- Membaca al-Qur’ān Setiap Waktu Selama Tidak Junub
سنن الترمذي ١٣٦: حَدَّثَنَا أَبُوْ سَعِيْدٍ عَبْدُ اللهِ بْنِ سَعِيْدٍ الْأَشَجُّ حَدَّثَنَا حَفْصُ بْنُ غِيَاثٍ وَ عُقْبَةُ بْنُ خَالِدٍ قَالَا حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ وَ ابْنُ أَبِيْ لَيْلَى عَنْ عَمْرِو بْنِ مُرَّةَ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ سَلِمَةَ عَنْ عَلِيٍّ قَالَ كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يُقْرِئُنَا الْقُرْآنَ عَلَى كُلِّ حَالٍ مَا لَمْ يَكُنْ جُنُبًا.قَالَ أَبُوْ عِيْسَى حَدِيْثُ عَلِيٍّ هذَا حَدِيْثٌ حَسَنٌ صَحِيْحٌ وَ بِهِ قَالَ غَيْرُ وَاحِدٍ مِنْ أَهْلِ الْعِلْمِ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَ التَّابِعِيْنَ قَالُوْا يَقْرَأُ الرَّجُلُ الْقُرْآنَ عَلَى غَيْرِ وُضُوْءٍ وَ لاَ يَقْرَأُ فِي الْمُصْحَفِ إِلَّا وَ هُوَ طَاهِرٌ وَ بِهِ يَقُوْلُ سُفْيَانُ الثَّوْرِيُّ وَ الشَّافِعِيُّ وَ أَحْمَدُ وَ إِسْحَاقُ.
Sunan Tirmidzī: 136. telah menceritakan kepada kami [Abū Sa‘īd ‘Abdullāh bin Sa‘īd al-Asyajj] berkata: Telah menceritakan kepada kami [Ḥafsh bin Ghiyāts] dan [‘Uqbah bin Khālid] mereka berkata: Telah menceritakan kepada kami [al-A‘masy] dan [Ibnu Abī Lailā], dari [‘Amru bin Murrah], dari [‘Abdullāh bin Salamah], dari [‘Alī] ia berkata: “Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam membacakan al-Qur’ān dalam setiap kesempatan, selama beliau tidak junub.” Abū ‘Īsā berkata: “Hadits ‘Alī ini adalah hadits yang Ḥasan Shaḥīḥ. Pendapat ini banyak diambil oleh ahli ilmu dari kalangan sahabat Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam dan tābi‘īn. Mereka berkata: “Seorang laki-laki boleh membaca al-Qur’ān tanpa wudhu’, namun ia tidak boleh membaca kecuali dalam keadaan suci. Pendapat ini diambil oleh Sufyān ats-Tsaurī, Syāfi‘ī, Aḥmad dan Isḥāq.”
Derajat: Syaikh al-Albani: Dha‘īf.
Pembanding: SN: 266; MA: 593, 1068.
- Kencing Mengenai Tanah
سنن الترمذي ١٣٧: حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِيْ عُمَرَ وَ سَعِيْدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمنِ الْمَخْزُوْمِيُّ قَالَا حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ عَنِ الزُّهْرِيِّ عَنْ سَعِيْدِ بْنِ الْمُسَيَّبِ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ دَخَلَ أَعْرَابِيٌّ الْمَسْجِدَ وَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ جَالِسٌ فَصَلَّى فَلَمَّا فَرَغَ قَالَ اللَّهُمَّ ارْحَمْنِيْ وَ مُحَمَّدًا وَ لَا تَرْحَمْ مَعَنَا أَحَدًا فَالْتَفَتَ إِلَيْهِ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فَقَالَ لَقَدْ تَحَجَّرْتَ وَاسِعًا فَلَمْ يَلْبَثْ أَنْ بَالَ فِي الْمَسْجِدِ فَأَسْرَعَ إِلَيْهِ النَّاسُ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ أَهْرِيْقُوْا عَلَيْهِ سَجْلًا مِنْ مَاءٍ أَوْ دَلْوًا مِنْ مَاءٍ ثُمَّ قَالَ إِنَّمَا بُعِثْتُمْ مُيَسِّرِيْنَ وَ لَمْ تُبْعَثُوْا مُعَسِّرِيْنَ.قَالَ سَعِيْدٌ قَالَ سُفْيَانُ وَ حَدَّثَنِيْ يَحْيَى بْنُ سَعِيْدٍ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ نَحْوَ هذَا قَالَ وَ فِي الْبَاب عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَسْعُوْدٍ وَ ابْنِ عَبَّاسٍ وَ وَاثِلَةَ بْنِ الْأَسْقَعِ قَالَ أَبُوْ عِيْسَى وَ هذَا حَدِيْثٌ حَسَنٌ صَحِيْحٌ وَ الْعَمَلُ عَلَى هذَا عِنْدَ بَعْضِ أَهْلِ الْعِلْمِ وَ هُوَ قَوْلُ أَحْمَدَ وَ إِسْحَاقَ وَ قَدْ رَوَى يُوْنُسُ هذَا الْحَدِيْثَ عَنِ الزُّهْرِيِّ عَنْ عُبَيْدِ اللهِ بْنِ عَبْدِ اللهِ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ.
Sunan Tirmidzī: 137. telah menceritakan kepada kami [Ibnu Abī ‘Umar] dan [Sa‘īd bin ‘Abd-ir-Raḥmān al-Makhzūmī] mereka berkata: Telah menceritakan kepada kami [Sufyān bin ‘Uyainah], dari [az-Zuhrī], dari [Sa‘īd bin al-Musayyib], dari [Abū Hurairah] ia berkata: “Seorang ‘Arab dusun masuk ke dalam masjid ketika Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam shalat, ‘Arab dusun itu lalu shalat. Setelah shalat ia berdo’a: “Ya Allah, sayangilah aku dan Muḥammad, dan jangan engkau sayangi seorang pun bersama kami.” Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam lalu berpaling ke arahnya seraya bersabda: “Sungguh engkau telah mempersempit sesuatu yang luas!”
Setelah itu ia kencing di dalam masjid hingga membuat orang-orang segera menghampirinya, namun Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Siramlah dengan seember air, ” atau beliau mengatakan: “dengan satu timba air.” Setelah itu beliau bersabda lagi: “Sesungguhnya kalian diutus dengan memberi kemudahan dan tidak diutus untuk memberi kesulitan.” [Sa‘īd] berkata: ” [Sufyān] berkata: “Telah menceritakan kepadaku [Yaḥyā bin Sa‘īd] dari [Anas bin Mālik] seperti ini.” Ia berkata: “Dalam bab ini juga ada riwayat dari ‘Abdullāh bin Mas‘ūd, Ibnu ‘Abbās dan Wātsilah bin al-Asqā’.” Abū ‘Īsā berkata: “Hadits ini derajatnya Ḥasan Shaḥīḥ, dan sebagian ahli ilmu beramal dengan hadits ini. Ini adalah pendapat Aḥmad dan Isḥāq. [Yūnus] juga meriwayatkan hadits ini dari [az-Zuhrī], dari [‘Ubaidullāh bin ‘Abdullāh], dari [Abū Hurairah].”
Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.
Pembanding: SN: 1202; MA: 6957.