سنن الترمذي ١٢٠: حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ زَيْدٍ عَنْ أَيُّوْبَ عَنْ أَبِيْ قِلَابَةَ عَنْ مُعَاذَةَ أَنَّ امْرَأَةً سَأَلَتْ عَائِشَةَ قَالَتْ أَتَقْضِيْ إِحْدَانَا صَلَاتَهَا أَيَّامَ مَحِيْضِهَا فَقَالَتْ أَحَرُوْرِيَّةٌ أَنْتِ قَدْ كَانَتْ إِحْدَانَا تَحِيْضُ فَلَا تُؤْمَرُ بِقَضَاءٍ.قَالَ أَبُوْ عِيْسَى هذَا حَدِيْثٌ حَسَنٌ صَحِيْحٌ وَ قَدْ رُوِيَ عَنْ عَائِشَةَ مِنْ غَيْرِ وَجْهٍ أَنَّ الْحَائِضَ لَا تَقْضِي الصَّلَاةَ وَ هُوَ قَوْلُ عَامَّةِ الْفُقَهَاءِ لَا اخْتِلَافَ بَيْنَهُمْ فِيْ أَنَّ الْحَائِضَ تَقْضِي الصَّوْمَ وَ لَا تَقْضِي الصَّلَاةَ.
Sunan Tirmidzī: 120. telah menceritakan kepada kami [Qutaibah] berkata: Telah menceritakan kepada kami [Ḥammād bin Zaid], dari [Ayyūb], dari [Abū Qilābah], dari [Mu‘ādzah] bahwa seorang wanita bertanya kepada [‘Ā’isyah], ia berkata: “Apakah salah seorang dari kami harus mengqadha’ shalatnya ketika masa-masa haid?” maka ia menjawab: “Apakah engkau Ḥarūriah (khawarij)? Sungguh di antara kami (istri-istri Nabi) ada yang mengalami haid, namun ia tidak diperintahkan untuk mengqadha’nya.” Abū ‘Īsā berkata: “Hadits ini derajatnya Ḥasan Shaḥīḥ, ada juga yang telah meriwayatkan dari ‘Ā’isyah bukan dari jalur ini, bahwa seorang wanita haid tidak harus mengqadha’ shalatnya. Ini adalah pendapat yang diambil oleh mayoritas fuqaha, dan tidak ada perselisihan di antara mereka bahwa seorang wanita yang mengalami haid harus mengqadha puasa dan tidak mengqadla shalat.”
Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.
Pembanding: MA: 23492; SD: 963.
سنن الترمذي ١٢١: حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ وَ الْحَسَنُ بْنُ عَرَفَةَ قَالَا حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيْلُ بْنُ عَيَّاشٍ عَنْ مُوْسَى بْنِ عُقْبَةَ عَنْ نَافِعٍ عَنِ ابْنِ عُمَرَ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ لَا تَقْرَأْ الْحَائِضُ وَ لَا الْجُنُبُ شَيْئًا مِنَ الْقُرْآنِ
قَالَ وَ فِي الْبَابِ عَنْ عَلِيٍّ قَالَ أَبُوْ عِيْسَى حَدِيْثُ ابْنِ عُمَرَ حَدِيْثٌ لَا نَعْرِفُهُ إِلَّا مِنْ حَدِيْثِ إِسْمَاعِيْلَ بْنِ عَيَّاشٍ عَنْ مُوْسَى بْنِ عُقْبَةَ عَنْ نَافِعٍ عَنِ ابْنِ عُمَرَ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ لَا تَقْرَأُ الْجُنُبُ وَ لَا الْحَائِضُ وَ هُوَ قَوْلُ أَكْثَرِ أَهْلِ الْعِلْمِ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَ التَّابِعِيْنَ وَ مَنْ بَعْدَهُمْ مِثْلِ سُفْيَانَ الثَّوْرِيِّ وَ ابْنِ الْمُبَارَكِ وَ الشَّافِعِيِّ وَ أَحْمَدَ وَ إِسْحَاقَ قَالُوْا لَا تَقْرَأْ الْحَائِضُ وَ لَا الْجُنُبُ مِنَ الْقُرْآنِ شَيْئًا إِلَّا طَرَفَ الْآيَةِ وَ الْحَرْفَ وَ نَحْوَ ذلِكَ وَ رَخَّصُوْا لِلْجُنُبِ وَ الْحَائِضِ فِي التَّسْبِيْحِ وَ التَّهْلِيْلِ قَالَ وَ سَمِعْتُ مُحَمَّدَ بْنَ إِسْمَاعِيْلَ يَقُوْلُ إِنَّ إِسْمَاعِيْلَ بْنَ عَيَّاشٍ يَرْوِيْ عَنْ أَهْلِ الْحِجَازِ وَ أَهْلِ الْعِرَاقِ أَحَادِيْثَ مَنَاكِيْرَ كَأَنَّهُ ضَعَّفَ رِوَايَتَهُ عَنْهُمْ فِيْمَا يَنْفَرِدُ بِهِ وَ قَالَ إِنَّمَا حَدِيْثُ إِسْمَاعِيْلَ بْنَ عَيَّاشٍ عَنْ أَهْلِ الشَّأْمِ وَ قَالَ أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ إِسْمَاعِيْلُ بْنُ عَيَّاشٍ أَصْلَحُ مِنْ بَقِيَّةَ وَ لِبَقِيَّةَ أَحَادِيْثُ مَنَاكِيْرُ عَنِ الثِّقَاتِ قَالَ أَبُوْ عِيْسَى حَدَّثَنِيْ أَحْمَدُ بْنُ الْحَسَنِ قَال سَمِعْتُ أَحْمَدَ بْنَ حَنْبَلٍ يَقُوْلُ ذلِكَ.
Sunan Tirmidzī: 121. telah menceritakan kepada kami [‘Alī bin Ḥujr] dan [al-Ḥasan bin ‘Arafah] keduanya berkata: Telah bercerita kepada kami bahwa [Ismā‘īl bin ‘Ayyāsy], dari [Mūsā bin ‘Uqbah], dari [Nāfi‘], dari [Ibnu ‘Umar], dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda: “Wanita haid dan orang yang junub tidak boleh membaca sesuatu pun dari Al-Qur’ān.” Ia berkata: “Dalam bab ini ada juga hadits dari ‘Alī.” Abū ‘Īsā berkata: “Hadits Ibnu ‘Umar, kami tidak mengetahuinya kecuali dari hadits Ismā‘īl bin ‘Ayyāsy, dari Mūsā bin ‘Uqbah, dari Nāfi‘, dari Ibnu ‘Umar, dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda: “Seorang yang junub dan wanita haid tidak boleh membaca al-Qur’ān.” Ini adalah pendapat kebanyakan ahli ilmu dari kalangan sahabat Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, tābi‘īn dan orang-orang setelah mereka seperti Sufyān ats-Tsaurī, Ibn-ul-Mubārak, Syāfi‘ī, Aḥmad dan Isḥāq. Mereka mengatakan: “Wanita haid dan orang junub tidak boleh membaca sesuatu dari al-Qur’ān, kecuali ujung ayat, atau satu huruf, serta yang semisalnya. Namun mereka memberi keringanan bagi orang junub dan wanita haid untuk membaca tasbīḥ (Subḥānallāh) dan tahlīl (Lā Ilāha Illallāh).” Abū ‘Īsā berkata: “Aku mendengar Muḥammad bin Ismā‘īl berkata: “Sesungguhya banyak hadits munkar telah diriwayatkan oleh Ismā‘īl bin ‘Ayyāsy dari penduduk Ḥijāz dan penduduk ‘Irāq, sepertinya dia melemahkan riwayat Ismā‘īl bin ‘Ayyāsy dari mereka, apabila ia dalam meriwayatkannya sendirian.” Ia berkata: “Akan tetapi hadits Ismā‘īl bin ‘Ayyāsy adalah dari penduduk Syam.” Aḥmad bin Ḥanbal berkata: “Ismā‘īl bin ‘Ayyāsy lebih baik dari Baqiyyah, karena Baqiyyah mempunyai hadits-hadits munkar yang diriwayatkannya dari orang-orang tsiqah (dapat dipercaya).” Abū ‘Īsā berkata: “Aḥmad bin al-Ḥasan telah bercerita kepadaku, ia berkata: “Aku mendengar Aḥmad bin Ḥanbal berkata seperti itu.”
