سنن الترمذي ٩١: حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ وَ مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الْمَلِكِ بْنِ أَبِي الشَّوَارِبِ الْبَصْرِيُّ قَالَا حَدَّثَنَا أَبُوْ عَوَانَةَ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ مُعَاذَةَ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: مُرْنَ أَزْوَاجَكُنَّ أَنْ يَسْتَطِيْبُوْا بِالْمَاءِ فَإِنِّيْ أَسْتَحْيِيْهِمْ فَإِنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ كَانَ يَفْعَلُهُ وَ فِي الْبَابِ عَنْ جَرِيْرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ الْبَجَلِيِّ وَ أَنَسٍ وَ أَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ أَبُوْ عِيْسَى هذَا حَدِيْثٌ حَسَنٌ صَحِيْحٌ وَ عَلَيْهِ الْعَمَلُ عِنْدَ أَهْلِ الْعِلْمِ يَخْتَارُوْنَ الْاِسْتِنْجَاءَ بِالْمَاءِ وَ إِنْ كَانَ الْاِسْتِنْجَاءُ بِالْحِجَارَةِ يُجْزِئُ عِنْدَهُمْ فَإِنَّهُمْ اسْتَحَبُّوا الْاِسْتِنْجَاءَ بِالْمَاءِ وَ رَأَوْهُ أَفْضَلَ وَ بِهِ يَقُوْلُ سُفْيَانُ الثَّوْرِيُّ وَ ابْنُ الْمُبَارَكِ وَ الشَّافِعِيُّ وَ أَحْمَدُ وَ إِسْحَاقُ.
Sunan Tirmidzī: 19. telah menceritakan kepada kami [Qutaibah] dan [Muḥammad bin ‘Abd-ul-Mālik bin Abusy-Syawārib al-Bashrī] keduanya berkata: Telah menceritakan kepada kami [Abū ‘Awānah], dari [Qatādah], dari [Mu‘ādzah], dari [‘Ā’isyah] berkata: ” Perintahkanlah suami-suami kalian bersuci dengan air, aku malu dengan mereka, sesungguhnya Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam melakukannya.” Dalam bab ini ada juga hadits dari sahabat Jarīr bin ‘Abdullāh al-Bajalī, Anas dan Abū Hurairah. Abū ‘Īsā berkata: “Hadits ini derajatnya Ḥasan Shaḥīḥ, dan para Ahl-ul-‘Ilmi mengamalkan hadits ini, mereka memilih bersuci dengan air sekalipun bersuci dengan batu menurut mereka sah, Dan mereka lebih menyukai bersuci dengan air karena mereka melihat hal itu lebih utama. Pendapat ini diambil oleh Sufyān ats-Tsaurī, Ibn-ul-Mubārak, Syāfi‘ī, Aḥmad dan Isḥāq.”
Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.
Pembanding: SN: 46.