Sunan Tirmidzi no.129 s.d 131 – Menggilir Semua Istri Dengan Satu Kali Mandi

Dari Kitab:
Sunan Tirmidzi
Oleh: Abū ‘Īsá Muḥammad ibn ‛Īsá as-Sulamī aḍ-Ḍarīr al-Būghī at-Tirmidhī

سنن الترمذي ١٢٩: حَدَّثَنَا نَصْرُ بْنُ عَلِيٍّ الْجَهْضَمِيُّ حَدَّثَنَا شُجَاعُ بْنُ الْوَلِيْدِ أَبُوْ بَدْرٍ عَنْ عَلِيِّ بْنِ عَبْدِ الْأَعْلَى عَنْ أَبِيْ سَهْلٍ عَنْ مُسَّةَ الْأَزْدِيَّةِ عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ قَالَتْ كَانَتْ النُّفَسَاءُ تَجْلِسُ عَلَى عَهْدِ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ أَرْبَعِيْنَ يَوْمًا فَكُنَّا نَطْلِي وُجُوْهَنَا بِالْوَرْسِ مِنَ الْكَلَفِ. قَالَ أَبُوْ عِيْسَى هذَا حَدِيْثٌ غَرِيْبٌ لَا نَعْرِفُهُ إِلَّا مِنْ حَدِيْثِ أَبِيْ سَهْلٍ عَنْ مُسَّةَ الْأَزْدِيَّةِ عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ وَ اسْمُ أَبِيْ سَهْلٍ كَثِيْرُ بْنُ زِيَادٍ قَالَ مُحَمَّدُ بْنُ إِسْمَاعِيْلَ عَلِيُّ بْنُ عَبْدِ الْأَعْلَى ثِقَةٌ وَ أَبُوْ سَهْلٍ ثِقَةٌ وَ لَمْ يَعْرِفْ مُحَمَّدٌ هذَا الْحَدِيْثَ إِلَّا مِنْ حَدِيْثِ أَبِيْ سَهْلٍ وَ قَدْ أَجْمَعَ أَهْلُ الْعِلْمِ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَ التَّابِعِيْنَ وَ مَنْ بَعْدَهُمْ عَلَى أَنَّ النُّفَسَاءَ تَدَعُ الصَّلَاةَ أَرْبَعِيْنَ يَوْمًا إِلَّا أَنْ تَرَى الطُّهْرَ قَبْلَ ذلِكَ فَإِنَّهَا تَغْتَسِلُ وَ تُصَلِّي فَإِذَا رَأَتْ الدَّمَ بَعْدَ الْأَرْبَعِيْنَ فَإِنَّ أَكْثَرَ أَهْلِ الْعِلْمِ قَالُوْا لَا تَدَعُ الصَّلَاةَ بَعْدَ الْأَرْبَعِيْنَ وَ هُوَ قَوْلُ أَكْثَرِ الْفُقَهَاءِ وَ بِهِ يَقُوْلُ سُفْيَانُ الثَّوْرِيُّ وَ ابْنُ الْمُبَارَكِ وَ الشَّافِعِيُّ وَ أَحْمَدُ وَ إِسْحَاقُ وَ يُرْوَى عَنِ الْحَسَنِ الْبَصْرِيِّ أَنَّهُ قَالَ إِنَّهَا تَدَعُ الصَّلَاةَ خَمْسِيْنَ يَوْمًا إِذَا لَمْ تَرَ الطُّهْرَ وَ يُرْوَى عَنْ عَطَاءِ بْنِ أَبِيْ رَبَاحٍ وَ الشَّعْبِيِّ سِتِّيْنَ يَوْمًا

