Sunan Tirmidzi no.115 s.d 116 – Rukhsah Tayamum Bagi Yang Junub Dan Pengertian Istihadhah

Dari Kitab:
Sunan Tirmidzi
Oleh: Abū ‘Īsá Muḥammad ibn ‛Īsá as-Sulamī aḍ-Ḍarīr al-Būghī at-Tirmidhī

سنن الترمذي ١١٥: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ وَ مَحْمُودُ بْنُ غَيْلَانَ قَالَا حَدَّثَنَا أَبُوْ أَحْمَدَ الزُّبَيْرِيُّ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ خَالِدٍ الْحَذَّاءِ عَنْ أَبِيْ قِلَابَةَ عَنْ عَمْرِو بْنِ بُجْدَانَ عَنْ أَبِيْ ذَرٍّ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ إِنَّ الصَّعِيْدَ الطَّيِّبَ طَهُوْرُ الْمُسْلِمِ وَ إِنْ لَمْ يَجِدِ الْمَاءَ عَشْرَ سِنِيْنَ فَإِذَا وَجَدَ الْمَاءَ فَلْيُمِسَّهُ بَشَرَتَهُ فَإِنَّ ذلِكَ خَيْرٌ
وَ قَالَ مَحْمُوْدٌ فِيْ حَدِيْثِهِ إِنَّ الصَّعِيْدَ الطَّيِّبَ وَضُوْءُ الْمُسْلِمِ قَالَ وَ فِي الْبَابِ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ وَ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرٍو وَ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ قَالَ أَبُوْ عِيْسَى وَ هكَذَا رَوَى غَيْرُ وَاحِدٍ عَنْ خَالِدٍ الْحَذَّاءِ عَنْ أَبِيْ قِلَابَةَ عَنْ عَمْرِو بْنِ بُجْدَانَ عَنْ أَبِيْ ذَرٍّ وَ قَدْ رَوَى هذَا الْحَدِيْثَ أَيُّوْبُ عَنْ أَبِيْ قِلَابَةَ عَنْ رَجُلٍ مِنْ بَنِيْ عَامِرٍ عَنْ أَبِيْ ذَرٍّ وَ لَمْ يُسَمِّهِ قَالَ وَ هذَا حَدِيْثٌ حَسَنٌ صَحِيْحٌ وَ هُوَ قَوْلُ عَامَّةِ الْفُقَهَاءِ أَنَّ الْجُنُبَ وَ الْحَائِضَ إِذَا لَمْ يَجِدَا الْمَاءَ تَيَمَّمَا وَ صَلَّيَا وَ يُرْوَى عَنِ ابْنِ مَسْعُوْدٍ أَنَّهُ كَانَ لَا يَرَى التَّيَمُّمَ لِلْجُنُبِ وَ إِنْ لَمْ يَجِدِ الْمَاءَ وَ يُرْوَى عَنْهُ أَنَّهُ رَجَعَ عَنْ قَوْلِهِ فَقَالَ يَتَيَمَّمُ إِذَا لَمْ يَجِدْ الْمَاءَ وَ بِهِ يَقُوْلُ سُفْيَانُ الثَّوْرِيُّ وَ مَالِكٌ وَ الشَّافِعِيُّ وَ أَحْمَدُ وَ إِسْحَاقُ.

Sunan Tirmidzī: 115. telah menceritakan kepada kami [Muḥammad bin Basysyār] dan [Maḥmūd bin Ghailān] mereka berkata: Telah menceritakan kepada kami [Abū Aḥmad az-Zubairī] berkata: Telah menceritakan kepada kami [Sufyān], dari [Khālid al-Ḥadzdzā’], dari [Abū Qilābah], dari [‘Amru bin Bujdān], dari [Abū Dzarr] bahwa Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Debu yang baik itu alat bersucinya seorang muslim meskipun ia tidak mendapatkan air selama sepuluh tahun. Maka jika ia telah mendapatkan air, hendaklah ia mengusapkan pada kulitnya karena itu lebih baik.” Maḥmūd menyebutkan dalam haditsnya: “Debu yang baik itu alat bersucinya seorang muslim.” Ia berkata: “Dalam bab ini juga ada riwayat dari Abū Hurairah, ‘Abdullāh bin ‘Amru dan ‘Imrān bin Ḥushain.” Abū ‘Īsā berkata: “Seperti inilah, tidak hanya satu orang yang meriwayatkan dari Khālid al-Ḥadzdzā’ dari Abū Qilābah, dari ‘Amru bin Bujdān, dari Abū Dzarr.” [Ayyūb] meriwayatkan hadits ini, dari [Abū Qilābah], dari [seorang laki-laki dari Bani ‘Āmir], dari [Abū Dzarr], namun ia tidak menyebut namanya. Ia berkata: “Hadits ini derajatnya Ḥasan Shaḥīḥ. Ini adalah perkataan mayoritas fuqaha, bahwa orang yang junub dan haid jika tidak mendapatkan air hendaklah ia bertayamum lalu shalat.