Derajat: Syaikh al-Albani: Munkar.
Pembanding: SD: 973, 977.
سنن الترمذي ١٢٢: حَدَّثَنَا بُنْدَارٌ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمنِ بْنُ مَهْدِيٍّ عَنْ سُفْيَانَ عَنْ مِنْصُوْرٍ عَنْ إِبْرَاهِيْمَ عَنِ الْأَسْوَدِ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ إِذَا حِضْتُ يَأْمُرُنِيْ أَنْ أَتَّزِرَ ثُمَّ يُبَاشِرُنِيْ قَالَ وَ فِي الْبَابِ عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ وَ مَيْمُوْنَةَ قَالَ أَبُوْ عِيْسَى حَدِيْثُ عَائِشَةَ حَدِيْثٌ حَسَنٌ صَحِيْحٌ وَ هُوَ قَوْلُ غَيْرِ وَاحِدٍ مِنْ أَهْلِ الْعِلْمِ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَ التَّابِعِيْنَ وَ بِهِ يَقُوْلُ الشَّافِعِيُّ وَ أَحْمَدُ وَ إِسْحَاقُ.
Sunan Tirmidzī: 122. telah menceritakan kepada kami [Bundar] berkata: Telah menceritakan kepada kami [‘Abd-ur-Raḥmān bin Mahdī], dari [Sufyān], dari [Manshūr], dari [Ibrāhīm], dari [al-Aswad], dari [‘Ā’isyah] ia berkata: “Jika aku sedang haid Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam menyuruhku memakai kain, lalu beliau mencumbuiku.” Ia berkata: “Dalam bab ini juga ada riwayat dari Ummu Salamah dan Maimūnah.” Abū ‘Īsā berkata: “Hadits ‘Ā’isyah ini derajatnya Ḥasan Shaḥīḥ. Ini adalah pendapat banyak ulama dari kalangan sahabat Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam dan tābi‘īn. Pendapat ini juga dipegang oleh Syāfi‘ī, Aḥmad dan Isḥāq.”
Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.
Pembanding: MA: 24387, 24568.
سنن الترمذي ١٢٣: حَدَّثَنَا عَبَّاسٌ الْعَنْبَرِيُّ وَ مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الْأَعْلَى قَالَا حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمنِ بْنُ مَهْدِيٍّ حَدَّثَنَا مُعَاوِيَةُ بْنُ صَالِحٍ عَنِ الْعَلَاءِ بْنِ الْحَارِثِ عَنْ حَرَامِ بْنِ مُعَاوِيَةَ عَنْ عَمِّهِ عَبْدِ اللهِ بْنِ سَعْدٍ قَالَ سَأَلْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ عَنْ مُوَاكَلَةِ الْحَائِضِ فَقَالَ وَاكِلْهَا.قَالَ وَ فِي الْبَابِ عَنْ عَائِشَةَ وَ أَنَسٍ قَالَ أَبُوْ عِيْسَى حَدِيْثُ عَبْدِ اللهِ بْنِ سَعْدٍ حَدِيْثٌ حَسَنٌ غَرِيْبٌ وَ هُوَ قَوْلُ عَامَّةِ أَهْلِ الْعِلْمِ لَمْ يَرَوْا بِمُوَاكَلَةِ الْحَائِضِ بَأْسًا وَ اخْتَلَفُوْا فِيْ فَضْلِ وَضُوئِهَا فَرَخَّصَ فِيْ ذلِكَ بَعْضُهُمْ وَ كَرِهَ بَعْضُهُمْ فَضْلَ طَهُوْرِهَا.