Sunan Tirmidzī: 129. telah menceritakan kepada kami [Nashr bin ‘Alī al-Jahdhamī] berkata: Telah menceritakan kepada kami [Syujā‘ bin al-Walīd Abū Badr], dari [‘Alī bin ‘Abd-il-A‘lā], dari [Abū Sahl], dari [Mussah al-Azdiah], dari [Ummu Salamah] ia berkata: “Pada masa Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam wanita-wanita yang habis melahirkan duduk berdiam diri selama empat puluh hari, kami memoles wajah kami dengan waras (sejenis tumbuhan) karena sebab warna hitam.” Abū ‘Īsā berkata: “Ini adalah hadits Gharīb, kami tidak mengetahuinya kecuali dari hadits Abū Sahl, dari Mussah al-Azdiah, dari Ummu Salamah.” Dan Nama Abū Sahl adalah Katsīr bin Ziyād. Dalam hal ini Muḥammad bin Ismā‘īl berkata: “‘Alī bin ‘Abd-il-A‘lā dan Abū Sahl adalah orang yang terpercaya.” Dan Muḥammad tidak mengetahui hadits ini kecuali dari hadits Abū Sahl. Para ulama telah sepakat bahwa para sahabat Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, tābi‘īn dan orang-orang sesudah mereka telah sepakat, bahwa wanita yang habis melahirkan boleh meninggalkan shalat selama empat puluh hari, kecuali jika ia telah suci sebelum itu, maka ia harus mandi dan shalat. Apabila ia melihat darah setelah empat puluh hari, maka sebagian ulama berkata: “Ia tidak boleh meninggalkan shalat setelah empat puluh hari.” Ini adalah pendapat sebagian besar fuqaha seperti Sufyān ats-Tsaurī, Ibn-ul-Mubārak, Syāfi‘ī, Aḥmad dan Isḥāq. Dan diriwayatkan pula dari al-Ḥasan al-Bashrī, ia berkata: “Sesungguhnya wanita yang habis melahirkan ia tidak shalat selama lima puluh hari jika ia tidak melihat bahwa ia telah suci.” Dan diriwayatkan pula dari ‘Athā’ bin Abī Rabāḥ dan asy-Sya‘bī: yaitu enam puluh hari.”

Derajat: Syaikh al-Albani: Ḥasan Shaḥīḥ.

Pembanding: SAD: 267; SIM: 640; MA: 25350, 25372, 25378, 25420; SD: 940, 942.

  1. Laki-laki Menggilir Semua Istri Dengan Satu Mandi.

سنن الترمذي ١٣٠: حَدَّثَنَا بُنْدَارٌ مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا أَبُوْ أَحْمَدَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ مَعْمَرٍ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ أَنَسٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ كَانَ يَطُوْفُ عَلَى نِسَائِهِ فِيْ غُسْلٍ وَاحِدٍ. قَالَ وَ فِي الْبَابِ عَنْ أَبِيْ رَافِعٍ قَالَ أَبُوْ عِيْسَى حَدِيْثُ أَنَسٍ حَدِيْثٌ حَسَنٌ صَحِيْحٌ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ كَانَ يَطُوْفُ عَلَى نِسَائِهِ بِغُسْلٍ وَاحِدٍ وَ هُوَ قَوْلُ غَيْرِ وَاحِدٍ مِنْ أَهْلِ الْعِلْمِ مِنْهُمُ الْحَسَنُ الْبَصْرِيُّ أَنْ لَا بَأْسَ أَنْ يَعُوْدَ قَبْلَ أَنْ يَتَوَضَّأَ وَ قَدْ رَوَى مُحَمَّدُ بْنُ يُوْسُفَ هذَا عَنْ سُفْيَانَ فَقَالَ عَنْ أَبِيْ عُرْوَةَ عَنْ أَبِي الْخَطَّابِ عَنْ أَنَسٍ وَ أَبُوْ عُرْوَةَ هُوَ مَعْمَرُ بْنُ رَاشِدٍ وَ أَبُو الْخَطَّابِ قَتَادَةُ بْنُ دِعَامَةَ قَالَ أَبُوْ عِيْسَى وَ رَوَاهُ بَعْضُهُمْ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ يُوْسُفَ عَنْ سُفْيَانَ عَنِ ابْنِ أَبِيْ عُرْوَةَ عَنْ أَبِي الْخَطَّابِ وَ هُوَ خَطَأٌ وَ الصَّحِيْحُ عَنْ أَبِيْ عُرْوَةَ.