Diriwayatkan pula dari Ibnu Mas‘ūd, bahwasanya seorang junub tidak boleh bertayamum meskipun tidak mendapatkan air. Namun diriwayatkan darinya, bahwa ia telah mencabut pendapatnya, lalu ia berkata: “Ia tidak boleh bertayamum jika tidak mendapatkan air.” Pendapat ini diambil oleh Sufyān ats-Tsaurī, Mālik, Syāfi‘ī, Aḥmad dan Isḥāq.”

Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.

Pembanding: SAD: 282; SN: 320; MA: 20407, 20587.

  1. Istihadhah

سنن الترمذي ١١٦: حَدَّثَنَا هَنَّادٌ حَدَّثَنَا وَكِيْعٌ وَ عَبْدَةُ وَ أَبُوْ مُعَاوِيَةَ عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ عَنْ أَبِيْهِ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ جَاءَتْ فَاطِمَةُ بِنْتُ أَبِيْ حُبَيْشٍ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فَقَالَتْ يَا رَسُوْلَ اللهِ إِنِّي امْرَأَةٌ أُسْتَحَاضُ فَلَا أَطْهُرُ أَفَأَدَعُ الصَّلَاةَ قَالَ لَا إِنَّمَا ذلِكَ عِرْقٌ وَ لَيْسَتْ بِالْحَيْضَةِ فَإِذَا أَقْبَلَتِ الْحَيْضَةُ فَدَعِي الصَّلَاةَ وَ إِذَا أَدْبَرَتْ فَاغْسِلِيْ عَنْكِ الدَّمَ وَ صَلِّي قَالَ أَبُوْ مُعَاوِيَةَ فِيْ حَدِيْثِهِ وَ قَالَ تَوَضَّئِي لِكُلِّ صَلَاةٍ حَتَّى يَجِيْءَ ذلِكَ الْوَقْتُ قَالَ وَ فِي الْبَابِ عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ قَالَ أَبُوْ عِيْسَى حَدِيْثُ عَائِشَةَ حَدِيْثٌ حَسَنٌ صَحِيْحٌ وَ هُوَ قَوْلُ غَيْرِ وَاحِدٍ مِنْ أَهْلِ الْعِلْمِ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَ التَّابِعِيْنَ وَ بِهِ يَقُوْلُ سُفْيَانُ الثَّوْرِيُّ وَ مَالِكٌ وَ ابْنُ الْمُبَارَكِ وَ الشَّافِعِيُّ أَنَّ الْمُسْتَحَاضَةَ إِذَا جَاوَزَتْ أَيَّامَ أَقْرَائِهَا اغْتَسَلَتْ وَ تَوَضَّأَتْ لِكُلِّ صَلَاةٍ.

Sunan Tirmidzī: 116. telah menceritakan kepada kami [Hannād] berkata: Telah menceritakan kepada kami [Wakī‘] dan [‘Abdah] dan [Abū Mu‘āwiyah], dari [Hisyām bin ‘Urwah], dari [ayahnya], dari [‘Ā’isyah] ia berkata: “Fāthimah binti Ḥubaisy datang menemui Nabi shallallāhu ‘alaihi wasallam, lalu ia berkata; “Wahai Rasūlullāh, aku mengeluarkan darah istihadlah, hingga aku tidak suci. Maka apakah aku boleh meninggalkan shalat?” beliau bersabda: “Tidak, itu hanyalah darah penyakit, bukan darah haid. Jika darah haid tiba maka tinggalkanlah shalat, jika telah selesai maka mandi dan bersihkanlah darahmu, setelah itu kerjakanalah shalat.” Abū Mu‘āwiyah berkata dalam haditsnya, “Berwudhu’lah untuk setiap shalat hingga waktu itu tiba.” Ia berkata: “Dalam bab ini juga ada riwayat dari Ummu Salamah.” Abū ‘Īsā berkata: “Hadits ‘Ā’isyah ini derajatnya Ḥasan Shaḥīḥ. Ini adalah pendapat tidak hanya seorang dari ahli ilmu dari kalangan sahabat Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam dan tābi‘īn. Pendapat ini dipegang juga oleh Sufyān ats-Tsaurī, Mālik, Ibn-ul-Mubārak dan Syāfi‘ī, bahwa seorang wanita mustahadhah melewati hari-hari haidnya, hendaklah ia mandi dan berwudhu’ setiap kali shalat.”

Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.

Pembanding: SB: 221, 295, 309; SM: 501; SAD: 244; SN: 201, 212, 217, 218, 219, 347, 356, 361, 362, 363; SIM: 613, 616, 618; MA: 23397; MM: 122; SD: 761, 767, 771, 772.