Sunan Tirmidzī: 123. telah menceritakan kepada kami [‘Abbās al-‘Anbarī] dan [Muḥammad bin ‘Abd-il-A‘lā] mereka berkata: Telah menceritakan kepada kami [‘Abd-ur-Raḥmān bin Mahdī] berkata: Telah menceritakan kepada kami [Mu‘āwiyah bin Shāliḥ] dari [al-‘Alā’ bin al-Ḥārits] dari [Ḥaram bin Mu‘āwiyah] dari pamannya [‘Abdullāh bin Sa‘d] ia berkata: “Aku bertanya Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam tentang makan bersama wanita haid, maka beliau bersabda: “Makanlah bersamanya.” Ia berkata: “Dalam bab ini juga ada riwayat dari ‘Ā’isyah dan Anas.” Abū ‘Īsā berkata: “Hadits riwayat ‘Abdullāh bin Sa‘d ini derajatnya Ḥasan Gharīb. Ini adalah pendapat mayoritas ahli ilmu, mereka berpandangan bahwa makan bersama dengan wanita haid tidaklah mengapa. Namun mereka berselisih tentang sisa air wudhu’nya, sebagian dari mereka memberi keringanan dan sebagian yang lain memakruhkannya.”
Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.
Pembanding: SIM: 643; MA: 21467.
سنن الترمذي ١٢٤: حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ حَدَّثَنَا عَبِيْدَةُ بْنُ حُمَيْدٍ عَنِ الْأَعْمَشِ عَنْ ثابِتِ بْنِ عُبَيْدٍ عَنْ الْقَاسِمِ بْنِ مُحَمَّدٍ قَالَ قَالَتْ لِيْ عَائِشَةُ قَالَ لِيْ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ نَاوِلِيْنِي الْخُمْرَةَ مِنَ الْمَسْجِدِ قَالَتْ قُلْتُ إِنِّيْ حَائِضٌ قَالَ إِنَّ حَيْضَتَكِ لَيْسَتْ فِيْ يَدِكِ.قَالَ وَ فِي الْبَابِ عَنِ ابْنِ عُمَرَ وَ أَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ أَبُوْ عِيْسَى حَدِيْثُ عَائِشَةَ حَدِيْثٌ حَسَنٌ صَحِيْحٌ وَ هُوَ قَوْلُ عَامَّةِ أَهْلِ الْعِلْمِ لَا نَعْلَمُ بَيْنَهُمُ اخْتِلَافًا فِيْ ذلِكَ بِأَنْ لَا بَأْسَ أَنْ تَتَنَاوَلَ الْحَائِضُ شَيْئًا مِنَ الْمَسْجِدِ.
Sunan Tirmidzī: 124. telah menceritakan kepada kami [Qutaibah] berkata: Telah menceritakan kepada kami [‘Ubaidah bin Ḥumaid], dari [al-A‘masy], dari [Tsābit bin ‘Ubaid], dari [al-Qāsim bin Muḥammad] ia berkata: “[‘Ā’isyah] berkata kepadaku: “Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda kepadaku: “Ambilkanlah tikar kecil dari masjid, “‘Ā’isyah berkata: “Lalu aku berkata: “Aku sedang haid, ” beliau bersabda: “Sesungguhnya darah haidmu tidak berada di tanganmu.” Ia berkata: “Dalam bab ini juga ada riwayat dari Ibnu ‘Umar dan Abū Hurairah.” Abū ‘Īsā berkata: “Hadits ‘Ā’isyah ini derajatnya Ḥasan Shaḥīḥ. Ini adalah pendapat mayoritas ahli ilmu, dan kami tidak mengetahui mereka berselisih dalam hal ini. Yaitu, bahwa wanita haid boleh mengambil sesuatu dari dalam masjid.”
Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.
Pembanding: SM: 450; SAD: 228; SN: 271; SIM: 624; MA: 5332, 23054, 23554, 23663, 23688, 24235, 24613, 24730; SD: 764.