Sunan Tirmidzī: 130. telah menceritakan kepada kami [Bundar Muḥammad bin Basysyār] berkata: Telah menceritakan kepada kami [Abū Aḥmad] berkata: Telah menceritakan kepada kami [Sufyān], dari [Ma‘mar], dari [Qatādah], dari [Anas] berkata: “Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam pernah menggilir para istrinya dalam satu mandi.” Ia berkata: “Dalam bab ini juga ada riwayat dari Abū Rafī‘.” Abū ‘Īsā berkata: “Hadits ini derajatnya Ḥasan Shaḥīḥ, bahwa Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam mengilir semua istrinya dengan satu kali mandi.” Ini adalah pendapat banyak ahli ilmu, di antara mereka adalah al-Ḥasan al-Bashrī, bahwa seseorang tidak dipermasalahkan untuk mengulangi (bersetubuh) meskipun belum berwudhu’.” [Muḥammad bin Yūsuf] meriwayatkan hadits ini dari [Sufyān], -Abū ‘Urwah mengatakan dari Abul-Khaththāb-, dari [Anas], Abū ‘Urwah -dia adalah Ma‘mar bin Rasyīd-, dan Abul-Khaththāb Qatādah bin Di‘āmah. Abū ‘Īsā berkata: “Sebagian mereka meriwayatkan dari Muḥammad bin Yūsuf, dari Sufyān, dari Ibnu Abī ‘Urwah, dari Abul-Khaththāb.”

Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.

Pembanding: SM: 467; SN: 263, 264; SIM: 581; MA: 11508, 12171, 12179, 12240, 12458, 12459, 12876; SD: 746.

  1. Orang Junub Jika Ingin Mengulangi Mendatangi Istrinya

سنن الترمذي ١٣١: حَدَّثَنَا هَنَّادٌ حَدَّثَنَا حَفْصُ بْنُ غِيَاثٍ عَنْ عَاصِمٍ الْأَحْوَلِ عَنْ أَبِي الْمُتَوَكِّلِ عَنْ أَبِيْ سَعِيْدٍ الْخُدْرِيِّ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ إِذَا أَتَى أَحَدُكُمْ أَهْلَهُ ثُمَّ أَرَادَ أَنْ يَعُوْدَ فَلْيَتَوَضَّأْ بَيْنَهُمَا وُضُوْءًا
قَالَ وَ فِي الْبَاب عَنْ عُمَرَ قَالَ أَبُوْ عِيْسَى حَدِيْثُ أَبِيْ سَعِيْدٍ حَدِيْثٌ حَسَنٌ صَحِيْحٌ وَ هُوَ قَوْلُ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ وَ قَالَ بِهِ غَيْرُ وَاحِدٍ مِنْ أَهْلِ الْعِلْمِ قَالُوْا إِذَا جَامَعَ الرَّجُلُ امْرَأَتَهُ ثُمَّ أَرَادَ أَنْ يَعُوْدَ فَلْيَتَوَضَّأْ قَبْلَ أَنْ يَعُوْدَ وَ أَبُو الْمُتَوَكِّلِ اسْمُهُ عَلِيُّ بْنُ دَاوُدَ وَ أَبُوْ سَعِيْدٍ الْخُدْرِيُّ اسْمُهُ سَعْدُ بْنُ مَالِكِ بْنِ سِنَانٍ.

Sunan Tirmidzī: 131. telah menceritakan kepada kami [Hannād] berkata: Telah menceritakan kepada kami [Ḥafsh bin Ghiyāts], dari [‘Āshim al-Aḥwal], dari [Abul-Mutawakkil], dari [Abū Sa‘īd al-Khudrī], dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda: “Jika salah seorang dari kalian mendatangi istrinya dan ingin mengulanginya, maka hendaklah ia berwudhu’ di antara keduanya.” Ia berkata: “Dalam bab ini juga ada riwayat dari ‘Umar.” Abū ‘Īsā berkata: “Hadits riwayat Abū Sa‘īd ini derajatnya Ḥasan Shaḥīḥ. Ini adalah pendapat ‘Umar bin al-Khaththāb. Dan tidak sedikit pula dari kalangan ahli ilmu yang berpegang dengan pendapat ini, mereka mengatakan: “Jika seorang laki-laki mensetubuhi istrinya dan ingin mengulanginya lagi, maka hendaklah ia berwudhu’ terlebih dahulu.” Abul-Mutawakkil namanya adalah ‘Alī bin Dāūd. Sedangkan Abū Sa‘īd al-Khudrī namanya adalah Sa‘d bin Mālik bin Sinān.”

Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.

Pembanding: SM: 466; SAD: 190; SN: 262; SIM: 580; MA: 10735, 10795.