَرَكَ التَّسْمِيَةَ عَامِدًا أَعَادَ الْوُضُوْءَ وَ إِنْ كَانَ نَاسِيًا أَوْ مُتَأَوِّلًا أَجْزَأَهُ قَالَ مُحَمَّدُ بْنُ إِسْمَاعِيْلَ أَحْسَنُ شَيْءٍ فِيْ هذَا الْبَابِ حَدِيْثُ رَبَاحِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمنِ قَالَ أَبُوْ عِيْسَى وَ رَبَاحُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمنِ عَنْ جَدَّتِهِ عَنْ أَبِيْهَا وَ أَبُوْهَا سَعِيْدُ بْنُ زَيْدِ بْنِ عَمْرِو بْنِ نُفَيْلٍ وَ أَبُوْ ثِفَالٍ الْمُرِّيُّ اسْمُهُ ثُمَامَةُ بْنُ حُصَيْنٍ وَ رَبَاحُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمنِ هُوَ أَبُوْ بَكْرِ بْنُ حُوَيْطِبٍ مِنْهُمْ مَنْ رَوَى هذَا الْحَدِيْثَ فَقَالَ عَنْ أَبِيْ بَكْرِ بْنِ حُوَيْطِبٍ فَنَسَبَهُ إِلَى جَدِّهِ حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ الْحُلْوَانِيُّ حَدَّثَنَا يَزِيْدُ بْنُ هَارُوْنَ عَنْ يَزِيْدَ بْنِ عِيَاضٍ عَنْ أَبِيْ ثِفَالٍ الْمُرِّيِّ عَنْ رَبَاحِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ أَبِيْ سُفْيَانَ بْنِ حُوَيْطِبٍ عَنْ جَدَّتِهِ بِنْتِ سَعِيْدِ بْنِ زَيْدٍ عَنْ أَبِيْهَا عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ مِثْلَهُ.
Sunan Tirmidzī: 25. telah menceritakan kepada kami [Nashr bin ‘Alī al-Jahdhamī] dan [Bisyr bin Mu‘ādz al-‘Aqadī] mereka berkata: Telah menceritakan kepada kami [Bisyr Ibn-ul-Mufadhdhal] dari [‘Abd-ur-Raḥmān bin Ḥarmalah], dari [Abū Tsifāl al-Murrī], dari [Rabāḥ bin ‘Abd-ur-Raḥmān bin Abū Sufyān bin Ḥuwaittib], dari [Neneknya], dari [bapaknya] ia berkata: Aku mendengar Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Tidak ada wudhu’ bagi orang yang tidak menyebut nama Allah (ketika akan berwudhu’).” Ia berkata: “Dalam bab ini juga terdapat riwayat dari ‘Ā’isyah, Abū Sa‘īd, Abū Hurairah, Sahl bin Sa‘d dan Anas.” Abū ‘Īsā berkata: “‘Imam Aḥmad bin Ḥanbal berkata: “Aku tidak mengetahui dalam bab ini hadits yang memiliki sanad jayyid (bagus).” Isḥāq berkata: “Jika ia meninggalkan bacaan basmalah dengan sengaja maka harus mengulangi wudhu’nya, namun jika lupa atau karena mentakwil maka wudhu’nya tetap sah.” Muḥammad bin Ismā‘īl berkata: “Hadits yang paling baik dalam bab ini adalah hadits Rabāḥ bin ‘Abd-ur-Raḥmān.” Abū ‘Īsā berkata: “Rabāḥ bin ‘Abd-ur-Raḥmān menceritakan dari neneknya, dari bapaknya. Sedangkan nama bapaknya adalah Sa‘īd bin Zaid bin ‘Amru bin Nufail, Abū Tsifāl al-Murrī namanya Tsumāmah bin Ḥushain, dan Rabāḥ bin ‘Abd-ur-Raḥmān namanya Abū Bakr bin Ḥuwaithib. Di antara mereka ada yang meriwayatkan hadits ini, lalu ia berkata; “Dari Abū Bakr bin Ḥuwaithib, ” lalu ia menasabkannya pada kakeknya.” Telah menceritakan kepada kami [al-Ḥasan bin ‘Alī al-Ḥulwānī] berkata: Telah menceritakan kepada kami [Yazīd bin Hārūn], dari [Yazīd bin ‘Iyādh], dari [Abū Tsifāl al-Murrī], dari [Rabāḥ bin ‘Abd-ur-Raḥmān bin Abū Sufyān bin Ḥuwaithib], dari [neneknya binti Sa‘īd bin Zaid], dari [Bapaknya], dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam dengan hadits yang serupa.”
Derajat: Syaikh al-Albani: Ḥasan.
Pembanding: SAD: 92; SIM: 391, 392, 393, 394; MA: 9050, 10943, 10944, 16054, 22152, 25894, 25896; SD: 688.