سنن الترمذي ١٢٥: حَدَّثَنَا بُنْدَارٌ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيْدٍ وَ عَبْدُ الرَّحْمنِ بْنُ مَهْدِيٍّ وَ بَهْزُ بْنُ أَسَدٍ قَالُوْا حَدَّثَنَا حَمَادُ بْنُ سَلَمَةِ عَنْ حَكِيْمٍ الْأَثْرَمِ عَنْ أَبِيْ تَمِيْمَةَ الْهُجَيْمِيِّ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ مَنْ أَتَى حَائِضًا أَوْ امْرَأَةً فِيْ دُبُرِهَا أَوْ كَاهِنًا فَقَدْ كَفَرَ بِمَا أُنْزِلَ عَلَى مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ.قَالَ أَبُوْ عِيْسَى لَا نَعْرِفُ هذَا الْحَدِيْثَ إِلَّا مِنْ حَدِيْثِ حَكِيْمٍ الْأَثْرَمِ عَنْ أَبِيْ تَمِيْمَةَ الْهُجَيْمِيِّ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ وَ إِنَّمَا مَعْنَى هذَا عِنْدَ أَهْلِ الْعِلْمِ عَلَى التَّغْلِيْظِ وَ قَدْ رُوِيَ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ مَنْ أَتَى حَائِضًا فَلْيَتَصَدَّقْ بِدِيْنَارٍ فَلَوْ كَانَ إِتْيَانُ الْحَائِضِ كُفْرًا لَمْ يُؤْمَرْ فِيْهِ بِالْكَفَّارَةِ وَ ضَعَّفَ مُحَمَّدٌ هذَا الْحَدِيْثَ مِنْ قِبَلِ إِسْنَادِهِ وَ أَبُوْ تَمِيْمَةَ الْهُجَيْمِيِّ اسْمُهُ طَرِيْفُ بْنُ مُجَالِدٍ.
Sunan Tirmidzī: 125. telah menceritakan kepada kami [Bundar] berkata: Telah menceritakan kepada kami [Yaḥyā bin Sa‘īd] dan [‘Abd-ur-Raḥmān bin Mahdī] dan [Bahz bin Asad] mereka berkata: Telah menceritakan kepada kami [Ḥammād bin Salamah], dari [Ḥakīm al-Atsram], dari [Abū Tamīmah al-Hujaimī], dari [Abū Hurairah], dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda: “Barang siapa menggauli wanita haid, atau menggauli wanita dari dubur, atau mendatangi dukun maka ia telah kafir terhadap apa yang diturunkan kepada Muḥammad shallallāhu ‘alaihi wa sallam.” Abū ‘Īsā berkata: “Kami tidak mengetahui hadits ini kecuali dari hadits Ḥakīm al-Atsram, dari Abū Tamīmah al-Hujaimī, dari Abū Hurairah. Dan hanyasanya makna hadits ini menurut ahli ilmu adalah sebagai pemberat saja. Telah diriwayatkan dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda: “Barang siapa mendatangi (mensetubuhi) wanita haid, maka hendaklah bersedekah dengan satu dinar.” Sekiranya mendatangi wanita yang sedang haid sebuah kekufuran, maka ia tidak akan diperintahkan untuk bersedekah sebagai kafarahnya! Namun Muḥammad melemahkan hadits ini dari sisi sanad-nya. Dan Abū Tamīmah al-Hujaimī namnya adalah Tharīf bin Mujālid.”
Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.
Pembanding: SAD: 1847; SIM: 631; MA: 8922, 9356, 9779, 9816; SD: 1116.
سنن الترمذي ١٢٦: حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ أَخْبَرَنَا شَرِيْكٌ عَنْ خُصَيْفٍ عَنْ مِقْسَمٍ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فِي الرَّجُلِ يَقَعُ عَلَى امْرَأَتِهِ وَ هِيَ حَائِضٌ قَالَ يَتَصَدَّقُ بِنِصْفِ دِيْنَارٍ.
Sunan Tirmidzī: 126. telah menceritakan kepada kami [‘Alī bin Ḥujr] berkata: Telah mengabarkan kepada kami [Syarīk], dari [Khushaif], dari [Miqsam], dari [Ibnu ‘Abbās], dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam tentang seorang laki-laki yang mendatangi istrinya di saat haid, beliau bersabda: “Barang siapa mendatangi istrinya yang sedang haid hendaklah bersedekah dengan setengah dinar.”
Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ (Pada Lafazh “Bersedekahlah).
Pembanding: SAD: 232; SN: 287, 367; SIM: 632; MA: 1928, 2091, 2329, 2652; SD: 1085, 1086, 1087, 1089, 1090, 1092, 1095, 1097.
سنن الترمذي ١٢٧: حَدَّثَنَا الْحُسَيْنُ بْنُ حُرَيْثٍ أَخْبَرَنَا الْفَضْلُ بْنُ مُوْسَى عَنْ أَبِيْ حَمْزَةَ السُّكَّرِيِّ عَنْ عَبْدِ الْكَرِيْمِ عَنْ مِقْسَمٍ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ إِذَا كَانَ دَمًا أَحْمَرَ فَدِيْنَارٌ وَ إِذَا كَانَ دَمًا أَصْفَرَ فَنِصْفُ دِيْنَارٍ.قَالَ أَبُوْ عِيْسَى حَدِيْثُ الْكَفَّارَةِ فِيْ إِتْيَانِ الْحَائِضِ قَدْ رُوِيَ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ مَوْقُوْفًا وَ مَرْفُوْعًا وَ هُوَ قَوْلُ بَعْضِ أَهْلِ الْعِلْمِ وَ بِهِ يَقُوْلُ أَحْمَدُ وَ إِسْحَاقُ قَالَ ابْنُ الْمُبَارَكِ يَسْتَغْفِرُ رَبَّهُ وَ لَا كَفَّارَةَ عَلَيْهِ وَ قَدْ رُوِيَ نَحْوُ قَوْلِ ابْنِ الْمُبَارَكِ عَنْ بَعْضِ التَّابِعِيْنَ مِنْهُمْ سَعِيْدُ بْنُ جُبَيْرٍ وَ إِبْرَاهِيْمُ النَّخَعِيُّ وَ هُوَ قَوْلُ عَامَّةِ عُلَمَاءِ الْأَمْصَارِ.
Sunan Tirmidzī: 127. telah menceritakan kepada kami [al-Ḥusain bin Ḥuraits] berkata: Telah mengabarkan kepada kami [al-Fadhl bin Mūsā], dari [Abū Hamzah as-Sukkarī], dari [‘Abd-ul-Karīm], dari [Miqsam], dari [Ibnu ‘Abbās], dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda: “Jika darah tersebut warnanya merah maka dendanya satu dinar, dan jika warnanya kuning maka dendanya adalah setengah dinar.” Abū ‘Īsā berkata: “Hadits yang berbicara masalah denda menggauli wanita yang sedang haid diriwayatkan oleh Ibnu ‘Abbās dengan riwayat mauqūf (sanadnya berhenti sampai salah seorang sahabat-ed.) dan marfū‘. Ini adalah perkataan sebagian ahli ilmu. Dan pendapat ini juga diambil oleh Aḥmad dan Isḥāq Ibn-ul-Mubārak berkata: “Hendaklah ia meminta maaf kepada Rabbnya dan tidak ada kafarah.” Perkataan seperti Ibn-ul-Mubārak ini juga diriwayatkan dari sebagian ulama tābi‘īn, seperti Sa‘īd bin Jubair dan Ibrāhīm an-Nakha‘ī. Dan ini adalah perkataan kebanyakan ulama dunia.”
Derajat: Syaikh al-Albani: Dha‘īf.
Pembanding: Tidak ada.
سنن الترمذي ١٢٨: حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِيْ عُمَرَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ عَنْ فَاطِمَةَ بِنْتِ الْمُنْذِرِ عَنْ أَسْمَاءَ بِنْتِ أَبِيْ بَكْرٍ أَنَّ امْرَأَةً سَأَلَتْ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ عَنِ الثَّوْبِ يُصِيْبُهُ الدَّمُ مِنَ الْحَيْضَةِ فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ حُتِّيهِ ثُمَّ اقْرُصِيْهِ بِالْمَاءِ ثُمَّ رُشِّيهِ وَ صَلِّيْ فِيْهِ. قَالَ وَ فِي الْبَابِ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ وَ أُمِّ قَيْسِ بْنتِ مِحْصَنٍ قَالَ أَبُوْ عِيْسَى حَدِيْثُ أَسْمَاءَ فِيْ غَسْلِ الدَّمِ حَدِيْثٌ حَسَنٌ صَحِيْحٌ وَ قَدِ اخْتَلَفَ أَهْلُ الْعِلْمِ فِي الدَّمِ يَكُوْنُ عَلَى الثَّوْبِ فَيُصَلِّيْ فِيْهِ قَبْلَ أَنْ يَغْسِلَهُ قَالَ بَعْضُ أَهْلِ الْعِلْمِ مِنَ التَّابِعِيْنَ إِذَا كَانَ الدَّمُ مِقْدَارَ الدِّرْهَمِ فَلَمْ يَغْسِلْهُ وَ صَلَّى فِيْهِ أَعَادَ الصَّلَاةَ وَ قَالَ بَعْضُهُمْ إِذَا كَانَ الدَّمُ أَكْثَرَ مِنْ قَدْرِ الدِّرْهَمِ أَعَادَ الصَّلَاةَ وَ هُوَ قَوْلُ سُفْيَانَ الثَّوْرِيِّ وَ ابْنِ الْمُبَارَكِ وَ لَمْ يُوْجِبْ بَعْضُ أَهْلِ الْعِلْمِ مِنْ التَّابِعِيْنَ وَ غَيْرِهِمْ عَلَيْهِ الْإِعَادَةَ وَ إِنْ كَانَ أَكْثَرَ مِنْ قَدْرِ الدِّرْهَمِ وَ بِهِ يَقُوْلُ أَحْمَدُ وَ إِسْحَاقُ وَ قَالَ الشَّافِعِيُّ يَجِبُ عَلَيْهِ الْغَسْلُ وَ إِنْ كَانَ أَقَلَّ مِنْ قَدْرِ الدِّرْهَمِ وَ شَدَّدَ فِيْ ذلِكَ.
Sunan Tirmidzī: 128. telah menceritakan kepada kami [Ibnu Abī ‘Umar] berkata: Telah menceritakan kepada kami [Sufyān bin ‘Uyainah], dari [Hisyām bin ‘Urwah], dari [Fāthimah binti al-Mundzir], dari [‘Asmā’ binti Abū Bakr] berkata: “Seorang wanita bertanya Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam tentang pakaian yang terkena darah haid?” maka Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam menjawab: “Gosoklah kain tersebut, kemudian basahi dan basuhlah dengan air, setelah itu shalatlah dengannya.” Ia berkata: “Dalam bab ini juga ada riwayat dari Abū Hurairah dan Ummu Qais binti Miḥshan.”Ismā‘īl berkata: “Hadits Asmā’ tentang mencuci darah haid derajatnya Ḥasan Shaḥīḥ.” Para ulama telah berbeda pendapat tentang darah yang mengenai kain lalu dipakai shalat sebelum dicuci. Sebagian ulama dari tābi‘īn berkata: “Apabila darah tersebut seukuran (sebesar) dirham, lalu ia mengenakannya sebelum dicuci, maka ia harus mengulangi shalatnya.” Sedangkan sebagian yang lain berkata: “Apabila darah itu lebih besar dari ukuran satu dirham, maka ia harus mengulangi shalatnya.” Pendapat ini dipegang oleh Sufyān ats-Tsaurī dan Ibn-ul-Mubārak. Namun sebagian ulama yang lain dari kalangan tābi‘īn dan selainnya tidak mewajibkan untuk mengulangi shalatnya, meskipun darah itu lebih banyak (besar) dari uang dirham. Pendapat ini dipegang oleh Aḥmad dan Isḥāq. Syāfi‘ī berkata: “Wajib mencucinya meskipun darahnya kurang daru seukuran uang dirham.” Dan Ia berpegang teguh dengan itu.”
Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.
Pembanding: SN: 291, 391; SIM: 621; SD: 998.